10 Jenis Bahan Stiker Terbaik Yang Bagus dan Awet

0
5/5 - Vote count: 106 votes

10 Jenis Bahan Stiker Yang Bagus dan Awet – Stiker sebagai sarana periklanan dan dekorasi sudah lama banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, mulai dari yang sederhana seperti stiker logo hingga kepada cutting stiker yang lebih kompleks pembuatannya. Ini sangat umum karena biaya produksi stiker lebih rendah dan lebih murah.

Jenis Bahan Stiker Yang Bagus dan Awet

Bahan Stiker
Bahan Stiker

Selain harganya yang terjangkau, juga relatif mudah dan cepat dipasang, serta cukup nyaman. karena bisa dirakit tanpa  alat tambahan seperti paku, baut, dll.

Tidak hanya itu, stiker juga memiliki beberapa jenis bahan yang sangat bervariasi dari segi kualitas, daya tahan, dan kelenturan, yang ditujukan untuk penggunaan yang berbeda.

  • Stiker Vinyl 

Jenis kertas vinyl adalah bahan stiker dengan permukaan halus dan mengkilap. Bahan ini tahan  air dengan tekstur seperti plastik. Kertas vinyl adalah  bahan yang paling umum digunakan untuk stiker, sehingga sangat mudah ditemukan di pasaran. Merek bahan kertas berperekat ini yang paling banyak digunakan adalah merek Politape dan Ritrama.

  • Stiker Karbon Kevlar 

Keistimewaan bahan kertas karbon kevlar ini adalah bertekstur dan lebih tebal. Biasa digunakan sebagai perekat otomotif untuk mobil dan motor. Pengaplikasiannya membutuhkan alat khusus agar hasilnya terlihat sempurna. 

  • Stiker Fosfor (Glow in The Dark)

Jenis stiker  ini biasanya digunakan untuk rambu lalu lintas atau tujuan keselamatan lainnya. Karena sifatnya yang glow in the dark, stiker ini memiliki kemampuan untuk menyala dalam kondisi gelap. Umumnya digunakan untuk tangga darurat, pintu keluar darurat dan rambu-rambu lainnya. 

  • Stiker Transparan

Umumnya stiker ini digunakan untuk memberikan tampilan transparan dan tampak bening.

Juga digunakan untuk stiker di dinding kaca toko agar pelanggan tetap dapat melihat bagaimana produk dipajang di toko. 

  • Stiker Oracal

Jenis kertas stiker ini banyak dijumpai pada printer. Pada umumnya digunakan untuk pelapis personal, brand dan  otomotif untuk body mobil dan motor.Bahan ini memiliki karakteristik tekstur yang lentur dan tidak memantulkan cahaya. Kamu dapat memilih dari berbagai  warna stiker, mulai dari stiker bermotif hingga metalik. 

  • Stiker Scotlight

Bahan Stiker Scotlight ini memiliki daya rekat yang baik. Sangat cocok untuk kebutuhan pemasaran outdoor jangka panjang. Kamu harus lebih berhati-hati saat menempatkannya karena akan sulit untuk dilepaskan.

  • Stiker One Way Vision 

Bahan stiker One Way Vision memiliki struktur berlubang. Ini sering digunakan untuk menutupi kaca belakang mobil  untuk keperluan promosi kampanye atau produk. Bahan ini tahan terhadap air dan  sinar matahari langsung. Oleh karena itu digunakan secara permanen. 

  • Stiker Chromo

Teksturnya halus dan  daya rekatnya bagus. Ini banyak digunakan untuk memberi label pada botol, kotak makanan, dll. Dapat juga digunakan untuk keperluan promosi seperti stiker pemungutan suara daerah dan branding/layanan.Bahan ini tidak tahan  air, dapat menyebabkan warna decal menjadi pudar dan rusak. Oleh karena itu disarankan untuk tidak menggunakan bahan perekat pemotongan ini jika dimaksudkan untuk penggunaan di luar ruangan. 

  • Stiker Sandblast

Bahan potong stiker ini sering digunakan sebagai pelapis dinding kaca untuk interior ruangan. Merk perekat sandblasting yang umum digunakan adalah TAKI, Kolon, Hyundai dan SKJ. 

  • Stiker HVS 

Ketika kamu memilih kertas HVS untuk stiker, kamu akan dapatkan 2 ukuran kertas. Ukuran kertas stiker HVS terdiri dari A4 (21 cm x 29,7 cm) dan ukuran A3 (29.7 cm dan 42 cm). Untuk cetak stiker HVS menggunakan mesin printer inkjet. 

Jenis kertas ini biasa digunakan untuk stiker label, undangan, dan juga souvenir. Tetapi, jenis kertas ini tidak tahan akan air sehingga mudah rusak jika terkena air hujan dan paparan sinar matahari secara langsung.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur