7 Bahan Baju Yang Bagus Terbaik Untuk Produksi Kaos

0
5/5 - Vote count: 185 votes

7 Bahan Baju Yang Bagus Untuk Produksi Kaos – Menilik ke beberapa waktu lalu jenis bahan baju yang bagus mungkin tidak sebanyak sekarang, dan di zaman yang sudah semakin modern ini, pilihan menggunakan bahan baju juga dalam membuat busana atau pakaian sudah semakin beragam. Bukan hanya model pakaiannya saja, jenis bahan baju nya juga semakin bervariasi.

Dulu kita mengenal bahan baju itu ya yang polos-polos saja, warna-warna yang ada pun merupakan warna basic, tapi sekarang segala jenis warna kain ada di pasaran mulai dari warna-warna yang soft sampai warna yang menyala sepertinya tersedia dan banyak yang menggunakan. Begitu juga dengan jenis bahan baju nya, sangat variatif dan bisa kita bedakan sesuai dengan kegunaan kainnya.

Setiap jenis bahan baju yang ada pasti mempunyai fungsi nya tersendiri, seperti 7 jenis bahan baju yang paling bagus ini yang merupakan bahan untuk membuat kaos dan juga ada beberapa jenis bahan baju lainnya untuk membuat kaos polo dan membuat jaket. Simak penjelasannya berikut ini.

Jenis Bahan Baju Yang Bagus Untuk Kaos

Daripada kamu bingung memilih bahan baju kaos yang bagus untuk produksi bisnismu, lebih baik simak dulu ulasan dari kami tentang jenis bahan baju kaos yang bagus ini ya

Bahan Baju Kaos Yang Bagus: Cotton Combed

Bahan Baju Cotton Combed itu sudah sangat banyak digunakan oleh para produsen kaos meskipun jenis bahan ini bukan hanya bagus untuk kaos, tetapi digunakan untuk membuat jenis baju lainnya pun sangat cocok.

Bahan baju kaos yang bagus mempunyai ciri-ciri seperti yang ada pada kain Cotton Combed, kainnya halus, lembut, dengan permukaan kain yang rata, tidak terdapat bintik-bintik putih yang berasal dari biji kapas atau kotoran kapas. Ingin menggunakan jenis kain Cotton Combed untuk kaos atau pakaian kamu? Pesan kainnya disini

Bahan Baju Yang Adem Untuk Kaos

U.S. Pima Cotton

U.S. Pima Cotton merupakan sebuah bahan yang bagus dengan kualitas terbaik diantara jenis bahan kaos lainnya. Bahan ini sebenarnya hampir sama seperti kain Cotton Combed karena komposisi kainnya sama-sama dibuat dari 100% serat Cotton, hanya saja jenis serat cotton yang digunakan berbeda.

Bahan baju U.S. Pima Cotton menggunakan serat Cotton yang langka, yang produksinya hanya 1% dari total seluruh produksi kapas dunia. Bahan U.S. Pima Cotton layak disebut sebagai bahan yang bagus dan berkualitas terbaik karena kain ini mempunyai sifat yang lembut dan sangat halus, warna yang dihasilkan pada kain ini lebih cerah dan cemerlang, kainnya lebih kuat karena serat kain ini pun lebih panjang, dan bisa dikatakan kain ini akan awet dan tahan lama.

Cotton Modal

Mau menggunakan bahan baju kaos yang juga berkualitas premium dengan jenis yang berbeda? kamu harus coba menggunakan kain Cotton Modal. Bedanya kain ini sebenarnya merupakan jenis kain campuran dari serat Cotton dan Serat Modal (serat kayu / beechwood).

Apa yang istimewa dari kain ini? Selain kelembutan dan halusnya kain Cotton Modal, kainnya jatuh dan ringan, tidak mudah kusut dan uniknya kain ini terlihat berkilau ketika terkena sinar matahari.

Cotton Modal bukan hanya bahan yang bagus untuk kaos saja, kain ini sangat kami rekomendasikan jika kamu ingin membuat pakaian wanita seperti dress. Pakaian jenis apapun yang kamu buat dengan menggunakan bahan Cotton Modal akan terlihat sangat elegan pastinya.

Cotton Bamboo

Untuk kamu yang ingin menggunakan bahan baju yang adem sebagai bahan dasar kaos , sangat cocok jika kamu memilih kain Cotton Bamboo. Kain Cotton Bamboo memang benar-benar bahan baju yang adem dan berkualitas sangat baik.

Komposisi kain dari kain Cotton Bamboo merupakan campuran dari serat katun dan serat bambu. Yang paling menjadi perhatian dari kain Cotton Bamboo adalah kandungan anti bakteri didalam kainnya. Memang benar jika bahan ini mempunyai kandungan anti bakteri yang berasal dari zat alami yang disebut “Penny Quinone” dan juga terdapat anti jamur juga atau disebut dengan bio-agent “Bamboo Kun”.

jadi tidak salah ya jika bahan ini disebut sebagai bahan yang bagus untuk produksi kaos. Tidak hanya untuk kaos orang dewasa saja, kain Cotton Bamboo juga merupakan bahan baju yang paling bagus untuk kaos anak-anak. Order kain Cotton Bamboo sekarang juga melalui Shopee dan Tokopedia.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Bahan Cotton Bamboo dan Cotton Modal Cocok Untuk Kaos Premium (Bahan Baju Yang Adem dan Nyaman Untuk Kaos)

Cotton Combed Stripes

Bosan dengan jenis kain yang berwarna solid atau plain? Tenang-tenang, kami punya solusi nya untuk kamu yang ingin menggunakan bahan baju untuk kaos dengan variasi warna, mungkin kamu bisa coba jenis kain Cotton Combed Stripes dari Knitto.

Kain ini mempunyai corak garis dengan memadukan 2 warna pada satu kain dengan bentuk garis vertikal memanjang. Berbeda dengan jenis kain Stripes pada umumnya karena bahan dasarnya bukan jenis katun biasa tetapi merupakan bahan yang berkualitas premium yaitu Cotton Combed.

Cotton Galaxy

Bahan Baju Yang Bagus
Bahan Baju Yang Bagus

Bahan baju kaos yang mempunyai corak unik dengan bintik warna-warni pada permukaan kainnya tentu merupakan kain Cotton Galaxy. Ada 4 corak warna yang tersedia untuk kain Cotton Galaxy seperti White, Black, Rainbow dan Scotlight.

Apakah kain dengan corak bintik seperti ini tidak akan membuat gatal pada kulit? Tentu tidak karena kain Cotton Galaxy ini dibuat dari serat alami sehingga aman untuk kulit bahkan untuk kulit anak-anak sekalipun.

Polyester Activedry

Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang kain Polyester Activedry? Bukan, kain ini berbeda dengan jenis kain Polyester pada umumnya, karena bahan ini mempunyai karakter yang berbeda bahkan bisa dibilang karakternya berbalik dari Polyester pada umumnya.

Jika bahan Polyester biasa tidak bisa menyerap keringat, kain Polyester Activedry ini sangat bisa menyerap keringat, padahal komposisi dari kain ini pun 100% serat Polyester. Mengapa kain Polyester bisa menyerap keringat? karena bahan ini diproses dengan teknologi khusus sehingga kain berbahan Polyester ini bisa menyerap keringat, bahkan kainnya cepat kering dan terasa nyaman saat digunakan.

Kegunaan dari semua bahan baju yang sudah kami ulas di atas tentu untuk kaos, tetapi kamu bisa mengkreasikan ide kreatifmu dengan membuat jenis pakaian lainnya dari bahan-bahan baju di atas.

Karena selain untuk kaos kain seperti Cotton Combed, Cotton Bamboo dan Cotton Modal bisa kamu jadikan bahan untuk pakaian wanita seperti dress, atau bisa juga kamu jadikan bahan gamis yang adem dan jatuh, pasti sangat nyaman untuk digunakan.

Dari semua jenis bahan baju yang bagus untuk kaos di atas, mana yang sudah pernah kamu gunakan? Saran kami, jangan hanya gunakan 1 jenis saja, tapi semua jenis kain yang ada di Knitto memang wajib kamu coba karena kualitas yang kami suguhkan tidak main-main dan benar-benar berkualitas premium.

Sablon Jenis Apakah Yang Bagus Untuk Baju?

Setiap jenis sablon punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan beberapa jenis sablon seperti Rubber, Plastisol, Discharge, Super White dan sablon dengan teknik Printing atau yang sering disebut dengan Sablon Digital sebenarnya juga bagus untuk baju atau kaos dan tetap semuanya kembali kepada kebutuhan konsumen.

Supaya kamu tidak merasa bingung lebih baik simak dulu informasi berikut ini tentang kekurangan dan kelebihan dari Sablon Manual dan Digital

Keunggulan Sablon Manual

Sablon manual atau teknik sablon yang menggunakan peralatan seperti screen, rakel dan lainnya yang sebagian besar proses penyablonan masih menggunakan keahlian manusia yang mengerjakannya.

Meskipun teknik sablon ini dikerjakan secara manual atau oleh tenaga manusia, tapi tetap terdapat keunggulan dari hasil maupun proses sablon ini, apa saja?

Sablon Manual Harga Lebih Terjangkau

Kami rasa menggunakan sablon manual untuk bisnis pemula adalah pilihan yang sangat tepat, mengapa? Karena cost atau biaya dari sablon manual cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan sablon digital. Jadi bisa menekan biaya produksi kamu menjadi lebih hemat dan bisa kamu maksimalkan

Sablon Manual Lebih Awet atau Tahan lama

Salah satu keunggulan dari sablon manual adalah hasil sablon yang bisa lebih awet atau tahan lama, warna yang dihasilkan juga tahan lama dan tidak mudah luntur.

Selain itu, design yang sudah kamu buat dan dicetak menggunakan sablon manual juga akan lebih awet, sehingga tidak perlu khawatir akan mudah rusak pada saat kaos sudah digunakan dan di cuci. Meskipun begitu agar lebih terjaga dan awet sebaiknya diingatkan juga dengan cara perawatannya

Hasil Lebih Bagus

Beberapa pengrajin sablon manual mengatakan hasil sablon manual itu lebih sempurna, mengapa begitu? Karena sablon yang dikerjakan dengan teknik manual ini bisa lebih detail sehingga hasil yang didapatkan bisa lebih sempurna.

Karena yang mengerjakannya pun tangan manusia kreatif, jadi tentu ketelitiannya tidak perlu diragukan karena para pengrajin sablon akan lebih memperhatikan hasil sablon secara detail dan menyeluruh

Cocok untuk sablon massal/banyak

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya untuk menggunakan sablon manual kamu tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam karena biaya yang diperlukan tidak terlalu besar alias lebih terjangkau.

Dengan harga yang terjangkau seperti ini, jika kamu ingin menggunakan sablon manual untuk kebutuhan produksi banyak atau produksi massal pun tidak menjadi masalah. Biasanya pun teknik sablon ini memang digunakan untuk produksi kaos massal karena alasan harga yang terjangkau menjadi pertimbangannya

Matching color bisa sampai 80-95%

Jika kamu menggunakan sablon manual hasil warna yang didapatkan bisa 80-95% sama dengan design yang sudah kamu buat. Karena proses pencampuran warna nya pun dilakukan secara manual bukan melalui komputerisasi

Sablon Manual Lebih Variatif

Menggunakan teknik sablon manual, memungkinkan kamu untuk menggunakan berbagai variasi dari sablon manual dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan produksi kamu. Karena sablon manual mempunyai jenis variasi yang banyak juga seperti Rubber, Plastisol, Superwhite atau discharge (cabut warna)

Kekurangan Sablon Manual

Jika diperhatikan dari beberapa keunggulan diatas mungkin sudah bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih sablon ini sebagai variasi untuk kaos kamu. Tetapi meskipun mempunyai beberapa keunggulan, teknik sablon manual juga tetap mempunyai kekurangan.

Akan tetapi dengan adanya kekurangan ini tidak mengartikan jika sablon manual tidak bagus ya. Beberapa kekurangan ini juga bisa dijadikan pembanding dan memang sebaiknya ketika memilih sesuatu untuk produksi, ketahuilah seluk beluknya secara seksama termasuk kekurangan dan kelebihan dari proses tersebut termasuk ke proses sablon juga.

Berikut ini adalah kekurangan dari sablon manual yang perlu kamu ketahui:

Pengerjaan Sablon Manual Tidak Bisa Satuan

Memang sebenarnya sablon manual itu lebih cocok digunakan untuk produksi secara massal atau dalam jumlah yang banyak. Sehingga jika ingin membuat kaos dengan teknik sablon manual dalam jumlah sedikit atau satuan harga nya pun akan tetap lebih mahal.

Maka tidak heran jika kamu ingin menggunakan sablon manual, pasti akan selalu ada minimum order quantity sebanyak 1-2 lusin dalam 1 kali pengerjaan untuk 1 design kaos.

Jika Menggunakan Banyak Warna Agak Sulit Pada Detailnya

Kekurangan dari sablon manual yang kedua adalah, jenis sablon ini masih belum bisa mencetak gambar atau desain yang mempunyai kombinasi warna yang banyak.

Karena detail dari desain dan warna yang dihasilkan biasanya tidak terlalu mendetail sehingga hasilnya tidak akan maksimal dan mengurangi estetika dari desain yang sudah kamu buat karena ada beberapa detail dan warna yang terlalu banyak yang tidak bisa tercover oleh sablon manual

Sablon Manual Proses Pengerjaan Memakan Waktu

Tidak seperti sablon digital yang pengerjaannya bisa ditunggu karena bisa selesai dalam beberapa jam saja, sablon manual membutuhkan waktu yang lebih lama, bahkan lebih dari 4 jam terutama jika kamu ingin memproduksi kaos sablon dengan kuantiti yang banyak.

Jadi jika ingin proses sablon yang lebih cepat, sablon manual bukanlah pilihan yang tepat dan mungkin kamu bisa menggunakan sablon digital untuk pengerjaan sablon yang lebih cepat, tapi memang harga dari sablon digital akan berbeda dengan sablon manual jadi kamu juga harus mempersiapkan budget lebih jika ingin menggunakan sablon digital

Proses Sablon Manual Cukup Banyak Tahapannya

Mengapa sablon manual memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan sablon digital? Karena tahapan proses sablon cukup banyak sehingga tidak bisa selesai dalam waktu 2 jam saja.

Karena harus ada proses setting film, pembuatan film afdruk, penyablonan, penjemuran, dsb. Jadi tahapannya cukup banyak dan membutuhkan waktu

Sablon Manual Mudah Retak Jika Pengerjaan Tidak Rapi

Pengerjaan sablon manual memerlukan konsentrasi dan ketelitian yang cukup tinggi, karena jika tidak hasil sablon bisa saja tidak rapi dan akan mudah retak.

Maka dari itu jika mengerjakan sablon manual secara asal-asalan siap-siap saja kaos yang sudah disablon tidak akan bertahan lama

Penjelasan kami soal bahan baju yang bisa kamu gunakan untuk kaos ataupun pakaian lainnya dan juga jenis sablon yang cocok dan bagus untuk baju ini, kami harap bisa menjadi referensi untuk kamu yang sedang mencari-cari informasi tentang bahan baju serta jenis sablon. Semoga bermanfaat ya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082120003035

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur