Dari Kain ke Hadiah Ulang Tahun, 10 Rekomendasi Ini Bisa Jadi Ide DIY yang Unik

0
5/5 - Vote count: 40 votes

Dari Kain ke Hadiah Ulang Tahun, 10 Rekomendasi Ini Bisa Jadi Ide DIY yang Unik – Halo Knittopreneurs! Selamat datang bagi yang ingin merayakan hari spesial orang-orang tersayang dengan kado ulang tahun yang istimewa. Kamu datang ke tempat yang tepat!

10 Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun, Bisa DIY dari Bahan Kain!
10 Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun, Bisa DIY dari Bahan Kain!

Pada artikel ini, Minto akan mencoba membahas beberapa rekomendasi atau ide hadiah ulang tahun, yang bisa dibeli atau bahkan dibuat sendiri. Tentunya, dari bahan kain yang hangat dan awet. Penasaran? Simak sampai selesai ya!

Tips Memilih Hadiah Ulang Tahun yang Tepat

Dalam menentukan rekomendasi hadiah ulang tahun, ada beberapa aspek yang penting untuk diperhatikan. Seperti, status dan hubungan dengan penerima. Beberapa kategorinya sudah coba Minto bagi dan jelaskan:

Untuk Anak Perempuan atau Laki-Laki

Kado yang mengikuti keinginan anak-anak, tapi fungsional disaat yang bersamaan sering menjadi pilihan terbaik.  Knittopreneurs bisa memilih untuk memberikan mainan buatan tangan dari kain atau pakaian bertema karakter favorit mereka, yang dapat menjadi sumber kebahagiaan yang besar.

Untuk Suami atau Istri

Ide kado ulang tahun bisa berupa barang-barang yang menambah kehangatan hubungan. Buket bunga kain yang cantik, selimut hangat yang bisa digunakan untuk menonton film favorit bersama, atau sarung bantal yang memiliki desain khusus yang disukai oleh pasangan.

Untuk Ibu atau Ayah

Saat memilih hadiah untuk ulang tahun ayah atau ibu, Knittopreneurs mungkin ingin memilih sesuatu yang menunjukkan apresiasi atas semua yang telah dilakukan. Misalnya, sebuah apron cantik buatan tangan atau tas belanja dari kain. Hingga baju dan jam tangan dengan motif yang ayah atau ibu sukai, bisa menjadi pilihan yang menarik.

Untuk Teman atau Sahabat

Memilih hadiah ulang tahun untuk teman atau sahabat bisa lebih fleksibel, dan prosesnya pun jauh lebih menyenangkan. Pertimbangkan barang seperti case ponsel dari kain atau dompet unik, yang bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

Untuk Tetangga atau Rekan Kerja

Sedangkan untuk tetangga, kado untuk ulang tahun yang bersifat umum tapi tetap menarik, seperti gantungan kunci kain atau coaster minuman, bisa menunjukkan perhatian tanpa terlalu berlebihan.

Baca Juga: Hadiahkan Kebahagiaan dengan Hampers Imlek dari Kain

10 Ide Hadiah Ulang Tahun dari Bahan Kain yang Bisa Dibeli atau Dibuat Sendiri

Apa-apa saja pilihan hadiah ulang tahun dari bahan kain berdasarkan kategori-kategori di atas? Ada yang bisa dibuat sendiri, atau harus semuanya dibeli? Minto coba jawab, ya, dengan daftar ide ini!

Set Pakaian Anak dari Katun

Set Pakaian Katun dengan Motif Lucu
Set Pakaian Katun dengan Motif Lucu

Rekomendasi pertama akan cocok sebagai hadiah ulang tahun untuk anak perempuan dan laki-laki. Set pakaian katun yang nyaman, adem, dan aman di kulit sensitif anak-anak dapat menjadi kado yang thoughtful dan fungsional disaat bersamaan. 

Knittopreneurs bisa memilih motif polos dengan menggunakan bahan Cotton Bamboo, yang mampu mencegah pertumbuhan jamur dan tungau, meminimalisir bau tidak sedap dan iritasi kulit pada penggunanya. Cocok untuk bayi dan anak-anak yang memiliki kulit lebih sensitif.

Atau, jika ingin yang memiliki motif karakter, pilihan bahan Cotton Combed juga tidak kalah bagus! Minto mau merekomendasikan kain spesial dari Knitto nih, yaitu Printto. Di tahun ini, Printto sudah merilis 3 koleksi terbaru: Animal Series, Flowers and Fruits Series, dan Adventures Series.

Motif Baru Printto dari Knitto Textile
Berbagai Motif Baru Printto dari Knitto Textile

Ketiganya bisa kamu gunakan untuk hadiah ulang tahun yang unik, dijadikan setelan, outerwear, atau dress katun yang nyaman bagi anak-anak. Motif-motifnya juga lucu, yakin nggak mau coba?

 

Boneka Kain yang Lucu

Boneka Kain yang Lucu
Boneka Kain yang Lucu

Kali ini, adalah ide hadiah ulang tahun yang bisa dibuat sendiri. Boneka kain dari bahan flanel, atau kain perca. Keduanya memiliki budget terjangkau, namun tetap terkesan hangat dan bisa menyenangkan penerima. Terutama jika mereka menggemari kado yang personal!

Knittopreneurs hanya perlu menyiapkan bahan kain, kapas, benang, dan jarum. Jika boneka akan digunakan sebagai gantungan kunci, juga menambah ring ganci. Pengerjaannya pun bisa diselesaikan dalam beberapa jam hingga hari.

Scarf atau Hijab

Scarf atau Hijab | Sumber: Pinterest
Scarf atau Hijab | Sumber: Pinterest

Selanjutnya, kado ulang tahun yang cocok untuk istri, ibu, atau teman dan sahabat perempuan. Knittopreneurs bisa memberikan scarf, atau hijab, yang bisa disesuaikan dengan selera dari penerima. Bahan yang dipilih pun bisa dicocokkan dengan tujuan kado, apa ingin terkesan mewah dan spesial, atau fokus kepada pemakaian sehari-hari.

Untuk yang pertama, pilih sutra, ceruti, atau chiffon. Jika yang kedua, bisa memilih bahan katun, polycotton, atau voal. Pilihan warna dan motif yang beragam biasanya tersedia, jadi bisa dipersonalisasi dengan gampang, sesuai selera penerima.

Tote Bag Painting Kit

Tote Bag yang Bisa Dilukis
Tote Bag yang Bisa Dilukis

Jika penerima merupakan seseorang yang kreatif, atau suka melukis, Knittopreneurs juga bisa memberikan tote bag painting kit sebagai hadiah ulang tahun. Set ini banyak tersedia di e-commerce, dan Minto merekomendasikan untuk memilih yang bahan utama tasnya dari kanvas. 

Kado ulang tahun yang satu ini cocok untuk sahabat, teman, hingga rekan kerja dan tetangga. Setelah selesai dilukis, tote bag juga bisa digunakan untuk sehari-hari, membuat hadiah yang diberikan terkesan lebih spesial.

Apron Masak dengan Sulaman Nama

Apron dengan Sulaman Nama untuk Hadiah Ulang Tahun
Apron dengan Sulaman Nama untuk Hadiah Ulang Tahun

Apron atau celemek masak dengan sulaman nama bisa jadi hadiah yang ideal untuk yang suka memasak. Jika diberikan sebagai hadiah ulang tahun untuk ibu, juga bisa membawa makna lain. Perhatian yang diberi, bisa sekaligus menyimbolkan rasa terima kasih karena sudah memasak di dapur setiap hari untuk keluarga.

Knittopreneurs bisa menambahkan detail sulaman inisial, atau nama, untuk sentuhan yang lebih personal. Terkait bahan, pilih yang gampang dibersihkan dari noda dan minyak, seperti kain kanvas atau kain taslan. Atau jika mengutamakan kenyamanan, juga bisa memilih katun. 

Sarung Tangan

Sarung Tangan Sebagai Hadiah Ulang Tahun
Sarung Tangan Sebagai Hadiah Ulang Tahun

Pilihan yang populer lainnya sebagai hadiah ulang tahun dari bahan kain adalah sarung tangan. Ini merupakan barang yang sangat fleksibel, bisa diberikan kepada pria dan wanita, dengan status hubungan seperti tetangga hingga pacar. 

Pilih sarung tangan yang sesuai dengan yang berulang tahun, misalnya dicocokkan dari warna dan motif. Atau, dari segi fungsi, apakah sarung tangan tersebut untuk yang hobi memasak, atau dipakai saat mengendarai motor. 

Saputangan Buatan Tangan

Saputangan Unik Sebagai Hadiah Ulang Tahun
Saputangan Unik Sebagai Hadiah Ulang Tahun

Ada lagi rekomendasi hadiah ulang tahun yang bisa dibuat sendiri, yaitu saputangan. Detail seperti sulaman nama, atau karakter yang lucu bisa dengan mudah disulam pada ujungnya. Kado ini juga bisa digunakan dalam keseharian, memberikan nilai tambah untuk barangnya

Jika ingin membuatnya sendiri, Knittopreneurs mungkin ingin menyiapkan kain perca, benang, dan mesin jahit (opsional). Waktu pembuatannya variatif, tergantung ukuran dan desain yang diinginkan. Ini bisa menjadi kado yang spesial untuk pacar, sahabat, atau ayah dan ibu!

Sepatu Kain yang Bisa Dilukis

Sepatu Kain Custom untuk Hadiah Ulang Tahun
Sepatu Kain Custom untuk Hadiah Ulang Tahun

Selain tote bag, Knittopreneurs juga bisa memberikan hadiah kreatif yang bisa dilukis lainnya seperti sepatu kain. Atau, kado ini bisa dibeli untuk dijadikan proyek seni, dirombak terlebih dahulu dengan desain yang unik, sebelum diberikan kepada yang berulang tahun.

Siapkan sepatu, cat lukis kain, dan alat seperti kuas dengan berbagai ukuran. Budget untuk kado ini tentunya lebih affordable, jika dibandingkan dengan barang jadi. Ideal untuk sahabat atau kado ulang tahun untuk pacar.

Buket Bunga dari Bahan Kain

Buket Bunga dari Bahan Kain
Buket Bunga dari Bahan Kain

Buket bunga dari bahan kain juga bisa menjadi opsi yang manis! Terutama untuk diberikan pada yang berulang tahun dengan konsep romantis. Knittopreneurs bisa membuatnya sendiri, atau membeli produk jadi di florist

Berbeda dengan buket bunga asli yang gampang layu dan membutuhkan perawatan khusus, memberikan buket bunga dari bahan kain bisa lebih awet dan tahan lama.  

Scrunchie atau Bandana Kain

Scrunchie atau Bandana Kain | Sumber: Pinterest
Scrunchie atau Bandana Kain | Sumber: Pinterest

Lalu, rekomendasi terakhir sebagai hadiah ulang tahun adalah ikat rambut (scrunchie) dan bandana. Keduanya bisa diberikan secara bersamaan, atau memilih salah satunya. Knittopreneurs pun bisa membuatnya sendiri jika ingin. 

Terkait bahan, pilih yang terbuat dari katun atau sutra, tergantung dari kesan hadiah yang ingin diberikan. Hadiah ulang tahun ini akan cocok bagi penerima yang menggemari fashion dan suka bersolek dengan berbagai pilihan aksesoris.

Baca Juga: Pilihan Hampers Lebaran Unik dari Bahan Kain, Hari Raya Lebih Berkesan!

Mengapa Harus Memberikan Hadiah Ulang Tahun dari Bahan Kain? 

Rasa bingung mungkin menghampiri saat ingin memberikan kado ulang tahun pada orang lain. Banyak pilihan, keinginan, dan faktor yang perlu dipertimbangkan. Tapi, tahukah Knittopreneurs bahwa hadiah dari bahan kain punya keunggulan dibanding opsi lainnya?

Kado dari bahan kain digemari karena memiliki kesan hangat dan lebih personal, selaras dengan kegunaannya yang juga beragam. Karakteristik ‘paket lengkap’ ini, tentunya, sulit ditandingi oleh jenis hadiah lainnya. 

Lalu, di era yang semakin sadar dengan isu lingkungan, hadiah dari bahan kain memiliki aspek keberlanjutan yang menarik. Belum lagi jika kita membahas dari segi awet dan tahan lama, tentu masuk ke kategori yang dipertimbangkan. Jadi, tidak perlu lagi untuk memberikan hadiah ulang tahun dari bahan kain! 

Baca Juga: Ide Hadiah untuk Hari Ibu yang Bukan Berupa Barang, Rayakan dengan Cara Berbeda!

Kunci utama dalam memilih dan memberikan hadiah adalah sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan penerima. Hal ini menunjukkan bahwa waktu dan pemikiran telah diinvestasikan, membuatnya jauh lebih berharga. Semoga artikel ini dapat membantu!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]