6 Perbedaan Sablon Manual dan Digital

0
mesin sablon kaos digital terbaik

BELI SEKARANG

6 Perbedaan Sablon Manual dan Digital – Tentunya sablon sudah banyak dikenal oleh masyarakat umum. Secara awam, mungkin istilah sablon dapat diartikan sebagai cara untuk mencetak gambar pada suatu media (kain, plastik, kertas dan lainnya) dengan menggunakan tinta/cat.

6 Perbedaan Sablon Manual dan Digital

Jika berbicara mengenai cara manusia menghasilkan suatu barang selalu dikaitkan dengan 2 cara yaitu dengan menggunakan teknologi mesin (digital) atau dengan menggunakan tenaga manusia (manual). Begitu pula dengan dalam menghasilkan sablon pada kaos, dengan cara sablon digital maupun sablon manual. 

Untuk sablon digital sebenarnya tidak bisa disebut 100% digital sebab masih butuh banyak campur tangan manusia dalam menjalankan mesinnya sama seperti sablon manual. Cuma karena menggunakan mesin maka prosesnya menjadi lebih simpel dan cepat.

Sablon manual adalah teknik sablon yang menggunakan peralatan seperti screen, rakel dan lainnya yang sebagian besar proses penyablonannya masih menggunakan keahlian manusia yang mengerjakannya. 

Sablon digital adalah teknik sablon yang menggunakan mesin dalam menghasilkan sablonnya. Mesin yang dipergunakan adalah printer untuk mencetak gambar serta mesin press agar gambar melekat pada kaos. 

Untuk perbedaan Manual dan Digital adalah sebagai berikut:

Order yang dibutuhkan. Jika menggunakan sablon digital tanpa minimum order alias bisa pesan satuan. Hal inilah yang sering dijual oleh produsen sablon digital karena konsumen tidak perlu memesan dengan minimal order.

Namun jika menggunakan sablon manual biasanya menggunakan minimum order untuk mengurangi biaya produksi dan sulitnya dalam proses pembuatan.

Proses pengerjaan. Jika dengan sablon digital prosesnya cepat. Dengan sablon digital, pengerjaan satu lusin desain bisa dilakukan hanya dalam 1 jam saja. Namun jika dibandingkan dengan penggunaan sablon manual bisa membutuhkan waktu seharian.

Penggunaan media cetak. Jika dengan sablon digital media yang dipergunakan untuk mencetak di kaos adalah kertas transfer. Kertas transfer ini adalah salah satu faktor yang akan mempengaruhi hasil dari sablon digital nanti, bagus tidaknya, awet tidaknya sablonan pada kaos dipengaruhi oleh kertas transfer ini selain tinta yang dipergunakan. 

Terdapat berbagai jenis kertas transfer diantara berbasis Oracal dan Vinyl serta ada yang berbentuk gliter, beludru dan glow in the dark. Tapi untuk pengerjaan hasil sablon digital tentunya tidak se-variatif jika menggunakan sablon manual (sablon timbul, sablon gliter dan lainnya).

Pada sablon manual, media yang dipergunakan dalam menyablon di kaos adalah tinta yang nantinya akan dicetak dalam screen agar desain yang ada dapat tercetak pada kaos. Jenis tinta manual jauh lebih bervariasi daripada kertas transfer digital.

Desain yang exclusive. Jika dengan sablon digital, satu desain satu kaos bisa diterapkan, sebab bisa jadi hanya kita yang mengenakan kaos dengan desain tersebut. Selera setiap konsumen pastinya berbeda satu sama lain, maka dengan penggunaan teknik sablon digital ini maka kepuasan konsumen dalam memilih selera desain yang diinginkan adalah tujuan dari produsen sablon digital.

Namun desain yang exclusive juga tetap bisa dilakukan dengan sablon manual, jika memang ada produsen yang menjual jasa tersebut. Akan tetapi harganya tentu bisa lebih mahal dari pada sablon digital sebab proses manual jauh lebih rumit dan lama. Oleh karena itu, biasanya sablon manual terdapat minimal order untuk mengurangi biaya produksi yang rumit.

Setelah memahami penjelasan dan bagaimana cara kerja dari kedua manual dan digital, selanjutnya minto akan memberikan penjelasan mengenai apa saja perbedaan sablon manual dan digital, dilihat dari 8 faktor yang harus diketahui sebagai berikut :

  • Biaya

Pada sablon manual, biaya yang akan kamu keluarkan untuk pengerjaan 1 buah kaos akan lebih mahal apabila dibandingkan sablon digital, namun apabila kamu ingin memesan kaos dalam jumlah banyak, maka sablon manual akan jauh lebih murah.

Sedangkan untuk sablon digital, pengerjaan 1 buah kaos atau berapapun kaosnya bisa dilakukan dalam waktu yang relatif cepat namun investasi yang dibutuhkan untuk membeli printer dan komputer, dan juga biaya pemeliharaan kedua alat tersebut akan jauh lebih mahal, sehingga para vendor sablon digital tidak semudah itu memberikan diskon untuk pemesanan jumlah besar.

  • Kerumitan Pengerjaan

Perbedaan sablon manual dan sablon digital adalah pada kerumitan pengerjaan, yang tentunya akan berpengaruh kepada poin pertama di atas, yaitu biaya yang dibutuhkan untuk proses sablon 1 kaos.

Untuk sablon manual, pengerjaannya akan lebih rumit mengingat kamu membutuhkan beberapa peralatan terpisah, dan harus mencetak desain sablon secara manual tanpa bantuan mesin cetak atau komputer.

  • Lama Pengerjaan

Lamanya pengerjaan yang dibutuhkan pada sablon manual menjadikan ini kurang unggul di bidang ini, dan untuk yang membutuhkan satu atau banyak kaos dalam waktu cepat maka sebaiknya menggunakan sablon digital saja.

Untuk jenis yang bisa digunakan, pada sablon manual akan lebih fleksibel dan bisa mencetak pada jenis bahan apa saja tergantung dari jenis tinta yang digunakan, namun pada sablon digital umumnya akan lebih optimal apabila menggunakan bahan yang 100% cotton karena hasilnya akan lebih bagus dibandingkan dengan bahan yang bukan dari cotton.

  • Kualitas Warna

Umumnya hasil cetakan pada sablon digital akan memiliki ketebalan tinta yang lebih tipis, sehingga, tergantung dari desain, terkadang akan terlihat lebih pudar apabila dibandingkan sablon manual.

Sementara untuk sablon manual, karena tingkat ketebalan bisa diatur sendiri oleh pekerja nya, maka umumnya warna sablon akan terlihat lebih cerah dan tebal yang menjadikan desain tampak lebih nyata.

  • Daya Tahan

Banyak yang menganggap sablon digital akan lebih tahan lama dan juga sebaliknya, namun pada kenyataannya kedua bisa memiliki daya tahan yang baik asalkan menggunakan tinta, bahan kaos, dan teknik pengerjaan yang tepat.

TOKO BAHAN KAOS BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat,

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*