Mengenal Apa Itu Rakel, Bagian-Bagian Serta Rekomendasi Bahannya yang Bagus

0
5/5 - Vote count: 75 votes

Mengenal Apa Itu Rakel, Bagian-Bagian Serta Rekomendasi Bahannya yang Bagus –  Proses screen printing, atau yang biasa kita kenal dengan sablon, melibatkan sebuah alat yang memiliki peran penting untuk menciptakan hasil sablonan yang berkualitas tinggi. Alat tersebut biasa dikenal dengan Rakel.

Mengenal Apa Itu Rakel, Bagian-Bagian Serta Bahan Rakel yang Bagus
Mengenal Apa Itu Rakel, Bagian-Bagian Serta Bahan Rakel yang Bagus

Rakel berfungsi sebagai alat untuk mendorong dan menekan tinta sablon yang ada pada screen (layar sablon) agar tinta dapat menempel pada kain. Agar tidak salah dalam menggunakan dan mengenali fungsi tiap bagiannya, simak artikel mengenai alatnya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Rakel, Bagian-Bagian Serta Rekomendasi Bahannya yang Bagus

Apa Itu Rakel?

Rakel merupakan alat yang digunakan dalam proses screen printing (sablon manual). Fungsi utamanya adalah untuk mendorong dan menekan tinta diatas screen (kain kasa dengan desain cetak) agar menembus dan dapat tercetak pada permukaan bahan seperti kain. Secara umum, rakel akan terdiri dari 2 bagian utama, yaitu karet dan pegangan. Keduanya digunakan untuk mengontrol tekanan dan arah tinta selama proses sablon.

Fungsi Rakel Dalam Proses Sablon

Proses Sablon Menggunakan Rakel
Proses Sablon Menggunakan Rakel

Fungsi utama rakel yaitu untuk mendorong tinta, agar tinta dapat menembus screen dan tercetak pada permukaan bahan serta memastikan bahwa tinta tersebut dapat tersebar secara merata. Selain itu, secara spesifik ada pula beberapa fungsinya dalam dunia sablon:

  1. Mampu membuat tinta untuk dapat menyebar secara merata, dan dapat menembus screen, sehingga dapat tercetak pada permukaan bahan. 
  2. Knittopreneurs bisa mengatur tinta yang akan diberikan dan memastikan hasil sablon sesuai dengan kebutuhan.
  3. Dapat meratakan tinta diatas screen untuk memastikan bahwa setiap area desain mendapatkan lapisan tinta yang konsisten dan merata.
  4. Penggunaannya juga dapat menghindari penggunaan tinta yang berlebihan, sehingga proses sablon akan lebih hemat dan efisien.
  5. Dengan menggunakan alat sablon yang satu ini, Knittopreneurs bisa menghasilkan sablonan dengan detail yang jelas serta warna yang solid.

Baca Juga: Jenis Macam Macam Teknik Sablon Kaos Yang Harus Diketahui

Bagian-Bagian Pada Rakel

Anatomi dari Bagian-Bagian Rakel
Anatomi dari Bagian-Bagian Rakel

Ada dua bagian utama pada alat untuk sablon yang satu ini, yang masing-masingnya memiliki fungsi tertentu:

1. Karet Rakel

Bagian ini terbuat dari karet yang fleksibel dan kuat. Karet yang dipasang akan langsung bersentuhan dengan tinta dan screen, maka kualitasnya pun sangat berpengaruh pada hasil sablon.

2. Pegangan Rakel 

Bagian ini berfungsi sebagai pegangan saat Knittopreneurs menggunakannya. Biasanya pegangan akan terbuat dari kayu atau aluminium. Dengan menggunakan pegangan yang nyaman, Knittopreneurs akan lebih mudah dalam melakukan proses sablon.

4 Pilihan Bahan Rakel yang Bagus

Pemilihan bahan rakel yang tepat merupakan faktor penting dalam sablon manual. Bahan dari alat sablon ini dapat mempengaruhi daya tahan alat, kualitas cetakan serta ketajaman hasil sablon. Ini dia beberapa rekomendasi bahan yang bagus dan sering digunakan para konveksi untuk menyablon:

1. Karet Polyurethane (PU)

Polyurethane merupakan bahan yang umum digunakan. Karet polyurethane sering digunakan karena mempunyai daya tahan yang kuat, elastisitas yang baik, dan kemampuan menghasilkan cetakan sablon yang berkualitas tinggi. 

2. Karet Alam (Natural Rubber)

Selain polyurethane, karet alami juga bisa digunakan sebagai bahan, meskipun tidak seumum PU. Karet alami biasanya lebih lembut dibandingkan PU, jenis ini biasanya berguna untuk sablonan tertentu, terutama untuk bahan-bahan halus. Namun, kelemahan utama karet alam adalah kurangnya daya tahan terhadap bahan kimia dan gesekan dibandingkan polyurethane.

3. Pegangan Aluminium

Ilustrasi Rakel yang Belum Dipakai dengan Pegangan Aluminium
Ilustrasi Rakel yang Belum Dipakai dengan Pegangan Aluminium

Untuk bagian pegangan, aluminium menjadi pilihan yang tepat versi Minto. Tentunya, karena beberapa alasan:

  • Aluminium lebih ringan daripada bahan lainnya seperti kayu atau besi, sehingga memudahkan penggunaan dalam jangka waktu lama tanpa membuat tangan cepat lelah.
  • Pegangan aluminium memiliki daya tahan yang tinggi dan tidak mudah bengkok sehingga pegangan akan menjadi lebih awet. 
  • Pegangan aluminium memberikan kontrol yang lebih baik terhadap tekanan dan sudut, sehingga memudahkan penggunanya untuk mendapatkan hasil sablon yang presisi.

4. Pegangan Kayu

Selain menggunakan pegangan aluminium, pegangan kayu juga masih populer di kalangan pengusaha sablon karena beberapa kelebihan berikut:

  • Kayu memberikan pegangan yang nyaman, tidak licin, dan alami, terutama ketika digunakan dalam waktu yang lama.
  • Pegangan kayu umumnya lebih murah daripada aluminium dan banyak tersedia di pasaran.
  • Seperti aluminium, kayu juga cukup ringan, membuat penggunanya lebih mudah untuk mengontrol penggunaan alat sablon yang satu ini.

Baca Juga: 4 Jenis Kain Yang Cocok Untuk Membuat Kaos Sablon

4 Macam-Macam Jenis Rakel

Rakel Alat Untuk Menyablon
Rakel Alat Untuk Menyablon

Kenali juga macam-macam jenis alat sablon yang bisa Knittopreneurs pilih untuk dipakai sebagai alat bantu screen printing atau sablon!

1. Rakel Lancip

  • Karakteristik: Memiliki ujung yang tajam dan kedua sisi miring secara simetris.
  • Fungsi: Cocok untuk desain yang detail dan halus, seperti foto atau gradien warna. Mampu memberikan tekanan yang merata pada seluruh permukaan screen.

2. Rakel Kotak

  • Karakteristik: Memiliki ujung yang datar dan berbentuk persegi panjang.
  • Fungsi: Cocok untuk desain yang sederhana dan membutuhkan lapisan tinta yang tebal. Sering digunakan untuk mencetak desain blok warna.

3. Rakel Bulat

  • Karakteristik: Ujungnya berbentuk bulat.
  • Fungsi: Digunakan untuk mencetak desain blok atau area yang luas. Juga sering digunakani untuk membersihkan tinta sisa pada screen.

4. Rakel Lancip Sebelah

  • Karakteristik: Hanya satu sisi yang miring, sisi lainnya datar.
  • Fungsi: Cocok untuk proses cetak dengan mesin satu arah. Mampu memindahkan tinta dalam jumlah yang banyak.

Tips Memilih Rakel yang Tepat

Ada beberapa faktor yang bisa Knittopreneurs pertimbangkan dalam memilih jenis rakel yang tepat untuk usaha konveksi, atau kegiatan sablon yang akan dilakukan. Di antaranya yaitu:

  • Jenis tinta: Tinta yang digunakan akan mempengaruhi pemilihan jenisnya. Tinta yang kental membutuhkan alat sablon yang lebih lembut, sedangkan tinta yang encer membutuhkan karet dan pegangan yang lebih keras.
  • Jenis kain screen: Kualitas dan ketebalan kain screen juga mempengaruhi pemilihannya. Kain screen yang halus membutuhkan alat sablon yang tidak terlalu keras, sedangkan kain screen yang kasar sebaliknya.
  • Desain yang akan dicetak: Desain yang detail dan halus membutuhkan jenis yang lancip, sedangkan desain yang sederhana dan tebal membutuhkan jenis yang tumpul.
  • Media yang akan dicetak: Jenis permukaan media yang akan dicetak juga mempengaruhi pemilihannya. Permukaan yang kasar membutuhkan yang lebih keras, sedangkan permukaan yang halus akan sebaliknya.

Tips Menggunakan Rakel

Jika Knittopreneurs masih bingung dalam menggunakannya, Minto akan berikan beberapa tips yang bisa diperhatikan:

  • Gunakan tekanan yang sesuai, karena intensitas tekanan yang digunakan akan mempengaruhi hasil sablon.
  • Selalu jaga kebersihan alat sablon, ganti bagian-bagian yang sudah terlihat rapuh (baik dari pegangan maupun karet) agar hasil sablon akan tetap berkualitas.
  • Simpan di tempat yang sejuk dan kering, agar tidak cepat rusak. Tentunya setelah pemakaian, alatnya pun harus dibersihkan dengan benar, ditunggu hingga tidak ada sisa air sebelum disimpan di tempat yang tepat.

Semoga artikel ini dapat membantu Knittopreneurs dalam memproses screen printing, ya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]