5 Cara Menentukan Skin Tone Kamu yang Wajib Kamu Coba

0
5/5 - Vote count: 1 vote

5 Cara Menentukan Skin Tone Kamu yang Wajib Kamu Coba – Kenapa ada orang yang cocok menggunakan satu warna baju tapi ada juga yang tidak cocok menggunakan warna tersebut? Jika kamu juga sedang mengalami hal ini artinya warna tersebut kurang cocok dengan skin tone dan undertone kamu Knittopreneurs.

Lalu bagaimana cara mengetahui atau cara menentukan skin tone kita agar lebih mudah ketika memilih warna baju?

Minto akan jelaskan pada artikel ini bagaimana cara menentukan skin tone dan juga undertone kamu agar lebih cepat ketika memilih warna baju.

Sebelum kita masuk ke penjelasan tentang bagaimana cara menentukan skin tone, bagi kamu yang masih asing dengan istilah ini sebaiknya ketahui dulu apa arti dari Skin Tone itu sendiri.

Apa Itu Skin Tone?

Skin tone adalah warna kulit yang bisa kamu lihat secara langsung pada permukaan kulit. Orang Indonesia mempunyai 3 jenis Skin Tone seperti: Kuning Langsat, Putih Langsat dan Sawo Matang. Kebanyakan orang Indonesia terutama wanita Indonesia mempunyai kulit kuning langsat. Kuning langsat termasuk warna kulit yang ada diantara gelap dan putih. Sedangkan mereka yang punya kulit warna putih gading memiliki warna kulit yang putih tetapi cenderung pucat. Dan untuk yang mempunyai skin tone sawo matang warna kulitnya cenderung ke arah kecoklatan atau gelap.

Sebenarnya skin tone dapat berubah Knittopreneurs yang dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari, produk kecantikan dan juga sinar matahari.

Apa itu Undertone?

Undertone atau warna dasar kulit biasanya ditentukan oleh gen atau keturunan, yang artinya undertone kulit tidak akan berubah meskipun warna kulit berubah seperti menjadi cenderung gelap karena terkena sinar matahari atau menjadi lebih cerah karena penggunaan skincare atau produk kecantikan.

Undertone kulit itu terbagi menjadi 3 seperti: Cool, Warm dan Neutral.

5 Cara Menentukan Skin Tone 

Setelah kamu mengetahui penjelasan dari skin tone dan undertone, sekarang mari kita masuk ke cara menentukan skin tone nya. Untuk menentukan skin tone, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Perhatikan warna dasar kulit kamu. 

Sebagai cara menentukan skin tone kamu sebenarnya bisa menggunakan undertone sebagai acuan kira-kira warna yang seperti apa yang cocok untuk kamu pakai. Seperti yang sudah Minto jelaskan di atas jika undertone dibagi menjadi tiga kategori yaitu warm, cool, dan neutral. Sekarang coba kamu perhatikan warna dasar kulit kamu, jika warna dasar atau undertone kulit kamu lebih ke arah merah, kuning, atau jingga, maka kamu termasuk ke dalam kategori warm. 

Jika warna dasar kulit kamu lebih ke arah biru atau merah muda, maka kamu termasuk ke dalam kategori cool. Sedangkan jika warna dasar kulit kamu campuran antara warna-warna tersebut, maka kamu termasuk ke dalam kategori neutral.

2. Gunakan Perhiasan

Cobalah untuk membandingkan kulit kamu dengan benda-benda yang sudah diketahui warnanya, seperti perhiasan emas atau perak. Kulit yang termasuk ke dalam kategori warm biasanya cocok dengan emas, sedangkan kulit yang termasuk ke dalam kategori cool biasanya cocok dengan perak. Jika kedua jenis perhiasan tersebut cocok dengan kulit kamu , maka kemungkinan besar kulit kamu termasuk ke dalam kategori neutral.

3. Perhatikan Warna Pembuluh Darah

Perhatikan warna pembuluh darah di kulit kamu . Jika pembuluh darah di kulit kamu cenderung kehijauan berarti undertone kamu adalah warm. Jika pembuluh darah di kulit kamu terlihat berwarna biru atau keunguan berarti undertone kamu adalah cool. Jika kamu sulit menentukan warna pembuluh darah di kulit kamu, terlihat antara warna hijau atau keunguan maka kemungkinan besar kulit kamu termasuk ke dalam kategori neutral.

Untuk melakukan test ini juga sebaiknya kamu berada diruangan yang terang atau di bawah sinar matahari langsung agar warna dari urat nadi atau pembuluh darah kamu lebih terlihat dengan jelas.

4. Melihat Warna Kulit Di Garis Rahang

Warna kulit di bagian wajah ini sebenarnya yang paling sedikit terpengaruh oleh lingkungan dan faktor lain yang bisa menyebabkan adanya perubahan warna. Cara menentukan skin tone ini paling mudah, sebelumnya pastikan kamu mencuci muka terlebih dahulu setelah itu lihat warna kulit di garis rahang di bawah cahaya alami matahari, lalu tentukan saja warna kulit kamu masuk ke skin tone yang mana.

5. Lakukan Konsultasi

Agar mendapatkan hasil yang lebih akurat, kamu juga bisa meminta pendapat dari ahli kecantikan atau melakukan konsultasi pada konsultan untuk membantu menentukan skin tone kamu sehingga kamu bisa mengetahui kulit kamu termasuk pada skin tone jenis apa. Hal ini sangat sarankan jika kamu memang ingin mendapatkan hasil yang lebih pasti ya, tapi memang jika melakukan konsultasi akan mengeluarkan biaya.

5 cara menentukan skin tone di atas bisa kamu coba langsung atau kamu coba satu persatu dan pilih mana yang hasilnya lebih efektif. 

Setelah mengetahui jenis skin tone kamu, sekarang kamu bisa dengan mudah menentukan atau memilih warna pakaian yang cocok untuk kamu kan? Sebenarnya bukan hanya pakaian saja, dengan mengetahui skin tone kamu, untuk para wanita pun akan lebih mudah untuk kamu memilih produk kecantikan yang akan kamu gunakan. 

Adapun beberapa warna pakaian ini akan cocok untuk masing-masing jenis skin tone:

  • Untuk kamu yang punya Skin Tone Kuning Langsat, kamu yang mempunyai warna skin tone ini akan sangat cocok jika memakai baju yang warnanya lebih condong ke arah tropical color seperti Orange, Hijau, Merah, Kuning, dan Biru.
  • Untuk kamu yang punya Skin Tone Putih Langsat, sebenarnya kamu yang punya warna skin tone ini akan lebih mudah untuk memilih warna pakaian, karena warna kulit ini cenderung cocok dengan warna apapun. Tapi jika kamu ingin terlihat lebih elegan lagi, kamu bisa mencoba untuk menggunakan warna-warna yang bertemakan Pastel. Selain pastel kamu juga akan sangat terlihat menarik ketika menggunakan warna Broken White, Coklat, Sky Blue, atua Dark Blue. Untuk pemilik warna skin tone ini juga sebaiknya menghindari warna Ungu Tua dan Kuning ya agar kamu tidak terlihat kusam. 
  • Untuk kamu yang punya Skin Tone Sawo Matang, kamu yang punya Skin Tone ini bisa mencoba warna-warna seperti Ungu, Tosca, atau Maroon. Selain itu juga kamu bisa coba untuk memakai warna Pink, Burgundy, Beige, dan Navy. Kamu juga bisa mencoba warna lain seperti memadukan warna terang dan warna gelap yang justru akan terlihat lebih elegan jika digunakan oleh pemilik skin tone Sawo Matang. 

Knittopreneurs harus ingat jika setiap orang mempunyai skin tone yang berbeda-beda, jadi usahakan untuk memilih pakaian atau produk kecantikan yang cocok dengan skin tone kamu agar kamu mendapatkan hasil yang terbaik.

Baca Juga: Begini Cara Menentukan Warna Kaos Yang Bagus Untuk Warna Kulitmu

Semoga apa yang Minto jelaskan pada artikel ini bermanfaat untuk kamu ya, terima kasih banyak sudah membaca artikel ini sampai selesai.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur