Apa itu Akrilik ? dan 6 Kelebihan Akrilik

0
5/5 - Vote count: 10 votes

Apa itu Akrilik ? dan 6 Kelebihan Akrilik

Hi Knittopreneurs! Dalam artikel ini, Minto akan bahas tentang bahan akrilik, bahan yang cukup sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahan akrilik adalah serat dan bahan sintetis yang bisa digunakan dalam pembuatan bahan dalam industri tekstil. Untuk lebih lanjut, yuk kita sama-sama belajar dalam artikel ini!

Apa itu Akrilik?

Akrilik merupakan serat yang termasuk dalam serat sintetis. Akrilik adalah serat sintetis yang terbuat dari zat Polimer Akrilonitril. Zat Polimer Akrilonitril ini memiliki sifat ringan, tidak mudah rusak, tahan lama, dan mudah untuk diwarnai. Akrilik dapat menjadi banyak bahan baku, mulai dari industri tekstil, furnitur, hingga kebutuhan lainnya.

Ciri Khas dan Kelebihan dari Akrilik

Walaupun serat Akrilik merupakan serat sintetis, bukan berarti serat Akrilik tidak memiliki kelebihan. Serat Akrilik memiliki kegunaan yang sangat banyak lho! Berikut Minto lampirkan ciri khas dan kegunaan dari Akrilik.

  • Memiliki Handfeel yang Lembut

Serat Akrilik memiliki handfeel yang lembut dan nyaman saat digunakan dalam pakaian. Akrilik dapat digunakan dalam produk bayi karena sifatnya yang hypoallergenic dan tidak menyebabkan iritasi kulit.

  • Dapat Menyerap Zat Warna dengan Baik

Akrilik memiliki kemampuan untuk menyerap warna dengan baik. Tak jarang, akrilik ini biasa dijadikan salah satu komposisi dari tekstil yang perlu memiliki warna cerah dan tahan lama. Bukan cuma tekstil, akrilik juga dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari lainnya.

  • Tahan Terhadap Sinar Matahari

Akrilik memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap sinar matahari sehingga membuatnya tahan terhadap pemudaran warna dan penurunan kualitas akibat paparan matahari.

  • Daya Tahan yang Baik

Serat Akrilik termasuk serat yang tahan lama dan tidak mudah aus, robek, dan keriput. Karena itulah Akrilik cocok untuk dijadikan bahan baku  produk yang sering digunakan atau digunakan dengan pemakaian berat. 

  • Dapat Menjaga Suhu Hangat Tubuh

Akrilik memiliki kemampuan untuk menjaga suhu tubuh atau menciptakan suhu hangat yang baik, sehingga menjadi pilihan yang baik untuk dijadikan bahan dasar untuk selimut, jaket, coat, dan pakaian penghangat lainnya. 

  • Mempunyai Sifat Cepat Kering

Akrilik tidak mudah rusak bila dicuci dengan  air dan cepat kering setelah dicuci, sehingga membuatnya mudah dirawat dan sering digunakan dalam produk-produk yang cukup sering dicuci, seperti pakaian bayi. 

Serat Akrilik bisa juga dikembangkan lagi sehingga memiliki fitur anti-bakteri, sehingga cocok untuk produk anak-anak, bayi, dan produk lainnya yang digunakan secara higienis. Akrilik juga sering digunakan sebagai alternatif dari wol karena memiliki tekstur dan karakteristik yang hampir mirip dengan wol tetapi memiliki harga yang lebih ekonomis. 

Apakah Akrilik Sama Dengan Polyester

Akrilik dan Polyester adalah dua jenis serat sintetis yang berbeda, karena terbuat dari zat kimia yang berbeda

Akrilik adalah serat yang terbuat dari Polimer Akrilonitril. Serat akrilik seringkali memiliki tekstur yang mirip dengan wol dan digunakan dalam berbagai produk tekstil maupun kebutuhan sehari-hari.

Sedangkan Polyester adalah serat sintetis yang terbuat dari polimer yang disebut Polietilen Tereftalat (PET). Polyester juga merupakan serat yang tahan lama dan sering digunakan dalam berbagai produk tekstil dan kebutuhan sehari-hari.

Produk yang Dapat Dihasilkan Menggunakan Akrilik

Mengenal Bahan Semi Wool: Karakteristik, Kelebihan Dan 4 Contoh Produknya - Sweater Semi Wool
Apa itu Akrilik dan 6 Kelebihan Akrilik

Akrilik dapat digunakan sebagai bahan baku di berbagai industri karena sifatnya yang kuat, tahan lama, dan serbaguna. Berikut adalah beberapa produk yang biasanya dibuat menggunakan Akrilik:

  • Pakaian dan Pakaian Pelengkap

Akrilik sangat sering digunakan dalam pembuatan pakaian penghangat atau pakaian musim dingin dan pelengkapnya seperti sweater, syal, sarung tangan, dan kaos dengan heat tech.

  • Selimut

Akrilik sering digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan selimut karena mampu menjaga suhu tubuh tetap hangat. Selain itu, selimut yang dibuat menggunakan bahan dasar Akrilik biasanya tetap ringan, namun tetap menghangatkan.

  • Karpet

Akrilik sering digunakan dalam pembuatan karpet karena Akrilik mempunyai sifat tidak mudah rusak dan tahan lama. Akrilik juga mampu  untuk mempertahankan warna dengan baik walaupun sering digunakan dan tergesek..

  • Kaca Akrilik

Kaca akrilik, juga dikenal sebagai plexiglass, adalah bahan yang digunakan sebagai alternatif dari kaca yang digunakan dalam berbagai kebutuhan seperti jendela dan display pameran. Selain itu, kaca akrilik juga lebih tahan lama karena tidak mudah rusak.

  • Perlengkapan Outdoor

Akrilik digunakan dalam produk-produk luar ruangan seperti payung, tenda, dan kursi taman karena Akrilik tahan terhadap cuaca ekstrem seperti paparan sinar matahari yang panas dan hujan lebat.

 

  • Perlengkapan Interior

Akrilik digunakan dalam desain perlengkapan interior rumah maupun tempat wisata,, terutama pada bagian permukaan meja dan kursi untuk memberikan tampilan yang estetik dan transparan.

  • Peralatan Dapur

Bahan akrilik juga dapat digunakan dalam pembuatan piring, sendok,, dan peralatan dapur lainnya.

  • Lensa Kacamata

Akrilik juga cocok dalam pembuatan lensa kacamata karena kemampuannya yang ringan dan tahan gores sehingga nyaman digunakan sehari-hari..

  • Signage

Akrilik juga dapat digunakan dalam pembuatan papan nama toko, penanda jalan, dan display pameran karena kemampuannya untuk diukir dan dicetak.

  • Kemasan Produk

Akrilik dapat digunakan sebagai bahan baku kemasan produk makanan dan kosmetik karena sifatnya yang tidak mudah rusak.

Nah sekarang Knittopreneurs jadi tahu kan apa itu Akrilik dan apa kelebihan dari Akrilik? Semoga artikel ini bisa membantu kamu ya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035