Tips Memilih Baju Jersey Futsal yang Keren dan 7 Rekomendasi Bahannya

0
5/5 - Vote count: 123 votes

Tips Memilih Baju Jersey Futsal yang Keren dan 7 Rekomendasi Bahannya – Hi Knittopreneurs, dalam artikel ini Minto mau bahas tentang tips memilih bahan baju jersey yang nyaman dan keren untuk olahraga futsal.

Siapa nih yang suka futsal? Pasti tahu kan, kalau untuk main futsal gak bisa menggunakan sembarang jersey, karena jersey yang nyaman pasti yang menyerap dan kering dengan cepat. Yuk kita baca 10 tips memilih bahan baju jersey futsal yang nyaman digunakan dan rekomendasi bahannya!

Asal-Usul Penggunaan Jersey untuk Olahraga Futsal

Sebelum membahas tips dalam memilih baju jersey futsal yang nyaman, Knittopreneurs penasaran nggak mengenai asal-usul penggunaan jersey untuk olahraga futsal? Kita bahas sama-sama, ya.

Futsal, yang merupakan bentuk modifikasi dari sepak bola, dikembangkan di Uruguay pada tahun 1930 oleh Juan Carlos Ceriani. Sebagai olahraga yang dimainkan di lapangan indoor dengan tim yang lebih kecil, futsal membutuhkan pakaian yang mendukung mobilitas tinggi, kenyamanan, dan adaptasi dengan kondisi bermain di dalam ruangan.

Awalnya, pakaian yang digunakan untuk futsal tidak jauh berbeda dengan pakaian sepak bola tradisional, yaitu jersey yang longgar dan celana pendek. Seiring waktu, kebutuhan akan pakaian yang lebih fungsional dan nyaman saat bermain menjadi semakin penting.

Lahirnya jersey futsal adalah buah dari memenuhi kebutuhan tersebut. Jika Knittopreneurs perhatikan, baju jersey futsal cenderung lebih ringan dan menggunakan bahan seperti poliester, yang membantu menjaga pemain tetap kering dan nyaman selama bermain.

Bahan-bahan ini juga memungkinkan lebih banyak sirkulasi udara yang berputar saat baju dikenakan, yang mana sangat penting dalam kondisi bermain indoor yang sering kali lebih hangat dan kurang berventilasi dibandingkan dengan lapangan outdoor.

10 Tips Memilih Bahan Baju Jersey Futsal yang Keren

Baju Jersey
Baju Jersey

Untuk tetap nyaman saat berolahraga, pastikan Knittopreneurs memilih jersey olahraga yang nyaman! Dengan memilih jersey yang tepat, Knittopreneurs dapat tetap nyaman selama beraktivitas olahraga. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih baju jersey futsal yang nyaman:

  • Pilih Bahan yang Cocok

Pilihlah bahan yang memiliki elastisitas yang baik, adem dipakai, dan mampu mengatur kelembaban dengan baik, seperti polyester atau kombinasi polyester-spandex.

Bahan alami seperti katun, bambu, dan modal juga bagus dan nyaman digunakan sebagai jersey, walaupun biasanya jersey terbuat dari polyester.

  • Pilih Jersey yang Mampu Menyerap Keringat dengan Baik

Pertimbangkan jersey yang mampu menyerap keringat dengan baik. Olahraga futsal biasanya memproduksi keringat yang banyak, maka diperlukan jersey yang menyerap keringat dengan cepat sehingga badan tetap nyaman dan terhindar dari bau yang disebabkan oleh perkembang biakan bakteri.

  • Ukuran yang Tepat

Pastikan Knittopreneurs memilih ukuran yang sesuai dengan tubuh Knittopreneurs. Baju jersey futsal yang terlalu ketat atau terlalu longgar mungkin tidak nyaman dan dapat mengganggu gerakan Knittopreneurs.

  • Perhatikan Desain Kerah dan Leher

Pastikan desain kerah dan leher sesuai dengan preferensi Knittopreneurs. Baju jersey futsal dapat memiliki kerah maupun hanya rib, namun pastikan kerah atau rib jangan terlalu ketat atau terlalu lebar karena dapat mempengaruhi kenyamanan Knittopreneurs.

  • Uji Mobilitas

Cobalah gerakan-gerakan yang umum Knittopreneurs lakukan selama olahraga. Pastikan jersey memungkinkan Knittopreneurs bergerak dengan bebas dan tidak terbatas.

  • Perhatikan Jahitan

Periksa jahitan pada jersey. Jahitan yang rapi dan kuat akan lebih tahan lama dan memberikan kenyamanan selama pemakaian. Hindari juga jersey yang memiliki jahitan yang dapat membuat gatal.

  • Pilih Model yang Sesuai

Pilihlah model baju jersey futsal yang sesuai dengan preferensi Knittopreneurs. Beberapa orang mungkin lebih suka jersey yang lebih longgar, sementara yang lain lebih suka yang lebih ketat. Pastikan jersey juga tetap nyaman digunakan

  • Uji Tekstur Bahan

Pastikan bahan jersey terasa nyaman saat bersentuhan dengan kulit Knittopreneurs. Hindari bahan yang mungkin menyebabkan iritasi atau gatal.

  • Baca Ulasan

Jika memungkinkan, baca ulasan dari pengguna lain tentang jersey olahraga yang Knittopreneurs pertimbangkan. Ini dapat memberikan wawasan tambahan tentang kenyamanan dan kualitas produk.

  • Coba Sebelum Membeli

Jika memungkinkan, cobalah jersey sebelum membeli untuk memastikan kenyamanan dan kesesuaian ukuran.

Ingatlah bahwa kenyamanan adalah hal yang sangat subjektif, jadi pastikan Knittopreneurs merasa nyaman dan bisa bergerak bebas selama mencoba jersey olahraga yang berbeda.

Baca Juga: Warna Kaos Olahraga yang Cocok untuk Setiap Jenis Kegiatan

7 Bahan Baju Jersey Futsal yang Nyaman untuk Olahraga

7 Bahan Baju Jersey Futsal yang Nyaman untuk Olahraga
7 Bahan Baju Jersey Futsal yang Nyaman untuk Olahraga

Bahan yang cocok untuk pakaian olahraga dari jenis jersey umumnya memiliki sifat elastisitas, adem, dan pengaturan kelembaban yang baik. Berikut beberapa bahan yang sering digunakan untuk membuat jersey olahraga:

  • Polyester

Polyester adalah bahan yang umum digunakan dalam jersey olahraga karena memiliki kemampuan pengaturan kelembaban yang baik dan tahan lama. Bahan polyester juga ringan, cepat kering dan tahan terhadap gesekkan.

  • Polyester Spandex (Polyester Elastane)

Kombinasi antara polyester dan spandex memberikan elastisitas yang lebih baik dan memberikan pakaian mobilitas dan fleksibilitas yang lebih besar.

  • Nylon

Nylon juga sering digunakan dalam jersey olahraga karena sifatnya yang ringan, tahan lama, dan memiliki kemampuan pengaturan kelembaban yang baik.

  • Nylon Spandex (Nylon Elastane)

Kombinasi antara nylon dan spandex memberikan elastisitas dan kelembutan yang cocok untuk aktivitas olahraga.

  • Bambu

Bahan bambu semakin populer dalam pakaian olahraga karena memiliki sifat antibakteri alami, kemampuan pengaturan kelembaban yang baik, dan nyaman dipakai. Serat bambu biasanya dicampur dengan serat kapas, yang biasa dikenal sebagai Cotton Bamboo di pasaran.

Modal adalah serat alami yang berasal dari selulosa kayu, yang memberikan bahan yang lembut, ringan, dan memiliki kemampuan pengaturan kelembaban yang baik. Serat modal juga biasanya dicampur dengan serat kapas dalam pembuatan bahan kaos.

  • Lycra

Lycra adalah merek spandek yang dikenal akan elastisitasnya. Bahan ini biasanya digunakan untuk memberikan elastisitas pada pakaian olahraga.

Pastikan untuk memeriksa label bahan dan panduan perawatan pada pakaian olahraga yang Knittopreneurs pilih untuk memastikan bahwa bahan tersebut sesuai dengan aktivitas yang akan Knittopreneurs lakukan.

Rekomendasi Bahan Baju Jersey Futsal dari Knitto Textiles

Motif Polyester Activedry yang Tersedia di Knitto
Motif Polyester Activedry yang Tersedia di Knitto

Knittopreneurs, Minto juga punya rekomendasi bahan Knitto Textiles yang cocok banget dijadikan baju jersey futsal. Kain tersebut adalah Polyester Activedry.

Polyester Activedry merupakan kain yang terbuat dari Polyester 100%, namun jangan khawatir, bahan ini tidak akan gerah dipakai karena walaupun bahan ini pure polyester, bahan ini tetap menyerap keringat dengan baik, adem, dan cepat kering karena memang dirancang khusus untuk olahraga. 

Polyester Activedry tersedia dalam warna putih bluish, dengan 4 jenis pilihan motif rajut yaitu Evolt, Marton, Diamond, dan Aero (atau dikenal juga sebagai Milano). Walaupun kainnya polos, tak perlu khawatir karena kain Polyester Activedry ini sangat cocok dijadikan media sablon sublim!

Baca Juga: Panduan Memilih Warna Jersey yang Bagus untuk Setiap Cabang Olahraga

Yuk cobain sekarang juga kainnya, order via whatsapp admin atau di Portal Knitto!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]