5 Bahan Jas Almamater Terbaik dan Ternyaman

0
5/5 - Vote count: 10 votes

5 Bahan Jas Almamater Terbaik dan Ternyaman – Hi Knittopreneurs, dalam artikel kali ini Minto akan bahas tentang bahan terbaik dan ternyaman yang paling cocok dan nyaman digunakan sebagai bahan utama dari jas almamater.

Tidak hanya almamater, Knittopreneurs juga bisa pakai bahan-bahan tersebut untuk dijadikan jas dan celana bahan yang berkualitas tinggi. Supaya nggak nunggu lama, yuk kita bahas tentang bahan jas almamater!

Fungsi Utama  Jas Almamater

Jas almamater adalah sebuah seragam umumnya bisa kamu dapatkan di jenjang perguruan tinggi atau universitas. Jas almamater bisa dibilang salah satu bagian penting untuk menunjukkan identitas sekolah, universitas, atau organisasi.

Almamater juga bisa memperkuat rasa solidaritas dari sebuah kelompok dan dapat dijadikan kenang-kenangan ketika kamu sudah lulus dari perguruan tinggi tersebut.

Bahan yang digunakan untuk membuat jas almamater sangat penting karena dapat berpengaruh kepada kenyamanan, daya tahan, dan penampilan dari almamater itu sendiri.

Bahan Jas Almamater
Bahan Jas Almamater

5 Bahan Jas Almamater Terbaik dan Ternyaman

Karena jas almamater biasanya cukup sering digunakan sebagai identitas sebuah universitas dalam berbagai acara, dalam ruangan maupun luar ruangan, bahan yang digunakan untuk membuat jas almamater harus dipilih dengan seksama agar sang pemakai tetap merasa nyaman. Berikut rekomendasi bahan yang bagus dan nyaman digunakan.

  • Japan Drill

Kain Japan Drill merupakan kain yang terbuat dari serat campuran yaitu katun dan polyester dengan komposisi katun yang lebih banyak sehingga nyaman digunakan. Kain Japan Drill ini memiliki kekakuan dan ketebalan yang sangat pas untuk jas almamater. Kain Japan Drill ini cukup populer digunakan sebagai bahan seragam outdoor, dan memiliki varian warna soft yang cukup beragam. Jenis kain Japan Drill yang dapat dibilang memiliki kualitas yang baik adalah Nagata Drill.

  • American Drill

Kain American Drill merupakan kain yang terbuat dari serat campuran katun dan polyester. Perbedaanya dengan Japan Drill, kain American Drill ini memiliki komposisi polyester yang lebih banyak dan memiliki varian warna yang mencolok dibanding kain Japan Drill. Namun kain ini tetap awet dan tahan lama, walaupun tidak seadem kain Japan Drill. Harga kain American Drill juga dapat dibilang cukup ekonomis dibandingkan dengan jenis kain Drill lainnya.

  • High Twist

Kain High Twist merupakan kain yang terbuat dari serat buatan yang memiliki daya tahan yang cukup baik. Kain High Twist ini cukup sering digunakan dalam pembuatan jas, blazer, dan pakaian luaran lainnya yang membutuhkan struktur kaku. Umumnya kain High Twist mudah dibersihkan, awet, anti air, dan anti noda minyak. Kelebihan kain High Twist ini adalah masih dapat menyerap keringat dan tetap nyaman digunakan karena tidak terlalu gerah.

  • Twist Drill

Kain Twist Drill merupakan kain drill yang memiliki serat terkecil dibanding kain Drill lainnya sehingga ketebalan kainnya lebih tipis dibanding Japan Drill dan American Drill. Kain Twist Drill ini juga dikenal dengan nama Twill Drill di pasaran.

  • Cotton Twill

Kain Cotton Twill memiliki bentuk kain yang hampir mirip dengan kain Drill. Kain ini memiliki pola tenunan yang rapat dan ketebalan kain yang cocok untuk jas almamater. Karena terbuat dari serat katun, kain ini adem dan nyaman digunakan.

Cara Merawat Jas Almamater

  • Cuci Sesuai Petunjuk

Periksa label perawatan pada jas almamater untuk mengetahui cara mencuci dan merawat almamaternya dengan benar. Beberapa jas almamater hanya boleh dicuci menggunakan metode dry clean, namun ada juga yang bisa dicuci dengan mesin.

  • Jangan Gunakan Dryer

Hindari mengeringkan jas almamater di mesin pengering atau dryer karena panas tinggi dapat merusak bahan jas almamater bahkan membuat jas almamater menjadi ciut. Sebaiknya jemur jas almamater agar kering secara alami.

  • Setrika dengan Suhu yang Pas

Jika diperlukan, setrika jas almamater dengan suhu yang pas, untuk menghindari kerusakan kain dari jas almamater itu sendiri.

  • Simpan dengan Baik

Simpan jas almamater dengan cara digantung agar tidak mudah kusut dan berubah bentuk. Hindari dari lemari yang terlalu lembab karena dapat merusak kain jas almamater dan membuat jas almamater menjadi bau.

  • Perbaiki Bagian yang Rusak

Lakukan pemeriksaan rutin pada jas almamater untuk mendeteksi apakah ada kerusakan. Segera perbaiki atau jahit jika ada benang yang terlepas, sehingga jas almamater dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Ciri Bahan yang Bagus untuk Jas Almamater

  • Kualitas Tahan Lama

Pilih bahan berkualitas tinggi, memiliki handfeel yang bagus sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  • Kenyamanan

Pastikan bahan yang dipakai tidak menimbulkan rasa panas. Bahan yang bisa menyerap keringat dapat nilai plus karena dapat meningkatkan rasa nyaman ketika dipakai.

  • Warna Tahan Lama

Pastikan bahan memiliki kemampuan mengikat warna dengan baik agar jas almamater tetap terlihat baru walaupun sering digunakan dan sering dicuci.

  • Pilihan Warna dan Desain

Pilih bahan yang memiliki pilihan warna yang bervariasi agar sesuai dengan identitas sekolah atau organisasi. Kamu bisa menggunakan warna-warna yang ada dalam branding guidelines kamu untuk lebih mencerminkan identitas sekolah maupun organisasi kamu.

  • Sesuaikan Dengan Budget 

Penting untuk diingat, pastikan bahan yang kamu pilih sesuai dengan budget kamu. Misalnya, bila ada budget lebih kamu bisa pakai bahan yang lebih berkualitas seperti Japan Drill, dan bila budget yang dimiliki lebih sedikit kain American Drill.

Saat ini memang bahan-bahan untuk jas almamater seperti Japan Drill dan American Drill belum tersedia di Knitto Textiles. Meskipun begitu, Minto harap artikel ini tetap dapat membantu Knittopreneurs ya! Sampai jumpa di artikel lainnya!

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035