Mengintip Perkembangan Pakaian Katun di 2024, Pilihan Fashionable yang Sustainable

0
5/5 - Vote count: 17 votes

Mengintip Perkembangan Pakaian Katun di 2024, Pilihan Fashionable yang Sustainable – Bahan katun telah lama dikenal sebagai salah satu bahan paling serbaguna dan nyaman. Mengingat sifatnya yang lembut, nyaman, dan breathable, katun menjadi pilihan utama bagi banyak desainer dan konsumen.

Sebagai pelaku yang bergerak di industri mode, katun juga memungkinkan inovasi dalam berbagai tekstur dan desain, menjadikannya bahan yang ideal untuk eksplorasi kreatif. 

Mengintip Perkembangan Pakaian Katun di 2024, Pilihan Fashionable yang Sustainable
Mengintip Perkembangan Pakaian Katun di 2024, Pilihan Fashionable yang Sustainable

Seiring waktu, bahan katun telah berevolusi, tidak hanya dalam hal penggunaannya tetapi juga dalam berbagai jenis dan kualitas yang tersedia. Katun pun telah menjangkau pasar yang semakin luas, mulai dari pakaian sehari-hari hingga busana high fashion, menegaskan posisinya sebagai bahan yang penting dalam dunia mode.

Apa saja ‘kiprah’ pakaian katun dalam dunia fashion? Bagaimana pengaruhnya terhadap tren terkini?

Baca Juga: Bahan dan Warna Hoodie yang Bagus di 2024, Lengkap dengan Cara Merawatnya

Fashion Item Berbahan Katun yang Populer

Jika kita melihat ke belakang, berbagai produk fashion telah mengadopsi katun sebagai bahan utama mereka. Pakaian katun memang memiliki kemampuan lebih untuk beradaptasi dengan tren dan kebutuhan pasar, membuatnya tidak hanya bertahan tapi juga berkembang dalam dunia mode yang selalu berubah. 

Misalnya, seperti tren berkelanjutan dalam mode, yang kemudian mendorong penggunaan katun organik dan ramah lingkungan, yang tidak hanya baik untuk pemakainya namun juga untuk planet Bumi. Di sisi lain, inovasi dalam kain katun telah memungkinkan pembuatan pakaian yang lebih tahan lama dan serbaguna, mencakup hampir semua aspek:

Kaos dan T-Shirt

Jika sebelumnya kaos lebih sering dibuat dari bahan sintetis, yang dinilai lebih murah dan juga mudah dalam hal perawatan. Kini, kaos katun lebih populer, karena kesadaran masyarakat akan kenyamanan dan keberlanjutan dari lingkungan. Alasan lainnya, bahan katun dinilai lebih ramah di kulit dan memiliki sifat breatheable. 

Untuk jenis fashion item ini. Cotton Combed sering digunakan, karena teksturnya yang halus dan kemampuannya untuk mencetak desain dengan jelas. 

Kemeja dan Blus

Kemeja dan blus dulunya lebih populer dengan bahan yang terbuat dari campuran katun dan polyester, karena ketahanan dan kemudahan perawatannya. Tren yang berubah membuat kemeja dan blus yang berasal dari 100% serat kapas kini lebih diminati, sebab memberikan tampilan yang lebih premium dan nyaman untuk pemakaian sehari-hari.

Dress dan Gaun

Dress katun, baik untuk gaya kasual maupun formal, telah menjadi populer karena sifatnya yang ringan dan nyaman. Jika dulunya banyak yang lebih menggemari bahan sintetis karena murah dan mudah dirawat, fokus utama pasar sudah bergeser kepada kualitas katun yang menawarkan kelembutan dan kesegaran. Terutama bagi konsumen yang menginginkan tampilan kasual dan anggun, bahan katun selalu menjadi andalan mereka.

Pakaian Anak-Anak

Bahan katun sangat cocok untuk pakaian anak-anak karena kelembutannya, khususnya untuk katun organik. Tidak hanya ramah di kulit anak-anak yang sensitif, baju yang terbuat dari bahan ini pun termasuk pada kategori yang gampang dirawat. Penggunaan bahan selain katun telah memiliki histori yang menimbulkan alergi dan kini kurang diminati.

Jeans dan Celana

Katun denim telah lama menjadi pilihan utama untuk jeans. Namun, jika dulunya terdapat banyak jeans ataupun celana yang dibuat dari katun murni yang cenderung lebih kaku, tren untuk fashion item ini telah mengalami evolusi. Seperti menggunakan campuran katun dengan elastane, untuk alasan fleksibilitas. Jadi, bahannya tidak hanya kuat, namun juga nyaman dipakai sehari-hari maupun untuk padu padan di acara semi-formal.

Pakaian Olahraga

Pakaian olahraga dulunya sering kali dibuat dengan bahan sintetis. Hingga kini, masih ada beberapa orang yang berpihak kepada bahan tersebut, karena bahan sintetis menawarkan fleksibilitas yang tinggi. Namun, seperti fashion item lainnya, pakaian olahraga pun mengalami evolusi tren. Dengan tren athleisure, katun telah menjadi andalan untuk dicampur dengan bahan sintetis untuk kelembutan dan kenyamanan, juga penampilan yang lebih alami.

Pakaian Dalam dan Lingerie

Sebagai pakaian yang punya kepentingan untuk harus nyaman dalam penggunaan harian, memilih bahan katun adalah keputusan yang tepat. Katun yang terkenal karena kemampuannya menyerap keringat dan sifat anti alerginya, akan terasa sempurna ketika dikenakan. Secara bersamaan, menggunakan pakaian dalam atau lingerie berbahan katun juga dapat mengurangi risiko iritasi kulit kamu.

Baca Juga: Katun Modal Terbaik VS Katun Rayon, Mana yang Lebih Bagus

Jenis Bahan yang Bagus untuk Pakaian Katun

Ada beberapa jenis bahan katun yang telah mendapatkan popularitas khusus dalam pembuatan baju, Terutama ketika kini, pakaian katun telah dilirik menjadi bahan yang mendukung sustainable fashion.

1. Cotton Combed

Bahan Kaos Cotton Combed
Bahan Kaos Cotton Combed

Cotton Combed adalah salah satu jenis katun paling populer yang digunakan dalam pembuatan pakaian. Dikenal dengan kehalusan dan kelembutan seratnya, bahan ini dibuat dengan cara menyisir dan menghilangkan serat pendek pada kain, sehingga yang tersisa adalah serat panjang yang membuat kain lebih lembut dan kuat. Bahan katun yang satu ini sangat cocok untuk pembuatan kaos, pakaian dalam, dan jenis pakaian katun yang bersentuhan langsung dengan kulit, memberikan kenyamanan maksimal bagi pemakainya.

Kelebihan lainnya dari Cotton Combed, adalah kemampuannya untuk mencetak desain dengan jelas. Sehingga, kaos yang biasanya akan disablon pun menggunakan jenis bahan katun ini..

2. Cotton Carded

Bahan Kaos Cotton Carded
Bahan Kaos Cotton Carded

Berbeda dengan combed, Cotton Carded memiliki tekstur yang sedikit kasar, karena proses produksinya tidak menyisir serat seintensif cotton combed. Jadi hanya ‘digaruk’ dan membuat serat kapas tidak terlalu rata dan halus. Meski demikian, bahan katun yang satu ini masih menawarkan kelembutan dan kenyamanan yang cukup, dan kabar baiknya adalah: dengan harga yang lebih terjangkau. Cocok dan kerap kali digunakan untuk pembuatan pakaian sehari-hari seperti kemeja kasual dan pakaian kerja.

3. Cotton Bamboo

Bahan Kaos Cotton Bamboo
Bahan Kaos Cotton Bamboo

Cotton Bamboo adalah hasil inovasi terbaru dalam industri tekstil. Dibuat dari campuran serat katun dan bambu, bahan ini menawarkan kelembutan ekstra, daya serap yang baik, dan sifat anti bakteri alami. Sering juga disebut sebagai katun organik, Cotton Bamboo sangat cocok untuk pakaian yang memerlukan kelembutan ekstra, seperti pakaian bayi, pakaian tidur, dan juga ideal untuk ide pakaian yang menjunjung prinsip sustainable fashion.

4. Cotton Modal

Bahan Kaos Cotton Modal
Bahan Kaos Cotton Modal

Katun modal merupakan kombinasi dari serat katun dengan modal, serat buatan yang sangat lembut dan halus. Harganya biasanya akan paling mahal jika dibandingkan dengan bahan katun lainnya, namun sebanding dengan kualitasnya. Cotton Modal menawarkan kombinasi kekuatan, kelembutan, dan fleksibilitas yang luar biasa. Sangat ideal untuk pakaian premium seperti blus, dress, dan pakaian dalam mewah.

Setiap jenis bahan untuk pakaian katun ini memiliki karakteristik uniknya sendiri, memungkinkan desainer untuk memilih bahan terbaik sesuai dengan kebutuhan desain mereka. Sebagai konsumen, kita dapat menikmati berbagai pilihan yang nyaman, sustainable, dan stylish, dengan menggunakan bahan katun.

Baca Juga: Rekomendasi Bahan Kain Katun Premium Terbaik dan Jenisnya

Pilih bahan terbaik untuk pakaian katun kamu, Knittopreneurs. Untuk harga yang murah dan produk dengan kualitas premium, beli di toko kain kaos Knitto aja!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur