Mengubah Ide Menjadi Karya Nyata Dengan Moodboard Fashion

0
5/5 - Vote count: 37 votes

Mengubah Ide Menjadi Karya Nyata Dengan Moodboard Fashion – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto bakal bahas hal yang beda, nggak tentang kain melulu. Kali ini, Minto akan bahas tentang peran penting moodboard fashion dalam tahapan merancang busana.

Mengenal Moodboard Fashion dan 8 Langkah Pembuatannya
Mengenal Moodboard Fashion dan 8 Langkah Pembuatannya

Supaya gak bingung, yuk simak artikelnya sampai habis!

Apa itu Moodboard?

Contoh Moodboard yang Tepat
Contoh Moodboard yang Tepat

Moodboard adalah sebuah cara membuat visual yang biasa digunakan dalam proses kreatif, seperti desain busana, desain interior, periklanan, dan banyak lagi. Moodboard adalah kumpulan gambar, potongan kain, sampel warna, teks, dan elemen-elemen visual lainnya yang disusun secara bersamaan untuk merepresentasikan suatu konsep,  tema, atau ide secara keseluruhan.

Moodboard dapat dibuat secara manual dengan cara memotong dan menyusun potongan-potongan gambar, teks, kain, atau materi lainnya pada papan poster atau kanvas. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, moodboard juga dapat dibuat secara digital menggunakan perangkat lunak atau software desain grafis atau aplikasi khusus yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan dan menyusun gambar-gambar serta elemen-elemen visual lainnya secara digital.

Tujuan utama dari moodboard adalah untuk memberikan inspirasi, membantu mengembangkan konsep, dan menyampaikan ide dengan jelas kepada tim kreatif atau klien. Moodboard sering digunakan sebagai titik awal dalam proses desain untuk memandu dan mengarahkan pengembangan ide-ide lebih lanjut.

Baca Juga: Memahami Gerakan Mode “Slow Fashion” yang Semakin Mendunia

Apa Saja Fungsi Moodboard Fashion?

Moodboard adalah alat yang sangat penting dalam merancang berbagai karya karena membantu desainer untuk mengorganisir dan mengkomunikasikan ide-ide mereka dengan jelas. Berikut adalah beberapa fungsi utama moodboard dalam merancang busana:

  • Inspirasi Visual

Moodboard memungkinkan desainer untuk mengumpulkan berbagai macam inspirasi visual seperti gambar, warna, tekstur, dan motif yang relevan dengan konsep desain yang mereka buat. Moodboard dapat membantu dalam menemukan tema atau konsep yang kuat untuk hasil desain akhir.

  • Komunikasi Ide

Moodboard membantu dalam menyampaikan ide dan visi desainer kepada tim kreatif dan klien. Dengan menampilkan gambar-gambar dan elemen-elemen visual lainnya, desainer dapat menjelaskan secara lebih efektif tentang bagaimana mereka ingin desain mereka terlihat dan terasa.

  • Pemilihan Warna dan Material
Proses dalam Menentukan Moodboard Fashion
Proses dalam Menentukan Moodboard Fashion

Dengan memasukkan contoh warna dan tekstur yang diinginkan ke dalam moodboard fashion, desainer dapat lebih mudah memilih palet warna dan material yang cocok untuk desain mereka. Ini membantu menghindari kebingungan dan kesalahan dalam pemilihan warna dan bahan.

  • Penentuan Mood 

Moodboard membantu dalam menetapkan mood keseluruhan dari koleksi busana. Apakah desainer menginginkan gaya yang klasik, modern, atau lainnya semua dapat dijelaskan melalui gambar dan elemen-elemen visual yang dipilih.

  • Referensi selama Proses Desain

Selama proses desain, moodboard fashion dapat digunakan sebagai referensi yang pasti atau menjadi guidelines bagi desainer untuk memastikan bahwa mereka tetap berada dalam jalur yang benar sesuai dengan visi awal mereka.

  • Kolaborasi Tim

Moodboard fashion dapat memfasilitasi kolaborasi antara desainer, penata gaya, produsen, dan anggota tim lainnya. Semua orang dapat melihat gambar dan ide-ide yang telah dikumpulkan dalam moodboard dan memberikan masukan atau saran sesuai dengan spesialisasinya masing-masing.

  • Presentasi kepada Klien

Ketika desainer perlu mempresentasikan ide-ide mereka kepada klien, moodboard fashion dalah alat yang sangat efektif. Ini membantu klien untuk lebih memahami visi desainer dan memberikan umpan balik yang lebih terarah.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Muse dan 7 Pengaruhnya dalam Dunia Fashion

8 Langkah Membuat Moodboard Fashion yang Tepat

8 Langkah Pembuatan Moodboard Fashion yang Tepat
8 Langkah Pembuatan Moodboard Fashion yang Tepat

Supaya nggak salah buat moodboard, berikut Minto paparkan langkah-langkah umum yang bisa mempermudah kamu untuk membuatnya. Berlaku juga untuk moodboard fashion:

  • Tentukan Tujuan dan Tema

Pertama, mulailah dengan menentukan tujuan moodboard Knittopreneurs. Apakah Knittopreneurs ingin menggunakan moodboard untuk merancang busana, perancangan interior, atau proyek kreatif lainnya? Tentukan juga tema atau konsep yang ingin Knittopreneurs komunikasikan melalui hasilnya, terutama untuk moodboard fashion yang memerlukan perhatian ekstra.

  • Kumpulkan Inspirasi

Mulailah dengan mengumpulkan inspirasi dari berbagai sumber. Ini bisa berupa gambar, potongan kain, sampel warna, cetakan, teks, atau apapun yang dapat membantu Knittopreneurs mengkomunikasikan ide-ide Knittopreneurs. Gunakan internet, majalah, buku, atau foto-foto pribadi sebagai sumber inspirasi moodboard fashion yang akan dibuat.

  • Pilih Platform

Tentukan apakah Knittopreneurs ingin membuat moodboard secara manual atau digital. Jika ingin dibuat manual, Knittopreneurs akan memerlukan papan poster atau kanvas untuk menyusun elemen-elemen visual. Jika secara digital, Knittopreneurs dapat menggunakan perangkat lunak desain grafis atau aplikasi khusus moodboard atau desain.

  • Susun Elemen-Elemen Visual

Mulailah menyusun elemen-elemen visual yang telah Knittopreneurs kumpulkan sesuai dengan tema atau konsep yang telah Knittopreneurs tentukan. Atur elemen-elemen ini sedemikian rupa sehingga menciptakan suasana atau mood yang diinginkan.

  • Eksperimen dengan Tata Letak

Cobalah berbagai tata letak untuk moodboard Knittopreneurs. Knittopreneurs bisa mencoba tata letak simetris, asimetris, atau grid, tergantung pada gaya dan preferensi Knittopreneurs. Pastikan untuk memberi ruang yang cukup antara elemen-elemen visual agar moodboard terlihat seimbang dan harmonis.

  • Tambahkan Keterangan atau Catatan

Jika diperlukan, tambahkan keterangan atau catatan di sekitar elemen-elemen visual untuk menjelaskan ide atau konsep yang Knittopreneurs ingin sampaikan. Ini bisa berupa kutipan, deskripsi singkat, atau catatan pribadi.

  • Evaluasi dan Koreksi

Setelah Knittopreneurs selesai membuat moodboard, evaluasi kembali untuk memastikan bahwa itu sesuai dengan visi Knittopreneurs. Periksa apakah moodboard tersebut berhasil mengkomunikasikan tema atau konsep yang Knittopreneurs inginkan di awal. Jika perlu, lakukan koreksi atau penyesuaian.

  • Bagikan dan Dapatkan Umpan Balik

Terakhir, bagikan moodboard Knittopreneurs dengan teman, kolega, atau klien untuk mendapatkan umpan balik seperti saran maupun kritik. Tinjau kembali komentar dan saran mereka untuk membantu Knittopreneurs memperbaiki moodboard Knittopreneurs jika diperlukan. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Knittopreneurs bisa membuat moodboard fashion secara efektif dan tepat untuk membantu Knittopreneurs mengembangkan ide-ide kreatif Knittopreneurs dengan lebih baik.

Baca Juga: Bagaimana Fast Fashion Mengubah Dunia Mode? Semua Yang Perlu Kamu Ketahui

Nah begitulah penjelasan seputar moodboard. Moodboard bisa sangat membantu proses desain kamu lebih mudah, dan bisa diterapkan di segala bidang desain. Yuk coba belajar buat moodboard fashion!

 TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035