Mengenal Standar Ukuran Sepatu di Berbagai Negara dan 6 Tips Mengukur Sepatu

0
5/5 - Vote count: 1 vote

Artikel SEO Juni 2023 – Mengenal Standar Ukuran Sepatu di Berbagai Negara dan Tips Mengukur Sepatu

Sepatu adalah alas kaki yang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Selain memberikan perlindungan dan kenyamanan untuk kaki kita saat beraktivitas tapi juga menjadi fashion statement yang penting. Tetapi salah satu masalah umum yang sering dialami oleh masyarakat saat akan membeli sepatu adalah menemukan ukuran yang tepat.

Seperti kita tahu postur tubuh dan juga ukuran kaki setiap orang di setiap negara berbeda, begitu juga dengan standar ukuran sepatu yang berbeda-beda, sehingga penting untuk mengenal standar ukuran tersebut dan uga mengetahui tips untuk mengukur sepatu dengan benar.

Maka dari itu pada artikel ini Minto akan mencoba menjelaskan standar ukuran sepatu di beberapa negara dan juga tips untuk mengukur sepatu dengan tepat. 

Mengenal Standar Ukuran Sepatu di Berbagai Negara

1. Amerika Serikat dan Kanada:

Di Amerika Serikat dan Kanada, ukuran sepatu umumnya diukur dalam sistem ukuran Amerika Utara (North American sizing system) yang menggunakan angka sebagai ukuran. Ukuran wanita dimulai dari 4 hingga 14, sedangkan ukuran pria dimulai dari 6 hingga 16. Sistem ini juga mencakup ukuran anak-anak yang dimulai dari 0 hingga 13.

2. Britania Raya:

Di Britania Raya, ukuran sepatu biasanya diukur menggunakan sistem ukuran Inggris. Sistem ini menggunakan angka setara dengan panjang kaki dalam inci (inch). Ukuran wanita dimulai dari 2 hingga 9, sedangkan ukuran pria dimulai dari 6 hingga 13. Ukuran anak-anak juga diukur dalam sistem yang serupa.

3. Uni Eropa:

Di negara-negara anggota Uni Eropa, termasuk Prancis, Jerman, dan Spanyol, ukuran sepatu diukur dalam sistem ukuran Uni Eropa. Sistem ini menggunakan angka yang mewakili panjang kaki dalam sentimeter. Ukuran wanita dimulai dari 35 hingga 42, sedangkan ukuran pria dimulai dari 39 hingga 49. Sistem ini juga mencakup ukuran anak-anak.

4. Jepang:

Di Jepang, ukuran sepatu diukur dalam sistem ukuran Jepang yang menggunakan angka dengan tanda “cm” yang menunjukkan panjang kaki dalam sentimeter. Ukuran wanita dimulai dari 21 hingga 27, sedangkan ukuran pria dimulai dari 22 hingga 30. Sistem ini juga mencakup ukuran anak-anak.

5. Korea Selatan:

Di Korea Selatan, sistem ukuran sepatu yang umum digunakan adalah Korean Sizing System. Cara pengukurannya menggunakan milimeter (mm), untuk sepatu wanita ukurannya sekitar 220 – 270 , yang artinya panjang kaki wanita di korea sekitar 220 mm sampai 270 mm. Sedangkan untuk pria ukurannya sekitar 230 – 290. Setiap ukuran sepatu baik pria maupun wanita biasa memiliki perbedaan sekitar 5-7 mm.

6. Australia

Australia pun mempunyai standar ukurannya sendiri, untuk sepatu wanita menggunakan ukuran 4 sampai 12. Ukuran sepatu wanita biasanya diberi label dengan angka yang setara dengan ukuran Amerika Serikat. Misalnya, ukuran 6 di Australia sebanding dengan ukuran 8 di Amerika Serikat.

Sedangkan untuk sepatu pria menggunakan ukuran 6 sampai 18. Sama dengan sepatu wanita ukuran sepatu pria biasanya diberi label dengan angka yang setara dengan ukuran Amerika Serikat. Misalnya, ukuran 8 di Australia sebanding dengan ukuran 9 di Amerika Serikat.

7. Indonesia

Ukuran sepatu yang digunakan oleh orang-orang indonesia pada dasarnya hampir sama seperti yang digunakan oleh beberapa negara di Eropa. Sistem pengukurannya menggunakan angka yang bisa mewakili panjang kaki dalam sentimeter. Ukuran wanita dimulai dari 35 hingga 42, sedangkan ukuran pria dimulai dari 39 hingga 49. Sistem ini juga mencakup ukuran anak-anak yang di mulai dari ukuran 17 sampai 36.

Di beberapa negara lain pun mungkin menggunakan ukuran sepatu yang berbeda atau bisa jadi sama juga dengan beberapa negara yang sudah disebutkan di atas. 

Baca Juga: 7 OOTD ke Pantai yang Menginspirasi dan Fashionable

Tips Mengukur Sepatu Dengan Benar

Setelah informasi tentang standar ukuran sepatu di berbagai negara, sekarang kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara yang benar untuk mengukur kaki kamu untuk mendapatkan ukuran sepatu yang pas dan juga akurat. Karena sangat penting untuk menggunakan ukuran sepatu yang tepat agar kamu mendapatkan kenyamanan saat menggunakan sepatu.

  • Gunakan pengukur sepatu

Pengukur sepatu adalah alat yang dirancang khusus untuk mengukur panjang dan lebar kaki. Dalam pengukuran, pastikan kaki kamu berada dalam posisi tegak.

  • Ukur kaki setelah aktivitas selesai

Pada saat aktivitas kamu sudah selesai, saat itu adalah waktu yang paling tepat untuk mengukur kaki dan mendapatkan ukuran sepatu yang tepat, karena setelah melakukan aktivitas yang melelahkan kaki kita cenderung sedikit membengkak.

  • Gunakan kaos kaki yang biasa digunakan

Saat mengukur sepatu, pastikan kamu menggunakan kaus kaki yang akan kamu gunakan dengan sepatu tersebut. Kaus kaki yang lebih tebal dapat mempengaruhi ukuran yang tepat.

  • Ukur panjang dan lebar kaki

Untuk mendapatkan ukuran sepatu yang akurat, ukur panjang dan lebar kaki kamu. Lebar kaki juga penting karena beberapa sepatu memiliki lebar yang berbeda untuk memberikan kenyamanan yang optimal.

  • Ukur kaki dengan menggambar sketsa kaki

Menggambar sketsa kaki juga bisa menjadi cara yang sangat akurat. Cara untuk menggambar sketsa kaki juga sangat mudah, pertama siapkan kertas terlebih dahulu, lalu tempatkan kaki di atas kertas, lalu gambar jejak kaki sesuai dengan bentuk aslinya dengan pensil. Usahakan ketika menggambar sketsa jejak kaki kamu berada di permukaan yang datar dengan posisi jongkok atau duduk. Setelah selesai digambar, ukur dengan penggaris atau meteran.

  • Perhatikan perbedaan ukuran antar merek

Yang paling terakhir dan juga cukup penting untuk kamu perhatikan. Setiap merek sepatu dapat memiliki sedikit perbedaan dalam ukuran, jadi pastikan untuk memeriksa panduan ukuran merek yang akan kamu beli.

Perbandingan Ukuran Sepatu Setiap Negara

Apabila kamu memiliki rencana untuk membeli sepatu dari luar negeri, Minto juga sudah menyiapkan sebuah tabel perbandingan umum untuk ukuran sepatu dari beberapa negara yang sering digunakan.

Negara

Sistem Ukuran Ukuran Sepatu Wanita Ukuran Sepatu Pria

Ukuran Sepatu Anak-anak

Amerika Serikat, Kanada North American Sizing System 4 – 14 6 – 16 0 – 13
Britania Raya UK Sizing System 2 – 9 6 – 13
Uni Eropa European Sizing System 35 – 42 39 – 49
Jepang Japanese Sizing System 21 – 27 22 – 30
Australia Australian Sizing System 4 – 12 6 – 18
China Chinese Sizing System 35 – 42 39 – 49
Korea Selatan Korean Sizing System 220 – 270 230 – 290
India Indian Sizing System 2 – 10 4 – 12
Indonesia Indonesian Sizing System 34 – 42 38 – 46 17 – 36

Dengan memahami standar ukuran sepatu di berbagai negara dan mengikuti tips pengukuran yang benar, kamu bisa memastikan bahwa kamu membeli sepatu yang pas dan nyaman untuk kaki kamu. Jangan ragu untuk mencoba beberapa pasang sepatu dan berkonsultasi dengan penjual jika kamu memiliki pertanyaan tentang ukuran yang tepat. Selamat mencari sepatu baru yang sempurna untuk kamu!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur