5 Tips Menjaga Kaos Tetap Awet

0
Rate this post

5 Tips Menjaga Kaos Tetap Awet – Hi Knittopreneurs, siapa nih yang disini hobi koleksi kaos? Mulai dari graphic t-shirt, kaos band, kaos polos, dan lain-lainnya memang banyak sekali digemari dan dapat digunakan oleh segala kalangan usia.  Kaos merupakan salah satu pakaian yang cukup sering dipakai sehari-hari dan merupakan pakaian “must-have”  sehingga semua orang pasti punya kaos. Nah supaya tidak cepat rusak, Minto mau bagi 5 tips menjaga kaos agar tetap awet. Yuk simak tipsnya dibawah ini.

Tips Menjaga Kaos
Tips Menjaga Kaos

5 Tips Menjaga Kaos Tetap Awet

  • Cuci kaos dengan air dingin

Gunakan air dingin saat mencuci kaos. Air panas dapat merusak serat kain dan mengubah bentuk kaos. Jangan mencampurkan kaos dengan pakaian lain saat mencuci untuk menghindari tumpukan atau gesekan yang dapat merusak kaos.

  • Gunakan deterjen yang lembut

Pilihlah deterjen yang lembut atau khusus untuk pakaian berwarna agar warna kaos tetap terjaga dan tidak luntur. Jangan menggunakan pemutih atau penghilang noda yang keras karena dapat merusak kain.

  • Jangan gunakan mesin pengering

Hindari mengeringkan kaos di mesin pengering, karena panas yang dihasilkan oleh mesin pengering dapat merusak serat kain dan menyebabkan kaos menjadi kusut atau berubah bentuk. Sebaiknya jemur kaos secara alami di tempat yang teduh dan terkena sinar matahari langsung.

  • Hindari penggunaan setrika

Sebaiknya hindari menggunakan setrika untuk menyetrika kaos, terutama     kaos dengan bahan yang tipis atau sensitif seperti katun halus atau linen. Jika Anda harus menyetrika kaos, gunakan setrika pada suhu rendah atau sedang.

  • Lipat kaos dengan rapi

Lipat kaos dengan rapi setelah kering dan simpan di lemari yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jangan menggantung kaos pada gantungan karena dapat menyebabkan kaos menjadi kendur dan berubah bentuk.

Dengan merawat kaos dengan baik dan benar, Anda dapat memperpanjang umur pakai kaos dan menjaga kaos tetap awet dan tampilan yang baik. Selain ini, memilih kain bahan kaos yang berkualitas juga mampu membuat kaos lebih awet lho!

Memilih Bahan Kaos yang Tepat

combed vs comed premium 1

Bahan kaos tentunya juga faktor penting sebagai penentu keawetan kaos. Bahan kaos yang berkualitas baik dan tahan lama akan membuat kaos bertahan lebih lama daripada kaos yang terbuat dari bahan yang kurang bagus dan mudah rusak.

Bahan kaos yang berkualitas baik biasanya terbuat dari serat alami seperti kapas, cvc, serat bambu, dan lainnya. Selain itu, kaos yang terbuat dari bahan berkualitas juga lebih nyaman dipakai karena serat alami ini lebih lembut dan menyerap keringat dengan baik sehingga sang pemakai tidak akan merasa gerah atau panas.

Namun, keawetan kaos juga dipengaruhi oleh bagaimana kaos tersebut dirawat dan digunakan. Kaos yang sering dicuci dan dipakai dengan “kasar” atau menyetrika kaos dengan suhu terlalu panas dapat mempercepat umur pakai kaos, bahkan jika kaos itu terbuat dari bahan yang berkualitas baik. Oleh karena itu, penting untuk merawat kaos dengan benar agar tetap awet dan tahan lama. Tentunya frekuensi penggunaan kaos juga sangat menentukan umur kaosnya.

Ciri Bahan Kaos yang Berkualitas

Berikut adalah beberapa ciri bahan kaos yang berkualitas baik:

  • Tahan Lama

Bahan kaos yang berkualitas baik tentunya harus tahan lama dan seratnya tidak mudah rusak. Kaos yang terbuat dari serat alami seperti kapas dan bambu biasanya lebih tahan lama. Kualitas serat yang digunakan, frekuensi penggunaan kaos, dan perawatan kaos juga menentukan keawetan dan ketahanan kaos.

  • Lembut dan Nyaman Digunakan

Bahan kaos yang berkualitas bagus harus memiliki handfeel yang terasa lembut di tangan dan nyaman saat dipakai. Bahan kaos yang terbuat dari serat alami biasanya lebih lembut dan menyerap keringat dengan baik. Bila menggunakan serat yang memiliki campuran polyester, pastikan serat kapas atau alaminya lebih banyak ketimbang serat Polyesternya

  • Breathable

Bahan kaos yang berkualitas baik harus memiliki kemampuan menjaga sirkulasi udara dengan kata lain kaos tetap adem ketika digunakan. Hal ini membantu menjaga suhu tubuh dan membuat kaos lebih nyaman dipakai dalam sega.

  • Warna Tidak Mudah Pudar

Bahan kaos yang berkualitas baik biasanya tidak mudah pudar karena diwarnai dengan pewarna berkualitas. Warna pada kaos akan tetap terlihat cerah dan tidak luntur meskipun sudah dicuci beberapa kali.

combed vs comed premium 4

Kalau Knittopreneurs bingung dimana cari bahan kaos berkualitas, Minto punya jawabannya! Knittopreneurs bisa beli bahan kaos berkualitas di Knitto Textiles.

Knitto Textiles merupakan toko kain yang sudah memiliki 5 cabang di 4 kota besar Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya. di Knitto kamu juga bisa menemukan beberapa varian bahan kaos berkualitas dalam berbagai kategori kain seperti Plain, Premium, Fancy, dan Print. Selain bahan kaos, kamu juga bisa menemukan kain untuk bahan kaos polo yaitu Cotton Combed Pique Diamond dan CVC Pique Hexagon dan bahan jaket, sweater, dan pakaian hangat seperti Fleece dan Baby Terry. 

Knitto Textiles menawarkan banyak jenis kain dalam variasi warna yang beragam, kain Cotton Combednya saja tersedia dalam 6 jenis ketebalan dan 100 varian warna menarik. Yuk tunggu apa lagi, kunjungi cabang atau website Knitto Textiles untuk mengecek koleksi kain kaos, polo shirt, dan jaket yang berkualitas premium! Sampai bertemu di artikel selanjutnya ya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur