4 Keunggulan Kain Goni yang Perlu Kamu Ketahui

0
5/5 - Vote count: 37 votes

4 Keunggulan Kain Goni yang Perlu Kamu Ketahui – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto akan bahas salah satu material kain yang cukup sering digunakan dan punya banyak keunggulan. Kain yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah kain goni.

Inilah Keunggulan Kain Goni, Ada 7 Produk Olahannya!
Inilah Keunggulan Kain Goni, Ada 7 Produk Olahannya!

Siapa nih yang tertarik dengan goni, yuk baca artikelnya sampai habis!

Apa itu Kain Goni?

Kain goni adalah kain yang terbuat dari serat alami yang diambil dari serat tumbuhan seperti jute. Tidak seperti kain pada umumnya yang digunakan sebagai material pakaian, bahan goni biasanya digunakan sebagai bahan utama tas, karung, dan produk lainnya yang membutuhkan daya bahan yang tidak mudah rusak. Kain ini tidak direkomendasikan sebagai bahan pakaian karena memiliki tekstur yang kasar dan berbulu sehingga dapat menimbulkan rasa gatal. Biasanya akan berwarna coklat atau coklat kehijauan, tergantung dari bahan dasarnya.

Bagaimana Asal-Usul Kain Goni?

Material ini memiliki sejarah panjang dan beragam penggunaan sejak zaman kuno. Awalnya digunakan untuk membuat tali dan jaring karena kekuatan dan ketahanannya, lantas bahan goni kemudian menjadi populer untuk kemasan karena sifatnya yang tahan lama dan biaya produksi yang rendah.

Selama Revolusi Industri, penggunaannya menjadi semakin luas dengan meningkatnya perdagangan global, memfasilitasi transportasi barang seperti biji kopi, teh, dan rempah-rempah.

Di banyak negara berkembang, material ini juga menjadi simbol perjuangan dan kemerdekaan, digunakan dalam pembuatan tas dan pakaian sebagai bentuk protes terhadap impor barang mewah.

Dalam beberapa dekade terakhir, kain goni sering dimanfaatkan dalam industri pertanian dan pengemasan sebagai karung atau kemasan  karena sifatnya yang kuat dan tidak mudah rusak yang disebabkan oleh  kelembaban.

Selain itu, kain goni juga cukup sering digunakan dalam berbagai kerajinan tangan seperti pelengkap peralatan rumah, bahkan souvenir pernikahan seperti pouch, tas tote bag, dan lainnya. Kegunaan lainnya yang unik yaitu juga sering dijadikan alas foto karena memiliki tampilan yang menarik.

Tidak ketinggalan, kain ini juga menjadi pilihan yang bagus sebagai alternatif bahan mengurangi limbah plastik dan kemasan plastik.

Baca Juga: Kain Organdi dan Beragam Karakteristik Uniknya, Ada Apa Saja?

4 Keunggulan Kain Goni

Setiap material pasti memiliki keunggulan dan kekurangan, berikut ini adalah 4 kelebihan yang dimiliki kain goni:

  • Kekuatan dan Tahan Lama

Kain goni terbuat dari serat tumbuhan yang tidak mudah rusak dan kokoh, sehingga kain ini memiliki daya ketahanan yang baik. Hal ini membuatnya tahan terhadap penggunaan yang berat cenderung abrasi, sehingga cocok untuk produk-produk yang harus kuat digunakan dalam waktu yang lama.

  • Ramah Lingkungan

Contoh Serat Jute
Contoh Serat Jute

Bahan baku goni biasanya adalah serat jute, yaitu serat alami yang dapat didaur ulang karena berasal dari alam. Penggunaan goni dapat membantu mengurangi penggunaan plastik dan bahan-bahan sintetis dalam produk-produk sehari-hari seperti tas belanja dan packaging berbagai jenis benda, sehingga menjadi lebih ramah lingkungan.

  • Biodegradable

Kain goni terbuat dari serat alami yang dapat terurai secara alami, sehingga jika tidak terpakai lagi dan dibuang, kain ini tidak akan mencemari lingkungan dalam jangka waktu lama karena dapat terurai dengan sendirinya..

  • Beragam Penggunaan

Kain goni dapat digunakan sebagai bahan baku dari berbagai benda, seperti pembuatan tas, karung, produk-produk seperti kerajinan tangan, dan banyak lagi.

Baca Juga: Peluang Usaha dari Limbah Kain Majun, Ada 7 Pilihan Daur Ulangnya

4 Kekurangan Kain Goni

Tak hanya keunggulan, kain ini juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan dari kain goni yang perlu kamu ketahui:

  • Kasarnya Tekstur

Kain goni memiliki tekstur yang kasar, sehingga dapat menimbulkan rasa gatal jika digunakan dalam kontak langsung dengan kulit yang dikarenakan oleh teksturnya yang kasar dan berserat. Oleh karena itu, kain ini kurang direkomendasikan sebagai bahan pakaian.

  • Rentan terhadap Kelembaban

Serat kainnya cukup rentan terhadap kerusakan bentuk akibat kelembaban. Jika terkena air atau kelembaban yang berlebihan, kain ini dapat menjadi lembek dan berubah bentuk ketika kering meskipun seratnya tidak akan hancur. 

  • Keterbatasan dalam Warna

Goni biasanya memiliki warna alami yang kurang beragam, seperti coklat atau hijau. Karena pilihan warna yang terbatas ini mungkin membatasi desain pada produk yang menggunakan kain ini sebagai bahan utamanya.

  • Biaya Produksi

Biaya produksi bahan goni terkadang lebih mahal daripada bahan-bahan sintetis lainnya , terutama jika dibandingkan dengan produk-produk yang menggunakan bahan utama plastik atau bahan murah lainnya.

Berbagai Pilihan Produk yang Dapat Dibuat Dari Goni

Gambar Kain Goni
Gambar Kain Goni

Bahan goni dapat dipakai menjadi bahan dari berbagai alternatif produk, mulai dari produk sehari-hari hingga souvenir pernikahan dan event. Berikut ini adalah beberapa produk yang dapat dibuat dari bahan kain goni: 

  • Tas dan Kantong

Kain goni sering digunakan untuk membuat tas belanja, tas sehari-hari, tas kanvas, tas jinjing, dan kantong untuk membawa barang. Kekuatan dan daya tahan kain jenis goni membuatnya cocok untuk mengangkut barang-barang berat. Di era yang modern ini, sudah banyak brand tas yang mulai menggunakan bahan goni yang diolah sehingga tampilannya modern dan dapat diterima oleh anak muda.

  • Karung Goni

Kain goni sering digunakan untuk membuat karung kemasan. Karung goni dapat digunakan untuk mengemas biji-bijian, beras, kopi, pupuk, dan produk tani lainnya yang memerlukan tempat atau bungkusan yang kuat dan tahan lama.

  • Dekorasi

Kain goni dapat digunakan sebagai penambah dekorasi rumah seperti tirai, alas, taplak meja, bahkan hiasan dinding. Tekstur kasar kainnya dan warna alami yang dimilikinya dapat memberikan sentuhan alami dan ciri khas yang unik.

  • Kerajinan Tangan

Kain ini bisa digunakan sebagai bahan proyek kerajinan tangan seperti pembuatan boneka, lukisan kanvas, bungkus buket bunga, bunga kain, dan lain-lainnya. Bahan goni cenderung lentur walaupun sedikit tebal dan keras.

  • Pelapis

Kain ini juga dapat digunakan sebagai pelapis untuk melindungi atau merapikan produk-produk lainnya seperti buku-buku, kardus, atau perabotan rumah.

  • Properti Foto

Kain goni dapat digunakan sebagai properti foto produk, terutama produk yang berikatan dengan tema alam. Selain itu, juga bisa dijadikan sebagai alas foto, properti tambahan, bahkan untuk pr package lho.

  • Lingkungan

Kain goni sering digunakan dalam pembuatan benda yang berfokus untuk menjaga lingkungan, seperti pembuatan tas belanja ramah lingkungan untuk mengurangi penggunaan plastik belanja yang cenderung dipakai sekali saja.

Penggunaan kain goni dalam benda-benda sehari-hari sangat bermanfaat serta memberi keuntungan kepada bumi karena bahan ini cukup ramah lingkungan. Keunggulan yang disukai pengguna dari kain ini adalah kekuatan dan daya tahan, sehingga cocok untuk produk-produk yang memerlukan bahan yang kuat dan tahan lama.

Baca Juga: Kain Blacu yang Multifungsi untuk Berbagai Kreasi, Bisa Jadi Tas dan Sepatu!

Nah gimana? Sekarang jadi tahu kan apa keunggulan dan kekurangan kain goni? Sekarang pun sudah banyak sekali anak muda yang berinovasi menciptakan produk menggunakan bahan dasar kain goni. Semoga artikel ini membantu kamu ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya Knittopreneurs!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035