7 Rekomendasi Bahan Baju Raglan yang Bagus, Belinya di Knitto Textiles!

0
5/5 - Vote count: 41 votes

7 Rekomendasi Bahan Baju Raglan yang Bagus, Belinya di Knitto Textiles! – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto akan bahas seputar baju raglan, yang menjadi favorit remaja maupun dewasa di Indonesia. Tepatnya, membahas rekomendasi bahan yang bagus untuk bajunya.

7 Bahan Baju Raglan Terbaik, Bisa Ditemukan di Knitto!
7 Bahan Baju Raglan Terbaik, Bisa Ditemukan di Knitto!

Tanpa lama-lama yuk kita langsung cari tahu apa sih baju raglan dan apa kain yang cocok untuk dijadikan baju kaos raglan.

Apa itu Baju Raglan?

Baju raglan adalah jenis kaos yang memiliki potongan lengan yang berbeda dengan potongan lengan pada baju atau kaos pada umumnya. Pada baju kaos raglan, lengan tidak hanya terletak di bagian pundak, tetapi menyambung hingga ke bagian depan dan belakang baju dari leher ke bagian bawah ketiak.

Karakteristik khas pada baju raglan memiliki lengan yang bersambung langsung dengan bagian badan baju, sehingga tidak ada jahitan pada bagian bahu yang membuat bagian bahu dan lengan terpisah seperti pada baju biasa.

Ciri khas dari baju raglan adalah potongan lengan yang memanjang dari leher hingga bagian bawah ketiak dalam satu potongan atau dengan sedikit jahitan di bawah ketiak. Biasanya baju kaos raglan sering digunakan dalam olahraga, seperti olahraga baseball, tetapi juga biasanya dilengkapi dengan baju atau pakaian lainnya, seperti kaos, sweater, dan jaket.

Desain baju kaos raglan yang unik dapat memberikan rasa lebih leluasa untuk bergerak yang lebih besar di daerah bahu dan lengan, sehingga seringkali baju raglan dinilai lebih nyaman untuk digunakan dalam aktivitas yang memerlukan gerakan aktif.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Bahan Woven dan Beragam Penggunaannya dalam Fashion

7 Bahan yang Cocok Dijadikan Baju Raglan

Baju raglan dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kaos. Bahan yang digunakan dapat tergantung pada preferensi pribadi Knittopreneurs, siluet yang diinginkan, dan kebutuhan fungsional. Beberapa bahan kaos yang cocok untuk dijadikan baju kaos raglan antara lain:

  • Katun

Katun adalah bahan yang populer untuk pembuatan baju raglan karena seratnya yang alami, ringan, dan dapat menyerap keringat dengan baik. Kain Katun membuatnya nyaman digunakan dalam berbagai situasi, mulai dari aktivitas sehari-hari hingga olahraga ringan. Beberapa bahan kaos yang terbuat dari katun atau kapas adalah Cotton Combed, Cotton Carded, dan lainnya.

  • Polyester

Polyester adalah bahan sintetis yang tahan lama dan cepat kering. Baju raglan dari polyester sering digunakan dalam olahraga karena kemampuannya untuk menahan kelembaban dan memudahkan penguapan keringat dari tubuh. Bahan kaos yang terbuat dari polyester adalah PE, Dryfit, dan lainnya.

  • Spandex

Spandex  sering ditambahkan ke dalam campuran kain untuk memberikan elastisitas dan mobilitas tambahan pada baju raglan. Spandex atau elastan memungkinkan pakaian untuk lebih stretch sehingga nyaman saat digunakan dalam aktivitas yang memerlukan gerakan aktif. Bahan kaos yang terbuat dari Spandex antara lain Spandex Rayon, Spandex Balon, dan lainnya.

  • Campuran Bahan

Banyak baju raglan dibuat dari campuran berbagai jenis serat untuk menggabungkan keuntungan dari masing-masing bahan. Misalnya, campuran katun dan polyester dapat memberikan kenyamanan dan daya tahan yang seimbang. Contoh bahan kaos yang terbuat dari campuran bahan polyester dan katun adalah CVC atau Chief Value Cotton.

Bahan Kaos Knitto Textiles yang Cocok Dijadikan Baju Raglan

Supaya Knittopreneurs gak salah beli, Minto sarankan kamu coba kain-kain dibawah ini untuk dijadikan bahan baju kaos raglan. Berikut ini adalah bahan kaos Knitto Textiles yang cocok dijadikan bahan raglan.

Bahan Cotton Combed Knitto Textile
Bahan Cotton Combed Knitto Textile

Cotton Combed merupakan bahan kaos yang paling populer digunakan dan menjadi bahan favorit untuk bahan kaos polos maupun raglan. Cotton Combed adalah kain yang terbuat dari 100% serat kapas yang telah melewati proses penyisiran atau combing sehingga kain memiliki hasil akhir yang halus, lembut, dan bebas dari kotoran biji kapas.

Kenapa Cotton Combed sering dipakai sebagai bahan kaos? Cotton Combed menjadi kain favorit untuk kaos karena kain ini memiliki kualitas yang sangat baik, tersedia dalam banyak variasi gramasi dan warna, dan harganya cukup bersaing.

Bahan Cotton Carded Knitto Textile
Bahan Cotton Carded Knitto Textile

Cotton Carded merupakan kain yang terbuat dari 100% serat kapas sama seperti Cotton Combed, namun Cotton Carded hanya melewati proses penggarukan atau carding sehingga kainnya tidak sehalus dan selembut Cotton Combed. Cotton Carded juga terkadang masih mengandung kotoran biji kapas yang berupa bintik putih pada permukaan kain, namun Cotton Carded tetap memiliki peminat karena harganya yang ekonomis.

Tak perlu khawatir, karena Knitto Textiles menawarkan kain Cotton Carded dengan kualitas tinggi hampir serupa dengan Cotton Combed. Knitto Textiles menyediakan berbagai varian warna Cotton Carded yang menarik dan cerah.

Bahan Cotton Combed Enzyme Knitto Textile
Bahan Cotton Combed Enzyme Knitto Textile

Cotton Combed Enzyme atau dikenal juga dengan Biowash merupakan kain Cotton Combed yang telah melewati proses washing yaitu proses washing menggunakan enzyme yang membuat permukaan kain menjadi lebih halus dan minim bulu, sehingga cocok sekali dijadikan bahan raglan karena kainnya lembut dan halus.

Baca Juga: Rekomendasi Bahan Kebaya yang Bagus untuk Tampilan Cantik dan Elegan

Cara Merawat Baju Raglan Agar Tahan Lama

Merawat baju raglan dengan baik dan tepat dapat membantu memperpanjang umur pakai dan menjaga penampilan kaos raglan agar tetap bagus. Berikut adalah beberapa cara untuk merawatnya:

  • Cuci Sesuai Care Label

Baca label perawatan pada baju kaos raglan untuk mengetahui instruksi pencucian yang disarankan. Biasanya, baju raglan bisa dicuci dengan mesin cuci, tetapi pastikan untuk menggunakan tipe pencucian yang tepat dan bila ingin bisa dimasukkan ke laundry net terlebih dahulu. 

Jika kaos raglan yang kamu miliki memiliki kombinasi warna, dan salah satunya adalah putih, pisahkan dari cucian yang lain untuk menghindari kemungkinan terkena luntur.

  • Gunakan Deterjen yang Lembut

Hindari menggunakan deterjen yang keras atau penggunaan pemutih, karena dapat merusak serat kain dan warna pada kaos raglan. Gunakan deterjen yang lembut atau khusus untuk pakaian berwarna.

  • Hindari Penggunaan Pengering

Sebaiknya hindari mengeringkan baju raglan di pengering, terutama jika terbuat dari bahan yang rentan menyusut atau mudah rusak bila terpapar suhu panas tinggi. 

  • Hindari Setrika Panas

Jika perlu menyetrikanya, gunakan setrika dengan suhu rendah hingga sedang saja. Bahan seperti katun mungkin memerlukan setrika dengan suhu lebih tinggi, tetapi pastikan untuk memeriksa label perawatan untuk mendapatkan instruksi yang tepat.

  • Simpan dengan Benar

Jika tidak digunakan, lipat baju raglan dengan rapi dan simpan di lemari yang bersih dan kering. Hindari menjatuhkan atau menggantung baju dengan berat di atasnya yang dapat merusak bentuknya. 

Baca Juga: Kenali Apa Itu Kaos Raglan, Serta Kombinasi Warna Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

Dengan merawat baju kaos raglan dengan baik sesuai dengan panduan di atas, Knittopreneurs dapat memastikan bahwa pakaian tersebut tetap terlihat bagus dan nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]