Mengenal Bahan Taslan, Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan Dan 3 Contoh Produk

0
5/5 - Vote count: 513 votes

Mengenal Bahan Taslan, Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan Dan 3 Contoh Produk – blog.knitto.co.id Bahan Taslan merupakan salah satu jenis kain yang sering digunakan dalam industri fashion dan perlengkapan outdoor. Taslan terkenal dengan karakteristik dari daya tahan bahannya yang kuat, tahan air, dan nyaman dipakai. Pada artikel kali ini, Minto akan membahas Apa Itu Bahan Taslan, Karakteristik, Serta Kelebihan dan Kekurangannya.

Mengenal Bahan Taslan Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan Dan 3 Contoh Produk
Mengenal Bahan Taslan Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan Dan 3 Contoh Produk

Apa Itu Bahan Taslan?

Bahan Taslan adalah kain sintetis yang terbuat dari serat polyester atau nylon. Proses pembuatannya melibatkan teknik teksturisasi khusus yang memberikan tekstur seperti katun sehingga membuatnya lebih lembut dan nyaman dibandingkan dengan bahan sintetis lainnya. Taslan juga memiliki permukaan yang sedikit mengkilap dan tahan terhadap kotoran dan noda.

Kelebihan Bahan Taslan

Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari bahan taslan:

1. Water Resistant atau Tahan Air

Taslan memiliki sifat water-resistant atau tahan air, meski tidak sepenuhnya waterproof. Walaupun bahan taslan memiliki sifat tahan air, namun dalam kondisi ekstrim seperti kondisi hujan lebat atau pemakaian lama dibawah air, kain ini bisa mulai menyerap air.

2. Kuat dan Tahan Lama

Taslan terkenal dengan ketahanan dan kekuatannya sehingga seringkali membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk jaket touring, celana hiking, dan perlengkapan outdoor lainnya.

3. Memiliki Sirkulasi Udara Yang Baik

Meski memiliki sifat tahan air, bahan taslan adalah bahan berpori dan memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga udara bisa masuk dan keluar serta dapat menjaga tubuh tetap  nyaman ketika digunakan.

4. Ringan

Produk-produk dengan bahan taslan cukup ringan sehingga membuatnya nyaman untuk dipakai. Contohnya seperti celana hiking.

5. Tahan Terhadap Noda Dan Mudah Dibersihkan

Permukaan bahan taslan yang unik membuatnya tahan terhadap kotoran dan noda sehingga sangat bermanfaat untuk berbagai macam produk outdoor karena bahan ini sangat mudah dibersihkan dan cepat kering dibandingkan dengan bahan lainnya.

6. Tahan Terhadap Cuaca 

Bahan Taslan mampu melindungi pemakainya dari angin dan hujan ringan hingga sedang atau kondisi embun dan berkabut. Namun bahan ini tidak dapat menahan hujan lebat. 

7. Daya Tahan Tinggi

Bahan ini memiliki daya tahan yang tinggi dan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, walaupun sering digunakan, baik digunakan untuk sehari-hari ataupun digunakan saat kegiatan diluar. 

8. Nyaman Ketika Digunakan

Karakteristik bahan ini mirip dengan katun yang memberikan kelembutan sehingga nyaman ketika digunakan selain itu, taslan memberikan tingkat elastisitas yang baik, fleksibel dan dapat mengikuti gerakan tubuh dengan mudah, membuatnya cocok untuk pakaian olahraga dan aktivitas luar ruangan.

9. Warna Tahan Lama

Bahan taslan memiliki kemampuan untuk mempertahankan warna aslinya untuk waktu yang lama. Warna pada taslan tidak mudah pudar meskipun terpapar sinar matahari secara langsung atau setelah dicuci berkali-kali.

10. Mudah Untuk Dirawat

Bahan Taslan merupakan bahan yang sangat mudah dirawat. Bahan ini dapat dicuci dan dikeringkan menggunakan mesin tanpa harus khawatir akan merusak kualitas atau mengubah bentuk pakaian.

Kekurangan Bahan Taslan

1. Tidak Sepenuhnya Waterproof 

Meski memiliki sifat waterproof atau tahan air, taslan tidak sepenuhnya waterproof ada kondisi dimana bahan ini tidak dapat menahan air lagi, contohnya ketika cuaca sedang hujan lebat ataupun pemakaian di dalam air. 

2. Kurang Memberikan Kehangatan 

Bahan ini kurang memberikan kehangatan dibandingkan bahan lain seperti fleece atau wool. Namun dalam kondisi tertentu contohnya pemakaian jaket touring, bahan ini biasanya dikombinasikan dengan bahan lain di bagian lapisan dalamnya, sehingga bisa memberikan kehangatan pada penggunanya.

3. Harga Yang Cukup Mahal

Produk berbahan dasar taslan bisa menjadi lebih mahal dibandingkan dengan produk berbahan dasar lainnya. Seperti contoh pada point 2 dimana bahan ini dikombinasikan dengan bahan lain sehingga akan menambah biaya produksi. Namun disamping itu, akan memberikan kelebihan dimana taslan yang dinilai waterproof dan tahan angin juga dapat memberikan kehangatan yang lebih bagi pemakainya.

Artikel Terkait : 4 Alasan Mengapa Serat Sintetis Dibuat

Contoh Produk Dengan Menggunakan Bahan Taslan

1. Jaket Outdoor

Mengenal Bahan Taslan: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan Dan 3 Contoh Produk - Jaket Hiking
Mengenal Bahan Taslan: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan Dan 3 Contoh Produk – Jaket Hiking

Jaket outdoor sering dibuat dari taslan karena sifatnya yang waterproof dan tahan angin. Taslan memberikan perlindungan yang baik terhadap cuaca buruk serta bisa memberikan kenyamanan kepada penggunanya.

2. Celana Hiking

Mengenal Bahan Taslan Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan Dan 3 Contoh Produk Celana Hiking
Mengenal Bahan Taslan Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan Dan 3 Contoh Produk – Celana Hiking

Celana hiking seringkali dibuat menggunakan taslan karena karakteristiknya yang dapat memberikan kekuatan, kenyamanan, dan fleksibilitas yang tinggi. Bahan ini tahan terhadap kotoran dan mudah dibersihkan sehingga membuatnya cocok untuk digunakan produk-produk celana hiking.

3. Tenda Camping

Mengenal Bahan Taslan Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan Dan 3 Contoh Produk Tenda
Mengenal Bahan Taslan Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan Dan 3 Contoh Produk – Tenda

Bahan Taslan juga seringkali digunakan dalam pembuatan tenda camping, karena sifatnya yang tahan air dan memiliki durabilitas yang tinggi sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk melindungi dari berbagai macam cuaca ketika sedang berkemah.

Artikel Terkait : 10 Jenis Kain Parasut Terbaik Untuk Jaket Serta Cara Merawatnya

Kesimpulan

Bahan Taslan adalah pilihan yang seringkali digunakan untuk perlengkapan outdoor dan pakaian olahraga berkat ketahanan, kenyamanan, dan sifat waterproof nya. 

Meski memiliki beberapa kekurangan, seperti tidak sepenuhnya waterproof dan kurang hangat, bahan ini dapat dimaksimalkan dengan dikombinasikan dengan bahan lain di bagian lapisan dalamnya sehingga akan memberikan kehangatan lebih bagi pemakainya. Dengan karakteristik daya tahan yang baik, produk-produk dengan berbahan dasar taslan bisa bertahan lama meskipun sering digunakan. 


Question & Answer (Q&A)

Q1: Apakah Bahan Taslan Cocok Untuk Digunakan Di Cuaca Panas?

A1: Taslan memiliki sirkulasi udara yang baik dan ringan, sehingga cukup nyaman untuk digunakan di cuaca panas.

Q2: Apakah Bahan Taslan Tahan Terhadap UV?

A2: Taslan dapat memberikan perlindungan tertentu terhadap sinar UV, tetapi tingkat perlindungannya tidak sekuat bahan yang khusus dirancang untuk perlindungan UV.

Q3: Apakah Bahan Taslan Dapat Di Recycle?

A3: Taslan terbuat dari serat sintetis yang dapat didaur ulang, meskipun proses daur ulangnya mungkin lebih kompleks dibandingkan dengan beberapa bahan lainnya.

Q4: Apakah Bahan Taslan Tersedia Dalam Berbagai Warna Dan Pola?

A4: Taslan tersedia dalam berbagai macam pilihan warna dan pola, karena karakteristiknya yang memberikan fleksibilitas dalam desain dan pemilihan gaya.

Q5: Apakah Bahan Taslan Dapat Menyerap Keringat?

A5: Walaupun taslan dapat menyerap keringat dan memiliki sifat lebih cepat kering, namun proses penyerapan keringat pada bahan ini tidak seefisien bahan-bahan lain yang dikhususkan untuk aktivitas olahraga

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur