Kenali Apa Itu Kaos Raglan, Serta Kombinasi Warna Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

0
5/5 - Vote count: 41 votes

Kenali Apa Itu Kaos Raglan, Serta Kombinasi Warna Terbaik yang Bisa Kamu Pilih – Tren fashion mungkin terus berganti, namun kaos raglan tampaknya akan terus digemari. Baik lengan panjang dan pendek, hingga menggunakan kombinasi dua warna yang unik.

7 Rekomendasi Kombinasi Warna Kaos Raglan Terbaik, Cek Yuk!
7 Rekomendasi Kombinasi Warna Kaos Raglan Terbaik, Cek Yuk!

Munculnya banyak model kaos raglan terbaru, menandakan pakaian ini bisa jadi andalan untuk kegiatan dalam dan luar ruangan. Guna memilih kombinasi warna yang tepat untuk kamu, cek artikel ini yuk!

Apa Itu Kaos Raglan?

Kaos raglan adalah pakaian yang dikenali melalui desain lengannya, di mana lengan terhubung langsung ke leher tanpa jahitan bahu pada umumnya. Karakteristik yang khas ini membuat kaosnya mudah dikenali, memberikan penampilan yang unik, serta kenyamanan dan kebebasan gerak yang lebih besar bagi pemakainya.

Asal-Usul Raglan

Sejarah kaos raglan bermula dari dunia olahraga, desainnya populer sebagai pakaian yang memberikan keleluasaan gerak yang lebih besar pada bagian bahu dan lengan. Asal-usul nama “raglan” sendiri berasal dari Baron Raglan, seorang jenderal Inggris yang kehilangan lengan selama Perang Krimea dan membutuhkan pakaian yang nyaman untuk bisa memakai lengan palsu dengan lebih mudah.

Sejak saat itu, kaos dengan lengan raglan terus-menerus digemari di berbagai kalangan, tidak hanya untuk berolahraga, namun juga sebagai bagian dari gaya sehari-hari. Lengan raglan bisa pendek atau panjang, tergantung pada desain dan preferensi pemakainya.

Model Kaos Raglan lengan Pendek dan Lengan Panjang
Model Kaos Raglan lengan Pendek dan Lengan Panjang

Model kaos raglan terbaru seringkali menggabungkan warna-warna raglan yang beragam, dari yang netral hingga cerah.

Apa yang Membedakan Raglan dengan Jenis Kaos Lainnya?

Perbedaan utama antara raglan dan jenis kaos lainnya terletak pada cara lengan disambungkan ke tubuh kaos, biasanya dengan jahitan yang membentang dari bawah lengan hingga leher. Berbeda dengan kaos standar yang memiliki jahitan bahu horizontal. 

Kemudian, selain dari sisi visual, ada juga beberapa poin lainnya yang bisa membantu Knittopreneurs membedakannya:

Fitur Kaos Raglan Kaos Standar Kaos Polo
Desain Lengan Lengan terhubung langsung ke leher dengan jahitan yang melengkung. Lengan terhubung ke tubuh kaos dengan jahitan horizontal di bahu. Mirip kaos standar tapi dengan kerah dan plaket plus kancing.
Estetika Punya  kontras warna antara lengan dan tubuh kaos, menonjolkan desainnya. Biasanya memiliki warna seragam antara lengan dan tubuh. Menggabungkan formalitas kerah dengan kenyamanan kaos.
Kenyamanan Gerak lebih leluasa di area bahu dan lengan. Keleluasaan gerak tergantung pada potongan kaos. Mirip kaos standar, dengan tambahan kerah.
Penggunaan Pakaian kasual, olahraga, dan seragam tim. Serba guna, bisa untuk kasual hingga semi-formal. Lebih formal daripada kaos standar, untuk bisnis atau olahraga ‘mahal.’
Inovasi Desain Sering menampilkan inovasi dalam warna dan bahan. Inovasi terfokus pada grafis dan cetakan. Inovasi pada bahan dan detail seperti kerah dan kancing.

Dari tabel perbandingan yang telah Minto buat, dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan kaos dengan lengan raglan terletak pada desain dan fungsinya. Potensinya dapat memberikan peluang bagi Knittopreneurs untuk bereksperimen dengan berbagai kombinasi warna dan bahan, menciptakan produk yang nyaman dan unik.

Baca Juga: Tips Memilih Warna Baju Bola Yang Bagus 

7 Kombinasi Warna Terbaik untuk Kaos Raglan

Berikut adalah tujuh kombinasi warna terbaik untuk kaos dengan model raglan, yang mungkin bisa menjadi inspirasi Knittopreneurs dalam mendesain kaos raglan kombinasi 2 warna! 

Semuanya bisa digunakan baik untuk kaos raglan panjang, kaos raglan 3/4, kaos raglan lengan panjang, kaos raglan pendek, kaos raglan polos, kaos raglan anak, maupun kaos raglan wanita.

Hitam dan Putih

Contoh Kombinasi Warna Hitam dan Putih
Contoh Kombinasi Warna Hitam dan Putih

Kombinasi klasik hitam dan putih selalu menjadi pilihan yang aman dan elegan. Untuk desain kaos raglan, kombinasi ini menawarkan kontras yang tajam, memberikan tampilan yang bersih dan profesional. Warna ini cocok untuk kaos raglan polos yang ingin terlihat sederhana namun tetap stylish.

Biru Navy dan Abu-abu

Kombinasi warna biru navy dan abu-abu memberikan kesan yang tenang dan menyenangkan. Warna ini adalah pilihan yang sangat baik untuk kaos raglan lengan panjang atau kaos raglan 3/4 yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari, menghasilkan tampilan yang serbaguna.

Merah dan Hitam

Merah dan hitam adalah kombinasi warna yang memiliki kesan berani dan dinamis, cocok untuk dipakai pada kesempatan yang ingin menonjolkan energi dan semangat seseorang. Kombinasi ini sering digunakan dalam desain kaos raglan yang bertujuan untuk menarik perhatian.

Army dan Abu-Abu

Kombinasi Warna Army dan Abu Abu
Kombinasi Warna Army dan Abu Abu

Kombinasi hijau tentara, atau warna army dan abu-abu memberikan tampilan yang sempurna untuk kaos raglan polos yang menonjolkan kecintaan terhadap alam dan petualangan luar ruangan. Warna-warna ini sangat cocok untuk raglan dengan lengan panjang atau pendek yang ditujukan untuk kegiatan kasual di luar ruangan.

Ungu dan Abu-abu

Kombinasi ungu dan abu-abu memberikan kesan yang unik, menciptakan tampilan yang elegan namun tetap santai. Ungu, sebagai warna yang pekat, menjadi lebih netral saat dipadukan dengan abu-abu. Sangat cocok untuk kaos yang ingin dipakai pada acara kasual hingga semi-formal

Oranye dan Putih

Kombinasi warna oranye dan putih adalah pilihan yang menyegarkan, bisa digunakan saat musim panas atau sebagai kaos olahraga yang menarik. Oranye, warna yang penuh energi dan keceriaan, didukung dengan warna putih, bisa menciptakan kaos yang terlihat ‘ramah’ untuk semua orang. Kombinasi ini sangat cocok untuk kaos yang ditujukan sebagai kegiatan santai atau olahraga di luar ruangan.

Biru Muda dan Putih

Contoh Kombinasi Warna Biru dan Putih
Contoh Kombinasi Warna Biru dan Putih

Kombinasi warna biru muda dan putih menciptakan tampilan yang terlihat segar dan bersih, ideal untuk kaos raglan pendek atau kaos raglan 3/4 yang cocok dipakai di musim panas. Warna ini memberikan kesan lembut dan tenang, sangat cocok untuk kaos raglan wanita dan anak-anak.

Baca Juga: Memahami Greige dalam Warna dan Kain, Serta 7 Kombinasi Warna yang Cocok

Tips Merawat dan Memelihara Kaos Raglan

Cara Merawat Kaos Raglan Agar Tetap Seperti Baru
Cara Merawat Kaos Raglan Agar Tetap Seperti Baru

Untuk memastikan bahwa pakaian tetap dalam kondisi terbaik untuk waktu yang lama, perlu diberikan perhatian lebih dalam menjaga warna, bentuk, dan kenyamanannya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Knittopreneurs terapkan untuk merawat kaos dengan model raglan agar tahan lama dan tetap terlihat baru:

  • Cuci dengan Air Dingin

Menggunakan air dingin dalam mencuci kaos dapat membantu mencegah penyusutan dan mempertahankan kecerahan warna. Air panas cenderung memudarkan warna dan merusak serat bahan, terutama pada kaos dengan kombinasi warna.

  • Balik Kaos Sebelum Dicuci

Membalik kaos sebelum mencucinya dapat melindungi warna dan cetakan dari gesekan langsung dengan mesin cuci atau pakaian lain, yang dapat menyebabkan warna pudar dan cetakan rusak.

  • Gunakan Deterjen Lembut

Deterjen yang lembut dan formulasi khusus untuk pakaian berwarna dapat membantu menjaga kecerahan warna kaos. Hindari penggunaan pemutih atau deterjen dengan bahan keras yang dapat merusak serat bahan.

  • Hindari Penggunaan Pengering

Pengeringan dengan suhu tinggi dapat menyebabkan penyusutan dan kerusakan pada kaos. Lebih baik mengeringkan kaos dengan cara diangin-anginkan. Jika harus menggunakan pengering, pilihlah pengaturan dengan suhu rendah.

  • Setrika dengan Suhu Rendah

Jika perlu menyetrika kaos, pastikan untuk menggunakan suhu rendah dan hindari langsung menyetrika pada cetakan atau desain kaos. Balik kaos saat menyetrika untuk melindungi lapisan luar.

  • Simpan dengan Benar

Menyimpan kaos dengan cara dilipat daripada digantung dapat membantu menjaga bentuknya. Menggantung kaos dapat menyebabkan bahan meregang, terutama di bagian leher dan bahu.

  • Batasi Pemakaian Bleach

Hanya gunakan pemutih khusus untuk pakaian putih dan sebisa mungkin hindari penggunaan pemutih pada kaos, terutama yang berwarna karena dapat memudarkan warna bahan.

Baca Juga: Tips Menemukan Kombinasi Warna yang Cocok dengan Warna Cream 

Semoga setelah membaca artikel ini, Knittopreneurs sudah bisa memilih kombinasi warna terbaik untuk kaos raglan! Jika ingin menyesuaikannya dengan undertone, Knittopreneurs juga bisa melihat warna yang cocok untuk warm tone dan warna yang cocok untuk cool tone pada artikel Blog Knitto.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]