5 Langkah Terbaik Cara Mengukur Lingkar Perut Dengan Benar

0
5/5 - Vote count: 103 votes

Cara Mengukur Lingkar Perut Dengan Benar – Knittopreneurs! Tahukah kamu jika salah satu faktor yang menentukan kesehatan kamu adalah lingkar perut?

cara mengukur lingkar perut
Cara mengukur lingkar perut

Lingkar perut yang berlebihan bisa jadi sebuah indikasi adanya penumpukan lemak di sekitar organ-organ vital pada tubuh kamu, yang mana bisa meningkatkan resiko terjadinya beberapa penyakit. Seperti misalnya penyakit jantung, diabetes tipe-2, dan masalah metabolik lainnya. 

Maka dari itu, mengukur lingkar perut secara rutin perlu untuk dilakukan dan merupakan langkah yang penting dalam menjaga kesehatan. Hal ini juga bisa membantu kamu memantau perkembangan tubuh.

Dalam artikel kali ini, Minto akan memberikan beberapa tips kesehatan dan bagaimana cara mengukur lingkar perut yang bisa kamu lakukan di rumah. Pastikan kamu simak artikel ini untuk melakukannya dengan cara yang benar ya!

Cara Mengukur Lingkar Perut

Coba untuk ikuti beberapa petunjuk cara mengukur lingkar perut di bawah ini dengan benar, agar kamu mendapatkan hasil yang akurat.

1. Cara Mengukur Lingkar Perut: Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Untuk cara mengukur lingkar perut, kamu akan memerlukan pita pengukur atau pita ukur fleksibel dan pastikan bukan pita ukur fleksibel yang elastis agar kamu mendapatkan hasil ukur yang akurat.

Pastikan pita tersebut cukup panjang dan memiliki tanda pengukuran yang jelas untuk memudahkan kamu dalam membaca hasil pengukuran.

2. Cara Mengukur Lingkar Perut: Temukan Titik Awal

Untuk memulai cara mengukur lingkar perut, carilah titik awal di sekitar pusar kamu. Tempatkan pita pengukur di titik tersebut dan pastikan pita tersebut menempel langsung ke kulit dan tarik nafas dan hembuskan secara normal, tidak perlu menahan nafas.

3. Cara Mengukur Lingkar Perut: Lingkarkan Pita Pengukur

Cara mengukur lingkar perut selanjutnya adalah lingkarkan pita ukur di sekitar perut kamu, di bawah tulang rusuk dan di atas tulang pinggul.

Pastikan pita tersebut tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Pita pengukur harus cukup ketat untuk tetap berada di tempatnya tanpa bergeser, tetapi juga cukup longgar untuk tidak menyebabkan ketidaknyamanan.

4. Cara Mengukur Lingkar Perut: Ambil Pengukuran

Setelah memastikan pita pengukur berada di sekitar lingkar perut dengan baik, baca angka pada pita tersebut di tempat pertemuan kedua ujungnya. Pastikan kamu membaca pengukuran dengan cermat untuk mendapatkan hasil yang akurat.

5. Cara Mengukur Lingkar Perut: Catat Hasil Pengukuran

Setelah kamu mengikuti beberapa cara mengukur lingkar perut dan sudah mendapatkan hasil  pengukuran lingkar perut, jangan lupa untuk catat hasilnya.

Hal ini akan membantu kamu memantau perubahan-perubahan dalam lingkar perut kamu dari waktu ke waktu. Kamu bisa menggunakan jurnal atau aplikasi kesehatan untuk mencatat pengukuran dan melacak perkembangan kamu.

Setelah kamu memiliki beberapa pengukuran lingkar perut yang tercatat, lakukan evaluasi terhadap hasilnya.

Baca Juga: Rekomendasi Bahan untuk Pakaian Tidur

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dengan Lingkar Perut

Perhatikan apakah lingkar perut kamu mengalami peningkatan atau penurunan dari waktu ke waktu. Jika terjadi peningkatan yang signifikan, maka hal tersebut bisa menjadi tanda adanya penumpukan lemak di sekitar organ-organ dalam tubuh dan perlu mendapatkan perhatian lebih lanjut.

Setelah kamu melakukan pengukuran dan melakukan evaluasi mandiri, sebaiknya kamu juga menghubungi profesional medis untuk mendapatkan konsultasi lebih lanjut, dan juga mendapatkan penjelasan yang lebih terperinci mengenai kondisi kesehatan kamu.

Karena hanya profesional medis yang dapat memberikan penilaian dan memberikan saran atau langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kamu.

Penting untuk kamu ingat bahwa dalam melakukan pengukuran pada lingkar perut dan hasil yang dapatkan adalah satu parameter dalam penilaian kesehatan secara keseluruhan.

Selain mengukur lingkar perut, perhatikan juga faktor-faktor lain seperti indeks massa tubuh (BMI), pola makan, aktivitas fisik, dan riwayat kesehatan kamu secara keseluruhan.

Apa hubungan lingkar perut dengan kesehatan seseorang?

Mungkin beberapa dari kamu bertanya apa hubungannya lingkar perut dengan kesehatan tubuh kamu?

Bukan kah ini hanya penanda apakah berat badan kamu ideal atau tidak?

Seperti yang sudah Minto jelaskan sebelumnya, bahwa hasil dari lingkaran perut bisa menunjukan penilaian kesehatan secara keseluruhan, dan selain lingkar perut, pertimbangan lainnya yang juga penting adalah indeks massa tubuh atau BMI dan rasio pinggang dan pinggul.

Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, batas aman lingkar perut normal untuk pria adalah 90 cm dan untuk wanita adalah 80 cm.

Jika hasil dari cara mengukur lingkar perut yang sudah kamu lakukan melebihi batas ini, bisa jadi tanda jika kamu memiliki lemak perut yang berlebih.

Dengan ukuran yang berlebih, sebenarnya ada beberapa resiko yang perlu kamu tahu dan perhatikan. Implikasi penyakit di tubuh kamu bisa jadi meningkat dan menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.

Maka dari itu, jika kamu merasa ukuran lingkar perut, pinggang, dan pinggul kamu sudah berlebihan, sebaiknya mulai perhatikan kesehatan. Perbanyak olahraga dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, menjalani kehidupan yang lebih sehat juga tentunya.

Minto akan berikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh kamu, dengan mengurangi berat badan dan juga bagaimana mengurangi ukuran lingkar perut dengan aman dan tentu baik untuk tubuh kamu.

Tips Mengecilkan Lingkar Perut

tips mengecilkan lingkar perut
Sumber: Canva Pro

Perlu diingat juga Knittopreneurs, jika mengurangi berat badan dan mengecilkan lingkar perut dengan cara yang benar akan melibatkan kombinasi antara pola makan sehat, olahraga teratur dan adanya perubahan gaya hidup kamu. Jadi, beberapa langkah ini bisa kamu coba di rumah untuk meningkatkan kesehatan, menjaga bentuk tubuh dan juga mengecilkan lingkar perut.

1. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Tetapkan tujuan penurunan berat badan yang realistis dan terukur. Fokus pada penurunan berat badan secara bertahap, sekitar 0,5-1 kg per minggu, untuk hasil yang lebih tahan lama dan sehat.

2. Diet Sehat

Konsumsi makanan bergizi dan seimbang. Pilih makanan yang rendah lemak, rendah gula, tinggi serat, dan kaya nutrisi.

Sertakan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, protein rendah lemak seperti ikan, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

Hindari makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan manis yang tinggi kalori.

3. Kontrol Porsi Makan

Perhatikan ukuran porsi makan kamu. Hindari makan berlebihan dan fokus pada makan dengan porsi yang seimbang.

Gunakan piring kecil atau mangkuk untuk membantu mengontrol porsi makan.

4. Hindari Makanan yang Memicu Penumpukan Lemak di Perut

Makanan tinggi gula, makanan olahan, makanan berlemak jenuh, dan minuman manis dapat meningkatkan lemak abdominal. Hindari atau kurangi konsumsi makanan tersebut.

5. Minum Air yang Cukup

Pastikan kamu terhidrasi dengan baik dengan minum air yang cukup setiap hari. Air membantu menjaga kecukupan cairan tubuh, mengontrol nafsu makan, dan membantu dalam proses metabolisme.

6. Lakukan Olahraga Teratur

Lakukan kombinasi antara latihan kardiovaskular (seperti berlari, bersepeda, atau berenang) dan latihan kekuatan (seperti angkat beban atau pilates).

Olahraga membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan membantu dalam penurunan berat badan secara keseluruhan, termasuk mengecilkan lingkar perut.

7. Hindari Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol secara berlebihan, karena kedua hal tersebut dapat berkontribusi pada penumpukan lemak abdominal.

8. Kurangi Stress

Stress kronis dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada peningkatan lemak abdominal. Cari cara untuk mengelola stres seperti meditasi, yoga, atau hobi yang menyenangkan.

9. Tidur yang Cukup

Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Kurang tidur dapat mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan dan metabolisme, yang dapat berdampak pada penumpukan lemak di perut.

10. Konsultasikan dengan Profesional Kesehatan

Jika kamu memiliki kekhawatiran khusus tentang penurunan berat badan atau lingkar perut, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk evaluasi dan saran yang lebih spesifik.

Baca Juga :  Inspirasi Smart Casual Outfit untuk Pria dan Wanita

Menjalani kehidupan yang sehat sama dengan menginvestasikan kesehatan tubuh kamu untuk jangka yang panjang, jangan mudah tergoda dengan kehidupan mudah atau instan  yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan kamu.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu dan menambah motivasi kamu untuk selalu hidup sehat!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur