4 Bahan Polyester Terbaik Yang Bisa Menyerap Keringat

0
5/5 - Vote count: 151 votes

Bahan polyester biasa memang tidak bisa menyerap air karena bahan dasar dari kainnya pun merupakan biji plastik yang diproses dengan cara Polimerisasi.

Tapi dengan menggunakan teknologi khusus kain Polyester sekarang sudah bisa menyerap keringat atau menyerap air, dan kain Polyester tersebut dinamakan kain Polyester Activedry

Bahan Polyester
Bahan Polyester

Apa Itu Bahan Polyester?

Dewasa ini dunia fashion sangatlah berkembang pesat. banyak jenis bahan yang mulai bermunculan dengan karakteristik dan jenis kain yang berbeda. Pada zaman dahulu, jenis pakaian yang dipakai oleh perempuan Indonesia adalah berupa kebaya. Dibuat menggunakan jenis bahan seperti Sutra, Beludru, Brokat.

Sedangkan para lelaki nya menggunakan bahan Katun atau Kain Tenun. Namun seiring berkembangnya zaman bahan pakaian pun banyak berubah dan semakin beragam. Salah satu nya adalah bahan yang sering Anda gunakan juga untuk kaos dengan bahan dasar Cotton atau dari serat kapas.

Tapi tahukah Anda masih ada bahan lain yang bisa digunakan untuk sebagai bahan kaos namun bahan dasarnya bukan dari serat kapas seperti bahan Cotton. Bahan tersebut disebut Bahan Polyester, apa itu bahan Polyester?

Bahan kain polyester adalah jenis kain yang dibuat dari biji plastik yang diproses dengan cara di polimerisasi. Bahan polyester ini meskipun dibuat dari biji plastik tapi tetap bisa digunakan untuk membuat baju.

Tapi perlu Anda ketahui serat Polyester dapat dijadikan menjadi kain berbahan polyester 100% ataupun bisa dicampurkan juga dengan serat alami maupun serat sintetis lainnya, sebagai contoh jenis kain yang dibuat dari serat campuran Polyester dan Cotton yang juga sudah tersedia di toko kami adalah kain CVC dan kain TC.

Kain CVC mempunyai kandungan serat Polyester lebih sedikit sedangkan bahan TC mempunyai kandungan Polyester yang lebih banyak

Sejarah Bahan Polyester

Sedikit membahas tentang sejarah dari kain  Polyester ini, kain dengan serat sintetis ini pertama kali diproduksi dan dipasarkan lalu dipatenkan oleh J.R Whinfield dan J.T. Dickson pada bulan Juli 1941, tepatnya di Manchester, Inggris.

Apakah Bahan Polyester Nyaman Digunakan? 

Sebenarnya jika melihat dari bahan bakunya kain ini belum bisa dikatakan nyaman, karena seperti kita tahu selayak nya sebuah plastik yang tidak bisa menyerap air, begitupun dengan bahan Polyester, sebenarnya bahan polyester itu daya serapnya tidak terlalu bagus sehingga pakaian dari bahan ini akan terasa lebih panas dan kurang nyaman.

Tapi tahukah Anda ada jenis kain Polyester yang nyaman digunakan dan mampu menyerap keringat, bahannya tentu berbeda dengan bahan Polyester di atas. Jenis bahan Polyester apa ya? Penjelasannya ada di bawah ini

Polyester Activedry, Kain Polyester Yang Bisa Menyerap Keringat

Apakah kain Polyester Activedry sama dengan kain Polyester biasa? Jika melihat dari bahan baku nya saja, mungkin memang sama. Tapi perlu Anda ketahui jika bahan Polyester Activedry ini berbeda dari segi kegunaan dan kualitasnya.

Polyester Activedry merupakan bahan kaos yang dibuat dari 100% serat polyester, dan dibuat menggunakan teknologi khusus. Sehingga bahan kaos ini dapat menyerap keringat dengan cepat.

Sangat berbeda dengan jenis kain Polyester yang kami jelaskan sebelumya. Karena kemampuan penyerapannya yang baik maka dari itu bahan ini juga cocok untuk baju olahraga dan memang jenis bahan ini kebanyakan digunakan untuk baju atau pakaian berolahraga atau aktivitas luar. 

Bahan Polyester

Karakteristik dan Keunggulan Bahan Polyester Activedry

Banyak orang yang kurang mempertimbangkan kain Polyester untuk bahan kaos, karena kain ini disebutkan kurang nyaman dan tidak begitu bagus kualitasnya.

Tetapi untuk bahan Polyester Activedry, Anda wajib mempertimbangkan karena kain ini mempunyai beberapa keunggulan yang akan dijelaskan di bawah ini, tapi kenali juga karakteristik dari kain ini ya

Bahan kaos Polyester Activedry mempunyai karakteristik yang unik, meskipun dibuat dari bahan 100% serat Polyester tetapi bahan ini juga nyaman digunakan.

Kain kaos Polyester Activedry mempunyai corak yang berbeda yaitu corak dot atau kami sebut juga corak ini dengan nama, Evolt. Bahan kaos Polyester Activedry, dibuat dengan gramasi 158 gsm dan lebar kainnya adalah 198 cm.

Berbeda dengan kain kaos pada umumnya di toko kami, kain ini dibuat dengan setting Open Finish atau sudah dibelah. Sedang hampir semua bahan kaos di toko kami terutama dengan jenis rajutan Single Knit menggunakan setting Tubular atau berbentuk menyarung dengan lebar kain 42”.

Keunggulan dari bahan ini yaitu mempunyai tekstur yang lembut dan ringan di kulit. Menjaga badan tetap segar walaupun berkeringat dan bahan kaos ini pun bisa dikatakan cepat kering. Maka dari itu tidak heran jika bahan kaos ini pun banyak direkomendasikan untuk pakaian olahraga.

Selain beberapa keunggulan tersebut, masih ada beberapa keunggulan lain yang perlu Anda ketahui seperti di bawah ini

1. Memiliki Bahan yang Lentur

Keunggulan lainnya yaitu bahan bersifat sangat lentur. Jadi sangat cocok jika pakaian olahraga yang akan Anda produksi nanti menggunakan bahan ini.

Perlu Anda ketahui meskipun bahan ini bersifat lentur, kain polyester ini tidak mudah melar atau kendor, jadi tidak perlu khawatir bahan akan cepat terlihat lusuh.

Karena bahan ini elastis atau lentur, bahan kaos Polyester Activedry juga bisa dikatakan awet dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama.

2. Bahan Polyester Activedry Awet dan Tidak Mudah Berkerut

Karena memiliki sifat yang lentur,  bahan polyester ini juga terkenal dengan bahannya yang awet dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama.

Selain itu, seperti yang sudah kami sampaikan juga kain ini tidak mudah kusut dan berkerut, sehingga kualitas kain yang didapatkan selalu terjaga kualitasnya. Kaos olahraga yang akan Anda produksi nanti akan berkualitas baik 

3. Bahannya Mudah Kering

Bahan polyester Activedry merupakan bahan yang mudah dicuci. Selain itu, Anda tidak perlu menjemur pakaian dengan jenis kain ini terlalu lama. Mengapa? Karena bahan polyester memiliki sifat yang mudah kering.

Ketika kita berolahraga tubuh banyak mengeluarkan keringat, kita membutuhkan pakaian yang bahannya mampu menyerap keringat dengan baik dan yang terpenting mudah kering agar tetap nyaman digunakan.

Karena kemampuannya yang cepat kering inilah, yang membuat bahan ini cocok untuk pakaian yang sering digunakan untuk aktivitas diluar ruangan, seperti bahan baju olahraga. 

4. Bahan Polyester Activedry Mampu Menahan Panas

Yang dimaksud mampu menahan panas disini bukan menahan panas dari luar tubuh ya, akan tetapi mampu menahan panas tubuh sehingga panas tubuh yang keluar dari pakaian sedikit.

Karakteristik bahan ini cocok untuk dibuat pakaian yang digunakan di ruangan ber-AC ataupun yang memiliki suhu rendah, sehingga pemakainya akan tetap merasa hangat.

Keunggulan kain ini cukup banyak bukan? Jadi jangan ragu untuk menggunakan bahan kaos ini untuk kaos Anda. 

Kegunaan Bahan Polyester Activedry

Apa kegunaan dari bahan Polyester Activedry hanya untuk kaos olahraga saja? Sebenarnya kegunaan dari kain kaos Polyester Activedry tidak hanya untuk kaos saja.

Beberapa jenis pakaian ini juga bisa dibuat menggunakan bahan Polyester Active Dry

  • Kaos

Bahan Polyester

Kaos adalah salah satu jenis pakaian yang memang menjadi kegunaan utama dari bahan Polyester Activedry.

Jenis kaos yang bisa dibuat mungkin bukan jenis kaos untuk digunakan sehari-hari, tapi lebih condong ke pakaian olahraga seperti kaos untuk olahraga basket, sepak bola, futsal dan jenis olahraga lainnya. Jenis bahan kaos ini pun memang sering digunakan untuk membuat kaos team olahraga 

  • Celana Olahraga

Bahan Polyester

Selain kaos, bahan ini pun bisa digunakan untuk membuat celana. Dari 1 jenis kain Anda bisa membuat 1 pasang pakaian atasan dan bawahan atau kaos dan celana nya.

Akan sangat nyaman jika menggunakan celana yang pas dan elastis pada saat kita beraktivitas olahraga, apalagi jika lembut dikulit dan terasa ringan. Membuat Anda lebih bebas bergerak tentu nya

  • Jaket

Membuat jaket dari bahan Polyester Activedry? Apakah bisa?

Tentu bisa, biasanya bahan ini digunakan untuk bagian luarnya. Dan pada bagian dalamnya akan ditambah lagi jenis kain lain atau puringnya agar jaket lebih nyaman.

Sebagai bahan yang nyaman digunakan dan bisa menahan panas, kain ini jadi sangat cocok untuk bahan jaket. Jadi Anda juga mempunyai pilihan lain untuk bahan jenis jaket selain bahan Fleece dan Baby Terry.

  • Tas

Pernahkah Anda melihat tas dengan bahan Polyester? Jenis bahan ini selain untuk pakaian ternyata bisa juga digunakan untuk membuat Tas.

terutama tas yang berbentuk backpack atau tas selempang biasa. Sama seperti jaket, bahan Polyester digunakan sebagai bahan untuk bagian luar tasnya

Untuk jenis kegunaan lain dari bahan ini bahan, Polyester sangat sering digunakan sebagai bahan untuk pakaian yang kita gunakan sehari-hari lainnya seperti baju kemeja, jas, dan lain sebagainya.

Meskipun juga umum digunakan untuk kebutuhan selain pakaian seperti pada furniture, industri otomotif, perkakas rumah tangga, dan lain-lain. Tetapi bahan yang digunakan bukanlah jenis bahan Polyester Activedry ya. Karena tekstur bahannya pun berbeda tidak sama

Mengapa bisa menggunakan bahan Polyester untuk jenis pakaian sampai ke peralatan rumah tangga juga? Alasannya, bahan ini terbilang cukup kuat, awet, dan bisa digunakan untuk beragam keperluan dikarenakan bahan ini juga tidak mudah menyerap keringat dan anti terkena jamur atau bakteri. 

Apakah Ada jenis Sablon yang cocok digunakan untuk Bahan Kaos Polyester Activedry?

Untuk jenis kain kaos Polyester Activedry ini, kami merekomendasikan jenis Sablon Digital dengan cara press yang disebut dengan Sublimation atau Sublimasi.

Jenis sablon ini sangat cocok digunakan, karena memang jika ingin menggunakan jenis sablon digital sublim haruslah menggunakan kain dengan bahan 100% polyester agar mendapatkan hasil yang sempurna.

Sedikit informasi, Sablon Sublimasi adalah salah satu metode yang banyak digunakan dalam mencetak kaos, proses pencetakan dilakukan dari gambar pada kertas transfer ke media cetak dalam hal ini kaos.

Kertas transfer yang digunakan dalam teknik pencetakan ini adalah kertas khusus, begitu juga dengan jenis tinta dan printernya. Kertas yang digunakan untuk mentransfer gambar digital bisa berupa HVS, inkjet, kertas sublimasi, dan double matte.

Anda dapat menyesuaikan jenis kertas media transfer mana yang ingin digunakan. Karena perbedaan berbagai bahan yang dibutuhkan untuk pencetakan, tentunya teknik pencetakannya pun dapat berbeda dari yang sudah Anda ketahui sebelumnya.

Harga Bahan Kaos Polyester Activedry

Apakah harga kain kaos Polyester Activedry ini mahal? Karena dilihat dari keunggulannya kain ini cukup bisa diperhitungkan. Salah satu keunggulan yang belum kami sebutkan adalah harga dari kain ini.

Kain Polyester Activedry harganya bisa terbilang terjangkau. 1 kg kain Polyester Activedry, dibanderol dengan harga Rp. 71.000 tapi dengan minimum order 1 roll atau 25 kg. Jika Anda masih ingin mencoba atau belum mau melakukan pembelian dengan jumlah yang banyak, Anda tidak perlu khawatir karena kami juga menjual bahan ini secara eceran, sama seperti bahan kaos lainnya di toko kami.

Harga untuk kain Polyester Activedry dengan quantity dibawah 5 kg Rp. 84.000. Tapi jika pembeliannya di atas 5 kg maka harga nya masuk ke Rp. 81.000 per kilogram nya 

Berapa kaos yang didapatkan dari 1 kg kain Polyester Activedry?

Dari 1 kg kain Polyester Activedry, Anda bisa mendapatkan kaos sebanyak kurang lebih 3 pcs kaos dengan ukuran L. Memang jumlah kaos yang Anda dapatkan tidak lebih banyak dari 1 kg kain Combed, tapi setidaknya harga kain kaosnya lebih murah kan sehingga Anda bisa tetap mendapatkan keuntungan dari kaos ini

4 Bahan Polyester Terbaik Yang Bisa Menyerap Keringat

Kesimpulan

Kain kaos Polyester Activedry merupakan bahan kaos yang dibuat dari 100% serat polyester, dan dibuat menggunakan teknologi khusus. Sehingga bahan kaos ini dapat menyerap keringat dengan cepat.

Keunggulan dari kain kaos ini adalah dapat menyerap keringat dengan cepat dan menjaga tubuh agar tetap segar walaupun berkeringat, bertekstur lembut, nyaman digunakan dan ringan di kulit. Harga yang ditawarkan untuk kain kaos ini terbilang cukup murah, sehingga kain kaos ini pun patut untuk Anda perhitungkan sebagai bahan kaos yang bagus. 

Bahan ini kegunaan utamanya adalah sebagai bahan kaos, tapi Anda juga bisa membuat jenis pakaian lain seperti celana dan jaket, bahkan Anda pun bisa membuat Tas dengan menggunakan bahan ini.

Memang banyak juga kegunaan dari kain ini, harganya murah, kualitasnya pun masih bisa dikatakan bagus. Kami sangat merekomendasikan bahan ini untuk pakaian olahraga Anda. dan fungsi utama nya pun memang sebenarnya untuk berbagai jenis pakaian olahraga 

Jenis variasi yang bisa Anda gunakan adalah Sablon. Dan sablon yang cocok untuk jenis bahan ini adalah sablon digital sublimasi atau jenis sablon yang di press menggunakan mesin khusus.

Seperti Anda tahu untuk menggunakan jenis sablon sublim memang haruslah jenis kaos yang bahannya terbuat dari 100% persen bahan Polyester agar hasil sablon nya sempurna. Selain itu jenis sablon lain yang bisa Anda gunakan untuk jenis kain adalah Rubber, Plastisol dan Polyflex .

Itulah ulasan kami tentang kain Polyester yang bisa menyerap keringat dengan baik yang merupakan bahan kaos dari toko kami, Polyester Activedry. Kunjungi toko kami untuk mendapatkan kain dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 081910607055 | 081383888599 

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 081380001012

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur