Tips Memadukan Outfit Vintage dengan Gaya Modern

0
Rate this post

Knittopreneurs, apakah kamu sadar sekarang ini tren fashion tidak hanya mengikuti yang sedang populer atau tren terbaru tetapi tren fashion vintage juga menjadi pilihan masyarakat dalam berpakaian. Ternyata meskipun sudah lahir dari beberapa dekade, tetapi outfit vintage masih menjadi favorit ya. Maka dari itu pada artikel kali ini Minto ingin memberikan tips bagaimana memadukan outfit vintage dengan gaya modern, agar pakaian vintage dan pakaian yang kamu punya yang mengikuti tren saat ini tetap bisa kamu gunakan.

Apa Itu Outfit Vintage?

Outfit vintage adalah salah satu gaya fashion yang sedang menjadi trend di era modern ini. Outfit vintage merujuk pada pakaian-pakaian yang memiliki karakteristik fashion dari era 1920-an hingga 1980-an. Gaya ini terkenal karena memiliki ciri khas yang unik dan dapat memberikan kesan elegan, glamor, dan vintage pada penampilan seseorang.

Bagi para pecinta fashion, outfit vintage adalah pilihan yang tepat untuk menunjukkan gaya yang klasik namun tetap modis di zaman modern. Kamu dapat mengkombinasikan pakaian vintage dengan aksesori dan sepatu modern agar tampilan kamu lebih stylish.

Pilihan outfit vintage yang populer adalah dress dengan model A-line, celana lebar, sweater, dan blazer. Kamu dapat memilih pakaian-pakaian vintage dengan bahan-bahan seperti sutra, wol, katun, dan denim yang memberikan nuansa retro pada tampilan kamu.

Apa saja yang termasuk Outfit Vintage?

Outfit vintage terdiri dari berbagai macam pakaian yang berasal dari era 1920-an hingga 1980-an. Berikut beberapa contoh pakaian yang termasuk dalam kategori outfit vintage:

  • Dress dengan model A-line atau flare, yang memiliki lekuk atau flare di bagian bawahnya, dan sering dipadukan dengan waist belt.
  • Celana high-waist, yang sering dijuluki sebagai mom jeans atau wide-leg pants, dan memiliki potongan longgar di bagian paha dan kaki.
  • Sweater dengan motif atau pola unik, yang populer pada tahun 1950-an dan 1960-an seperti polkadot, garis-garis, atau motif houndstooth.
  • Blazer dengan model yang klasik dan elegan, seperti double-breasted atau single-breasted blazer.
  • Jumpsuit, dengan potongan klasik yang biasanya memiliki kerah atau lengan yang panjang.

Kesan vintage sebenarnya tidak hanya didapatkan dari pakaian saja, aksesoris dan sepatu juga sebenarnya bisa memberikan rasa untuk penampilan vintage menjadi lebih kuat lagi. Contoh aksesoris dan sepatu yang cocok untuk outfit vintage:

  • Topi fedora, bowler hat, atau floppy hat.
  • Kacamata cat-eye atau kacamata aviator dengan frame metalik.
  • Kalung panjang, anting-anting yang besar, gelang dan cincin yang unik dengan perhiasan batu-batu kecil.
  • Sepatu seperti kitten heels, loafers, sepatu oxford, sepatu boot vintage dan sepatu mary jane.
  • Tas tangan dengan desain vintage seperti clutch dan satchel.

Tips Memadukan Outfit Vintage dengan Gaya Modern

outfit vintage

Memadukan outfit vintage dan modern bisa menjadi cara yang menarik untuk menciptakan gaya yang unik dan menampilkan kepribadian yang berbeda. Berikut beberapa tips memadukan outfit vintage dan modern:

  1. Jangan gunakan pakaian vintage dan modern yang terlalu banyak: Sebaiknya pilih satu atau dua item pakaian vintage dan padukan dengan pakaian modern. Hal ini akan membantu untuk menciptakan keseimbangan yang pas antara kedua gaya.
  2. Pilih aksesori modern yang cocok: Untuk menyeimbangkan outfit vintage, gunakan aksesori modern seperti tas atau sepatu untuk memberikan nuansa yang lebih modern pada tampilan kamu.
  3. Sesuaikan dengan jenis pakaian: Pilih jenis pakaian yang tepat ketika memadukan outfit vintage dan modern. Misalnya, padukan celana high-waisted vintage dengan crop top modern, atau dress vintage dengan blazer modern.
  4. Perhatikan warna dan pola: Saat memadukan outfit vintage dan modern, perhatikan warna dan pola pakaian yang kamu gunakan. Jangan menggunakan warna atau pola yang bertabrakan, atau paduan warna dan pola yang terlalu ramai.
  5. Jangan takut bereksperimen: Memadukan outfit vintage dan modern dapat menjadi kesempatan untuk bereksperimen dengan gaya kamu. Cobalah untuk memadukan pakaian vintage dengan gaya modern yang lebih trendy, atau sebaliknya, memadukan pakaian modern dengan aksesori vintage yang klasik.
  6. Pilih pakaian vintage yang tepat: Saat memadukan outfit vintage dan modern, pilihlah pakaian vintage yang masih dalam kondisi baik dan mudah dipadukan dengan pakaian modern. Hindari memilih pakaian vintage yang terlalu kuno atau sudah rusak.

Selain mengkombinasikan dengan pakaian yang lebih modern, jika kamu memang lebih menikmati menggunakan outfit vintage, Minto juga punya beberapa tips untuk kamu menggunakan pakaian vintage agar terlihat lebih stunning.

Tips Menggunakan Outfit Vintage

  • Pilih pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh kamu.

Hindari memilih pakaian vintage hanya karena terlihat unik dan menarik, tetapi pastikan juga cocok dengan bentuk tubuh kamu. Pilihlah pakaian vintage yang memberikan kenyamanan dan kesan yang menarik pada tubuh kamu.

  • Konsisten dengan tema

Saat memilih outfit vintage, pastikan untuk konsisten dengan tema yang ingin kamu tampilkan. Misalnya, jika kamu ingin menampilkan gaya vintage era 1950-an, pilihlah pakaian dan aksesori yang khas dari era tersebut, seperti dress flare, sepatu kitten heels, dan kacamata cat-eye.

  • Perhatikan kualitas pakaian

Sebelum membeli pakaian vintage, pastikan untuk memeriksa kualitasnya terlebih dahulu. Pilih pakaian yang masih dalam kondisi baik dan tidak terlalu usang atau rusak. Kamu juga dapat memilih pakaian yang diproduksi pada waktu yang sama dengan tahun yang ingin kamu tampilkan pada gaya kamu.

  • Bermain dengan warna dan pola

Outfit vintage seringkali memiliki warna dan pola yang unik dan berbeda dari gaya modern saat ini. Cobalah untuk bermain dengan warna dan pola yang lebih cerah dan mencolok untuk menambahkan kesan vintage yang lebih kuat pada tampilan kamu.

  • Mengkombinasikan dengan aksesori modern

Agar tampilan outfit vintage kamu lebih modern, kamu bisa memadukan dengan aksesori yang lebih modern, seperti sepatu atau tas modern yang kontras dengan pakaian vintage. Namun, pastikan untuk memilih aksesori yang tidak terlalu mencolok dan tetap sesuai dengan gaya vintage kamu.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat menggunakan outfit vintage dengan lebih baik dan terlihat stylish dalam gaya yang klasik dan elegan. Tetapi, pastikan juga untuk memilih pakaian dan aksesori yang membuat kamu merasa nyaman dan percaya diri saat mengenakannya. Juga dengan mengkombinasikan pakaian vintage dan pakaian modern yang kamu punya juga mengikuti tips yang sudah Minto berikan sebelumnya bisa memberikan tampilan yang berbeda pada penampilan.

Baca Juga: 5 Tren Busana Pesta yang Akan Membuatmu Tampil Memukau di Setiap Acara

Terima kasih sudah membaca artikel Minto sampai akhir ya, semoga informasi yang Minto sajikan ini bisa bermanfaat untuk kamu dan menambah informasi untuk Knittopreneurs. Jangan lupa share atau vote artikel ini ya, dan kamu juga bisa membaca artikel lainnya di Blog Knitto.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur