Pilihan Model dan Bahan Baju Sabrina yang Bagus, Nyaman Tanpa Menerawang

0
5/5 - Vote count: 78 votes

Pilihan Model dan Bahan Baju Sabrina yang Bagus, Nyaman Tanpa Menerawang – Halo Knittopreneurs! Akhir-akhir ini baju dengan model off-shoulder kembali viral, ya. Variasinya pun lebih beragam dari segi model dan bahan, tidak hanya sekedar menerapkan garis leher busana “mendatar”, seperti sabrina pada umumnya.

10 Model dan Bahan Baju Sabrina yang Kekinian, Cek Yuk!
10 Model dan Bahan Baju Sabrina yang Kekinian, Cek Yuk!

Pergeseran tren dan penambahan inovasi ini jadi menarik untuk diikuti, apalagi jika Knittopreneurs tertarik untuk menambahkan koleksi baju sabrina ke dalam lemari. Sebagai salah satu referensi, simak yuk artikel yang akan Minto bahas ini!

Apa Itu Baju Sabrina?

Baju sabrina adalah jenis pakaian yang ciri khasnya ada di potongan bahu yang terbuka, atau sering disebut off-shoulder. Desain ini membuat tampilan lebih feminim, leher yang terbuka lebar membuat siluet tubuh bagian atas terlihat lebih panjang dan jenjang. 

Berbagai macam bahan cocok digunakan untuk membuat model baju off-shoulder ini. Knittopreneurs bisa memakainya dengan kain yang ringan seperti chiffon, atau memilih yang lebih tebal seperti kain rajut dan katun. Modelnya tak kalah banyak, dari atasan biasa, dress, sampai yang punya detail tambahan seperti ruffle dan renda (lace).

Ilustrasi Baju Sabrina Warna Putih Polos
Ilustrasi Baju Sabrina Warna Putih Polos

Nah, dalam teori busana sendiri, konteks “baju sabrina” sebenarnya masuk ke dalam salah satu dari sepuluh jenis bentuk leher dasar nih, Knittopreneurs. Namanya garis leher mendatar. Potongan ini membuat bahu terlihat lebih terbuka, memberi kesan elegan, dan membantu memberikan ilusi tubuh yang lebih proporsional. 

Terutama untuk Knittopreneurs yang merasa memiliki jarak bahu dan kepala yang cukup pendek, bisa disiasati dengan memakai baju ini. Selain leher tampak lebih panjang, bahu pun juga lebih rata. Atasan ini pun jadi cocok untuk semua bentuk tubuh.

5 Model Baju Sabrina Kekinian yang Lagi Viral

Berbagai Macam Model Baju Sabrina yang Kekinian | Dari Kiri ke Kanan: Ruffle, Rajut, Two in One, Kimono, dan Cape | Sumber Gambar: Pinterest
Berbagai Macam Model Baju Sabrina yang Kekinian | Dari Kiri ke Kanan: Ruffle, Rajut, Two in One, Kimono, dan Cape | Sumber Gambar: Pinterest

Bingung mau beli baju sabrina yang mana? Intip pilihan model yang sedang nge-tren di tahun ini!

Sabrina Kerut (Ruffle)

Sabrina kerut (ruffle) adalah salah satu model baju sabrina yang memiliki detail kerut atau ruffle pada bagian bahu, lengan, hingga badan. Model ini menciptakan kesan feminim yang cocok untuk acara sehari-hari, atau dipakai ke situasi yang semi-formal. Desain dengan detail kerut pada baju sabrina memberikan volume yang tidak berlebihan, masih cocok dipakai oleh Knittopreneurs dengan badan berisi karena modelnya yang lebih slim fit..

Sabrina Rajut (Knit)

Sabrina dari bahan rajut (knit) adalah varian dari baju sabrina yang menggunakan bahan lebih tebal dan stretchy, seperti rib knit. Pemakaiannya memberikan tampilan yang lebih santai namun tetap stylish, cocok dipadukan dengan skort atau celana cargo. 

Kain rajut yang elastis membuat baju sabrina yang akan Knittopreneurs pakai cukup unik, tetap menonjolkan bagian bahu namun juga memperlihatkan siluet pinggang. Bahannya juga lebih nyaman dan tidak gatal di kulit, membuatnya pas untuk dipakai seharian. Model ini cocok untuk kegiatan sehari-hari atau hangout bersama teman.

Sabrina Two in One

Model baju sabrina yang satu ini memiliki dua fungsi dalam satu pakaian. Lengan pada bajunya bisa diatur menjadi off-shoulder atau diubah menjadi kerah berbentuk kotak. Kebanyakan model lengannya akan lebih bervolume, seperti lonceng atau puff sleeves. Model ini cocok untuk Knittopreneurs yang suka bereksperimen dengan tampilan yang berbeda dalam satu atasan.

Sabrina Kimono

Sabrina dengan model kimono lebih populer dalam bentuk dress, desainnya merupakan kombinasi tradisional dari kimono dan baju sabrina. Potongan lehernya cenderung membentuk huruf V, dan beberapa pakaian juga lengkap dengan lengan lebar khas kimono. 

Model ini sangat cocok untuk Knittopreneurs yang ingin tampil elegan namun tetap nyaman, karena potongan kimono memberikan ruang gerak yang lebih luas. Untuk Knittopreneurs yang menggunakan hijab, model ini juga bisa dijadikan pilihan sebagai baju sabrina hijab dengan layering yang tepat.

Sabrina Tudung (Cape Top)

Sabrina dengan model “tudung: atau yang biasa disebut cape top, adalah variasi baju sabrina dengan tambahan kain seperti tudung (cape) yang menutupi bagian belakang bahu hingga dada. 

Sebagai salah satu model baju sabrina yang populer sekarang, penggunaannya lebih cocok untuk acara formal seperti pesta dan pertemuan penting. Model baju cape top dengan lengan sabrina memberikan kesan yang lebih dramatis dan elegan. Tudung pada model ini memberikan sentuhan klasik dan sedikit misterius, sehingga tampilan terlihat lebih mewah.

Baca Juga: Inspirasi Model Baju Bridesmaid Simple Elegan, Nyaman dan Cantik!

5 Bahan yang Nyaman untuk Baju Sabrina

Tidak cukup dengan model yang trendy, baju yang Knittopreneurs pakai juga harus nyaman! Simak beberapa pilihan rekomendasi bahan untuk baju sabrina versi Minto:

Rajut (Knit)

Koleksi Warna Hera Rib Knit Knitto
Koleksi Warna Hera Rib Knit Knitto

Pertama-tama ada rajut (knit), yang memang jadi salah satu bahan favorit untuk baju sabrina. Bahan ini terbuat dari benang yang dijalin, memberikan kesan hangat dan nyaman. Wajar digemari karena sifatnya yang fleksibel, bisa mengikuti bentuk tubuh, dan nyaman dipakai untuk cuaca dingin atau saat santai. Iya, seperti bahan Hera Rib Knit dari Knitto ini.

Kini, Knittopreneurs bisa membuat baju sabrina dalam lima warna menarik:

Teksturnya halus, dibuat dari benang berkualitas yang memberikan hasil akhir minim bulu dan tidak gatal di kulit. Pilihan warna-warna yang menarik ini cocok banget untuk dipakai hangout bareng teman-teman atau bahkan sekadar jalan-jalan. Pastikan kamu pilih bahan dari Knitto, agar tidak gerah memakainya seharian.

Katun

Katun adalah bahan yang paling sering ditemui, dan jadi pilihan aman untuk berbagai model baju, termasuk sabrina. Karakteristiknya sebagai bahan yang alami, membuat atasan atau dress yang dibuat dari bahan ini bisa menyerap keringat dengan baik. Katun juga mudah dirawat, nyaman dipakai untuk daily wear dari Knittopreneurs. Pastikan untuk pilih katun yang berkualitas ya, misalnya seperti bahan Cotton Combed 30s dari Knitto yang tidak cepat luntur atau menyusut setelah dicuci.

Organza

Kalau Knittopreneurs ingin tampil lebih elegan dan mewah, coba deh pakai organza. Bahan ini tipis dan transparan, tapi punya kilau halus yang membuat pakaian bisa terlihat lebih anggun. Biasanya, organza dipakai sebagai lapisan atau aksen pada baju, dan akan terlihat menawan saat menjadi bahan utama dari baju sabrina. Tips dari Minto, kombinasikan organza dengan bahan lain seperti katun atau satin agar lebih nyaman dipakai tapi tetap stylish.

Velvet

Velvet juga bisa jadi pilihan kalau Knittopreneurs butuh tampilan yang glamor, terutama untuk dress dengan model atau potongan sabrina. Bahan ini tebal, lembut, dan punya permukaan yang halus seperti beludru. 

Karena teksturnya yang mewah, velvet paling cocok dipakai untuk cuaca dingin atau acara-acara formal seperti pesta. Jadi, kalau Knittopreneurs mau cari off-shoulder dress atau baju sabrina yang terlihat mahal dan elegan, velvet bisa jadi jawabannya.

Satin

Terakhir, ada satin yang dikenal dengan kilau dan teksturnya yang halus. Satin jatuh dengan indah di tubuh dan bisa bikin penampilanmu langsung terlihat lebih mewah, mirip dengan organza namun dengan bahan yang tidak sekaku itu. 

Baju sabrina dari bahan satin, atau chiffon, cocok untuk acara formal. Selain itu, juga pas untuk model sabrina yang santai tapi tetap anggun. Knittopreneurs bisa pilih yang nggak terlalu licin, agar lebih nyaman saat bergerak.

Baca Juga: Mengenal Baju Tactical: Keunggulan, Fungsi, dan Rekomendasi Bahan yang Digunakan

Tips Memilih dan Memakai Baju Sabrina

Warna Baju Sabrina yang Bagus Selain Hitam dan Putih | Sumber Gambar: Pinterest
Warna Baju Sabrina yang Bagus Selain Hitam dan Putih | Sumber Gambar: Pinterest

Ada juga tips khusus dalam memilih dan memakai baju sabrina yang bisa jadi pertimbangan. Di antaranya:

  • Temukan Ukuran yang Pas

Salah satu hal paling penting dalam memilih baju model sabrina adalah mendapatkan ukuran yang pas. Baju off-shoulder harus pas di bahu tanpa terlalu ketat, tetapi juga tidak terlalu longgar hingga harus sering ditarik ke atas. Jika Knittopreneurs memiliki ukuran lingkar dada (bust) yang sedang hingga besar, pastikan bagian bustline sedikit lebih fit body (tapi jangan terlalu ketat), agar baju tetap nyaman dan tidak mudah turun.

Jika kamu memilih baju sabrina untuk dipakai dengan hijab, pilih model yang bisa dengan mudah dilayer dengan pakaian lain agar tetap syar’i tanpa mengorbankan style. Misalnya dengan memakai baju berkerah sabrina dengan model ruffle dan dilapis dengan inner warna senada.

  • Pasang Pengaman Agar Baju Sabrina Tetap di Tempat

Meskipun sudah mendapatkan ukuran yang pas, faktor lain bisa membuat baju dengan kerah sabrina sering melorot. Nah, ada life hack sederhana yang bisa menjaga baju off-shoulder tetap di tempatnya:

  1. Siapkan empat peniti dan dua karet rambut.
  2. Kaitkan masing-masing ujung karet rambut dengan dua peniti, lalu jepitkan peniti tersebut di bagian atas lengan baju, dari depan hingga belakang. 
  3. Cek agar bisa menjepitkan peniti pada bagian yang tersembunyi, seperti pada jahitan atau karet elastis. Ulangi di sisi lainnya. 
  4. Saat memakai baju, selipkan karet rambut di bawah ketiak untuk menjaga baju tetap berada di bawah bahu.
  • Padukan dengan Jeans atau Rok

Untuk tampilan santai, padukan baju off-shoulder dengan high-waisted jeans atau rok. Pilih bahan baju yang lembut dan breathable, seperti dari bahan katun, lalu kombinasikan dengan jeans atau rok berpinggang tinggi agar terlihat lebih rapi namun tetap santai. 

Kalau ingin tampil lebih feminim, Knittopreneurs bisa pilih baju sabrina dengan potongan crop untuk dipadukan dengan rok flowy atau bahkan rok panjang. Lengkapi dengan flat shoes, sandal, atau sepatu boots..

  • Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh

Baju dengan model sabrina bisa cocok untuk berbagai bentuk tubuh, asalkan Knittopreneurs memilih model yang sesuai:

  • Petite: Hindari model baju sabrina yang terlalu panjang atau terlalu banyak bahan. Pilih yang lebih fit di badan dan bisa dimasukkan ke dalam celana atau rok untuk menonjolkan pinggang. Jika cukup panjang, beberapa atasan bahkan bisa dipakai sebagai dress pendek.
  • Curvy: Model baju sabrina yang lebih flowy sangat cocok untuk Knittopreneurs yang berbadan curvy. Pilih baju dengan detail overlay di bagian atas pinggang untuk memberikan ilusi bentuk tubuh yang lebih ramping dan proporsional.

Baca Juga: Pilihan Baju Overall yang Praktis dan Stylish, Wajib Ada di Lemari!

Sekian dulu pembahasan yang bisa diberikan dari model baju sabrina kekinian, dan rekomendasi bahannya yang nyaman. Semoga Knittopreneurs dapat terbantu dengan artikel yang Minto buat. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]