5 Sablon Manual dan Digital Terbaik Untuk Kaos

0
4.8/5 - Vote count: 100 votes

5 Sablon Manual dan Digital Terbaik Untuk Kaos – Ketika kamu membuat kaos dengan variasi sablon, biasanya jenis sablon mana yang paling sering kamu gunakan Knitters? Apakah sablon manual atau sablon digital? Lalu jenis tinta mana yang kamu pilih? Secara macam macam sablon yang bisa digunakan sangat banyak ya. 

Berbicara tentang macam macam sablon, kami punya beberapa rekomendasi jenis sablon yang awet dan tahan lama untuk kamu gunakan sebagai variasi dalam mencetak gambar di atas kaos.

sablon manual
sablon manual

Berikut ini macam macam sablon terbaik yang bisa kamu coba untuk mencetak gambar atau tulisan pada kaos.

Macam Macam Sablon Manual dan Penjelasannya

Sablon adalah sarana yang digunakan untuk mencetak tulisan maupun gambar pada berbagai media, dan paling banyak digunakan pada media kaos atau kain.

Sablon manual merupakan teknik sablon yang sesuai dengan namanya yaitu pengerjaannya masih manual menggunakan tangan yang dikerjakan oleh para sumber daya manusia yang sudah terlatih, sehingga dibutuhkan keterampilan khusus untuk bisa mengerjakan sablon manual ini.

macam macam sablon manual yang sudah terkenal di kalangan masyarakat antara lain, Sablon Rubber, Sablon Plastisol, Sablon Glow In The Dark, Sablon Pigmen, dan Sablon Discharge. Dari masing-masing sablon tentu mempunyai kekurangan dan kelebihan, dan hasil dari sablonnya pun berbeda-beda. 

Agar kamu tidak bingung, kami akan sedikit menjelaskan tentang masing-masing jenis sablon manual ini.

Sablon Manual Rubber

Sablon Rubber terkenal sekali sebagai salah satu jenis sablon dengan penggunaan yang paling banyak untuk mencetak gambar atau tulisan, dan juga harga sablonnya cukup terjangkau. Bahan dasar dari Sablon Rubber adalah karet sehingga jenis sablon ini dapat merekat dengan baik pada bahan kaos yang digunakan. 

Tinta yang digunakan sablon Rubber juga merupakan jenis sablon water based atau berbasis air. Maksudnya adalah tinta bisa dicampurkan dengan air untuk menghasilkan warna yang lebih kaya. Terdapat tiga jenis tinta yang mempunyai kegunaan tersendiri yaitu:

  • Tinta Rubber Putih: Digunakan untuk sablon putih pada kain gelap.
  • Tinta Rubber Netral: Digunakan untuk campuran sebagai penetral warna
  • Tinta Rubber Transparan: Sebagai campuran dengan warna lain agar menghasilkan warna yang lebih cerah.

Sablon Manual Plastisol

Jika kamu mau menggunakan jenis sablon yang kekuatan sablonnya lebih baik dari Sablon Rubber, kami sarankan untuk menggunakan Sablon Plastisol. Karena banyak yang mengakui jika kualitas tinta sablon Plastisol ini adalah yang terbaik, durabilitas dari sablonannya tahan lama alias awet. 

Sablon Plastisol menggunakan jenis oil based atau berbasis minyak. Sablon jenis ini juga akan lebih baik hasilnya ketika digunakan pada kain atau media berwarna gelap, hasil sablonannya bisa menyerupai atau persis seperti gambar aslinya, dan efek warna yang didapatkan dari jenis sablon ini pun sangat bagus.

Selain warna sablon nya yang pekat, cerah dan tidak terlihat kusam, ketahanan sablonnya yang awet, sablon plastisol juga tidak akan membuat permukaan kaos nya menjadi kasar, hasil sablonnya juga terasa lembut. Perawatan jenis sablon ini pun tidak terlalu susah.

Tetapi dengan begitu banyaknya kelebihan pada sablon Plastisol, ada harga yang cukup mahal yang harus kamu siapkan jika ingin menggunakan jenis sablon ini.

Sablon Manual Glow In The Dark

Seperti namanya, Sablon Glow In The Dark ini dapat menyala jika kaos digunakan di ruangan atau tempat-tempat yang gelap. Bahan utama dari jenis sablon ini adalah Fosfor, dari segi ketahanannya jenis sablon ini termasuk sablon yang tahan lama.

Jenis sablon ini cukup untuk dan memberikan daya tarik tersendiri ya, karena terdapat segi “Entertainment” nya, jika digunakan untuk sablon kaos anak-anak pasti sangat lucu dan akan digemari juga.

Sablon Manual Pigmen

Kamu mau mencetak gambar atau tulisan pada kaos atau media dengan warna cerah? Kamu bisa menggunakan jenis sablon Pigmen, hanya saja memang jenis sablon ini lebih kaku dibandingkan dengan jenis sablon sebelumnya ya, dan kekurangannya adalah jika sablon ini luntur maka sisa tinta akan menempel pada kaos.

Sablon Manual Sablon Discharge

Kamu mau menggunakan jenis sablon lainnya yang tidak kalah unik dan kualitasnya bagus? Kamu bisa coba gunakan jenis sablon Discharge atau dikenal juga dengan nama Sablon cabut warna.

Sablon discharge adalah sablon yang dikerjakan dengan cara manual yang menggunakan jenis tinta yang dapat mengubah warna dasar kainnya menjadi sama dengan warna tinta yang digunakan.

Tinta sablon discharge ini dengan memadukan tinta super white dengan binder atau bubuk khusus, kedua bahan ini digunakan untuk menghilangkan zat warna pada kainnya. Setelah warna dasar dari kainnya sudah hilang barulah diganti dengan tinta sablon yang akan menghasilkan sablonan yang senada dan lebih cantik.

Baca Juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Sablon Discharge

Macam Macam Sablon Digital dan Penjelasannya

Sablon Digital adalah teknik mencetak gambar, tulisan atau desain yang sudah disiapkan yang mana pengerjaannya menggunakan mesin dan beberapa bantuan alat lain namun cenderung lebih praktis.

Pada Sablon Digital terdapat beberapa teknik sablon, seperti:

  • Sablon DTG
  • Sablon Polyflex

Berikut ini penjelasan, dari macam macam sablon digital yang bisa kamu coba.

Sablon DTG 

Sablon DTG atau Direct To Garment adalah jenis sablon terbaik versi Sablon Digital. Sablon DTG atau Direct To Garment adalah teknik sablon yang mencetak gambar secara langsung pada kaos atau media cetak lainnya, sehingga tidak memerlukan transfer paper, teknik sablon ini bisa langsung digunakan pada kaos, sehingga proses pengerjaannya bisa lebih cepat. Jadi tidak heran jika jenis sablon ini cocok digunakan untuk sablon satuan.

Jika untuk produksi satuan jenis sablon ini tentu sangat cocok digunakan karena cost produksinya masih bisa dikatakan aman, tetapi jika digunakan untuk produksi massal tentu saja biaya produksinya akan membengkak karena akan cenderung lebih mahal, jadi jenis sablon ini kurang disarankan untuk produksi besar ya.

Sablon Polyflex

Sablon Polyflex merupakan salah satu jenis sablon digital yang memakai bahan sejenis sticker yang di press menggunakan mesin press. Sifat dari jenis sablon ini elastis sehingga dipercaya lebih tahan lama, awet, kuat dan menempel dengan baik pada kaos.

Bagaimana pun sablon Polyflex tetap mempunyai kekurangan dan kelebihan dalam penggunaannya, seperti sablon Polyflex dengan kualitas tinggi dapat bertahan dengan waktu yang cukup lama, sablonan nya rapi, proses cetaknya cepat, tetapi memang jenis sablon ini tidak mempunyai varian warna yang banyak, menggunakan alat dan bahan yang cukup mahal, desain yang digunakan menjadi terbatas karena ukuran dari bahan Polyflex terbatas. Namun setidaknya jenis sablon ini bisa menjadi alternatif kan?

Jadi, penggunaan macam macam jenis sablon sebenarnya bisa Knitters sesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang kamu miliki. Maka dari itu, perencanaan produksi serta hitungannya harus dimatangkan terlebih dahulu sebelum memulai produksi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Knitters semua ya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur