Apakah Semua Pakaian Perlu Furing?

0
5/5 - Vote count: 112 votes

Apakah Semua Pakaian Perlu Furing? – Hai Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini, Minto bakal bahas tentang penggunaan furing. Furing merupakan pelengkap pakaian atau lining pakaian yang biasa dijumpai di beberapa jenis pakaian. Pertanyaanya, apakah semua pakaian perlu furing? Yuk kita cari tahu pada artikel ini.

Apa itu Furing?

Furing atau lining merupakan sebuah kain yang berfungsi melapisi bagian dalam pakaian. Kain furing ini memiliki variasi jenis dan warna  yang sangat banyak. Biasanya warna furing yang digunakan akan mengikuti warna pakaiannya agar senada. Furing tidak hanya digunakan untuk pakaian saja, aksesoris seperti tas dan topi juga bisa menggunakan furing. 

Apa Fungsi Furing?

Furing mempunyai beberapa fungsi yang dapat menambah value dan kenyamanan dari pakaian tersebut. Berikut beberapa fungsi dari Furing

  • Untuk melapisi bahan pakaian yang tipis sehingga pakaian akan lebih terasa tebal dan lebih nyaman digunakan.
  • Untuk melapisi bahan pakaian yang cenderung menerawang sehingga pemakai tidak perlu repot memakai pelapis lainnya. 
  • Agar membuat pakaian terkesan rapi (karena tidak terlihat jahitan bagian dalamnya).
  • Sebagai bahan pelapis, bila bahan pakaian tidak memiliki permukaan yang lembut sehingga tidak akan gatal di kulit.

Jenis-Jenis Kain Furing yang Ada di Pasaran

Terdapat beberapa jenis kain furing yang beredar di pasaran. Masing-masing kain memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, berikut beberapa kain furing terbaik yang mudah didapatkan dipasaran.

  • Kain Arrow

Kain Arrow atau biasa disebut sebagai kain Errow atau Hero merupakan jenis furing yang cukup sering dipakai oleh penjahit mengingat bahannya yang halus, nyaman di kulit, serta mampu menyerap keringat. Furing ini tidak akan menimbulkan rasa panas.

  • Kain Asahi

Kain Asahi merupakan jenis furing yang memiliki harga yang lebih ekonomis dibanding kain Arrow karena kain Asahi memiliki komposisi Polyester sehingga daya serapnya tidak akan sebagus kain Arrow, namun kain Asahi memiliki harga yang lebih ekonomis.

  • Kain Dormeuil

Kain Dormeuil atau Dormile adalah kain furing yang biasa dipakai sebagai kain furing untuk jas, toga, jaket. dan tas. Kain ini cenderung tipis dan tidak mudah kusut karena terbuat dari bahan Polyester.

  • Kain Tricot

Kain Tricot adalah kain furing yang memiliki lem pada bagian dalamnya, seperti kain keras viselin dan staplek. Cara menggunakan kain Tricot itu cukup mudah, hanya perlu disetrika dengan suhu yang tidak terlalu panas.

Apakah Semua Pakaian Perlu Furing?

Nah untuk pertanyaan ini, akan Minto jawab ya. Jawabannya adalah tidak. Furing biasa digunakan untuk pakaian formal seperti jas atau dress, dan pakaian yang memiliki kain utama sedikit menerawang atau bertekstur yang dapat menyebabkan rasa gatal.

Apakah Kain di Knitto Membutuhkan Furing?

Furing
Furing

Menurut Minto, untuk sebagian besar kain yang ada di Knitto Textiles tidak membutuhkan furing. Mengapa? Karena sebagian besar kain di Knitto merupakan kain single knit, yang tidak membutuhkan furing karena sudah memiliki permukaan yang halus dan lembut serta tidak menerawang. 

Kain di Knitto Textiles cocok dijadikan pakaian casual sehari-hari dan tersedia dalam 6 jenis kategori kain. Adapun kategori kainnya adalah Plain, Premium, Fancy, Pique, Terry, dan Polyester.

Bila Knittopreneurs membutuhkan kain yang cocok untuk pakaian casual, Knittopreneurs bisa coba kain yang tersedia di kategori Plain, Premium, dan Fancy. Kain-kain yang masuk pada kategori itu cocok dijadikan sebagai bahan kaos, namun bisa juga dijadikan bahan dress, pakaian bayi, dan lain-lain. 

Untuk kategori kain Pique, cocok untuk pakaian semi formal seperti kaos polo. Untuk bahan jaket, hoodie, dan pakaian hangat lainnya bisa pakai kain yang ada dalam kategori Terry. Untuk bahan pakaian olahraga kamu bisa coba Polyester Activedry dan untuk pakaian wanita bisa pakai bahan Polyester Hera Rib Knit.

Yuk cobain sekarang kain-kain Knitto Textiles. Selain banyak varian kain yang tersedia, Knitto juga menawarkan banyak varian warna, ketebalan kain dengan harga yang tentunya sesuai dengan kualitasnya. Tunggu apa lagi, yuk coba sekarang juga!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur