10 Jenis Kain Parasut Terbaik Untuk Jaket Serta Cara Perawatannya

0
3.1/5 - Vote count: 59 votes

10 Jenis Kain Parasut Untuk Jaket Serta Cara PerawatannyaKain parasut adalah jenis kain yang awalnya dirancang untuk digunakan dalam pembuatan parasut. Namun, karena kelebihan-kelebihannya, kain ini juga digunakan dalam berbagai aplikasi lain, termasuk pembuatan jaket. Kain parasut terbuat dari serat sintetis yang kuat dan ringan, seperti nylon atau polyester. Keunggulan utama kain parasut adalah kekuatannya yang tinggi, sementara tetap memiliki berat yang ringan.

Kain Parasut

Jaket adalah salah satu pakaian luar yang populer dan sering digunakan oleh banyak orang. Selain memberikan perlindungan dari cuaca yang ekstrim, jaket juga dapat menjadi salah satu elemen gaya yang menarik. Salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan jaket adalah kain parasut. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang kain parasut untuk jaket, termasuk kelebihannya, proses pembuatan, penggunaan dalam dunia fashion, perawatan, dan pemeliharaannya.

Keunggulan Kain Parasut

  • Kekuatan Tinggi

Kain parasut memiliki kekuatan yang luar biasa. Serat sintetis yang digunakan dalam kain ini mampu menahan tekanan dan tarikan yang tinggi. Hal ini menjadikan kain parasut sangat tahan terhadap keausan dan robek.

  • Ringan

Salah satu keunggulan utama kain parasut adalah keberatannya yang ringan. Dalam jaket, hal ini memberikan kenyamanan ekstra bagi pemakainya. Kamu dapat bergerak dengan bebas tanpa merasa terbebani oleh jaket yang terlalu berat.

  • Perlindungan Optimal

Kain parasut memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh Kamu dari angin kencang dan hujan. Bahan ini memiliki sifat tahan air yang memungkinkan Kamu tetap kering dalam berbagai kondisi cuaca. Selain itu, kain parasut juga dapat melindungi dari sinar UV berbahaya.

  • Daya Tahan

Kain parasut sangat tahan lama dan awet. Kamu tidak perlu khawatir bahwa jaket Kamu akan rusak atau aus dalam waktu singkat. Bahan ini dirancang untuk menahan penggunaan yang intensif dan tetap terlihat bagus dalam jangka waktu yang lama.

10 Rekomendasi Jenis Kain Parasut Untuk Jaket Terbaik

  • Jenis Kain Parasut Nilon

Kain parasut nilon adalah salah satu jenis kain yang paling umum digunakan untuk membuat jaket parasut. Kain ini memiliki keunggulan dalam hal ketahanan terhadap air dan kekuatan yang tinggi. Selain itu, jaket yang terbuat dari kain parasut nilon juga memiliki kemampuan untuk menahan angin. Kain parasut nilon sangat ringan dan nyaman saat digunakan.

Keunggulan utama kain parasut nilon adalah kemampuannya untuk melindungi dari air. Ketika Kamu berada di luar ruangan dalam cuaca yang lembab atau hujan, jaket parasut dari kain parasut nilon akan membantu menjaga Kamu tetap kering. Selain itu, kain parasut nilon juga tahan terhadap kerusakan akibat air, sehingga jaket akan tetap awet meskipun terkena cipratan air.

Selain ketahanan terhadap air, kain parasut nilon juga memiliki kekuatan yang tinggi. Ini berarti jaket dari kain parasut nilon akan tahan lama dan dapat digunakan dalam berbagai kegiatan outdoor yang membutuhkan perlindungan ekstra. Kain parasut nilon juga memiliki ketahanan terhadap gesekan dan abrasi, sehingga jaket akan tetap terlihat bagus meskipun sering digunakan dalam aktivitas yang menguras energi.

  • Jenis Kain Parasut Polyester

Kain parasut polyester adalah jenis kain lain yang sering digunakan untuk membuat jaket parasut. Kain ini memiliki keunggulan dalam hal ketahanan terhadap kerutan dan perubahan warna. Selain itu, jaket yang terbuat dari kain parasut polyester juga memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca ekstrem. Kain parasut polyester sering digunakan dalam jaket yang digunakan untuk kegiatan outdoor.

Keunggulan utama kain parasut polyester adalah kemampuannya untuk menghindari kerutan. Jaket yang terbuat dari kain parasut polyester tetap tampak rapi dan terlihat baik meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Kamu tidak perlu khawatir tentang tampilan jaket yang kusut atau berkerut saat sedang beraktivitas.

Selain itu, kain parasut polyester juga memiliki ketahanan yang baik terhadap perubahan warna. Ini berarti jaket parasut dari kain parasut polyester tidak mudah pudar atau mengalami perubahan warna yang signifikan akibat paparan sinar matahari atau penggunaan berulang. Kamu dapat yakin bahwa jaket Kamu akan tetap terlihat cerah dan menarik meskipun digunakan dalam berbagai kondisi cuaca.

  • Jenis Kain Parasut Ripstop

Jenis kain parasut ripstop memiliki keunggulan dalam hal kekuatan dan ketahanan terhadap robek. Kain ini memiliki pola jaring yang membuatnya lebih tahan terhadap tekanan dan gesekan. Jaket yang terbuat dari kain parasut ripstop umumnya lebih tahan lama dan awet.

Kain parasut ripstop dirancang dengan benang tambahan yang ditempatkan secara strategis dalam pola jaring. Hal ini memberikan kekuatan ekstra pada kain, sehingga mampu mengatasi tekanan dan gesekan yang mungkin terjadi saat beraktivitas di luar ruangan. Jaket yang terbuat dari kain parasut ripstop menjadi pilihan yang tepat untuk kegiatan yang membutuhkan perlindungan ekstra dan daya tahan yang tinggi.

Keunggulan utama dari kain parasut ripstop adalah kemampuannya untuk mencegah kerusakan yang lebih lanjut ketika ada robekan pada kain. Jika terjadi robekan kecil pada kain parasut ripstop, pola jaring yang ada akan mencegah robekan tersebut meluas. Ini menjaga integritas jaket dan mencegah kerusakan yang lebih besar.

  • Jenis Kain Parasut Taslan

Kain parasut taslan adalah jenis kain yang tahan air dan memiliki tekstur yang halus. Jaket yang terbuat dari kain parasut taslan memberikan kenyamanan ekstra saat digunakan. Selain itu, kain ini juga memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca buruk dan sinar UV.

Kain parasut taslan memiliki lapisan permukaan yang membuatnya tahan terhadap air. Ketika Kamu mengenakan jaket yang terbuat dari kain ini, tetesan air akan langsung terguling dari permukaan jaket tanpa meresap ke dalamnya. Ini menjaga Kamu tetap kering dan nyaman dalam cuaca basah atau hujan.

Selain tahan air, kain parasut taslan juga memiliki tekstur yang halus. Ketika Kamu memakai jaket dari kain ini, Kamu akan merasakan kenyamanan yang lebih karena permukaannya yang lembut dan tidak kasar di kulit. Hal ini membuat jaket parasut taslan sangat nyaman digunakan dalam berbagai aktivitas luar ruangan.

  • Jenis Kain Parasut Oxford

Kain parasut oxford adalah jenis kain yang memiliki tekstur kasar dan kuat. Kain ini sangat tahan terhadap kerusakan dan abrasi. Jaket yang terbuat dari kain parasut oxford cocok untuk digunakan dalam kondisi yang ekstrim dan membutuhkan perlindungan yang maksimal.

Keunggulan utama dari kain parasut oxford adalah kekuatannya yang luar biasa. Kain ini dirancang dengan konstruksi yang padat dan serat yang kuat, sehingga sangat tahan terhadap kerusakan dan abrasi. Jaket yang terbuat dari kain parasut oxford mampu menghadapi tekanan, gesekan, dan kondisi luar yang keras tanpa mengalami kerusakan.

Tekstur kasar dari kain parasut oxford juga memberikan keunggulan tambahan dalam hal daya tahan. Kain ini mampu melindungi jaket dari goresan, sobekan, atau kerusakan lain yang mungkin terjadi saat Kamu beraktivitas di luar ruangan. Dengan jaket dari kain parasut oxford, Kamu dapat merasa lebih percaya diri dan nyaman, karena Kamu tahu jaket Kamu dapat melindungi Kamu dalam kondisi yang paling ekstrim sekalipun.

  • Jenis Kain Parasut Dobby

Kain parasut dobby memiliki pola yang terlihat unik dan rumit. Kain ini sering digunakan untuk membuat jaket parasut dengan tampilan yang lebih modis dan stylish. Meskipun memiliki tampilan yang menarik, kain parasut dobby tetap memiliki keunggulan dalam hal kekuatan dan ketahanan.

Keunggulan utama dari kain parasut dobby adalah keindahannya yang menghadirkan tampilan yang lebih modis pada jaket parasut. Pola yang rumit dan unik pada kain ini memberikan sentuhan desain yang menarik, menjadikan jaket parasut dobby pilihan yang tepat untuk mereka yang ingin tampil trendi saat beraktivitas di luar ruangan.

Namun, selain tampilannya yang menarik, kain parasut dobby juga memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik. Meskipun terlihat rumit, kain ini tetap kokoh dan mampu bertahan dalam kondisi yang keras. Jaket parasut dari kain parasut dobby tidak hanya memberikan kepuasan dari segi gaya, tetapi juga mampu melindungi Kamu dengan baik saat berada di luar ruangan.

  • Jenis Kain Parasut Microfiber

Jenis kain parasut microfiber memiliki serat yang sangat halus dan lembut. Kain ini sering digunakan untuk membuat jaket parasut yang nyaman dan ringan. Selain itu, kain parasut microfiber juga memiliki keunggulan dalam hal kekuatan dan ketahanan terhadap cuaca.

Keunggulan utama dari kain parasut microfiber adalah teksturnya yang lembut dan halus. Serat-serat yang sangat halus pada kain ini memberikan rasa nyaman saat jaket dipakai. Kamu akan merasakan kelembutan kain menyentuh kulit, menjadikan jaket parasut dari kain microfiber pilihan yang nyaman untuk digunakan dalam berbagai aktivitas.

Selain kenyamanan, kain parasut microfiber juga memiliki keunggulan dalam hal ringan dan ringan. Kain ini memiliki berat yang sangat rendah, sehingga jaket yang terbuat dari kain ini tidak memberi beban berlebih saat digunakan. Kamu dapat dengan mudah bergerak dan beraktivitas tanpa merasa terbebani oleh berat jaket. Kelebihan ini menjadikan jaket parasut microfiber ideal untuk aktivitas luar ruangan yang membutuhkan kepraktisan dan kenyamanan.

  • Jenis Kain Parasut Tafeta

Kain parasut tafeta memiliki permukaan yang halus dan mengkilap. Kain ini sering digunakan untuk membuat jaket parasut yang memiliki tampilan yang lebih elegan. Jaket yang terbuat dari kain parasut tafeta juga memiliki kemampuan menahan air yang baik.

Keunggulan utama dari kain parasut tafeta adalah permukaannya yang halus dan mengkilap. Kain ini memberikan kesan yang lebih elegan dan memberikan sentuhan yang stylish pada jaket parasut. Jaket dari kain parasut tafeta tidak hanya memberikan perlindungan dan kenyamanan, tetapi juga tampil dengan gaya yang lebih menarik.

Selain tampilannya yang elegan, kain parasut tafeta juga memiliki kemampuan menahan air yang baik. Ketika Kamu berada di luar ruangan dalam cuaca yang lembab atau hujan, jaket dari kain parasut tafeta akan membantu menjaga Kamu tetap kering. Kain ini tidak mudah meresap air, sehingga air akan terguling dari permukaan jaket tanpa meresap ke dalamnya.

  • Jenis Kain Parasut Taslan Coating

Jenis kain parasut taslan coating adalah kain yang telah dilapisi dengan bahan khusus untuk meningkatkan ketahanan terhadap air. Jaket yang terbuat dari kain parasut taslan coating sangat efektif dalam melindungi Kamu dari hujan dan cuaca buruk.

Keunggulan utama dari kain parasut taslan coating adalah kemampuannya dalam menahan air. Dengan lapisan khusus yang diaplikasikan pada kain, jaket dari kain ini menjadi lebih tahan terhadap air daripada kain parasut biasa. Ketika Kamu memakai jaket parasut taslan coating, air hujan akan langsung terguling dari permukaan jaket tanpa meresap ke dalamnya. Ini memastikan Kamu tetap kering dan nyaman bahkan dalam kondisi cuaca basah.

Selain ketahanan terhadap air, kain parasut taslan coating juga memiliki keunggulan dalam hal ketahanan terhadap angin dan cuaca buruk secara keseluruhan. Jaket dari kain ini dirancang untuk melindungi Kamu dari angin kencang dan suhu ekstrem. Lapisan khusus pada kain membantu menjaga suhu tubuh Kamu dan membuat Kamu tetap hangat dalam kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

  • Jenis Kain Parasut Kombinasi

Dalam menciptakan jaket dengan performa yang lebih baik, produsen jaket sering menggunakan kombinasi berbagai jenis kain parasut. Berikut adalah beberapa jenis kain parasut yang sering digunakan dalam kombinasi :

Kain Parasut Nilon

Kain parasut nilon merupakan pilihan yang populer untuk bagian luar jaket yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan. Kain ini tahan terhadap tekanan, gesekan, dan cuaca ekstrem. Selain itu, kain parasut nilon memiliki sifat yang ringan, membuat jaket lebih nyaman saat digunakan.

Kain Parasut Polyester

Kain parasut polyester juga sering digunakan dalam kombinasi untuk jaket. Kain ini memiliki sifat yang tahan lama, tidak mudah kusut, dan tahan terhadap sinar UV. Penggunaan kain parasut polyester pada bagian luar jaket dapat memberikan perlindungan ekstra dari angin dan cuaca buruk.

Kain Parasut Microfiber

Kain parasut microfiber biasanya digunakan untuk bagian dalam jaket yang membutuhkan kenyamanan. Kain ini memiliki serat yang sangat halus dan lembut saat bersentuhan dengan kulit. Selain itu, kain parasut microfiber memiliki kemampuan yang baik dalam mengatur suhu tubuh, sehingga tetap nyaman saat cuaca berubah.

Kain Parasut Ripstop

Kain parasut ripstop adalah jenis kain yang memiliki pola jaring-jaring khusus untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan. Pola jaring-jaring ini mencegah robekan pada kain, sehingga jaket menjadi lebih tahan lama dan tahan terhadap kerusakan.

Kain Parasut DWR (Durable Water Repellent)

Kain parasut dengan lapisan DWR memiliki kemampuan tahan air yang baik. Lapisan ini membuat air menahan diri di permukaan kain, sehingga tidak meresap ke dalam jaket. Hal ini menjaga Kamu tetap kering saat terkena hujan atau cipratan air.

Kombinasi kain parasut ini digunakan dengan tujuan menciptakan jaket yang memiliki kekuatan, ketahanan, kenyamanan, dan perlindungan yang optimal dalam berbagai kondisi cuaca dan aktivitas outdoor.

Cara Perawatan Jaket dari Kain Parasut

Jaket yang terbuat dari kain parasut memerlukan perawatan khusus agar tetap awet dan tahan lama. Berikut ini adalah beberapa cara perawatan yang dapat Kamu lakukan untuk jaket dari kain parasut:

  • Pengecekan Petunjuk Perawatan

Sebelum membersihkan jaket, pastikan untuk membaca petunjuk perawatan yang tertera pada label produk. Setiap jaket mungkin memiliki instruksi perawatan yang berbeda, seperti suhu air yang disarankan atau larangan penggunaan bahan pemutih.

  • Membersihkan Noda

Jika jaket terkena noda ringan, Kamu dapat menggunakan lap lembab atau spons yang telah direndam dalam air sabun lembut. Gosoklah lembut pada area yang terkena noda hingga noda hilang. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan secara alami.

  • Cuci dengan Mesin

Ketika jaket kotor secara keseluruhan, Kamu dapat mencuci jaket dalam mesin cuci dengan menggunakan siklus pencucian yang lembut. Gunakan deterjen yang ringan dan hindari menggunakan deterjen yang mengandung pemutih atau penghilang noda keras. Sebaiknya, gunakan air dingin atau suhu rendah saat mencuci.

  • Jangan Gunakan Pengering

Kain parasut rentan terhadap panas yang berlebihan, sehingga sebaiknya hindari mengeringkan jaket dengan pengering mesin. Sebaliknya, gantung jaket di tempat yang teduh dan biarkan kering secara alami. Jangan menjemur jaket di bawah sinar matahari langsung, karena hal ini dapat merusak serat kain.

  • Hindari Pencucian Berlebihan

Meskipun kain parasut tahan lama, terlalu sering mencuci jaket dapat mengurangi umur pakai dan kualitas kain. Jika jaket tidak kotor secara signifikan, pertimbangkan untuk membersihkannya dengan cara mengepel atau mengelap dengan lap lembab untuk menghilangkan kotoran ringan.

Penyimpanan yang Tepat: Saat tidak digunakan, simpan jaket dari kain parasut di tempat yang kering dan terlindung dari sinar matahari langsung. Lipat dengan rapi untuk menghindari kerutan yang berlebihan. Hindari menyimpan jaket dalam plastik tertutup, karena dapat menyebabkan kelembaban dan pertumbuhan jamur.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, jaket dari kain parasut dapat tetap terlihat bagus dan awet untuk waktu yang lama. Pastikan untuk mengikuti petunjuk perawatan yang diberikan oleh produsen untuk hasil terbaik.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur