Warna Earth Tone dan Tips Mix dan Match yang Perlu Kamu Ketahui, Cek Yuk!

0
5/5 - Vote count: 56 votes

Warna Earth Tone dan Tips Mix dan Match yang Perlu Kamu Ketahui, Cek Yuk! – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto akan bahas koleksi warna yang banyak disukai orang, yaitu earth tone.

Warna Earth Tone dan 5 Tips Mix and Match Outfit yang Tepat!
Warna Earth Tone dan 5 Tips Mix and Match Outfit yang Tepat!

Earth tone merupakan warna-warna yang netral dan biasa ditemukan di alam. Sempat viral beberapa waktu lalu, sebagai warna-warna yang identik untuk “cewek bumi.” Mungkin Knittopreneurs ada yang melabeli dirinya dengan style yang sama?

Anyway, supaya lebih kenal dengan earth tone,  yuk simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Earth Tone?

Warna earth tone adalah kumpulan warna yang menyerupai warna-warna alam yang ada bumi, seperti tanah, batu, daun, dan kayu. Warna-warna ini cenderung lembut dan netral, serta sering digunakan dalam desain interior dan fashion karena warnanya yang harmonis dan mudah di mix and match. Beberapa contoh warna earth tone yang populer adalah:

  • Coklat: Warna yang menyerupai tanah atau kayu.
  • Hijau Zaitun: Warna hijau kusam yang mirip dengan daun zaitun.
  • Beige: Warna krem atau kuning muda yang serupa pada pasir atau batu kapur.
  • Abu-abu: Warna yang menyerupai batu atau langit mendung.
  • Terakota: Warna merah bata yang sering ditemukan pada tanah liat.
  • Krem: Warna yang sangat mirip dengan putih tetapi dengan sentuhan kuning atau coklat.
  • Sage: Warna hijau abu-abu yang lembut, seperti daun sage.

Warna-warna earth tone umumnya netral sehingga mudah di mix and match, serta terkesan natural, dan nyaman, dan memberi kesan hangat pada ruangan atau sang pemakai.

Baca Juga: Membahas Tren Masa Kini, Coquette Style yang Anggun dan Unik

Tips Memadukan Warna Earth Tone

Mengkombinasikan warna earth tone untuk pakaian pria dan wanita bisa menciptakan tampilan yang elegan, hangat, dan natural. Yuk simak beberapa tips untuk mix and match warna earth tone yang bisa kamu ikuti, ada untuk pria dan wanita!

  • Rekomendasi Pakaian Earth Tone untuk Pria
Rekomendasi Pakaian Earth Tone untuk Pria
Rekomendasi Pakaian Earth Tone untuk Pria

Untuk pria, coba gunakan warna dasar seperti putih, hitam, biru, coklat tua, khaki, atau abu-abu untuk kaos atau celana. Warna-warna ini memberi kesan yang kuat dan mudah di mix and match. Padukan warna dasar tersebut dengan lapisan seperti sweater, kaos, atau kemeja yang memiliki warna yang lebih terang atau lebih gelap. 

Misalnya, kombinasikan celana khaki dengan sweater hijau zaitun. Gunakan aksesori seperti sepatu, ikat pinggang, atau jam tangan dalam warna yang mengkomplemen penampilan misalnya hitam atau coklat tua untuk melengkapi tampilan. Penggunaan motif seperti garis-garis atau kotak-kotak dalam warna earth tone dapat menambahkan dimensi. Misalnya, kemeja kotak-kotak dalam kombinasi warna coklat dan krem. 

Cobalah tampilan monokromatik dengan berbagai tekstur. Misalnya, celana coklat dengan sweater cokelat yang memiliki tekstur berbeda. Celana khaki, kemeja putih, dan jaket coklat tua. Jeans abu-abu, sweater krem, dan sepatu kulit coklat. Chinos coklat muda, kaos hijau zaitun, dan jaket kulit coklat.

  • Rekomendasi Pakaian Earth Tone untuk Wanita
Rekomendasi Pakaian Earth Tone untuk Wanita
Rekomendasi Pakaian Earth Tone untuk Wanita

Untuk wanita cobalah gunakan warna earth tone yang lembut seperti beige, krem, atau sage sebagai dasar pakaian yang berupa atasan, gaun, rok, atau celana panjang. Tambahkan lapisan seperti cardigan, jaket, atau syal dalam warna yang kontras earth tone, seperti terakota atau olive green

Gunakan aksesoris seperti tas, sepatu, atau perhiasan dalam warna yang saling melengkapi. Contohnya, tas terakota dengan sepatu beige. Knittopreneurs juga bisa coba berbagai motif seperti floral atau geometris yang memiliki warna earth tone. Misalnya, rok dengan motif floral dalam warna earth tone dan atasan warna netral. Knittopreneurs juga bisa coba tampilan monokromatik dengan aksen kecil. 

Misalnya, gaun krem dengan sabuk coklat atau kalung hijau zaitun. Gaun beige, cardigan terakota, dan sepatu kulit coklat. Rok coklat muda, blus sage, dan tas abu-abu. Celana khaki, atasan putih, dan syal olive green.

Baca Juga: Alih-Alih Hitam Putih, 7 Warna Monokrom Ini Juga Bisa Dipilih!

5 Acuan Memadukan Warna Earth Tone

Contoh Outfit dengan Berbagai Warna Earth Tone
Contoh Outfit dengan Berbagai Warna Earth Tone

Agar warna-warna earth tone bisa dicocokkan dengan baik, Minto akan beri 5 tips supaya kamu tepat memilih warna untuk melengkapi tampilan kamu. 

  • Keseimbangan Antara Warna

Jaga keseimbangan antara warna dominan dan aksen. Warna dominan yang bagus cenderung lembut sehingga mudah dipadukan dengan aksen yang lebih kuat bisa menciptakan tampilan yang seimbang.

  • Kombinasikan dengan Aksesoris

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan aksesoris untuk menambahkan sentuhan personal dan menarik. Aksesorisnya bisa berupa tas, sepatu, bahkan perhiasan.

  • Pilih Warna yang Cocok Sesuai Musim

Sesuaikan warna dengan musim. Misalnya, warna lebih gelap dan deep untuk musim hujan, dan warna lebih terang untuk musim semi dan musim panas atau kemarau.

  • Pilih Potongan Pakaian yang Tepat

Fokus pada potongan dan siluet pakaian untuk menciptakan tampilan yang elegan dan nyaman. Knittopreneurs bisa memilih celana high-waist cokelat dengan atasan crop warna olive green, misalnya. Cocok untuk menonjolkan siluet pinggang. Potongan pakaian yang tepat dapat meningkatkan penampilan tanpa perlu banyak detail tambahan.

  • Gunakan yang Menunjang Warna Kulit

Contohnya untuk kulit terang, warna earth tone yang gelap seperti cokelat tua, hijau zaitun, dan terracotta bisa memberikan kontras yang menarik.

Kulit sawo matang cocok dengan warna yang cerah dan kaya seperti cokelat muda, krem, dan mustard. Bagi kulit kuning langsat, cocok dengan warna hangat dan cerah seperti karamel, cokelat, dan terracotta yang menambah kecerahan dan kesan hangat.

Macam-Macam Warna Earth Tone

Contoh Palet Warna Earth Tone dengan Nuansa Coklat, Cream, dan Beige | Sumber Gambar: Freepik
Contoh Palet Warna Earth Tone dengan Nuansa Coklat, Cream, dan Beige | Sumber Gambar: Freepik

Warna-warna yang termasuk dalam palette earth tone adalah warna-warna yang terinspirasi oleh elemen alami bumi. Contoh warna earth tone meliputi berbagai shade dari satu warna tertentu, misalnya:

  • Nuansa Coklat seperti cokelat tua, cokelat muda, tan, dan sienna.
  • Warna Hijau seperti hijau zaitun, hijau lumut, hijau sage, dan hijau khaki.
  • Warna beige dan krem juga termasuk, dengan nuansa seperti beige, krem, ecru, dan champagne.
  • Abu-abu seperti stone gray, charcoal, dan silver juga merupakan bagian dari earth tone ini.

Warna-warna merah, seperti terakota, merah bata,dan coklat kemerahan, juga termasuk dalam kategori earth tone. Putih gading dan putih tulang adalah contoh warna netral yang sering digunakan. Selain itu, warna kuning dan emas lembut seperti mustard dan ochre juga dapat digolongkan sebagai warna earth tone. Warna kayu seperti coklat kayu dan warna kayu jati juga sering digunakan dalam palet ini.

Warna-warna earth tone memiliki sifat yang menenangkan dan harmonis, sering digunakan dalam desain interior dan fashion untuk menciptakan suasana yang hangat dan alami. Mereka mudah dipadukan satu sama lain karena memiliki dasar warna yang serupa dan tidak mencolok.

Nah kesimpulannya warna-warna earth tone ini cocok dan mudah di mix and match untuk pakaian kita sehari-hari karena warnanya yang cenderung netral.

Baca Juga: Apa itu Bohemian Style? Kenali Tren Dalam Fashion Ini Yuk!

Kalau kamu suka warna earth tone, jangan lupa cek kain Knitto Textiles ya karena kami punya koleksi warna earth tone yang meliputi warna putih, putih netral, olive green, toffee, almond brown, dan masih banyak lagi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia 

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700