Inilah 7 Cara Memakai Kain Batik untuk Bawahan Kebaya, Mudah dan Elegan!

0
5/5 - Vote count: 40 votes

Inilah 7 Cara Memakai Kain Batik untuk Bawahan Kebaya, Mudah dan Elegan! – Halo Knittopreneurs! Siapa yang suka atau mulai menjalankan tren “berkain” sehari-hari? Jika sudah mulai atau tertarik, pasti paham betul bahwa yang dibutuhkan adalah kain batik yang cantik.

7 Cara Memakai Kain Batik untuk Bawahan Kebaya, Cek Yuk!
7 Cara Memakai Kain Batik untuk Bawahan Kebaya, Cek Yuk!

Nah, saat berkain, ada satu tantangan yang dihadapi hampir setiap orang. Yaitu, bagaimana cara memakai kain batik untuk bawahan kebaya? Apa perlu belajar cara mengikatnya, atau mulai mencari yang instan saja?

Minto akan mencoba membahasnya secara lengkap, dan memberikan tips bagaimana memilih cara memakai kain batik untuk bawahan kebaya yang bisa menunjang siluet tubuh kamu. Simak yuk!

Aturan Tatanan Kebaya dan Kain Batik

Contoh Padu Padan Kebaya dan Kain Batik
Contoh Padu Padan Kebaya dan Kain Batik

Jika ingin memakai kebaya dan kain batik secara bersamaan saat berkain, ada beberapa aturan tak tertulis yang sebaiknya dipatuhi. Sebab, menggunakan tatanan yang tepat tidak hanya dapat menunjang siluet tubuh Knittopreneurs, namun juga meningkatkan rasa nyaman saat dipakai, serta memperlihatkan keindahan tradisional yang dibawa oleh busana ini dengan baik. 

Poin pertama yang perlu diperhatikan, adalah panjang kain batik. Jika Knittopreneurs menggunakan yang panjangnya tidak sesuai, bisa jadi sulit bergerak dan terlihat kurang anggun. Sebaliknya, ketika kain batik yang digunakan terlalu pendek, pada akhirnya dapat mengurangi kesan elegan yang diinginkan. 

Maka, dalam cara memakai kain batik untuk bawahan kebaya, harus disesuaikan dengan tinggi badan dan postur.

Jangan ragu untuk mencoba dan bertanya, Minto sendiri akhirnya menemukan teknik mengikat kain batik yang memungkinkan untuk menyesuaikan panjang rok dengan tepat setelah beberapa kali trial and error. Ingat, kenyamanan adalah nomor satu!

Lalu, warna kebaya dan kain batik tidak harus senada, namun teori color block yang digunakan harus tepat. Terakhir, terkait aksesori yang digunakan, pilih yang memiliki aksen gold untuk menegaskan kesan mewah, dan silver untuk tampilan yang lebih minimalis.

Baca Juga: Mengenal Sejarah dan Makna Filosofi Batik Wahyu Tumurun

7 Cara Memakai Kain Batik untuk Bawahan Kebaya

Ilustrasi Cara Memakai Kain Batik untuk Bawahan Kebaya
Ilustrasi Cara Memakai Kain Batik untuk Bawahan Kebaya

Masih berkaitan dengan menyesuaikan panjang kain batik, Knittopreneurs bisa memanfaatkan beberapa teknik pengikatan dan pelipatan kain batik. Atau, memilih yang instan agar lebih praktis. Yuk kita bahas satu persatu!

Metode Lilit Sederhana

Metode paling basic dan populer sebagai cara memakai kain batik untuk bawahan kebaya adalah dililit. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pilih kain batik, pastikan panjangnya minimal 2 meter untuk bisa digunakan mengelilingi pinggang dua kali.
  2. Setelah itu, siapkan kain. Buka kain batik dan pegang salah satu ujungnya.
  3. Letakkan ujung kain di sisi pinggang, lalu lilitkan kain secara erat sekeliling pinggang.
  4. Jangan lupa menyesuaikan tinggi rok saat melilit, di pinggang atau lebih tinggi.
  5. Setelah selesai, ikatkan ujung kain dengan kuat. Lalu rapikan.

Rok Batik Lilit dengan Ring

Kemudian, ada pula yang ingin menambahkan aksen unik pada rok batik yang dikenakan. Minto menyarankan untuk menambahkan ring, baik bentuk O atau D, yang bisa dipakai sebagai bawahan kebaya dengan cara berikut:

  1. Lipat kain batik menjadi setengahnya secara vertikal. Hal ini untuk memastikan kain batik memiliki ketebalan yang cukup saat melewati ring.
  2. Siapkan ring yang cukup besar untuk memudahkan kain batik melaluinya. Ring bisa berbentuk O atau D, tergantung preferensi Knittopreneurs sendiri.
  3. Letakkan ujung kain batik di samping pinggang (kiri atau kanan, tergantung kenyamanan). Lilitkan kain batik di sekeliling pinggang satu kali.
  4. Saat kain batik kembali ke titik awal, silangkan kedua ujung kain dan masukkan ke dalam ring. Tarik kedua ujung kain melalui ring.
  5. Sesuaikan kain batik agar posisi ring berada di tempat yang kamu inginkan, bisa di samping, depan, atau belakang. Pastikan lilitan cukup ketat untuk menahan kain tetapi tetap nyaman.

Lipat dengan Teknik Lipit Depan

Cara memakai kain batik untuk bawahan kebaya bagi para muslimah bisa cukup beragam, namun rekomendasi pribadi dari Minto adalah dengan teknik lipit depan. Karena, metode ini memungkinkan mata kaki Knittopreneurs tertutup dengan rapi. 

Langkah-langkah pemakaiannya:

  1. Siapkan kain batik, pastikan kain yang akan digunakan sudah disetrika rapi untuk memudahkan.
  2. Ambil salah satu ujung kain batik dan lipat ke arah dalam untuk membuat lipatan pertama. Panjangnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, biasanya sekitar 15-20 cm, tergantung pada panjang kain dan tinggi Knittopreneurs sendiri.
  3. Letakkan kain batik yang sudah dilipat tersebut di pinggang bagian depan, dengan ujung lipatan menghadap ke bawah.
  4. Mulailah melilitkan kain batik di sekeliling pinggang, pastikan lipatan tetap pada posisi yang diinginkan di bagian depan.
  5. Setelah lebih rapi, ikatkan atau gunakan pin untuk mengamankan kain di sisi atau belakang.
  6. Sesuaikan lipatan di bagian depan agar terlihat rapi dan proporsional. Pastikan kain batik menutupi area pinggul dan kaki dengan baik.

Menambahkan Obi untuk Kebaya Kutu Baru

Penggunaan Obi dalam Cara Memakai Kain Batik untuk Bawahan Kebaya
Penggunaan Obi dalam Cara Memakai Kain Batik untuk Bawahan Kebaya

Kutu baru adalah kebaya yang memiliki potongan cukup unik, sehingga cara memakai kain batik untuk bawahan kebaya ini bisa lebih dikreasikan. Salah satunya, dengan menggunakan obi (ikat pinggang dari kain). Simak tutorialnya:

  1. Pilih rok batik yang sesuai dengan kebaya, rok batik lurik atau yang memiliki motif sederhana bisa menjadi pilihan yang baik untuk menyeimbangkan detailnya.
  2. Kenakan rok seperti biasa, pastikan panjangnya sesuai dengan keinginan. Lalu, pilih obi yang warnanya sesuai atau kontras menarik dengan rok batik dan kebaya milik Knittopreneurs.
  3. Letakkan obi di sekitar pinggang, ikat atau gesper obi di belakang atau di samping, tergantung pada desainnya. Pastikan obi cukup ketat setelah disesuaikan.

Kain Batik dengan Teknik Ikat

Untuk look yang lebih modern, Knittopreneurs bisa memilih cara memakai kain batik untuk bawahan kebaya dengan metode ikat. Berikut penjelasannya:

  1. Pertama, putuskan di mana kamu ingin ikat berada. Ikat di pinggang memberikan kesan yang lebih tradisional, sedangkan ikat di samping dapat memberikan tampilan yang lebih modern dan santai.
  2. Letakkan kain batik di pinggang, posisikan sehingga satu sisi lebih panjang dari sisi lainnya jika Knittopreneurs menginginkan look asimetris. Kemudian lilitkan di sekitar pinggang, pastikan kedua ujung bertemu di sisi di mana kamu ingin mengikatnya.
  3. Ambil kedua ujung kain batik, dan ikatkan dengan cara yang unik. Kamu bisa melakukan simpul biasa, atau membuat ikatan dengan lipatan yang memberikan volume lebih pada kain. Dan voila, tinggal disesuaikan saja!

Rok Plisket Batik

Jika ingin memakai yang lebih praktis, Knittopreneurs bisa membeli kain batik yang sudah dijual dengan model plisket. Cara memakai kain batik untuk bawahan kebaya bisa jadi lebih singkat, karena Knittopreneurs hanya perlu menyesuaikan panjang dan pendek bawahan dengan melipat bagian atas dari rok. 

Pakai Sebagai Celana

Rekomendasi cara memakai kain batik untuk bawahan kebaya yang terakhir cukup unik, karena akan mengubah tampilan kebaya kamu menjadi lebih casual. Style ini bisa dipadukan jika kamu membutuhkan ruang gerak dan mobilitas yang tinggi dengan busana tradisional ini. 

Bagaimana cara memasangnya?

  1. Lipat dan ikat kain batik menjadi dua secara horizontal, sehingga ujung-ujung kain bertemu dan bentuknya seperti persegi panjang.
  2. Setelah itu, masukkan ujung kain yang berbentuk persegi panjang ke sela kaki, tarik ke atas.
  3. Ikat lagi ujung satunya di sekeliling pinggang. 
  4. Voila! Minto merekomendasikan pasangannya adalah kebaya yang fitted, sehingga look kamu bisa terlihat lebih ramping.

Baca Juga: Pemula Pasti Bisa! Panduan Lengkap Cara Membuat Batik Ecoprint

Tips Memilih Model Kain Batik Sesuai Bentuk Tubuh

Ilustrasi Bentuk Tubuh Wanita
Ilustrasi Bentuk Tubuh Wanita

Tipe tubuh cukup berpengaruh pada hasil akhir dari busana yang dipakai. Terutama pada kebaya dan kain batik, yang biasanya akan dipakai ke acara-acara penting, atau dipakai berkain sehari-hari. Tentunya Knittopreneurs ingin tampil cantik dan modis! 

Minto ingin memberikan saran untuk memilih model kain batik yang sesuai dengan bentuk tubuh kamu:

  • Bentuk Tubuh Jam Pasir (Hourglass)

Knittopreneurs dengan bentuk tubuh jam pasir disarankan untuk memilih kain batik dengan motif yang tidak terlalu besar, agar tidak mengganggu siluet alami tubuh. Menggunakan kain batik dengan ikat pinggang atau obi dapat menonjolkan pinggang yang ramping.

  • Pear-shaped atau Buah Pir

Bentuk tubuh buah pir akan memiliki bagian bawah tubuh yang lebih lebar dibanding atas. Pilihlah kain batik dengan motif yang lebih gelap, atau lebih sederhana, untuk menyeimbangkan proporsi tubuh. Hindari motif besar atau terang pada bawahan yang dikenakan.

  • Bentuk Tubuh Apel

Gunakan kain batik dengan motif vertikal atau garis-garis, yang dapat membantu memberikan ilusi tubuh yang lebih panjang dan ramping. Pilih motif yang tidak terlalu ramai di bagian tengah tubuh.

  • Bentuk Tubuh Persegi

Bagi yang memiliki bentuk tubuh persegi, Minto menyarankan untuk memilih kain batik dengan motif yang bisa menciptakan ilusi kurva, seperti motif diagonal atau asimetris. Menggunakan kain batik sebagai rok lilit asimetris dalam cara memakai kain batik untuk bawahan kebaya, bisa menjadi pilihan yang menarik.

  • Bentuk Tubuh Ramping atau Atletis

Terakhir, jika Knittopreneurs memiliki bentuk tubuh ramping atau atletis, bisa bereksperimen dengan berbagai motif batik. Saat digunakan dengan cara memakai kain batik untuk bawahan kebaya yang tepat, motif besar atau warna cerah bisa memberikan kesan lebih berisi.

Baca Juga: 7 Bahan Batik Yang Bagus Untuk Kamu Gunakan

Itulah beberapa cara memakai kain batik untuk bawahan kebaya yang bisa Knittopreneurs coba. Serta, berbagai tips memilihnya yang disesuaikan dengan bentuk tubuh. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]