10 Alat Sablon Kaos Manual Terbaik dan Lengkap

0
5/5 - Vote count: 64 votes

10 Alat Sablon Kaos Manual Terbaik dan Lengkap – Sablon kaos merupakan teknik percetakan pakaian atau kaos yang menggunakan tinta untuk menghasilkan beragam jenis desain.Permukaan kaos adalah lokasi di mana sablon akan dicetak, sehingga bahan dari kaos harus disesuaikan dengan alat sablon kaos manual untuk menghasilkan kualitas sablon yang terbaik dan tidak mengecewakan pembeli nantinya.

Alat Sablon Kaos Manual
Alat Sablon Kaos Manual

Kamu yang ingin memiliki bisnis sablon kaos penting untuk mengetahui apa saja yang perlu disiapkan dalam memulai bisnis sablon kaos. Pastinya yang harus kamu siapkan tidak akan lepas dari bahan dan alat sablon.

Walaupun jenis sablon kaos sangat banyak, tapi sablon manual atau yang tidak menggunakan mesin printer merupakan sablon yang paling banyak diminati. Walaupun memang masih memiliki kekurangan, sablon manual memungkinkan untuk menghasilkan sablon dengan kualitas yang baik.

Akan tetapi penting untuk mempersiapkan seluruh bahan dan alat yang diperlukan untuk dapat memulai bisnis sablon kaos manual sendiri. minto akan memberikan penjelasan lebih mengenai alat atau bahan yang diperlukan untuk memulai sablon kaos manual simak di bawah ini!

10 Alat Sablon Kaos Manual Terbaik dan Lengkap

  1. Alat Sablon Kaos Manual Coater

Coater adalah alat bantu yang digunakan untuk mengoleskan obat afdruk pada screen sehingga lapisan film obat afdruk dapat merata pada semua bidang permukaan. Dengan bantuan alat ini mempermudah kita untuk mengoleskan obat afdruk. 

Pemolesan yang rata akan mempengaruhi hasil akhir proses pengafdrukan serta hasil akhir sablon nya akan menjadi lebih baik.

  1. Alat Sablon Kaos Manual Emulsi

Emulsi adalah bahan kimia yang merupakan bagian penting dari proses sablon. Emulsi merupakan elemen yang peka terhadap cahaya yang akan mengeras pada kain saring/screen setelah dikeringkan. Cara kerja emulsi ini yaitu dengan menciptakan lapisan yang tepat yang akan menutup/memblokir tinta sehingga tidak dapat dicetak pada bahan. Permasalahan yang akan timbul pada saat afdruk/pembakaran screen menggunakan cahaya.

  1. Alat Sablon Kaos Manual Heat Gun

Sablon yang merupakan proses pencetakan gambar dengan tinta, sehingga penting untuk memastikan bahwa tinta kering seluruhnya. Pengeringan tinta dapat dibantu menggunakan pengering rambut atau yang dikenal dengan nama hair dryer / heat gun  ini.

  1. Alat Sablon Kaos Manual Kipas Angin

Kipas ini akan sangat membantu kamu dalam mengeringkan hasil afdruk lebih cepat. untuk itu harus disiapkan kipas angin agar proses pengeringan sablon lebih cepat selesai.

  1. Alat Sablon Kaos Manual Meja untuk Afdruk

Proses afdruk hanya dapat dilakukan pada permukaan yang rata. Itulah mengapa kamu juga perlu memastikan ada meja yang tersedia untuk digunakan diluar proses sablon utamanya. Meja tersebut akan digunakan untuk membuat afdrukan.

  1. Alat Sablon Kaos Manual Meja untuk Sablon

Selain meja untuk afdruk, ada juga meja untuk sablon yang satu ini. Meja sablon akan memastikan bahwa seluruh area print tercetak dengan presisi. Frame yang ada pada meja menjadi rujukan untuk mendapatkan presisi terbaik.

  1. Alat Sablon Kaos Manual Rakel

Selain coater, kamu juga membutuhkan rakel untuk meratakan tinta dalam proses sablon. Bedanya, rakel digunakan untuk meratakan sisa tinta sablon yang ada pada screen sablon. Hal ini kemudian yang menyebabkan rakel akan terbagi menjadi dua jenis untuk menghasilkan jenis perataan yang berbeda

  1. Alat Sablon Kaos Manual Screen Sablon

Berbentuk penyaring yang dibentangkan untuk menjadi saringan tinta yang digunakan untuk mencetak gambar. Sebelumnya dibuat dahulu bingkai untuk memastikan bahwa tinta-tinta pada screen sablon tidak tersebar melebihi batas yang ditentukan.

  1. Alat Sablon Kaos Manual Semprotan Air

Kamu juga harus menyiapkan semprotan air untuk membantu proses perontokan afdruk lebih cepat. Seperti diketahui afdruk akan menempel pada screen dan untuk memulai proses sablon terlebih dahulu afdruk harus rontok dan bersih dari screen. Jadi gunakan air yang disemprotkan dengan tekanan untuk memaksimalkan pembersihannya.

  1. Alat Sablon Kaos Manual Tinta Sablon

Bahan terakhir yang menjadi bahan utama dari sablon kaos adalah tinta sablon. Kamu tidak mungkin melakukan sablon tanpa tinta-tinta ini. Pastikan untuk menyediakan dua jenis tinta, yaitu tinta water base dan solvent base. Jadi kreasi tinta pada desain sablon kaos kamu tidak akan monoton.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur