10 Pilihan Hampers Lebaran Unik dari Bahan Kain, Hari Raya Lebih Berkesan!

0
5/5 - Vote count: 44 votes

10 Pilihan Hampers Lebaran Unik dari Bahan Kain, Hari Raya Lebih Berkesan! – Halo Knittopreneurs! Kembali lagi dengan Minto dan pembahasan artikel baru, berguna banget untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi atau ide hampers lebaran.

10 Rekomendasi Hampers Lebaran Unik dari Bahan Kain, Cek!
10 Rekomendasi Hampers Lebaran Unik dari Bahan Kain, Cek!

Tradisinya masih terus dipertahankan, terutama pada tahun-tahun sekarang, dimana akses untuk mendapatkan isi hampers lebaran unik terbuka lebar. Langsung aja yuk, kita bahas beberapa rekomendasi yang sudah Minto kumpulkan!

Apa itu Hampers Lebaran?

Hampers lebaran adalah bingkisan yang dikirimkan sebagai bentuk ucapan selamat dan berbagi kebahagiaan dalam rangka perayaan Idul Fitri. Bingkisan ini bisa berisi berbagai macam isi, tergantung pada selera dan keinginan pengirim.

Makna dan arti hampers lebaran cukup luas, tidak hanya sekedar memberikan hadiah. Pemberiannya mengandung nilai-nilai kepedulian, berbagi, dan menjaga silaturahmi antar sesama. Tradisi ini juga menjadi sarana untuk mempererat hubungan, mengekspresikan rasa syukur, serta berbagi kebahagiaan bersama dengan orang-orang terdekat.

Asal-Usul Tradisi Pemberian Hampers Lebaran

Pada Hari Raya Idul Fitri, isi hampers lebaran adalah aneka barang, bisa berupa makanan, minuman, atau kebutuhan lain yang dikirimkan kepada orang lain. Tradisi hampers lebaran adalah cara untuk berbagi kebahagiaan dan menunjukkan perhatian kepada keluarga, teman, dan rekan kerja di momen spesial.

Sejarah di Balik Hampers Lebaran

Asal-usul hampers bisa ditelusuri kembali ke zaman Eropa abad pertengahan, di mana kata ‘hamper‘ merujuk pada keranjang yang digunakan untuk mengangkut makanan, minuman, dan barang-barang lainnya. 

Konsep ini kemudian diadaptasi menjadi bentuk apresiasi dan silaturahmi antar umat Muslim, terutama di Indonesia. Hampers lebaran menjadi populer sebagai bentuk konkret dari ucapan lebaran, menggantikan atau melengkapi ucapan verbal atau kartu ucapan.

Ucapan hampers lebaran sering kali disertai dengan kata-kata hangat dan penuh doa, yang menambah makna dari hampers yang diberikan. Ucapan tersebut bisa berbentuk tulisan tangan yang personal atau kartu ucapan yang indah, yang mencerminkan keikhlasan dan harapan baik untuk penerima.

Baca Juga: Rekomendasi Souvenir Pernikahan Yang Ekonomis Dari Bahan Kain

10 Rekomendasi Isi Hampers Lebaran Unik dari Bahan Kain

Hampers lebaran unik bisa datang dan diberikan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah dengan bahan kain. Selain memberikan kesan yang lebih hangat dan personal, isi hampers yang memiliki unsur kain lebih praktis dan sering kali ramah lingkungan. 

Ini saran Minto untuk isi hampers lebaran unik yang bisa Knittopreneurs coba, ada juga bisa dibuat sendiri!

Sajadah yang Lembut

Rekomendasi Isi Hampers Lebaran Unik, Sajadah yang Lembut
Rekomendasi Isi Hampers Lebaran Unik, Sajadah yang Lembut

Rekomendasi isi hampers lebaran unik pertama adalah sajadah. Sebagai alas dalam melaksanakan ibadah sholat, sajadah bisa dijadikan simbol dari ketenangan dan kedamaian spiritual. 

Ketika diberikan sebagai hampers, sajadah membawa pesan-pesan positif yang sejalan dengan momen Ramadan dan juga Hari Raya. Pemberiannya bisa bermakna pesan-pesan positif, doa, dan harapan untuk orang yang kita sayangi. Indah sekali, ya, Knittopreneurs.

Untuk sajadah terbaik yang bisa dijadikan hampers lebaran unik, pilih bahan velvet atau microfiber, karena kedua bahan ini terkenal dengan kelembutannya. Motifnya bisa menggunakan yang memiliki nilai spiritual seperti kaligrafi ayat-ayat suci dan masjid. Atau, jika lebih menyukai sesuatu yang sederhana, motif minimalis atau polos dengan pilihan warna yang elegan bisa menjadi pilihan.

Lalu, pilih kemasan sajadah dalam kotak hampers atau tas kain. Jangan lupa untuk menyertakan kartu ucapan!

Mukena Travel yang Hits

Mukena Travel untuk Hampers Lebaran | Sumber: Pinterest
Mukena Travel untuk Hampers Lebaran | Sumber: Pinterest

Belakangan ini mukena travel menjadi sangat digemari. Keunggulannya terletak pada ukurannya yang mini, sehingga gampang dibawa kemana-mana atau dimasukkan ke dalam tas. Sebagai isi dari hampers lebaran unik, mukena travel membawa dua makna. Yaitu sebagai barang yang fungsional, juga simbolis terhadap keinginan untuk mendukung kebersihan dan kesucian dalam ibadah.

Jika ingin memilih mukena travel sebagai hampers lebaran unik, Minto merekomendasikan bahan-bahan seperti rayon atau katun yang nyaman. Knittopreneurs juga bisa memilih bahan parasut dan sutra untuk kesan yang lebih mewah. Semuanya ringan dan mudah dilipat, jadi cocok untuk penerima yang sering bepergian.

Untuk motifnya, bisa memilih motif floral atau bunga, atau polos dengan renda-renda yang manis. Pilih juga warna yang lembut dan menenangkan seperti putih, biru muda, atau warna pastel lainnya yang sering dikaitkan dengan ketenangan dan kedamaian, sejalan dengan makna Ramadan dan Hari Raya. 

Jilbab atau Hijab yang Manis

Jilbab atau Hijab yang Manis untuk Hampers Lebaran | Sumber: Pinterest
Jilbab atau Hijab yang Manis untuk Hampers Lebaran | Sumber: Pinterest

Isi hampers lebaran unik lainnya yang bisa dicoba adalah jilbab atau hijab. Selain gampang dikemas dalam kotak, isi hampers dari bahan kain yang satu ini juga tampak cantik jika dibuat sebagai bouquet.  Memilih untuk memberikan hijab dengan motif atau bahan yang bagus, menunjukkan dukungan Knittopreneurs care dengan penerima.

Rekomendasi dari minto dari segi warna dan motif, adalah warna solid atau polos, yang bisa dihias dengan ornamen-ornamen Hari Raya lain dalam kemasannya. Kemudian, pilihlah bahan-bahan yang nyaman seperti katun dan voal. Ini cocok sebagai hijab sehari-hari. 

Jika ingin isi hampers lebaran terkesan lebih mewah, bisa juga menggunakan bahan chiffon atau silk sebagai bahan hijab yang diberikan. Gunakan kotak hampers yang elegan, pita, dan kartu ucapan untuk menambah kesan spesial.

Masker Kain dan Hand Sanitizer

Masker Kain dan Hand Sanitizer sebagai Hampers Lebaran Unik
Masker Kain dan Hand Sanitizer sebagai Hampers Lebaran Unik

Nah, ide hampers lebaran unik yang satu ini cocok bagi Knittopreneurs yang ingin menekankan pentingnya tetap sehat di Ramadan dan Hari Raya, yang bisa saja merubah imunitas tubuh karena siklus makan dan tidur yang berubah. Terutama di zaman sekarang, banyak yang harus diwaspadai dan pandemi juga belum berakhir. 

Masker dari bahan kain dan hand sanitizer dapat menjadi isi hampers yang praktis, unik, dan fungsional. Pilihlah bahan katun untuk masker, sehingga penerima bisa terlindungi dari virus dan bakteri dengan tetap nyaman. Knittopreneurs bisa menggunakan pouch kain goni atau tille pada kemasan, tergantung selera dan preferensi penerima. 

Sarung Bantal Motif Islami atau Hari Raya

Sarung Bantal Motif Islami atau Hari Raya untuk Hampers Lebaran
Sarung Bantal Motif Islami atau Hari Raya untuk Hampers Lebaran

Jika Knittopreneurs ingin mencoba memberikan hampers lebaran yang berbeda, bingkisan sarung bantal bisa menjadi pilihan yang unik dan fungsional. Motif yang berbau Timur Tengah, atau kaligrafi Islami cocok untuk diberikan sebagai hampers. Lalu, pemberian hampers ini juga bisa disertai dengan bantal, atau aksesoris lainnya yang bisa dipasang di ruang tamu penerima.

Taplak Meja dan Serbet

Taplak Meja dan Serbet untuk Lebaran | Sumber: Pinterest
Taplak Meja dan Serbet untuk Lebaran | Sumber: Pinterest

Bingkisan berisi taplak meja dan serbet juga bisa menjadi ide hampers lebaran unik. Set dari keduanya bisa digunakan untuk dekorasi meja makan di Hari Raya, atau disimpan untuk digunakan pada acara-acara penting.

Motif yang bagus untuk dipilih, menurut Minto, adalah khas Timur Tengah atau tradisional Indonesia. Misalnya, seperti motif batik atau songket, atau dengan pattern geometris dan abstrak yang sering muncul pada dekorasi dengan tema Arabian. Bahannya bisa katun, linen, dan polyester.

Jangan lupa untuk memilih kombinasi warna yang serasi atau yang sesuai dengan tema dekorasi rumah penerima!

Paket Tas Anyaman atau Tote Bag

Paket Tas Anyaman atau Tote Bag | Sumber: Pinterest
Paket Tas Anyaman atau Tote Bag | Sumber: Pinterest

Selain fokus pada isinya, Knittopreneurs juga bisa menjadikan kemasan sebagai bagian dari bingkisan lebaran yang unik. Misalnya, gunakan tote bag dari bahan kain atau tas anyaman yang berisikan barang-barang berguna untuk penerima.

Minto menyarankan tote bag dengan motif khas Hari Raya, atau dengan sablon motif ka’bah yang unik. Lalu isinya bisa macam-macam, kue kering, atau parfum dan tasbih yang khas dan lebih berbau Islami. 

Memberikan tas yang bisa dipakai kembali sebagai kemasan hampers lebaran unik juga bisa menunjukkan kepedulian Knittopreneurs terhadap lingkungan lho, apalagi jika hampers yang diberikan cukup banyak. Bisa berkontribusi dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Sarung dan Peci

Sarung dan Peci untuk Hampers Lebaran Unik
Sarung dan Peci untuk Hampers Lebaran Unik

Ada lagi pilihan yang mirip-mirip dengan mukena, yaitu memberikan sarung dan peci sebagai hampers lebaran. Tentunya, hal ini bisa dibarengi, tergantung tujuan dan siapa yang menerima. Kombinasi kedua item ini bisa menjadi set yang praktis untuk ibadah dan penggunaan sehari-hari. Asal dipilih dengan tepat, ya, Knittopreneurs!

Pertama, untuk sarung. Motif kotak-kotak merupakan yang paling populer, atau dengan garis-garis tipis. Bahan yang bagus yaitu katun dan rayon, atau pilihan yang lebih terjangkau seperti polycotton. Ketiganya cocok untuk semua usia yang akan menerima hampers lebaran unik.

Lalu ada peci, yang ini cukup tricky. Knittopreneurs bisa menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki, dan makna dari hampers yang diberikan. Misalnya, peci dengan bahan beludru akan lebih cocok untuk bingkisan dengan kesan mewah dan formal. Sementara peci katun lebih santai dan nyaman untuk penggunaan sehari-hari, dengan berbagai pilihan warna. Atau, bisa juga memilih peci rajut yang unik!

Cover Al-Qur’an dan Tasbih

Cover Al Qur’an dan Tasbih | Sumber: Pinterest
Cover Al Qur’an dan Tasbih | Sumber: Pinterest

Alternatif lainnya yang dapat Knittopreneurs coba sebagai hampers lebaran unik adalah memberikan cover Al-Qur’an dan tasbih. Bingkisan ini bisa jadi sangat berarti untuk merayakan bulan yang suci, juga simbol perlindungan dan doa agar penerima selalu diberkahi dalam kehidupan sehari-harinya.

Motif yang populer untuk digunakan sebagai cover Al Qur’an adalah kaligrafi Arab, atau sulaman nama dalam format kaligrafi. Bisa juga bergambar masjid. Pada tasbih, kesan personal bisa ditambahkan dengan menyematkan inisial atau nama pada gantungan tasbih. 

Sementara itu, bahan yang bagus adalah velvet untuk cover Al Qur’an. Minto juga merekomendasikan untuk memilih kayu atau batu alam sebagai bahan tasbih yang bagus. Knittopreneurs juga bisa custom kemasan tasbih dengan pouch kain yang menarik, melengkapi keseluruhan isi hampers lebaran unik!

Boneka untuk Hampers Anak-Anak

Boneka untuk Hampers Anak-Anak | Sumber: Pinterest
Boneka untuk Hampers Anak-Anak | Sumber: Pinterest

Rekomendasi terakhir untuk hampers lebaran unik adalah boneka, bingkisan ini cocok untuk penerima yang sudah memiliki anak. Nah, Knittopreneurs juga bisa membuat sendiri bonekanya, atau menambahkan aksen yang lebih personal dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah. 

Baca Juga: Hadiahkan Kebahagiaan dengan Hampers Imlek dari Kain

20 Ucapan Lebaran untuk Kartu di Hampers

Tidak boleh ketinggalan, berikut beberapa rekomendasi ucapan lebaran yang hangat untuk dituliskan pada kartu ucapan. Ada yang berupa bahasa Inggris juga!

  1. “Semoga Lebaran ini membawa cahaya kebahagiaan yang tak pernah padam. Selamat Idul Fitri.”
  2. “Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya.”
  3. “Semoga Lebaran kali ini lebih berarti, membawa kedamaian dan kebahagiaan untuk kita semua.”
  4. “Taqabbalallahu minna wa minkum, semoga amal kita diterima oleh Allah SWT.”
  5. “Selamat Idul Fitri, semoga kita semua menjadi pribadi yang lebih baik.”
  6. “Lebaran adalah tentang berbagi dan memaafkan. Mohon maaf lahir dan batin.”
  7. “Kesalahan adalah jembatan menuju kesempurnaan. Mari bersihkan hati di hari yang fitri ini.”
  8. “Semoga segala kebaikan menghiasi hari-hari kita. Selamat Hari Raya Idul Fitri.”
  9. “Berbagi senyum dan kebahagiaan, semoga Lebaran ini lebih berwarna. Selamat Idul Fitri.”
  10. “Momen Lebaran mengajarkan kita tentang keikhlasan, kesabaran, dan kebersamaan. Selamat Hari Raya.”
  11. “May this Eid brings you joy, happiness, and prosperity. Happy Eid Mubarak.”
  12. “On this special day, let’s make a promise to ourselves to always be helpful and kind towards others. Eid Mubarak!”
  13. “May the divine blessings of Allah protect and guide you. Let’s start anew with a pure heart this Eid.”
  14. “Taqabbalallahu minna wa minkum. Wishing you an Eid that brings with it the love and protection of Allah to stay always.”
  15. “Happy Eid Mubarak. May the magic of this Eid bring lots of happiness in your life, and may you celebrate it with all your close friends, and may it fill your heart with love..”
  16. “It’s a day to be grateful to Allah for all of his heavenly blessings on us. Wishing you a happy Eid.”
  17. “Wishing you a wonderful Eid Mubarak. Please have a happy one!”
  18. “May your home be filled with happiness and laughter. Happy Eid.”
  19. “Sending you warm wishes on Eid. Remember me in your prayers and I will remember you in mine.”
  20. “May all your prayers be answered. Have a blessed Eid.”

Baca Juga: 10 Inspirasi Baju Lebaran Pria Modern Terbaru

Itulah berbagai rekomendasi isi hampers lebaran unik dan ucapan lebaran yang bisa digunakan pada kartu ucapan. Semoga dapat membantu ya, Knittopreneurs. Happy Eid Mubarak!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]