Mengenal Celana Jogger: Rekomendasi Bahan yang Tepat Untuk Membuat Celana Jogger

0
5/5 - Vote count: 74 votes

Mengenal Celana Jogger: Rekomendasi Bahan yang Tepat Untuk Membuat Celana Jogger – Celana jogger saat ini telah menjadi salah satu pakaian fashion yang populer di berbagai kalangan. Awalnya celana ini dirancang sebagai pakaian olahraga saja, namun saat ini jogger telah menjadi fashion yang cocok untuk berbagai aktivitas.

Apalagi sejak tren athleisure style muncul, dimana baju yang biasanya hanya dipakai untuk berolahraga, kini menjadi umum untuk dipakai sehari-hari. Tentunya, memakai jogger sebagai bawahan, bisa membuat Knittopreneurs tampil modis dengan lebih nyaman. 

Artikel ini akan membahas berbagai rekomendasi bahan yang bagus untuk outfit jogger yang lebih fashionable. Simak hingga akhir ya!

Mengenal Celana Jogger Rekomendasi Bahan Yang Tepat Untuk Membuat Celana Jogger
Mengenal Celana Jogger Rekomendasi Bahan Yang Tepat Untuk Membuat Celana Jogger

Mengenal Celana Jogger: Rekomendasi Bahan yang Tepat Untuk Membuat Celana Jogger

Apa Itu Celana Jogger?

Celana jogger merupakan celana panjang yang memiliki potongan tapered (mengecil ke bawah dari paha hingga pergelangan kaki). Awalnya celana ini dirancang untuk aktivitas olahraga saja, bahkan namanya didapatkan dari aktivitas yang sering dilakukan saat memakai celana ini, yaitu jogging.

Nah, orang-orang yang kerap memakainya disebut “jogger“, dan penamaan tersebut melekat pada bawahan yang mirip sweatpants ini. Pembedanya terletak pada ciri khas yang dimilikinya, ada karet pada bagian pinggang, pergelangan kaki, dan pada bagian bawah, menjadikannya lebih elastis. 

Karakteristik Celana Jogger

Ada beberapa karakteristik yang dimiliki oleh celana ini:

  1. Memiliki potongan tapered atau bagian bawah celana yang mengecil sehingga memberikan tampilan yang ramping namun tetap nyaman digunakan.
  2. Memiliki karet dibagian pinggang dan pergelangan kaki, sehingga celana ini dapat lebih elastis dan lebih nyaman digunakan karena dapat menyesuaikan dengan ukuran pinggang.
  3. Umumnya dilengkapi dengan kantong pada bagian samping.
  4. Bahan yang digunakan biasanya terbuat dari bahan katun ataupun polyester sehingga dapat nyaman ketika digunakan.

Baca Juga: Inspirasi Outfit Dengan Athleisure Style, Trik Tampil Modis Dengan Nyaman

Jogger vs Sweatpants: Apa Bedanya?

Sekilas lihat, jogger dan sweatpants terlihat mirip. Keduanya sama-sama memiliki pinggang dari karet, dan bisa digunakan sebagai loungewear atau pakaian santai. Lalu, perbedaannya apa saja?

  • Celana jogger umumnya lebih ringan, fleksibel, dan memiliki potongan yang lebih ramping dibandingkan dengan sweatpants.
  • Jogger lebih cocok digunakan untuk aktivitas fisik maupun santai, sementara sweatpants lebih sering digunakan untuk bersantai atau tidur.
  • Bawahan jogger biasanya terbuat dari bahan yang lebih ringan dan berpori-pori seperti katun atau polyester, sedangkan celana sweatpants seringkali menggunakan bahan yang lebih tebal seperti katun atau campuran katun dan poliester yang lebih hangat.
  • Celana jogger memiliki potongan yang lebih ramping di bagian pergelangan kaki, seringkali dengan cuff atau karet, sedangkan celana sweatpants cenderung memiliki potongan yang lebih lebar di bagian bawah.

Maka dari itu, meskipun keduanya nyaman digunakan, celana jogger lebih memberikan kesan sporty dan modern, sedangkan celana sweatpants lebih memberikan kesan santai.

Fungsi Celana Jogger

Celana ini dapat digunakan dalam kondisi apapun sehingga menjadikannya pilihan untuk aktivitas sehari hari. Awalnya celana ini dirancang untuk celana olahraga seperti lari dan gym, namun saat ini juga telah menjadi tren fashion casual berkat modelnya yang modern dan stylish. Selain itu, celana ini juga sangat cocok digunakan sebagai pakaian sehari hari karena karakteristik dan bahannya yang nyaman ketika digunakan.

Kelebihan Celana Jogger

  1. Celana ini dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti olahraga, pakaian sehari hari, serta pakaian untuk hangout.
  2. Memiliki desain yang modern dan trendy sehingga dapat terlihat lebih stylish serta mudah untuk dipadukan dengan berbagai jenis atasan.
  3. Celana ini umumnya dibuat dari bahan yang lembut dengan potongan yang fleksibel sehingga membuat celana ini nyaman untuk digunakan dalam berbagai aktivitas.
  4. Terdapat kantong yang membuatnya praktis untuk menyimpan barang-barang kecil.

Kekurangan Celana Jogger

  1. Tidak cocok untuk acara-acara formal atau lingkungan kerja yang memerlukan pakaian semi-formal.
  2. Karet elastis di pergelangan kaki dan pinggang bisa kendur seiring berjalannya waktu pemakaian.
  3. Apabila menggunakan bahan sintetis seperti polyester, dapat terasa panas, apabila digunakan pada musim kemarau, namun untuk penggunaan katun, pastinya akan selalu adem.
OOTD Dengan Menggunakan Celana Jogger
OOTD Dengan Menggunakan Celana Jogger

Rekomendasi Model Atasan Yang Cocok Dengan Celana Jogger

  1. Kaos Polos: Kaos polos dari bahan cotton combed atau dry fit sangat cocok dipadukan dengan celana ini untuk tampilan yang santai dan sporty.
  2. Hoodie atau Sweater: Untuk cuaca yang lebih dingin, hoodie atau sweater bisa menjadi pilihan yang cocok, memberikan kesan casual dan stylish.
  3. Jaket Bomber: Jaket bomber dengan celana ini bisa memberikan tampilan yang lebih trendi dan kekinian.
  4. Tank Top: Untuk aktivitas olahraga, tank top bisa menjadi pilihan yang tepat dipadukan dengan celana ini.

Baca Juga: OOTD Celana Cargo Yang Wajib Dicoba Tahun Ini, Bisa Untuk Pria dan Wanita

Rekomendasi Bahan Yang Tepat Untuk Membuat Celana Jogger

1. Cotton Combed Baby Terry

Cotton Combed Baby Terry Knitto
Cotton Combed Baby Terry Knitto

Cotton Combed Baby Terry merupakan salah satu jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat sweater, jaket, hoodie, jumper dan celana seperti celana jogger.

Bahan Baby Terry mempunyai permukaan luar seperti bahan Cotton Combed, namun yang menjadi pembeda yaitu pada bagian dalam kain yang mempunyai struktur berbentuk kumpulan “loop”. 

Di Knitto Tekstil Indonesia, kami menyediakan bahan baby terry dengan lebih dari 44 varian warna yang bisa kamu gunakan untuk membuat celana jogger yang bisa kamu akses dengan klik link berikut produk baby terry knitto.

2. Cotton Combed Fleece

Kain Cotton Combed Fleece
Kain Cotton Combed Fleece

Cotton Combed Fleece merupakan kain yang biasa digunakan untuk pembuatan produk hangat seperti jaket, hoodie dan sweater, namun produk ini juga bisa digunakan untuk membuat celana seperti celana jogger.

Bahan Kain Fleece mempunyai ciri khas yang unik, dimana pada bagian dalam kainnya memiliki bulu-bulu halus, berbeda dengan kain Baby Terry dan French Terry yang memiliki loop pada bagian dalam kainnya.

Di Knitto Tekstil Indonesia kami menyediakan bahan Cotton Combed Fleece dengan lebih dari 29 varian warna yang bisa kamu gunakan untuk membuat celana jogger yang bisa kamu akses dengan klik link berikut produk cotton combed fleece knitto.

6 Tips Styling Celana Jogger untuk Pria dan Wanita

Pilihlah celana jogger dengan potongan yang pas dan tidak terlalu ketat atau longgar, untuk memastikan Knittopreneurs merasa nyaman dan sesuai juga dengan bentuk tubuh. Materialnya juga penting, pastikan bahannya lembut, ringan, dan menyerap keringat.

Setelah membeli bawahan yang pas untuk Knittopreneurs, coba beberapa tips dari Minto ini untuk styling di OOTD:

Untuk Wanita

  • Padukan dengan Atasan yang Pas: Celana jogger cenderung membuat tubuh terlihat lebih pendek, sehingga penting untuk memadukan dengan atasan yang pas dan tidak terlalu panjang.
  • Tambahkan Aksesoris: Gunakan aksesoris seperti kalung, anting, atau topi untuk memberikan kesan yang lebih stylish, terutama jika pakaian ini akan digunakan ke luar rumah.
  • Eksperimen dengan Style Kesukaan: Celana jogger bisa dipadukan dengan style casual hingga semi formal. Cobalah padukan dengan blazer, kemeja, atau sweater untuk tampilan yang berbeda.

Untuk Pria

  • Pilih Ukuran yang Tepat: Celana jogger yang terlalu ketat atau terlalu longgar akan mengurangi kenyamanan dan penampilan.
  • Padukan dengan Atasan yang Sesuai: Kaos, hoodie, atau kemeja bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dipadukan dengan celana jogger.
  • Tambahkan Aksesoris: Sepatu sneakers, topi, atau jam tangan dapat memberikan sentuhan akhir pada penampilan.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]