4 Fakta Harus Menggunakan Kain Setting 42

0
Rate this post

Dalam memproduksi sebuah kaos untuk bisnis clothing, sebenarnya hal apa saja yang perlu diperhatikan agar menghasilkan kaos yang berkualitas dan juga tetap menguntungkan? Untuk Anda yang baru memulai dalam usaha kaos atau bisnis Clothing, hal penting yang harus selalu menjadi prioritas dalam produksi kaos adalah kualitas. Kualitas pun bisa meliputi beberapa hal, baik kualitas bahan baku nya, kualitas proses produksi kaos seperti jahit & sablon, termasuk dengan kualitas pada packaging produk juga berpengaruh.

Biasanya bahan kaos apa dan berapa lebar bahan yang sering Anda gunakan? Jika Anda sudah menggunakan bahan baku seperti Cotton Combed atau Cotton Bamboo untuk bahan baku kaos Anda berarti pilihan Anda sudah tepat. Tapi jika Anda masih menggunakan bahan kaos tersebut tapi masih dengan lebar kain 40” atau 36” mungkin Anda perlu menggantinya ke lebar kain lain seperti 42”. Kami sarankan sebaiknya Anda membaca artikel ini sampai habis karena kami akan jelaskan beberapa fakta tentang lebar kain 42” yang sayang untuk dilewatkan. 

4 Fakta Yang Membuat Anda Harus Menggunakan Lebar Kain 42”? 

Mengapa sangat penting untuk menggunakan bahan kaos yang lebar kainnya 42”? Ada 4 hal yang membuat Anda harus menggunakan kain dengan lebar atau setting 42” seperti berikut ini:

  • Hasil Potong Lebih Banyak

Salah satu keuntungan menggunakan kain dengan lebar atau setting 42″ adalah hasil potong yang Anda dapatkan bisa lebih banyak dan lebih maksimal. Dari 1 kg Combed 30s yang menggunakan lebar 42” Anda bisa mendapatkan kaos sekitar 5 pcs dengan ukuran L, bahkan beberapa customer Knitto pernah menyebutkan jika hasil potong dari 1 kg kain combed 30s 42” dari toko kami bisa menghasilkan sampai 6 kaos. Hasil kaos yang didapatkan lebih banyak ini tidak hanya berlaku pada jenis kain Combed 30s saja, jenis kain lain yang sama-sama menggunakan lebar 42” juga akan mendapatkan hasil yang lebih banyak. Tapi memang hasil potong juga bisa dipengaruhi oleh pola yang digunakan juga ya.

  • Bahan Tidak Banyak Terbuang

Hal yang kurang menguntungkan ketika menggunakan kain yang bukan lebar 42” adalah banyaknya kain sisa potong pola yang terbuang. Tetapi jika Anda menggunakan kain dengan setting 42”, Anda benar-benar bisa memanfaatkan kain dengan baik sehingga kain sisa potong pola tidak akan banyak yang terbuang dan bisa lebih menghemat juga. Karena ada beberapa jenis lebar kain yang ketika dibuat pola untuk beberapa jenis ukuran kaos menjadi “Tanggung” atau tidak cukup yang akhirnya tidak bisa dimaksimalkan dan terbuang.

  • Mudah Dalam Proses Pemotongan

Apakah dengan menggunakan setting kain 42” juga dapat memudahkan proses produksi? Bisa dikatakan Iya. Kami pernah melakukan survey kepada customer kami yang sudah sering menggunakan bahan dengan lebar atau setting 42” dan mereka mengatakan, dengan menggunakan lebar kain 42” proses produksi terutama pada bagian pembuatan pola dan proses potong kain menjadi lebih mudah dan lebih nyaman apalagi untuk proses potong pada size atau ukuran kaos yang kecil dan kaos yang dihasilkan pun lebih rapi dan tidak memiliki lipatan di tengah.

  • Lebih Menguntungkan

Fakta terakhir yang membuat Anda harus menggunakan kain dengan lebar 42” adalah lebih menguntungkan. Mengapa? Coba perhatikan beberapa fakta sebelumnya, dengan menggunakan kain yang lebarnya 42” Anda bisa mendapatkan hasil kaos yang lebih banyak, sisa kain yang terbuang juga lebih sedikit, dengan begitu keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun bisa lebih banyak karena bahan baku yang Anda gunakan benar-benar bisa Anda manfaatkan atau Anda maksimalkan sekali. Maka dari itu kami sangat mengajak Anda untuk menggunakan bahan kaos yang lebarnya 42”.

Untuk Anda yang saat ini masih mempelajari tentang bahan kaos beserta karakteristik kainnya, berarti Anda juga harus mengenali beberapa jenis dari setting atau lebar kain yang ada di pasaran. Sebelum kita membahas jenis dari lebar bahan kaos, Anda juga harus mengetahui jika lebar kain juga mempunyai 2 bentuk yaitu Tubular dan Open Finish, penjelasannya ada di bawah ini

Tubular: adalah kondisi kain setelah turun dari mesin yang masih berbentuk sarung atau seperti lingkaran bulat.

Open Finish: adalah kondisi dimana kain tubular yang sudah dibelah atau sudah terbuka

Untuk kain yang termasuk tubular biasanya mempunyai lebar kain seperti 36”, 40”, 42” dan 45”. Jenis kain yang ada di Knitto Textiles yang menggunakan setting tubular adalah kain Single Knit (Cotton Combed, Cotton Carded, Cotton Bamboo, Cotton Modal, U.S. Pima Cotton, CVC Misty, Fancy Fabrics), Pique (Combed Pique Diamond 30s & CVC Pique Hexagon 24s) dan Combed Baby Terry. Untuk keterangan tentang lebar kain beserta dengan informasi warna kainnya bisa Anda cek di Pricelist & Color Category Knitto ya.

Apakah Knitto menyediakan kain dengan setting open finish? Tentu ada. Bahan jaket dan bahan kaos kami pun ada yang menggunakan setting open finish seperti Combed Fleece dan bahan kaos Polyester Activedry. Lebar kain Open Finish biasanya sekitar 72-85” dan perlu di ingat lebar kain ini sudah dibelah atau sudah tidak berbentuk sarung seperti tubular ya.

Kesimpulan

4 fakta di atas mungkin bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih jenis lebar kain yang tepat untuk produksi kaos Anda agar semakin yakin dan bagi Anda yang belum menggunakan bahan kaos dengan lebar 42” sudah saatnya untuk Anda mencoba agar bisa mendapatkan keuntungan lebih dan kami sangat merekomendasikan bahan kaos dari toko kami yang memang benar-benar menggunakan lebar 42” asli. Karena bukan hanya bahan kaos saja yang harus kita pilih dengan seksama tetapi jenis lebar kainnya pun harus kita perhatikan jadi selain dapat menguntungkan, budget yang Anda keluarkan pun bisa lebih hemat.

Ingat ya, untuk membuat produk yang berkualitas itu dibutuhkan beberapa aspek seperti kualitas bahan yang baku yang baik juga kualitas dari produksi yang baik juga. Jangan sampai hanya karena satu aspek yang kurang menjadikan brand pakaian Anda mempunyai penilaian yang kurang bagus di mata pelanggan Anda. 

Terima kasih sudah membaca artikel kami, semoga bermanfaat dan Anda juga bisa membaca topik lain baik tentang bisnis maupun seputar bahan kaos yang sudah kami bahas di Blog Knitto

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur