8 Karakteristik Bahan Twill Terbaik Serta Kelebihan dan Kekurangannya

0
5/5 - Vote count: 41 votes

8 Karakteristik Bahan Twill Terbaik Serta Kelebihan dan Kekurangannya – Bahan Twill adalah jenis kain yang dibuat dari benang yang diikat menjadi tiga kali lipat. Kain ini memiliki tekstur kasar dan kuat dengan motif diagonal yang khas. Kain ini biasanya digunakan untuk membuat celana, jaket, atau pakaian lainnya. Kain twill juga dapat dibedakan dari jenis kain lainnya karena motif diagonal yang khas. Selain itu, kain twill juga memiliki daya serap yang baik, sehingga cocok untuk pakaian musim dingin.

Bahan Twill

Kualitas bahan twill biasanya ditentukan oleh jumlah benang yang digunakan untuk menjahit. Semakin banyak benang yang digunakan, semakin kuat dan tahan lama bahan ini. Selain itu, twill juga dapat dibedakan dari jenis kain lainnya dengan jumlah benang yang berbeda. Hal ini karena jumlah benang yang berbeda dapat memberikan motif yang berbeda pada kain tersebut.

Ciri-Ciri bahan twill adalah memiliki motif diagonal yang khas dan kuat. Kain twill juga memiliki daya serap yang baik sehingga cocok untuk pakaian musim dingin. Selain itu, bahan twill juga tahan lama karena digunakan untuk menjahit dengan jumlah benang yang berbeda.

Perbedaan kualitas bahan twill dengan jenis kain lainnya adalah jumlah benang yang digunakan untuk menjahit. Semakin banyak benang yang digunakan, semakin kuat dan tahan lama bahan ini. Selain itu, twill juga dapat dibedakan dari jenis kain lainnya dengan motif diagonal yang khas dan daya serap yang baik.

Sejarah Bahan Twill

Kain twill adalah jenis tekstil yang memiliki tekstur bergerigi yang terlihat seperti garis-garis melintang. Kain twill ini memiliki struktur yang kuat dan awet, serta dapat melindungi tubuh dari cuaca ekstrem. 

Kain twill pertama kali ditemukan di Mesir pada abad ke-3 SM, dan sejak itu telah digunakan untuk berbagai macam aplikasi. Pada masa lalu, kain twill dianggap sebagai salah satu jenis kain yang paling bergengsi, dan telah digunakan untuk berbagai tujuan, seperti untuk membuat pakaian, alas tidur, alas meja, dan produk lainnya.

Kain twill saat ini populer di seluruh dunia dan digunakan dalam berbagai jenis pakaian. Ini populer dalam pakaian formal, termasuk jaket, celana dan jas. Kain twill juga populer sebagai bahan untuk pakaian outdoor, seperti jaket hoodie, celana dan jaket denim. Kain twill juga digunakan dalam pembuatan peralatan militer, seperti jaket dan sepatu. Kain twill juga banyak digunakan untuk membuat tas, topi dan produk lainnya.

Karakteristik Bahan Twill

  • Bahan Dapat Menyerap Keringat

Sifat atau karakter dari bahan twill selanjutnya adalah bahan dapat menyerap keringat.  Terbuat dari katun yang berasal dari serat kapas alami dengan model tenunan diagonal, bahan twill bagus daya serap airnya.

  • Warna Bahan Kurang Cerah

Karakter dari bahan twill lainnya adalah warna bahan twill kurang cerah.  Ini menjadi ciri khusus yang membedakan kain twill dengan jenis kain lainnya.

  • Bahan Kuat dan Tahan Lama

Ciri dari bahan twill selanjutnya adalah bahan kuat dan tahan lama.  Hal ini dikarenakan model tenunan kain twill yang berbentuk diagonal membuat bahan lebih kuat untuk digunakan jangka panjang.

  • Perawatan Bahan Mudah

Selain kuta dan tahan lama kain twill juga mudah sekali perawatannya. Tidak perlu perawatan khusus untuk jenis kain twill ini seperti pada umumnya kain lain dicuci sesuai dengan petunjuk.  Bahan twill tetap bagus terjaga kualitasnya.

  • Permukaan Bahan Diagonal

Dalam mengenal apa itu bahan twill dan katun twill ciri utama yang pasti adalah permukaan bahan berbentuk diagonal. Jika anda kurang jelas bisa bayangkan tekstur kain drill yang hampir mirip dengan kain twill.

  • Bahan Adem dan Nyaman

Karakteristik dari bahan twill lainnya adalah bahan adem dan nyaman.  Bahan twill ini disebut kain cina yang mana cukup nyaman dikenakan hampir mirip dengan kain katun Jepang.  Namun bahan twill lebih tipis untuk dikenakan meskipun nyaman dikenakan.

  • Bahan Twill Memiliki Tekstur Tipis

Selanjutnya ciri dari kain twill memiliki ukuran bahan yang tipis.  Meskipun bahan twill tipis namun jika dilihat dengan mata biasa tentunya juga tidak tembus pandang.  Sehingga sangat pas untuk dijadikan bahan baku pembuatan pakaian di Indonesia dengan iklim tropis.

  • Bahan Agak Kasar Tetapi Lembut

Meskipun bahan twill agak kasar dari segi teksturnya namun ketika kain twill disentuh akan terasa lembut di tangan.

Kelebihan Bahan Twill

  • Daya Serap Keringat Baik

Semua bahan dari katun rata-rata memiliki daya serap keringat yang baik, meskipun masing-masing jenis kain katun memiliki kadar berbeda dalam menyerap keringat. Untuk kain katun twill sudah cukup baik daya serap keringatnya. Sehingga pakaian berbahan katun twill sangat cocok di pakai di cuaca panas.

  • Efek Dingin

Busana yang berbahan katun twill akan terasa efek dingin ketika digunakan. Efek dingin pada kain membuat bahan satu ini tidak hanya digunakan sebagai bahan pakaian saja, tetapi juga digunakan sebagai sprei.

  • Awet

Karakteristik kain yang kuat, sehingga sangat bagus digunakan sebagai pakaian lapangan khususnya. Pola teknik tenun twill membuat kain menjadi kuat sehingga kain lebih awet meskipun sering dipakai dan dicuci.

  • Elastis

Bahan katun twill sebenarnya tidak murni 100 % dari serat kapas alami. Tetapi kain ini memiliki campuran bahan spandex dengan kandungan sekitar 2 %. Sehingga kain yang dihasilkan memiliki sifat lentur / elastis yang menjadi salah satu kelebihan dari kain ini. Pada busana dalam pemakaian bahan ini akan memberikan kenyamanan.

  • Warna Tahan Lama

Walaupun kain twill memiliki warna yang tidak kuat, tetapi kain ini memiliki kelebihan warna kain yang tahan lama meskipun kain sering di cuci. Keawetan warna yang dimilikinya disebabkan oleh bahan spandex yang mampu menahan warna pada kain menjadi awet.

Kekurangan Bahan Twill

  • Warna

Meskipun warna tidak gampang pudar ketika dicuci, kain satu ini memang sudah memiliki warna yang tidak begitu kuat. Sehingga untuk tampilan berpakaian yang memberikan kesan ceria memang kurang cocok jika menggunakan bahan dari katun twill.

  • Agak Tipis

Dibandingkan dengan katun jepang, katun twill memiliki kain yang cenderung agak tipis. Namun, katun twill masih tidak menerawang sehingga masih populer sebagai bahan baju muslim.

  • Kualitas Sedang

Kualitas sedang bahan twill karena kualitas kain masih di bawah kain katun jepang. Dari sisi tekstur, kelebihan kain seperti kelembutan, daya serap keringat, dan lain-lainnya, kain katun twill masih di bawah katun jepang. Selain itu kualitas warna dan ketebalan kain juga masih di bawah katun jepang.

Cara Perawatan Bahan Twill

  • Jemur Pakaian Posisi Terbalik

Posisi terbalik maksudnya adalah sisi dalam kain atau pakaian di taruh di luar yang terkena sinar matahari langsung. Agar warna bahan twill yang redup tidak semakin pudar. Sehingga kualitas warna tetap terjaga.

  • Jangan Disikat Saat Mencuci

Untuk menghilangkan noda membandel sebaiknya dengan cara merendam pakaian dalam waktu tertentu kemudian dicuci seperti biasa supaya tekstur kain tidak rusak. Usahakan tidak menyikat kain ketika menghilangkan noda, karena dengan menyikat akan merusak tekstur kain bahan dan warna juga semakin pudar.

  • Setrika Dengan Suhu Yang Tepat

Bahan twill jika saat menyetrika juga harus pada suhu panas yang pas agar kain tidak rusak. Jika suhu terlalu panas biasanya permukaan kain menjadi mengkilap dan tekstur kain akan hilang. Agar mendapatkan suhu panas yang pas sebaiknya memakai setrika otomatis. Karena setrika otomatis terdapat pilihan level suhu panas.

Semoga artikel tentang 8 Karakteristik Bahan Twill Terbaik Serta Kelebihan dan Kekurangannya dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi berkaitan dengan kain twill.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur