7 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih Yang Efektif

0
5/5 - Vote count: 1 vote

7 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih Yang Efektif – Baju putih memang adalah salah satu warna yang paling mudah untuk dicocokan dengan berbagai jenis warna lainnya, bukan hanya karena warnanya saja yang mudah untuk dipadukan tetapi baju putih dengan model kaos atau kemeja juga sangat mudah untuk dipadukan dengan jenis pakaian lain. 

Tapi yang paling menyebalkan adalah ketika baju putih kesayangan kita terkena noda kuning yang sulit dihilangkan. Jika menggunakan pemutih untuk menghilangkan noda-noda tersebut, sangat jarang benar-benar bisa hilang atau bahkan bukan noda yang hilang malah baju putih kita yang menjadi rusak karena noda semakin menyebar.

Lalu bagaimana cara menghilangkan noda kuning di baju putih yang paling benar dan benar-benar efektif? Tenang Knittopreneurs, Minto akan coba buatkan kamu beberapa tips yang bisa kamu coba sebagai cara menghilangkan noda kuning di baju putih, agar baju bisa kembali bersih dan tampak seperti baru.

Apa penyebab baju putih menjadi kekuningan?

Sebelum menjelaskan cara menghilangkan noda kuning di baju putih, minto akan jelaskan dulu apa saja penyebab baju putih kamu menjadi kekuningan atau mempunyai noda kuning, sebaiknya kamu perhatikan ini dengan seksama.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kenapa baju putih kamu mempunyai noda kuning, berikut adalah beberapa penyebab umum noda kuning di baju putih:

  • Keringat

Keringat mengandung senyawa seperti urea, asam amino, dan garam yang dapat bereaksi dengan bahan kimia pada deterjen atau pemutih pakaian, membentuk noda kuning pada serat baju putih.

  • Deodoran

Beberapa deodoran mengandung bahan-bahan seperti aluminium klorida yang dapat bereaksi dengan keringat dan menyebabkan noda kuning pada pakaian, terutama di daerah ketiak. Area baju pada ketiak memang menjadi titik yang sensitif dan bisa dikatakan sebagai spot yang mungkin tersembunyi tetapi jika tidak diperhatikan noda kuning pada bagian ini justru akan sulit untuk dihilangkan

  • Minyak tubuh

Minyak alami yang dihasilkan oleh kulit manusia dapat menempel pada serat pakaian dan menjadi sumber noda kuning.

  • Zat-zat kimia

Penggunaan bahan kimia seperti pemutih yang tidak sesuai atau penggunaan deterjen yang berlebihan dapat menyebabkan noda kuning pada baju putih.

  • Penyimpanan yang tidak tepat

 Jika baju putih disimpan dalam keadaan yang lembab atau tidak bersih, dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau bakteri yang kemudian dapat menghasilkan noda kuning.

  • Proses penuaan serat

Seiring waktu, serat pakaian putih cenderung mengalami penuaan dan menguning secara alami.

  • Noda makanan dan minuman

Bercak dari makanan atau minuman yang mengandung zat warna seperti kopi, teh, saus tomat, atau jus dapat menyebabkan noda kuning pada baju putih.

  • Perawatan yang tidak tepat

Pencucian yang salah atau tidak memperhatikan petunjuk perawatan pada label pakaian dapat menyebabkan noda kuning.

Mengidentifikasi penyebab noda kuning pada baju putih bisa membantu kamu dalam mengambil tindakan yang tepat untuk menghilangkan noda dan mencegahnya terulang di masa depan.

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Setelah kamu mengetahui apa saja penyebab adanya noda kuning pada baju putih kamu, sekarang saatnya Minto memberikan tips cara menghilangkan noda kuning di baju putih kesayangan kamu, coba ikuti beberapa cara dibawah ini ya, semoga membantu!

  1. Cara Menghilangkan Noda Kuning Di Baju Putih: Gunakan pemutih pakaian

Rendam baju putih yang terkena noda kuning dalam larutan pemutih pakaian yang aman untuk serat pakaian. Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan pemutih. Setelah direndam, cuci baju dengan deterjen secara normal.

2. Cara Menghilangkan Noda Kuning Di Baju Putih: Campurkan air lemon dan garam

Campurkan air perasan lemon dengan sedikit garam, lalu aplikasikan campuran tersebut langsung pada noda kuning. Gosok lembut dan biarkan selama beberapa menit sebelum mencuci baju seperti biasa.

3. Cara Menghilangkan Noda Kuning Di Baju Putih: Gunakan pasta pemutih

Buat pasta dengan mencampurkan bubuk pemutih pakaian dengan sedikit air. Oleskan pasta ini pada noda kuning dan biarkan selama beberapa waktu sebelum dicuci.

4. Cara Menghilangkan Noda Kuning Di Baju Putih: Perawatan dengan cuka putih

Rendam baju putih yang terkena noda kuning dalam larutan air dan cuka putih dalam perbandingan 2:1 selama beberapa jam. Kemudian, cuci baju seperti biasa.

5. Cara Menghilangkan Noda Kuning Di Baju Putih: Aplikasikan pasta baking soda

Buat pasta dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air, lalu oleskan pada noda kuning. Biarkan pasta mengering pada baju, kemudian sikat dan cuci secara normal.

6. Cara Menghilangkan Noda Kuning Di Baju Putih: Gunakan deterjen enzimatik

Deterjen enzimatik mengandung enzim yang dapat membantu menghilangkan noda organik seperti noda kuning. Gunakan deterjen ini saat mencuci baju putih yang terkena noda kuning.

7. Cara Menghilangkan Noda Kuning Di Baju Putih: Jemur di bawah sinar matahari

Setelah mencuci baju, jemur di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat membantu memudarkan noda kuning pada pakaian putih. Untuk pakaian putih memang diperbolehkan untuk menjemur langsung dibawah sinar matahari lain halnya dengan baju berwarna cerah, yang mana jika di jemur langsung di bawah sinar matahari akan merusak warna pakaiannya.

Memang baju berwarna putih itu bisa dikatakan susah susah gampang dalam hal perawatannya tetapi susah bukan berarti tidak bisa, kamu hanya perlu menjaga baju putih dengan ekstra hati-hati dan merawatnya dengan cara yang benar. 

Berbicara tentang warna Putih, Knitto Textiles punya banyak produk kain baik dari bahan kaos, bahan kaos polo sampai bahan untuk jaket dengan beberapa pilihan warna Putih. Apakah Knitto punya lebih dari 1 warna Putih? Betul sekali! Knitto punya beberapa jenis warna Putih yang masuk ke dalam 2 jenis kategori warna yaitu Putih dan Muda. Warna Putih di Knitto terdapat 3 pilihan seperti Putih Netral, Putih Bluish, dan Broken White. 

Putih Netral merupakan warna putih yang sedikit kekuningan, sedangkan warna Putih Bluish adalah warna putih yang sedikit kebiruan, dan broken white adalah warna putih yang sedikit lebih kekuningan dan hampir menyerupai cream. Cukup lengkap bukan pilihan warna Putih yang ada di Knitto?

Selalu jaga baju berwarna putih kamu ya, supaya terhindar dari noda kuning yang sulit dihilangkan dan baju putih kamu akan awet sampai waktu yang lama. Terima kasih sudah membaca artikel Knitto kali ini tentang cara menghilangkan noda kuning di baju putih, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan menambah informasi untuk kamu.

Baca Juga: Tips Memadukan Outfit Vintage dengan Gaya Modern

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur