Rekomendasi Model Kebaya yang Wajib Ada di Lemari, Cantik dan Elegan

0
5/5 - Vote count: 58 votes

Rekomendasi Model Kebaya yang Wajib Ada di Lemari, Cantik dan Elegan – Hi Knittopreneurs! Siapa nih yang sedang cari kebaya? Apalagi sekarang lagi musimnya wisuda, pasti banyak yang ingin tampil rapi, cantik, dan elegan di hari spesial.

5 Rekomendasi Model Kebaya Cantik dan Elegan, Wajib Punya!
5 Rekomendasi Model Kebaya Cantik dan Elegan, Wajib Punya!

Supaya Knittopreneurs gak salah pilih model kebaya, yuk simak artikel ini supaya kamu tahu cara pilih dan rekomendasi model kebaya cantik dan elegan. Sedang tren di tahun ini!

Apa itu Kebaya?

Sebelum masuk pada rekomendasi model kebaya cantik dan elegan, Minto mau kasih dulu penjelasan mengenai kebaya. Knittopreneurs tahu tidak, bahwa busana yang satu ini dikukuhkan oleh Ir Soekarno, yang pada waktu itu menjabat sebagai presiden pertama negara Indonesia, sebagai busana nasional?

Yup, Knittopreneurs tidak salah baca. Pakaian yang kental akan ciri khas dan nilai-nilai budaya tanah air ini juga tengah diperjuangkan untuk menjadi warisan budaya UNESCO. Menurut tulisan Kebaya dan Perempuan: Sebuah Narasi Tentang Identitas (2018) pun, dijelaskan bahwa kebaya bukan hanya sekedar pakaian, melainkan juga pakaian yang penuh makna.

Kedudukannya ada pada banyak aspek. Pertama, kebaya sebagai busana nasional (wacana ideologi), kebaya sebagai simbol feminitas (identitas gender), dan ada juga kebaya ditinjau dari sisi historis yang mencerminkan transformasi cara berpakaian orang Indonesia.

Pada hakikatnya, kebaya adalah pakaian tradisional wanita di Indonesia yang memiliki variasi dan perubahan seiring waktu. Seperti dijelaskan juga di Kamus Mode (2011), kebaya adalah pakaian tradisional wanita Indonesia berupa blus atau atasan berlengan panjang, dengan bukaan di depan.

Nah, Knittopreneurs harus tahu juga bahwa kebaya modern dan tradisional memiliki beberapa perbedaan yang mencolok dalam hal desain, bahan, dan cara memakainya. 

Perbedaan Kebaya Tradisional dan Kebaya Modern

Wanita Indonesia dan Kebaya
Wanita Indonesia dan Kebaya

Terdapat dua jenis kebaya yaitu kebaya tradisional dan kebaya modern. Berikut ini adalah penjelasan dan perbedaan kebaya tradisional dan kebaya modern:

Kebaya tradisional memiliki tampilan yang lebih sederhana dan mengikuti siluet yang sudah ada sejak lama. Bentuknya cenderung longgar dilengkapi lengan panjang, biasanya tidak terlalu banyak ornamen atau detail yang mencolok. 

Kebaya tradisional biasanya dibuat dari kain katun, brokat, atau sutra. Kain yang digunakan untuk  kebaya tradisional cenderung lebih tebal dan kuat. Detail pada kebaya tradisional biasanya berupa bordir atau sulaman tangan dengan motif-motif tradisional seperti bunga, burung, atau motif geometris khas daerah tertentu.

Kebaya tradisional biasanya dipakai untuk menghadiri acara-acara adat, upacara keagamaan, atau acara resmi seperti acara pernikahan. Kebaya tradisional dikenakan dengan rok batik atau kain batik yang dililitkan di pinggang.

Kebaya modern memiliki desain yang lebih bervariasi dan inovatif, seringkali mengikuti tren fashion masa kini. Bentuknya bisa lebih ketat atau fit body, dengan berbagai variasi potongan lengan dan leher. Kebaya modern sering menggunakan bahan-bahan yang lebih ringan dan nyaman digunakan seperti kain sifon, tile, atau brokat.

Kain yang digunakan biasanya lebih bagus dan berkualitas, dan memiliki  bagian yang transparan seperti kebaya lengan off shoulder dan backless, memberikan tampilan yang lebih elegan. Hiasan pada kebaya modern lebih beragam dan meriah seperti penggunaan payet, manik-manik, kristal, dan bordir atau brokat.

Hampir sama dengan kebaya tradisional, kebaya modern sering dipakai untuk acara-acara formal seperti pesta, resepsi pernikahan, atau acara resmi. Kebaya modern dapat dikenakan dengan rok atau kain batik dengan desain yang lebih modern, atau bisa juga dipadukan dengan celana panjang.

Secara keseluruhan, kebaya modern cenderung lebih bervariatif dalam desain dan bahan, yang desainnya sudah disesuaikan dengan tren fashion masa kini, sementara kebaya tradisional mempertahankan kesederhanaan, kekayaan budaya, serta warisan tradisional Indonesia. Keduanya bisa kamu gunakan sebagai model kebaya cantik dan elegan.

Baca Juga: Inilah 7 Cara Memakai Kain Batik untuk Bawahan Kebaya, Mudah dan Elegan!

Mengapa Kebaya Modern Bisa Lahir?

Kebaya tradisional mengalami perubahan menjadi kebaya modern yang disebabkan oleh perubahan dan pergeseran tren model kebaya cantik dan elegan yang diminati dari waktu ke waktu. Beberapa alasan utama mengapa kebaya berubah seiring waktu yaitu:

  • Pengaruh Budaya dan Mode Global

Pengaruh mode dan tren global sangat mempengaruhi desain kebaya. Desainer Indonesia maupun desainer luar negeri seringkali mendapat inspirasi desain model kebaya cantik dan elegan dan siluet dari tren fashion internasional dan menggabungkannya dengan elemen tradisional. Perubahan juga bisa terjadi dengan adanya kontak dengan budaya lain.

  • Inovasi Desain

Desainer di era modern ini memiliki kebebasan untuk berekspresi dan membuat desain pakaian dengan bentuk, potongan, dan bahan yang baru, menciptakan model kebaya cantik dan elegan yang lebih bervariasi dan inovatif. Konsumen era modern umumnya menyukai keunikan dalam busana mereka, mendorong desainer untuk menciptakan kebaya dengan yang lebih modern dan berbeda dari sebelumnya.

  • Kemajuan Teknologi

Dengan adanya kemajuan dalam teknologi pembuatan tekstil memungkinkan penggunaan bahan-bahan dan kain dengan sifat dan tampilan baru yang lebih nyaman dan praktis, sehingga mendukung untuk membuat kebaya yang lebih ringan, elastis, dan mudah dirawat.

  • Pergeseran Fungsi Utama 

Awalnya, kebaya mungkin hanya dipakai untuk acara formal dan upacara adat. Sekarang, kebaya dapat digunakan dalam berbagai kesempatan, termasuk acara casual dan fashion show, dimana memerlukan variasi desain yang lebih banyak lagi.

Kebaya modern dirancang agar bisa digunakan dalam berbagai acara, mulai dari acara formal hingga semi-formal, membuatnya lebih fleksibel dan multifungsi.

Secara keseluruhan, perubahan kebaya tradisional hingga menjadi kebaya modern mencerminkan pelestarian warisan budaya dan adaptasi terhadap perkembangan zaman yang semakin modern, membuat kebaya tetap diminati dan dipelihara oleh generasi muda.

Baca Juga: Ini Cara Memilih dan Inspirasi Warna Kebaya yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang!

5 Rekomendasi Model Kebaya Cantik dan Elegan

Untuk acara wisuda, model kebaya cantik dan elegan akan memberikan kesan yang anggun dan berkelas. Berikut adalah beberapa model kebaya cantik dan elegan yang dapat dipertimbangkan:

Kebaya Encim

Contoh Kebaya Encim DKI Jakarta | Sumber Gambar: Pinterest
Contoh Kebaya Encim DKI Jakarta | Sumber Gambar: Pinterest

Kebaya dengan potongan tradisional namun diberi sentuhan modern seperti aksen renda atau payet adalah model kebaya cantik dan elegan pertama yang Minto rekomendasikan. Kebaya encim bahan brokat atau lace yang memberikan kesan mewah dan elegan. Biasanya kebaya encim dipadukan dengan rok batik atau songket dengan warna yang senada.

Kebaya Kutu Baru

Kebaya Kutu Baru yang Dipakai Secara Tradisional dan Modern
Kebaya Kutu Baru yang Dipakai Secara Tradisional dan Modern

Kebaya kutu baru dengan tambahan kain di bagian depan (kutu baru) yang memberikan tampilan lebih formal dan rapi, ideal disebut sebagai model kebaya cantik dan elegan. Kebaya kutu baru biasanya menggunakan kain brokat atau satin yang memiliki kilau elegan.

Kebaya kutu baru dapat dilengkapi dengan manik-manik atau kristal di sepanjang garis kutu baru atau bagian kain di depan dada. Kebaya kutu baru dipadukan dengan kain batik atau tenun dengan motif tradisional.

Kebaya Peplum

Contoh Kebaya Peplum untuk Baju Wisuda
Contoh Kebaya Peplum untuk Baju Wisuda

Kebaya dengan potongan peplum atau mekar di bagian pinggang, memberikan siluet yang anggun dan feminin. Model kebaya cantik dan elegan yang satu ini populer digunakan sebagai baju wisuda. Kebaya peplum dapat terbuat dari brokat atau tile yang lembut dengan lapisan dalam satin. Biasanya bordir atau payet di bagian lengan dan pinggang untuk menambahkan kilauan. Biasanya kebaya peplum dipasangkan dengan rok panjang fit body.

Kebaya Asimetris

Model Kebaya Cantik dan Elegan Asimetris yang Lebih Modern
Model Kebaya Cantik dan Elegan Asimetris yang Lebih Modern

Kebaya dengan potongan asimetris yang memberikan tampilan modern dan unik. Biasanya kebaya asimetris dibuat menggunakan kain lace atau brokat dengan detail bordir yang beragam. Kebaya ini memiliki ciri simetris di bagian bawah kebaya atau lengan yang memberikan kesan dinamis. Kebaya ini biasanya dipasangkan dengan rok batik dengan potongan A-line atau mermaid untuk melengkapi kebaya.

Kebaya Off Shoulder

Model Kebaya Cantik dan Elegan Off Shoulder yang Juga Hijab Friendly
Model Kebaya Cantik dan Elegan Off Shoulder yang Juga Hijab-Friendly

Rekomendasi model kebaya cantik dan elegan terakhir adalah kebaya off shoulder. Kebaya dengan potongan off shoulder yang memberikan tampilan lebih menonjolkan siluet tubuh, terutama di daerah bahu dan lengan, namun dengan look yang tetap elegan.

Kebaya off shoulder dapat dibuat menggunakan kain brokat atau satin yang lembut dan nyaman dipakai, dapat juga ditambahkan hiasan renda atau payet di sekitar bahu. Kebaya off shoulder cocok dipadukan dengan rok panjang atau rok pensil batik dengan warna senada.

Baca Juga: Memahami Lebih Jauh Kebaya Kutu Baru, Warisan Budaya yang Unik

Nah itu dia 5 jenis model kebaya cantik dan elegan yang cocok digunakan di berbagai kesempatan. Semoga dengan adanya artikel ini Knittopreneurs terbantu ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia 

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700