4 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula

0
Rate this post

4 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula – Hai Knittopreneurs jumpa lagi di artikel Knitto Textiles! Dalam artikel kali ini Minto akan bahas tentang dunia mesin jahit khususnya yang ramah dan bagus untuk pemula. Penasaran dengan mesinnya? Yuk ikuti terus artikel ini.

Mesin Jahit
Mesin Jahit

Ciri Mesin Jahit yang Ramah untuk Pemula

Sebelum masuk ke tipe-tipe mesin jahit yang bagus untuk pemula, Minto mau kasih tau dulu ciri mesin jahit yang bagus dan tentunya ramah buat pemula sehingga Knittopreneurs ga salah beli mesin. Berikut ciri-ciri yang perlu kamu perhatikan!

  • Cari Mesin yang Simpel
  • Cari Mesin yang Sesuai dengan Kemampuan
  • Memperhatikan  Fitur-Fitur Mesin yang Ditawarkan

Menurut Minto, jenis mesin jahit yang paling cocok digunakan oleh pemula adalah mesin jahit portable. Mengapa? Karena mesin jahit portable itu ringkas, spare partnya mudah dimengerti, perawatannya mudah, fiturnya banyak, dan tentunya mudah dioperasikan. Beberapa fitur dan kelebihan yang ditawarkan oleh mesin jahit portable adalah:

  • Pemasang Benang Otomatis / Automatic Threader

Pada mesin jahit biasa (bukan portable) tidak memiliki fitur pemasang benang otomatis. Pengguna harus memasukan benang ke lubang jarum secara manual, dan bila sulit dapat menggunakan alat bantu seperti mata nenek. 

Dalam mesin jahit portable, pengguna dapat lebih mudah memasukkan benang pada lubang jarum karena telah dilengkapi dengan pemasang benang otomatis atau automatic threader. Tentunya fitur ini dapat mempermudah dan mempercepat pemasangan benang. Memang pemasang benang ini dapat rusak seiring perjalanan waktu dan intensitas penggunaan namun bisa diperbaiki dengan membeli spare part pemasang benang otomatis dan memasangnya kembali dengan mudah, karena sudah banyak sekali tutorial cara ganti spare part mesin portable yang dapat ditemukan di internet.

  • Jenis Jahitan yang Beragam

Jika di mesin jahit biasa hanya menawarkan 1 jenis jahitan yaitu jahit lurus, di mesin jahit portable Knittopreneurs dapat menemukan jenis jahitan yang beragam. Setiap tipe mesin jahit portable bisa menawarkan jumlah jenis jahitan yang berbeda, namun biasanya terdapat jahitan zigzag, jahitan lubang kancing, jahitan semi obras, dan jahitan dekoratif lainnya. 

Karena dilengkapi dengan berbagai jenis jahitan, mesin jahit portable juga bisa dijadikan sebagai mesin untuk membuat lubang kancing, mesin semi obras, dan mesin lainnya. Untuk lubang kancing, biasanya spare partnya sudah disediakan beserta mesinnya namun untuk sepatu obras, kelim, dan dekoratif lainnya Knittopreneurs haru membeli set atau sepatu tambahan untuk menunjang proses jahitnya. Knittopreneurs dapat membeli set sepatu jahitnya di retail maupun e-commerce loh!

  • Sudah Dilengkapi dengan Spare Part Cadangan

Mesin jahit portable biasanya sudah dilengkapi dengan beberapa spare part cadangan lho dan sudah dilengkapi dengan alat-alat pembuka mesin bila mesin mengalami kerusakan. Di mesin portable juga terdapat laci yang dapat menyimpan alat-alat spare part yang kamu bisa gunakan dikala kamu membutuhkannya.

  • Dilengkapi Dengan Lampu

Berbeda dari mesin jahit biasa, mesin jahit portable dilengkapi dengan lampu sehingga dapat menjahit lebih jelas dan tidak perlu memasang lampu tambahan. Walaupun sudah dilengkapi dengan lampu, pastikan untuk tetap menjahit di ruangan yang cukup cahaya agar penglihatan Knittopreneurs tidak rusak.

4 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula

Masuk ke intinya, Minto akan rekomendasikan 4 Merk mesin jahit yang bagus untuk pemula. Keempat brand mesin jahit ini cukup terkenal sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi! Yuk cari tahu selengkapnya disini.

  • Brother

Mesin Jahit Brother merupakan mesin jahit yang diproduksi oleh negara Jepang. Brand Brother sendiri sudah berdiri lama dan kini sudah tersebar di berbagai negara. Mengawali dari produk pertama mereka yaitu mesin jahit manual, kini Brand Brother menawarkan mesin jahit portable dan mesin jahit lainnya. Knittopreneurs dapat melihat langsung produknya di website Brothers, dan rata-rata mesin portable Brand Brother berkisar antara 1.9 Juta hingga 5 Juta.

  • Singer

Mesin jahit Singer merupakan mesin jahit yang berasal dari Amerika berdiri sejak 1851 dan salah satu brand mesin jahit senior, sudah dipakai bertahun-tahun lamanya. Singer punya berbagai jenis mesin jahit dan menyediakan juga mesin jahit portable. Singer menawarkan mesin jahit portable mini, heavy duty, dan portable. Mesin jahit portable singer memiliki kisaran harga antara 1.6 juta hingga 8 juta.

  • Butterfly  

Mesin jahit Butterfly merupakan mesin jahit yang diproduksi oleh negara China. Brand Butterfly ini cukup terkenal di Indonesia khususnya tipe mesin jahit manual. Brand Butterfly kini sudah menyediakan berbagai jenis mesin jahit lainnya seperti mesin jahit portable. Mesin jahit Butterfly memiliki rentang harga antara 1.5 juta hingga 3.5 juta

  • Janome

Mesin jahit Janome merupakan mesin jahit yang diproduksi oleh negara Jepang. Sudah ada sejak dulu kala, kini Brand Janome sudah tersedia hingga berbagai negara. Sama seperti brand lainnya, Janome kini memiliki banyak jenis mesin jahit salah satunya mesin jahit portable.

Nah itu dia brand-brand rekomendasi dari Minto yang bagus untuk pemula. Buat yang baru mau mulai menjahit, jangan takut ya untuk mencoba. Semoga rekomendasi dari Minto bisa bantu Knittopreneurs ya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur