Inspirasi Smart Casual Outfit untuk Pria dan Wanita

0
5/5 - Vote count: 20 votes

Inspirasi Smart Casual Outfit untuk Pria dan Wanita – Gaya berpakaian tidak hanya mengacu pada casual dan formal saja , jika kita bedah masih banyak pilihan gaya berpakaian yang bisa Knittopreneurs coba salah satunya adalah Smart Casual Outfit. Gaya berpakaian ini cukup banyak disenangi oleh orang-orang. 

Kenapa gaya berpakaian smart casual outfit disenangi oleh orang-orang? 

Smart casual outfit banyak disukai oleh orang-orang karena fleksibilitas dalam penggunaannya, tidak hanya kamu tetap nyaman dan santai tapi kamu juga terlihat tetap rapi. Dengan menggunakan smart casual outfit juga memungkinkan kamu untuk menggabungkan pakaian formal dengan pakain casual yang kamu punya. 

Selain itu smart casual outfit dapat disesuaikan dengan berbagai situasi dan acara. Dari pertemuan bisnis yang santai hingga acara sosial yang semi-formal, gaya ini memberikan kemampuan untuk beradaptasi dengan mudah tanpa terlihat terlalu berlebihan atau terlalu santai.

Selain digunakan untuk acara formal, kamu juga bisa menggunakan gaya smart casual ini ke acara seperti cocktail party, untuk bekerja atau acara-acara semi-formal lainnya juga.

Gaya smart casual bisa memberikan tampilan yang berkelas, elegan, dan tetap stylish. Kombinasi yang tepat antara pakaian kasual dan formal bisa memberikan kesan yang santai tapi tetap terlihat rapi dan profesional.

Inspirasi Smart Casual Outfit untuk Pria dan Wanita

Untuk Knittopreneurs yang ingin terlihat tetap santai tapi juga tidak menghilangkan kesan profesional mungkin kamu bisa mencoba gaya berpakaian dengan tema smart casual outfit ini, Minto akan memberikan beberapa inspirasi untuk penampilan yang menawan bagi wanita dan pria dengan gaya berpakaian smart casual outfit.

Inspirasi Smart Casual Outfit untuk Pria

Untuk para pria, kamu bisa mencoba beberapa inspirasi di bawah ini untuk beberapa acara formal, casual maupun untuk pergi ke kantor, simak ya.

  1. Atasan

Untuk menampilkan style smart casual kamu bisa memilih atasan seperti kaos polo atau kemeja lengan pendek, jika kamu lebih pede dengan menggunakan panjang pun tidak masalah, karena jenis pakaian ini merupakan pilihan yang tepat untuk smart casual outfit. Pemilihan warna juga harus kamu perhatikan, pilihlah warna yang netral seperti putih, biru, navy atau abu-abu.

2. Bawahan

Memilih celana yang tepat juga diperlukan agar penampilan smart casual terasa pada penampilan kamu. Gunakan celana panjang seperti Chino atau celana Khaki, dan sebaiknya kamu menghindari penggunaan celana jeans karena kesannya yang terlalu casual, atau celana formal yang terlalu kaku. 

3. Sepatu

Sepatu adalah elemen yang paling penting yang bisa memberikan efek pada suatu penampilan, sama hal nya dengan penampilan untuk smart casual outfit, kamu harus memilih sepatu yang tepat. Untuk tema smart casual sebaiknya kamu menghindari untuk menggunakan sepatu sneakers, sepatu olahraga atau sandal karena sepatu jenis ini terlalu casual dan terlalu santai. Jadi sebaiknya kamu menggunakan sepatu yang terlihat semi-formal seperti sepatu Oxford,  sepatu brogue atau Loafers yang tetap memberikan kesan rapi dan juga nyaman.

4. Outwear

Jika kamu membutuhkan pakaian tambahan untuk menghangatkan tubuh kamu karena cuaca yang sedang kurang bersahabat, kamu bisa menggunakan outer sebagai tambahan. Outer yang cocok untuk digunakan dalam style smart casual adalah jaket, jaket yang harus kamu gunakan bukan jenis hoodie ya coba pilih jaket dengan zipper tanpa penutup kepala, kamu juga bisa menggunakan blazer, dan yang terakhir adalah sweater, pilih sweater yang cocok dengan warna pakaian kamu. Dengan menggunakan beberapa pilihan outer ini kamu akan terlihat rapi dan tema smart casual pun tetap kamu dapatkan dari penampilan kamu.

5. Aksesori

Agar tampil lebih keren lagi, tidak ada salahnya sebagai pria kamu juga menggunakan aksesori tambahan, aksesori disini pun bukan sesuatu yang berlebihan untuk digunakan, kamu bisa memilih aksesori yang simple seperti ikat pinggang kulit, jam tangan atau kaca mata hitam. 

Baca Juga: 8 Tips Menemukan Kombinasi Warna yang Cocok dengan Warna Cream

Inspirasi Smart Casual Outfit untuk Wanita:

Bukan cuma untuk pria saja, Minto juga sudah menyiapkan beberapa inspirasi smart casual outfit untuk para wanita. Simak penjelasannya di bawah ini ya.

  1. Atasan

Untuk memberikan kesan smart casual coba untuk memilih atasan seperti Blus atau kemeja dengan potongan yang lebih feminin dan elegan, dengan pilihan outfit ini kesan smart casual akan melekat pada penampilan kamu. Pemilihan warna juga harus tetap kamu perhatikan, pilih warna yang soft dan motif yang simple untuk menciptakan kesan yang anggun.

2. Bawahan

Bawahan seperti celana panjang atau rok midi juga merupakan bawahan yang cocok untuk penampilan smart casual, pilih celana panjang dengan potongan yang pas di tubuh kamu.Jangan gunakan celana pendek yang terlalu santai atau menggunakan rok mini yang terlalu terbuka. 

3. Sepatu

Memilih sepatu yang sesuai juga sama pentingnya jangan sampai kamu salah menggunakan sepatu sehingga kesan smart casual pada penampilan kamu jadi berkurang. Pilih sepatu dengan tumit rendah atau flat shoes pun bisa kamu coba. Sebaiknya hindari penggunaan sepatu dengan tumit tinggi atau sneakers ya.

4. Outwear

Kalau kamu juga ingin melakukan mix and match dengan tampilan smart casual kamu bisa coba menggabungkan pakaian kamu dengan outwear seperti jaket denim, blazer, atau cardigan yang sesuai dengan warna dan gaya pakaian kamu. Dengan menggunakan jenis outwear ini kamu bisa memberikan sentuhan yang lebih rapi dan tetap tampil elegan juga.

5. Aksesori

Menambahkan aksesori rasanya juga perlu ya agar penampilan kamu tidak terlalu polos, tambahkan aksesori yang chic seperti kalung, anting-anting, atau gelang yang sesuai dengan pakaian kamu, jangan gunakan aksesori yang terlalu berlebihan juga ya, pastikan kamu tetap menggunakannya dengan porsi yang pas agar penampilan kamu tetap santai, rapi dan juga elegan.

Tips Menggunakan Smart Casual Outfit

Ada beberapa tips juga yang ingin Minto share kepada Knittopreneurs untuk menggunakan smart casual outfit agar lebih percaya diri dan lebih tepat.

  • Sebelum kamu memilih baju yang tepat, perhatikan dulu acara apa yang akan kamu hadiri, dan pastikan kamu memilih baju yang menyesuaikan dengan acara. 
  • Gunakan pakaian yang berkualitas, karena pakaian berkualitas akan memberikan tampilan yang berbeda dan juga masa pemakaiannya bisa lebih tahan lama, sedikit berinvestasi dalam membeli pakaian yang berkualitas baik tidak ada salahnya kan?
  • Pilih warna yang tepat untuk mendapatkan kesan smart casual, gunakan warna-warna netral seperti hitam, putih, abu-abu, dan biru navy sering menjadi pilihan yang aman dalam smart casual outfit. Kamu juga bisa menambahkan sentuhan warna dengan aksesori atau pakaian dengan warna yang lebih cerah.
  • Meskipun smart casual memungkinkan elemen pakaian kasual, hindari menggunakan pakaian terlalu santai seperti celana pendek, kaos oblong, atau sandal jepit yang terlalu kasual.
  • Pastikan pakaian yang kamu gunakan memiliki proporsi yang seimbang. Jika kamu memilih atasan yang longgar, padukan dengan bawahan yang lebih ketat, dan sebaliknya. Jaga agar pakaian kamu tidak terlalu longgar atau terlalu ketat.

Jadi jangan ragu untuk berpenampilan dan menggunakan gaya smart casual, ekspresikan gaya berpakaian kamu senyaman dan sebebas mungkin. Semoga apa yang Minto sajikan dalam artikel ini bermanfaat ya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur