6 Jenis Kain Kanvas Terbaik Serta Kelebihan dan Kekurangannya

0
5/5 - Vote count: 44 votes

Apa Itu Kain Kanvas ?

Kain Kanvas adalah bahan tekstil yang biasanya terbuat dari kapas atau katun yang telah diperkuat dengan benang tambahan. bahan kanvas memiliki sifat kaku, kuat, dan tahan lama, sehingga sering digunakan untuk berbagai keperluan, seperti tas, topi, alas meja, dan lukisan. bahan kanvas dapat dicelup dengan berbagai jenis cat dan disulam atau ditempelkan dengan berbagai jenis pola. Bahan kanvas juga dapat dicelup dengan berbagai jenis bahan untuk menciptakan efek khusus.

Kain Kanvas

Kualitas kain kanvas yang baik adalah bahan yang kuat, tebal, dan tidak mudah rusak. bahan kanvas yang baik secara alami dapat menyerap air, tetapi juga cukup kuat untuk menahan berat beban. bahan kanvas juga harus memiliki ketahanan lama dan tidak mudah terkelupas, luntur, atau robek. bahan kanvas yang berkualitas baik juga harus memiliki daya serap yang baik untuk cat dan bahan lain yang dicelup. Kualitas bahan kanvas yang buruk akan mudah rusak dan memiliki daya serap yang rendah. 

Sejarah Kain Kanvas

Kain kanvas adalah jenis kain yang terbuat dari serat kapas atau serat sintetik. Kain kanvas asalnya berasal dari Perancis. Kata “kanvas” berasal dari bahasa Latin “cannapaceus” yang berarti dibuat dari kapas.

Kain kanvas pertama kali digunakan pada abad ke-15 sebagai kain untuk menutupi kapal-kapal yang dibangun di Venesia. Kain kanvas juga digunakan untuk membuat topi, selimut, selimut, dan selimut yang dikenakan oleh tentara.

Kain kanvas mulai digunakan secara luas pada abad ke-18 ketika orang Eropa mulai menggunakannya untuk membuat pakaian. Kain kanvas dianggap lebih kuat dan tahan lama daripada kain lain dan juga lebih tahan air.

Pada abad ke-19, kain kanvas mulai digunakan dalam industri konstruksi karena banyak digunakan untuk menutupi bangunan. Kain kanvas juga digunakan untuk membuat tenda dan baju yang dikenakan oleh penggemar berkemah.

Di abad ke-20, kain kanvas mulai digunakan untuk membuat selimut, topi, tas, dan banyak lagi. Kain kanvas juga digunakan dalam seni lukis untuk membuat kanvas. Kain kanvas digunakan untuk banyak hal dan telah memainkan peran penting dalam sejarah manusia.

Kelebihan Kain Kanvas

  1. Bahan kanvas memiliki daya tahan yang baik dan dapat bertahan lama meskipun terpapar oleh sinar matahari, hujan, dan cuaca ekstrem.
  2. Bahan kanvas sangat fleksibel dan mudah dibuat. Ini memungkinkan desain atau grafik untuk dicetak dan dipasang dengan mudah.
  3. Bahan kanvas memiliki tekstur yang halus dan kualitas yang tinggi, sehingga menciptakan hasil yang lebih baik.
  4. Bahan kanvas mudah dibersihkan dan dicuci. Meskipun teksturnya halus, ia dapat dicuci dengan deterjen atau bahkan dicuci dengan mesin.
  5. Bahan kanvas sangat ringan namun kuat. Ini membuatnya ideal untuk aplikasi berbagai jenis produk, termasuk banner, spanduk, tas, dan produk lainnya.

Kekurangan Kain Kanvas

  1. Bahan kanvas memiliki tekstur yang kasar dan tebal, sehingga tidak nyaman untuk dipakai pada kulit.
  2. Bahan kanvas juga berat, sehingga tidak cocok untuk pakaian musim panas.
  3. Bahan kanvas sulit dibentuk dan mengikuti bentuk tubuh, sehingga tidak cocok untuk pakaian yang berwarna atau bermodel.
  4. Bahan kanvas juga sulit dicuci dengan mesin, dan akan menjadi lebih rapuh jika dicuci dengan mesin.
  5. Bahan kanvas mudah terkena karat jika terkena air, sehingga harus cepat kering.

Jenis Jenis Kain Kanvas

  • Kanvas Baby

Kanvas baby memiliki permukaan yang lembut. Bahannya pun juga amat lentur. Jadi, kain ini sering dipakai untuk membuat berbagai macam sandang, mulai dari tas hingga baju.

Nah, kanvas baby sendiri harganya lebih mahal daripada blacu. Hal ini karena walaupun lebih halus, tetapi kanvas baby juga cukup kuat. Selain itu, kain yang satu ini juga lebih lentur.

  • Kanvas PE

Bahan kanvas dengan bahan dasar polyester dan katun adalah kanvas PE. Nah, kanvas PE ini terkenal akan karakternya yang panas. Itulah yang mendasari penggunaan kanvas PE untuk membuat tas dan aksesori.

Selain kuat, bahan kanvas PE juga cukup lembut dan lentur. Jadi, apabila Anda bermaksud untuk menghemat biaya pembuatan aksesori tetapi ingin memberikan yang berkualitas, pilihlah kanvas PE.

  • Kanvas Blacu

Bahan kanvas blacu merupakan kanvas yang paling murah dan paling kaku. Karena sifatnya yang sangat kaku, maka kain blacu hampir tidak pernah digunakan sebagai material dasar untuk pakaian. 

Selain untuk kanvas lukis, kain blacu juga sering digunakan untuk bahan dasar tas. Kain blacu juga tidak mudah untuk dibentuk. Maka dari itu, cinderamata yang dibuat dari blacu biasanya adalah cendera mata yang desainnya sederhana.

  • Kanvas Marsoto

Untuk pembuatan pakaian atau perlengkapan yang membutuhkan bahan yang lebih halus, maka kanvas marsoto dapat menjadi jawabannya. Bila dibandingkan dengan kanvas blacu, marsoto jelas lebih halus.

Pada permukaannya, kanvas marsoto ini memiliki bintik-bintik. Itulah sebabnya mengapa kain marsoto sering disalahartikan sebagai kain cordura. Nah, harganya pun lebih mahal daripada kain blacu.

  • Kanvas Terpal

Kanvas jenis terpal adalah kanvas yang cukup fleksibel, tetapi juga sangat tebal. Oleh karenanya, kanvas yang satu ini dipakai sebagai terpal pelindung atau sebagai bahan pembuat tenda.

Nah, meskipun mudah dilipat, kanvas terpal memiliki permukaan yang kuat. Kanvas ini jelas tidak mudah sobek dan juga tidak mudah ditembus bahkan oleh pisau yang tajam sekalipun.

  • Kanvas Sueding

Kanvas sueding memang terlihat lebih mencolok dan berbeda dibandingkan dengan kanvas-kanvas lainnya. Pasalnya, kanvas yang satu ini punya lapisan permukaan yang sedikit berbulu.

Itu sebabnya kanvas sueding sering dijadikan bahan untuk membuat pakaian, tentunya dilapisi kain furing. Bahannya akan memberikan kesan yang unik dan juga tetap nyaman dikenakan karena tidak setebal kain kanvas lainnya.

Semoga artikel tentang 6 Jenis Kain Kanvas Terbaik Serta Kelebihan dan Kekurangannya dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi berkaitan dengan kain kanvas.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur