3 Jenis Kain Terbaik Yang Cocok jadi Media Sablon Sublim

0
5/5 - Vote count: 31 votes

3 Jenis Kain yang Cocok jadi Media Sablon SublimHi Knittopreneurs! Dalam artikel ini Minto akan bahas seputar sablon sublim. Sablon sublim ini cukup sering digunakan untuk keperluan membuat pakaian olahraga, seragam tim, dan lain-lainnya. Gak perlu lama, yuk kita pelajari lebih lagi tentang sublim dibawah ini.

Media Sablon Sublim
Media Sablon Sublim

Apa itu Sablon Sublim?

Sablon Sublim atau sublimasi adalah proses pencetakan desain atau gambar menggunakan tinta sublimasi yang ada pada kertas transfer yang kemudian dipanaskan untuk mengubah tinta tersebut menjadi gas yang menembus serat kain.

Proses sublimasi terjadi ketika tinta sublimasi dipanaskan pada suhu yang tepat. Gas tinta sublimasi ini menembus permukaan kain dan menyerap pada serat-serat kain. Setelah menyerap pada serat-serat, gas tinta sublimasi akan kembali menjadi padat sehingga menempel pada serat kain. Hasilnya adalah gambar atau desain yang terikat secara permanen dengan serat kain.

Kelebihan dan Kekurangan Sablon Sublim

Kelebihan sablon sublim atau sublimasi adalah sablon ini sangat mampu untuk menghasilkan gambar atau desain yang cukup jernih, tidak mudah pudar, dan dapat bertahan lama. Hal ini dikarenakan oleh tinta sublimasi menyerap ke dalam serat kain, sehingga gambar atau desain tidak akan mengelupas, pecah, atau terkelupas seperti hasil sablon lainnya.

Proses sablon sublimasi juga menjadi pilihan karena saat kita akan menyablon tidak ada batasan warna sehingga bisa dibilang dapat menyablon desain yang lebih rumit dan beragam. Tentunya ini juga jadi pertimbangan banyak orang mengingat beberapa jenis sablon dan print hanya bisa menggunakan 5-6 jenis warna sehingga kreativitas dan desain lebih terbatas.

Kekurangannya sablon sublim atau sublimasi hanya bisa digunakan untuk kain yang memiliki kandungan Polyester. Hal ini karena tinta sublimasi hanya bisa menempel pada serat Polyester karena tintanya tidak bisa mengikat pada serat alami seperti pada kain berbahan katun. Oleh karena itu, sublimasi lebih umum digunakan dalam pencetakan pakaian olahraga, bendera, spanduk, dan produk-produk lain yang terbuat dari kain Polyester.

Kegunaan Sablon Sublim

Tak hanya untuk kain sajaa,  sablon sublimasi memiliki banyak kegunaan di berbagai industri, terutama dalam pencetakan produk berbahan kain poliester atau dengan lapisan Polyester. Berikut adalah beberapa kegunaan dari sablon sublimasi:

  • Pakaian Olahraga dan Jersey

Sablon sublimasi sering jadi pilihan dalam pembuatan pakaian olahraga yang bermotif, seperti jersey sepak bola, basket, atau voli. Dengan sablon sublimasi, gambar atau desain dapat dicetak secara jernih dan tentunya awet , memberikan hasil yang tahan lama, detail yang tinggi, dan warna yang kaya.

  • Spanduk dan Bendera

Sablon sublimasi digunakan dalam pembuatan spanduk, bendera, atau banner dengan kain poliester. Proses sublimasi memungkinkan cetakan yang tahan lama dan tajam, sehingga produk-produk ini cocok untuk keperluan promosi, iklan, atau dekorasi.

  • Produk Promosi dan Souvenir

Sablon sublimasi tidak hanya cocok untuk kain saja lho, sablon sublim ini bisa digunakan dalam pembuatan produk promosi, seperti t-shirt promosi, tas, topi, mug, atau produk souvenir lainnya. Dengan sablon sublimasi, logo perusahaan, slogan, atau gambar promosi dapat dicetak dengan jelas dan tahan lama pada produk-produk tersebut dan aman bila dicuci berkali-kali sekalipun

  • Peralatan dan Perlengkapan Olahraga

Selain untuk pakaian olahraga, sablon sublimasi bisa digunakan pada peralatan olahraga, seperti bola sepak, bola basket, bola voli, raket tenis, atau perlengkapan lainnya. Dengan sablon sublimasi, logo, merek, atau desain dapat dicetak secara langsung pada permukaan peralatan, dengan hasil yang tahan lama.

3 Jenis Kain yang Cocok jadi Media Sablon Sublim

Kain yang cocok untuk sablon sublimasi adalah kain yang berbahan 100% Polyester atau kain serat campuran dengan kandungan polyester yang tinggi. Hal ini dikarenakan oleh tinta sublimasi hanya bisa menempel pada serat polyester dan tidak dapat mengikat pada serat alami seperti pada serat kapas atau serat linen.

Berikut adalah beberapa jenis kain yang dapat digunakan untuk sablon sublimasi:

  • Kain Polyester

Kain polyester adalah pilihan utama untuk sablon sublimasi karena seratnya secara alami dapat menyerap tinta sublimasi dengan baik. Kain polyester memiliki karakteristik yang memungkinkan pencetakan yang tajam, detail yang tinggi, dan warna yang cerah. Jenis-jenis kain poliester yang sering digunakan termasuk polyester satin, polyester mesh, polyester microfiber, dan lainnya.

  • Kain Dengan Lapisan Polyester

Beberapa kain non-polyester juga dapat digunakan untuk sablon sublimasi jika memiliki lapisan polyester pada permukaannya. Misalnya, kain katun dengan lapisan poliester atau kain linen dengan lapisan polyester dapat memberikan hasil cetakan sublimasi yang baik karena tinta sublimasi dapat menempel pada lapisan polyester.

  • Kain Campuran

Ada juga kain campuran yang menggabungkan poliester dengan serat lain seperti katun atau rayon. Kain campuran dengan persentase polyester yang cukup tinggi juga dapat digunakan untuk sablon sublimasi, karena tinta sublimasi dapat menempel pada serat poliester dalam campuran tersebut.

Penting untuk diingat bahwa sablon sublimasi tidak akan berhasil pada kain yang terbuat dari serat alami seperti kain katun, linen, atau rayon, kecuali jika ada lapisan polyester yang melapisi kain tersebut.

Rekomendasi Kain Polyester Knitto Textiles

Knittopreneurs tahu nggak sih di Knitto Textiles kamu bisa temukan kain yang cocok banget buat media sablon sublim dan kaos olahraga? Yup, kain itu adalah Polyester Activedry.

polyester activedry 1

Polyester Activedry merupakan kain yang dirancang khusus untuk olahraga. Kain ini terbuat dari 100% Polyester yang dirancang khusus agar bisa menyerap keringat dengan cepat dan cepat kering. Kain ini juga dilengkapi dengan lubang yang  berfungsi sebagai “ventilasi” yang terbentuk sesuai pola rajutan kainnya. Terdapat 4 jenis motif rajut yaitu: Evolt, Marton, Diamond, dan Aero. Kain ini sangat cocok untuk bahan pakaian olahraga, seragam tim, dan lain-lainnya. Tentunya kain ini aman dijadikan media sablon!

Tunggu apa lagi? Yuk cepetan coba dan beli kainnya di Knitto Textiles. Untuk lihat katalog lengkap kamu bisa kunjungi www.knitto.co.id ya! See you in another article!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur