Inspirasi Model Baju Bridesmaid Simple Elegan, Nyaman dan Cantik!

0
5/5 - Vote count: 28 votes

Inspirasi Model Baju Bridesmaid Simple Elegan, Nyaman dan Cantik! – Baju seragam untuk bridesmaid telah menjadi sebuah tradisi yang berkembang dan populer dalam berbagai pernikahan di seluruh dunia.

7 Inspirasi Model Baju Bridesmaid Simple Elegan, Nyaman dan Cantik!
7 Inspirasi Model Baju Bridesmaid Simple Elegan, Nyaman dan Cantik!

Kini, berbagai model baju bridesmaid telah tersedia di pasaran, membuat kamu yang ingin merayakan hari spesial sahabatmu mungkin kesulitan memilih. Minto akan mencoba membantu kamu dalam menentukan model baju bridesmaid simple elegan yang cantik, juga pas di badan.. Simak artikel ini ya!

Apa Itu Bridesmaid?

Mari kita jelajahi dunia bridesmaid, yang sangat trendy belakangan ini!

Pengertian Bridesmaid

Bridesmaid adalah pengiring pengantin wanita yang terpilih untuk mendampingi dan membantu pengantin wanita selama prosesi pernikahan. Tradisi ini sebenarnya telah ada sejak zaman kuno, dan telah mengalami berbagai evolusi seiring berjalannya waktu.

Pada awalnya, bridesmaids memiliki peran untuk melindungi pengantin wanita dari roh jahat atau calon suami yang tidak diinginkan. Mereka sering kali mengenakan pakaian serupa dengan pengantin wanita, untuk mengelabui roh-roh jahat tersebut.

Perkembangan Tren Bridesmaid

Peran dan tampilan bridesmaid terus berkembang. Di era modern, bridesmaids tidak lagi hanya terfokus pada ‘pelindung spiritual’, namun lebih pada dukungan emosional dan ‘praktis’ bagi pengantin wanita.

Mereka juga berperan aktif dalam perencanaan dan persiapan pernikahan, termasuk rangkaian acara sebelum akad nikah. Seperti bridal shower dan bachelorette party (atau mungkin, pesta bujangan).

Tren fashion untuk bridesmaids juga telah berkembang, dari pakaian seragam tradisional hingga busana yang lebih modern, dan sesuai dengan preferensi individu masing-masing pengiring pengantin.

Mengapa Tren Bridesmaid Bisa Populer?

Kepopuleran bridesmaid dalam pernikahan modern tidak lepas dari peranannya yang krusial dalam mendukung dan menambah kebahagiaan pada hari yang spesial bagi pengantin wanita.

Kehadiran bridesmaid mencerminkan persahabatan, dukungan, dan cinta yang mendalam dari teman-teman terdekat pengantin wanita. Mereka banyak berperan dalam hal memberikan dukungan moral dan emosional, yang penting selama proses perencanaan pernikahan, karena sering kali membuat calon pengantin stres.

Adanya bridesmaid dalam foto-foto pernikahan juga bisa menambah estetika dan warna pada acara tersebut. Mereka acapkali terlibat dalam pemilihan tema dan palet warna pernikahan, yang membuat acara tersebut menjadi lebih terkoordinasi dan menarik. Tren ini telah menjadi populer di berbagai budaya, karena memberikan sentuhan pribadi dan kehangatan pada upacara pernikahan.

Baca Juga: Rekomendasi Souvenir Pernikahan Yang Ekonomis Dari Bahan Kain

7 Inspirasi Model Baju Bridesmaid

Minto sudah mengumpulkan 7 inspirasi model baju bridesmaid yang dapat diadaptasi untuk berbagai tema pernikahan, sambil tetap mempertimbangkan kenyamanan ketika dipakai sepanjang acara. Ada yang hijab-friendly juga!

Gaun Panjang dengan Aksen Brokat

Gaun Panjang dengan Aksen Brokat
Gaun Panjang dengan Aksen Brokat

Gaun ini menampilkan kesan elegan dan mewah dengan tambahan brokat yang halus, menambahkan sentuhan unik untuk dipakai ke acara spesial. Model baju bridesmaid brokat ini cocok untuk pesta pernikahan formal, seperti saat akad nikah atau holy matrimony. Gaun ini memberikan kesan anggun dan sopan, sekaligus dapat menutupi bagian tubuh dengan baik jika menggunakan inner.

Long Dress dengan Lengan Balon

Long Dress dengan Lengan Balon
Long Dress dengan Lengan Balon

Lengan balon merupakan salah satu model lengan baju wanita yang tren di 2023. Model baju bridesmaid yang menggunakan model ini akan membuat kamu tampil fashionable, dan bajunya juga bisa dipakai ke acara pesta lainnya.

Dress Kurung Melayu

Salah satu tren model baju bridesmaid terbaru merupakan inspirasi dari Malaysia. Dress ini menawarkan kombinasi antara gaya tradisional dan modern, cocok untuk tema pernikahan yang lebih tradisional atau mengusung tema adat dan budaya tertentu.

Maxi Dress dengan Detail Pleats

Maxi dress ini memberikan kesan yang sederhana namun elegan. Detail pleats menambah tekstur yang khas pada gaun, menjadikannya pilihan yang baik untuk pernikahan dengan tema lebih santai, seperti intimate wedding atau dipakai saat resepsi setelah akad.

Baju Bridesmaid dengan Aksen Satin

Model Baju Bridesmaid dengan Aksen Satin
Model Baju Bridesmaid dengan Aksen Satin

Menggunakan model baju bridesmaid satin dapat memberikan kesan mewah dan elegan di setiap kesempatan. Baju ini cocok untuk pernikahan malam hari, memberikan kilauan lembut dan sentuhan glamor. Memiliki dress satin tentunya membuatmu harus merawatnya dengan hati-hati pula, cek tips merawat dress satin di sini.

Baju Bridesmaid dengan Model Cape-Like Sleeves

Model ini memberikan kesan yang unik dan berbeda, juga memberikan ruang untukmu bergerak lebih bebas. Cape-like sleeve, atau lengan baju yang berbentuk mantel, dapat memberikan tampilan yang menarik, cocok untuk pernikahan dengan tema yang lebih modern.

Jumpsuit dengan Detail Ruffle

Jumpsuit dengan Detail Ruffle
Jumpsuit dengan Detail Ruffle

Sebagai alternatif dari gaun, jumpsuit ini memberikan kesan ceria dan dinamis. Detail ruffle yang dipadukan dengan  model baju bridesmaid polos, menambahkan sentuhan feminin dan keanggunan pada penampilan kamu. Model celana yang dikenakan pun membuat kamu bebas bergerak dalam membantu pengantin di acaranya.

Baca Juga: Cara Memilih Model Baju Pesta Simple Elegan Sesuai Bentuk Tubuh Kamu

5 Rekomendasi Warna dan Motif Populer untuk Model Baju Bridesmaid

Salah satu aspek penting yang dapat memberikan kesan spesial di hari bahagia, adalah pemilihan warna dan motif untuk baju bridesmaid. Minto sudah mengumpulkan lima rekomendasi warna dan motif populer yang dapat memberikan inspirasi untuk model baju bridesmaid kamu:.

  • Pastel Shades

Baju warna pastel seperti peach, mint green, dan baby blue sangat populer untuk pernikahan. Warna-warna lembut ini memberikan kesan romantis dan elegan, sekaligus memberikan kelembutan pada tampilan keseluruhan. Warna pastel juga mudah dipadukan dengan berbagai tema pernikahan, baik yang outdoor maupun indoor.

  • Deep Jewel Tones

Warna ‘jewel tone’ seperti burgundy, emerald green, dan navy blue memberikan kesan mewah dan elegan. Warna-warna ini cocok untuk pernikahan di musim hujan, atau untuk acara yang dilaksanakan pada malam hari. Warna-warna ini juga sangat fotogenik, membuat foto pernikahan pengantin bisa terlihat menakjubkan!

  • Lebih ‘Bold’ dengan Warna Metallic

Warna metallic seperti gold, silver, dan rose gold memberikan sentuhan glamor pada pakaian bridesmaid. Cocok untuk pernikahan malam hari atau tema yang lebih mewah, warna metallic bisa membuat para bridesmaid terlihat standout tanpa mengambil alih perhatian dari pengantin.

  • Floral Patterns

Motif floral selalu menjadi pilihan yang tidak lekang oleh waktu. Baik dalam skala besar maupun kecil, motif ini menambah kesan feminin dan segar pada pakaian. Floral patterns sangat cocok untuk pernikahan outdoor seperti di taman atau pantai, menambah keindahan alami pada setting pernikahan.

  • Monochromatic and Minimalist

Tren warna monokrom dengan motif minimalis sedang naik daun. Warna solid dengan potongan sederhana memberikan tampilan yang chic dan modern. Pilihan ini cocok untuk pernikahan yang ingin menampilkan kesan minimalis namun tetap elegan.

Setiap warna dan motif memiliki karakteristiknya sendiri yang dapat menambah nuansa khusus pada pernikahan kamu. Pilih yang tepat, yang juga disesuaikan dengan tema acara. Sebab pemilihannya akan menciptakan kesan yang harmonis dan berkesan bagi setiap tamu yang hadir.

5 Tips Memilih Model Baju Bridesmaid yang Tepat

Tips Memilih Model Baju Bridesmaid yang Tepat
Tips Memilih Model Baju Bridesmaid yang Tepat

Pakaian yang serasi dan nyaman akan meningkatkan kepercayaan diri, dan secara keseluruhan akan memperindah estetika dari acara pernikahan. Berikut adalah tips memilihnya berdasarkan bentuk tubuh kamu:.

  • Bentuk Tubuh Pear

Untuk Knittopreneurs yang memiliki bentuk tubuh pear, pilihlah gaun dengan aksen di bagian atas untuk menyeimbangkan proporsi tubuh. Gaun dengan potongan A-line adalah pilihan yang ideal. Aksesoris seperti kalung, atau bros besar di bagian leher dapat menarik perhatian ke bagian atas tubuh. Pilih warna yang cerah atau detail menarik di bagian atas gaun, dan lebih gelap atau sederhana di bagian bawah untuk menunjang bentuk tubuh kamu.

  • Bentuk Tubuh Apple

Knittopreneurs dengan bentuk tubuh apple cocok dengan gaun yang memiliki detail di bagian pinggang, untuk menciptakan ilusi pinggang yang lebih ramping. Gaun dengan kerah V atau neckline yang rendah juga membantu memberikan kesan leher yang lebih panjang. Aksesoris seperti kalung panjang dapat menambah kesan vertikal dan membantu memanjangkan siluet. Pilih warna yang solid dan hindari motif yang terlalu ramai.

  • Bentuk Tubuh Hourglass

Gaun yang mengikuti lekuk alami tubuh sangat cocok untuk Knittopreneurs dengan bentuk tubuh hourglass. Busana dengan potongan pas di bagian pinggang, atau wrap dress, adalah pilihan yang ideal. Aksesoris seperti ikat pinggang tipis atau sabuk yang menonjolkan pinggang dapat menambah kesan elegan. Pilih warna-warna yang elegan dan timeless seperti navy dan burgundy..

  • Bentuk Tubuh Rectangle

Untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh rectangle, pilih gaun yang menambahkan kurva atau lekuk pada tubuh, seperti gaun dengan peplum atau ruffle di bagian dada dan pinggul. Gaun dengan detail horizontal atau diagonal juga bisa menjadi pilihan. Gunakan pelengkap yaitu berupa aksesoris, seperti anting besar atau kalung yang dapat menambah detail menarik. Warna-warna cerah atau motif yang berani dapat membuat penampilan kamu lebih menarik.

  • Bentuk Tubuh Inverted Triangle

Menggunakan busana yang memiliki volume di bagian bawah, seperti gaun berpotongan A-line atau ball gown, cocok untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh inverted triangle. Ini akan menyeimbangkan proporsi tubuh bagian atas yang lebih lebar. Hindari aksesoris besar di bagian leher atau bahu; gantikan dengan gelang atau cincin yang menarik. Pilih warna yang lebih gelap atau netral di bagian atas dan lebih cerah atau berdetail di bagian bawah.

Baca Juga: Potret Menawan Baju Resepsi Pernikahan Artis Indonesia, Suka yang Mana?

Bagaimana, Knittopreneurs? Sudah menemukan model baju bridesmaid yang cocok untuk kamu? Semoga artikel ini bisa membantu!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]