Pilihan Warna Burgundy untuk Kombinasi Outfit yang Mewah dan Elegan

0
5/5 - Vote count: 63 votes

Pilihan Warna Burgundy untuk Kombinasi Outfit yang Mewah dan Elegan – Halo Knittopreneurs! Minto datang lagi dengan artikel yang menarik mengenai warna. Kalau baru-baru ini pembahasannya masih masuk kategori warna yang “kalem”, sekarang kebalikannya. Kita bahas tentang burgundy yuk!

Ini 7 Perpaduan Warna Burgundy yang Populer dalam Fashion!
Ini 7 Perpaduan Warna Burgundy yang Populer dalam Fashion!

Warna yang satu ini sering diasosiasikan dengan ungu dan merah tua, tak sedikit juga yang menganggapnya lebih mirip dengan coklat. Penggunaannya pun lebih sering ditemukan pada fashion yang lebih formal. Seperti gaun malam, jas, sepatu, hingga warna make up dan cat kuku.

Jadi, apa sih sebenarnya warna burgundy itu? Lebih dekat ke maroon, ungu, atau coklat? Bagaimana efek yang dibawa, hingga kebanyakan orang memilih untuk memakainya di acara yang lebih formal? Apa ada tips khusus untuk padu padannya, terutama dalam fashion?

Temukan semua jawabannya di artikel ini! 

Apa Itu Warna Burgundy?

Ilustrasi Palet Warna Burgundy yang Populer dalam Fashion
Ilustrasi Palet Warna Burgundy yang Populer dalam Fashion

Asal-usul namanya diambil dari anggur merah (red wine) terkenal yang dibuat di wilayah Burgundy, Prancis timur. Dikenal dengan warna merah pekat dan semburat ungu yang khas, wine ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Sama seperti anggur merahnya, burgundy sebagai warna juga telah terbukti populer selama berabad-abad, mengambil peran penting dalam menyusun suasana bersejarah yang mewah di seluruh Eropa. Nyatanya, burgundy adalah warna yang memiliki warisan sejarah dan budaya yang panjang.

Lantas, bagaimana warna yang memikat ini dibuat? Komposisi warna burgundy, menurut artikel dari situs FibreGuard, adalah campuran warna merah dengan sedikit warna hijau dan biru, sehingga menghasilkan warna merah kecoklatan yang kaya dengan semburat ungu.

Karakteristik Warna Burgundy

Sebagai sebuah tema yang besar, burgundy selalu dikaitkan dengan style yang megah dan mewah. Serta warna-warna bernuansa batu permata (jewel tones) yang “kaya” seperti emerald, hijau, biru merak, dan merah delima.

Pada saat digunakan, terutama dalam dunia mode, burgundy sering diwakili oleh kode HEX #800020. Dalam sistem RGB, nilai warna ini adalah R:128, G:0, B:32. Burgundy lebih dekat dengan kategori warna merah dibandingkan dengan ungu atau coklat, karena dominasi pigmen merah dalam komposisinya. Berdasarkan spektrum cahaya, burgundy memantulkan panjang gelombang yang lebih pendek dibandingkan dengan merah murni, tetapi lebih panjang dibandingkan dengan ungu.

Warna yang menyerupai red wine ini juga sering muncul dalam palet warna yang sedang tren. Dalam satu dekade terakhir, warna dengan nuansa burgundy menyabet title “Pantone Colour of the Year” dua kali. Pertama di tahun 2015, Marsala hadir sebagai ‘warna red wine yang kuat dan bersahaja.’ Lalu di tahun 2023, ada ‘Viva Magenta’ yang cerah dengan warna dasar merah muda dan sifat ‘berani dan ceria.’

Viva Magenta Sebagai Pantone Colour of the Year | Sumber Gambar: Freepik
Viva Magenta Sebagai Pantone Colour of the Year | Sumber Gambar: Freepik

Warna Burgundy dalam Psikologi Warna

Burgundy telah lama populer di berbagai industri, dan salah satu yang bersejarah adalah tatanan interior. Dikutip dari situs FibreGuard, warna merah burgundy bahkan telah terbukti dapat meningkatkan selera makan, sehingga menjadi pilihan yang populer untuk interior restoran dan bar. 

Dalam banyak bangunan di Eropa, penggunaannya menyiratkan kesan halus, modern, dan mewah. Secara tradisional, warna ini pun dipandang sebagai tanda dari kekuasaan, ketangguhan dan kekayaan. 

Di industri lain seperti branding dan marketing, burgundy kerap digunakan untuk menciptakan citra merek yang kuat dan mewah. Warna ini bisa menonjolkan kualitas premium dan eksklusif dari suatu produk, sehingga, sering dipakai dalam industri wine, kosmetik, dan produk-produk high-end lainnya.

Baca Juga: Kombinasi Warna Denim Ini Layak Dicoba! Tips Padu Padan dan Rekomendasinya

Macam-Macam Warna Burgundy yang Populer dalam Fashion

Dari banyaknya shade warna burgundy yang ada, beberapa di antaranya sering ditemukan pada koleksi brand ternama, hingga menjadi pilihan untuk outfit sehari-hari. Simak 15 macam-macam warna burgundy yang populer versi Minto di bawah ini!

15 Shade dari Macam-Macam Warna Burgundy untuk Outfit yang Modis
15 Shade dari Macam-Macam Warna Burgundy untuk Outfit yang Modis

Untuk memudahkan Knittopreneurs dalam mengenalinya, Minto juga sudah membaginya dalam 3 (tiga) kategori, berdasarkan komposisi warna dominan yang shade-nya miliki:

Burgundy Bernuansa Merah

  • Burgundy #800020: Warna merah tua klasik dengan sedikit nuansa ungu, warna dasar dari burgundy.
  • Bright Burgundy #C20E35: Warna merah terang dengan sedikit campuran ungu, terlihat lebih cerah dibandingkan burgundy klasik.
  • Light Burgundy #C73A52: Warna merah cerah dengan sedikit nuansa ungu yang lebih terang, memberikan kesan lebih muda dan segar.
  • Amaranth #E52850: Warna merah terang dengan nuansa yang lebih pink, terlihat lebih mencolok dan hidup.
  • Vivid Burgundy #9F1D35: Warna merah tua dengan intensitas tinggi, lebih mendekati merah murni dengan sedikit sentuhan ungu.
  • Cardinal #C41E3A: Warna merah cerah dengan sedikit nuansa ungu, lebih dekat ke warna merah murni yang intens.

Burgundy Bernuansa Ungu

  • Dark Burgundy #65081F: Warna merah gelap dengan campuran ungu yang lebih dominan, memberikan kesan lebih dalam dan misterius.
  • Wine Red #58181F: Warna merah tua dengan nuansa ungu dan sedikit coklat, mirip dengan warna anggur merah gelap.
  • Burnt Burgundy #60213C: Warna merah tua dengan campuran ungu gelap dan sedikit coklat, memberikan kesan hangat dan “gosong.”
  • Black Raspberry #451425: Warna ungu gelap dengan sedikit nuansa merah, sangat gelap dan kaya.
  • Bruised Burgundy #5B4148: Warna ungu tua dengan sedikit campuran merah, memberikan kesan warna yang lebih dingin.

Burgundy Bernuansa Coklat

  • Blackberry Burgundy #4C3938: Warna coklat tua dengan sedikit nuansa ungu, memberikan kesan elegan dan kaya.
  • Auburn #A52A2A: Warna coklat kemerahan, lebih hangat dan earthy, dengan sedikit nuansa merah.
  • Burgundy Wine #6C403E: Warna coklat tua dengan campuran merah dan sedikit ungu, mirip dengan warna anggur merah tua.
  • Deep Burgundy #650015: Warna merah tua dengan campuran coklat dan sedikit ungu, sangat gelap dan kaya.

7 Kombinasi Warna yang Cocok dengan Burgundy

7 Kombinasi Warna yang Cocok dengan Burgundy
7 Kombinasi Warna yang Cocok dengan Burgundy

Burgundy merupakan warna yang cukup tricky saat dipadukan, sebab punya karakteristik yang cukup menonjol saat berdiri sendiri. Umumnya, warna ini sering ditemukan dengan kombinasi netral agar tidak mengusik pesonanya. Namun, Knittopreneurs juga bisa mengatur padu padannya dengan warna-warna di bawah ini dalam outfit!

Emas

Warna emas memberikan kesan mewah dan berkilau, sempurna untuk menambah sisi glamor pada outfit warna burgundy. Knittopreneurs bisa memadukan jas burgundy dengan dasi atau aksesoris emas, atau memilih gaun burgundy dengan perhiasan emas atau clutch emas. Kombinasi ini sangat cocok untuk dipakai pada pesta malam, pernikahan, atau acara formal lainnya, memberikan tampilan yang anggun dan memikat.

Krem

Warna krem memberikan kontras yang lembut dan netral, menyeimbangkan kesan kuat dari burgundy. Gunakan sweater atau blus warna burgundy dengan rok atau celana chino krem. Kombinasi ini cocok untuk acara santai, makan siang dengan teman, atau di kantor, memberikan kesan nyaman dan elegan.

Hitam

Kombinasi burgundy dan hitam menciptakan tampilan yang elegan dan klasik, cocok untuk berbagai kesempatan. Padukan jaket kulit hitam dengan kaos burgundy, atau dress burgundy dengan sepatu hitam. Warna hitam menambah kesan kuat dan berkelas pada burgundy, membuatnya cocok dipakai pada malam kencan, konser, atau acara formal lainnya.

Putih

Warna putih memberikan kontras yang tajam dan bersih, membuat burgundy lebih menonjol. Kenakan kemeja putih dengan blazer burgundy, atau pilih gaun burgundy dengan sepatu atau tas putih. Kombinasi ini sangat cocok untuk acara resmi, pertemuan bisnis, atau pesta siang, memberikan tampilan yang segar dan sophisticated.

Abu-Abu

Abu-abu adalah warna netral yang memberikan tampilan modern dan minimalis ketika dipadukan dengan burgundy. Coba padu padan setelan abu-abu dengan dasi atau kemeja burgundy, atau sweater burgundy dengan celana atau rok abu-abu. Kombinasi ini cocok untuk kantor, seminar, atau pertemuan bisnis, memberikan kesan profesional dan elegan.

Warna navy memberikan tampilan yang elegan dan tenang, cocok untuk dipadukan dengan burgundy. Misalnya dengan mengenakan jas navy dengan dasi burgundy, bisa juga blazer navy dengan blouse atau rok burgundy. Kombinasi ini sangat cocok untuk acara formal, pertemuan bisnis, atau pergi nge-date, memberikan tampilan yang berkelas dan menawan.

Hijau Zaitun

Warna hijau zaitun memberikan tampilan earthy yang kontras namun harmonis dengan burgundy. Padukan jaket hijau zaitun dengan kaos burgundy, atau sweater hijau zaitun dengan rok burgundy. Kombinasi ini cocok untuk acara santai, hangout dengan teman, atau sekedar berjalan-jalan, memberikan kesan yang nyaman dan stylish.

Baca Juga: Tampil Minimalis dan Tetap Modis dengan Pilihan Macam-Macam Warna Abu-Abu Ini!

Cara Memilih Nuansa Burgundy yang Cocok dengan Skin Tone

Cara Memilih Nuansa Burgundy yang Cocok dengan Skin Tone
Cara Memilih Nuansa Burgundy yang Cocok dengan Skin Tone

Berbagai shade burgundy bisa terlihat sempurna di setiap warna kulit, tergantung bagaimana Knittopreneurs memilihnya. Ini rekomendasi Minto untuk setiap skin tone dan undertones yang ada!

  • Warna Kulit Terang (Fair Skin) dengan Undertone Dingin (Cool Undertone)

Pilih nuansa burgundy yang lebih dekat ke merah atau ungu, seperti Bright Burgundy atau Vivid Burgundy. Warna-warna ini akan melengkapi cool undertone dan memberikan kontras yang indah. 

  • Warna Kulit Terang (Fair Skin) dengan Undertone Hangat (Warm Undertone)

Warna burgundy yang memiliki sedikit nuansa coklat atau merah tua, seperti Burgundy atau Cardinal, akan cocok dengan warm undertone. Warna ini menambahkan kehangatan tanpa membuat kulit terlihat pucat.

  • Warna Kulit Sawo Matang (Beige / Medium Skin) dengan Undertone Dingin (Cool Undertone)

Pilih burgundy yang lebih pekat dengan nuansa ungu gelap, seperti Dark Burgundy atau Blackberry Burgundy. Warna-warna ini akan menonjolkan kulit sawo matang dengan cool undertone.

  • Warna Kulit Sawo Matang (Beige / Medium Skin) dengan Undertone Hangat (Warm Undertone)

Nuansa burgundy yang lebih dekat dengan merah terang atau coklat kemerahan, seperti Light Burgundy atau Auburn, sangat cocok untuk kulit medium dengan warm undertone

  • Warna Kulit Gelap (Tan Skin) dengan Undertone Dingin (Cool Undertone)

Pilih nuansa burgundy yang kaya dan dalam dengan campuran ungu atau biru, seperti Wine Red atau Black Raspberry. Warna-warna ini akan memberikan kontras yang indah dan menonjolkan warna kulit gelap.

  • Warna Kulit Gelap (Tan Skin) dengan Undertone Hangat (Warm Undertone)

Warna burgundy dengan nuansa coklat atau merah tua yang intens, seperti Burgundy Wine atau Burnt Burgundy, akan cocok dengan kulit gelap dan memberikan tampilan yang harmonis. 

Jika masih ragu dalam menentukan skin tone dan undertone kulit, bisa baca artikel di Blog Knitto juga ya!

Baca Juga: Warna Salem: Psikologi Warna dan Contoh Pengaplikasiannya Pada Industri Fashion

Nah, itu dia hal-hal yang bisa Minto jelaskan mengenai warna burgundy, dan bagaimana berbagai nuansa red wine ini berperan di dunia fashion. Semoga tips mix and match yang ada di artikel ini juga dapat membantu Knittopreneurs, terutama yang sedang mencari cara padu padan warna burgundy untuk outfit yang dikenakan.

Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]