Jenis Sablon Yang Cocok Untuk Bahan Kaos Polyester

0

Sebenarnya bahan Polyester itu cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar atau tidak ya? Jika membicarakan tentang cocok atau tidak sebenarnya cocok saja, jika disesuaikan dengan kebutuhan dan juga jenis kain Polyesternya. 

Polyester sendiri tidak hanya digunakan untuk membuat kaos polos saja tetapi Anda juga bisa buat kaos Polyester ini menjadi lebih menarik dengan sentuhan variasi sablon. Berbicara tentang sablon, kira-kira sablon apa ya yang cocok untuk bahan kaos Polyester? 

Bahan kaos Polyester dibuat dari 100% biji plastik yang diproses dengan dipolimerisasi sehingga menghasilkan bahan kaos yang sekarang sering Anda gunakan. Jika menilik ke sejarah kain Polyester, kain ini dibuat pertama kali sekitar tahun 1931 &8211; 1941 di Inggris. Pada tahun 1956 hak dari produksi kain ini dibawa oleh DuPont perusahaan dari Amerika dan berganti nama menjadi Dacron, itulah sekilas sejarah dari kain ini dan hingga hari ini pun kain sintetis ini bisa Anda jumpai di pasaran termasuk di toko kami dan bisa dijadikan sebagai bahan untuk kaos polos dan kaos sablon. 

Kembali ke pertanyaan Anda tentang apa yang bisa digunakan untuk jenis bahan kaos ini? Ternyata jenis sablon yang cocok untuk bahan kaos Polyester  tidak melulu harus sablon digital saja, sablon manual pun masih bisa digunakan namun memang jenis sablon yang bisa digunakan tidak sebanyak jenis sablon untuk ya. 

Jenis Sablon Untuk Bahan Polyester

Jenis Sablon Digital 

  • Sublimasi

jenis sablon

Sablon sublimasi adalah salah satu teknik sablon digital yang sangat praktis, karena proses pembuatannya cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Desain yang sudah dibuat hanya perlu di print pada media kertas transfer paper lalu di press atau rolling dengan suhu yang tinggi pada bahan yang akan disublim.

Jenis sablon ini cocok untuk bahan Polyester dan bisa dikatakan sablon sublim adalah yang paling cocok dan paling pas untuk jenis bahan kaos dengan komposisi 100% serat Polyester termasuk dengan bahan Polyester Activedry yang ada di toko kami. 

  • Polyflex

Selain jenis sablon sublimasi, masih ada jenis sablon digital lainnya yang bisa digunakan untuk bahan kaos Polyester yaitu sablon Polyflex. Sablon Polyflex adalah teknik sablon yang menggunakan bahan sejenis sticker atau vinyl yang di press menggunakan mesin heat press. Sablon polyflex ini mempunyai banyak jenis polyflex serta warna yang bervariasi. Jenis Sablon ini sudah banyak digunakan dan lagi-lagi cara menggunakanya mudah serta waktu pengerjaan nya sangat cepat. 

Bagaimana dengan sablon DTG? Sebenarnya sablon ini akan lebih baik kualitasnya jika digunakan pada kaos yang berbahan dasar cotton atau katun. 

Jenis Sablon Manual

Kedua jenis sablon di atas merupakan contoh dari jenis sablon digital yang bisa digunakan untuk variasi pada kaos dengan bahan Polyester termasuk Polyester Activedry. Lalu bagaimana dengan jenis sablon manual? 

  • Sablon Rubber

Sablon Rubber, salah satu jenis sablon manual yang menjadi favorit banyak pengrajin sablon karena kualitasnya yang baik dan sangat bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi variasi pada kaos Polyester Anda. Bahan dasar dari sablon Rubber adalah karet dan bisa merekat dengan baik pada kaos, sablon Rubber juga merupakan salah satu jenis sablon water based atau berbasis air. Tinta yang digunakan bisa dicampur dengan air untuk menghasilkan warna yang lebih banyak dan lebih kaya. 

Terdapat 3 jenis tinta pada jenis sablon Rubber dan kegunaannya pun berbeda-beda yaitu Tinta Rubber Putih untuk digunakan pada kain dengan warna gelap. Tinta Rubber Netral yang digunakan untuk campuran sebagai penetral warna. Terakhir adalah Rubber Transparan untuk dicampur dengan warna lain agar menghasilkan warna yang lebih cerah. 

Ada yang menyarankan untuk menggunakan jenis sablon ini pada bahan kaos yang berwarna gelap dan tidak untuk kaos-kaos dengan warna terang. 

  • Sablon Plastisol

Jenis Sablon Plastisol, merupakan jenis sablon manual yang berbasis minyak atau oil based. Karakter dari sablon Plastisol bisa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan sablon Rubber. Tinta sablon Plastisol berkualitas baik, lebih kuat, hasil sablonnya pun dapat menyerupai dengan gambar aslinya dan efek warna yang dihasilkan berkualitas baik tidak mencolok terlihat sangat smooth dan hasil sablon pun lebih baik tidak membuat permukaan kaos menjadi kasar dan tetap lembut. 

Jika Anda mencari jenis sablon manual untuk bahan kaos Polyester yang mempunyai durabilitas yang baik, kami rasa sablon Plastisol adalah salah satu pilihan yang tepat. Sablon Plastisol ini tahan lama dan awet, mengapa? Karena tinta sablon plastisol dapat menempel dengan erat pada bahan kaos yang Anda gunakan, Jadi ketika dicuci dengan frekuensi yang cukup sering Anda tidak perlu khawatir sablon akan cepat rusak, namun harus tetap ingat selalu perhatikan cara pemeliharaan kaosnya dan perhatikan label yang terdapat pada baju Anda.

Tapi salah satu hal yang wajib Anda perhatikan ketika akan menggunakan jenis sablon plastisol adalah harga dari sablon ini cukup mahal jadi pastikan Anda melakukan survey terlebih dahulu dan menghitung apakah sudah sesuai dengan budget produksi Anda. 

Semua jenis sablon yang sudah kami sebutkan di atas pasti mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing, baik dari segi kualitas maupun harga atau biayanya. Tetapi mana yang harus digunakan kembali lagi kepada kebutuhan Anda dan budget produksi yang sudah Anda persiapkan, meskipun kebanyakan orang sering menggunakan jenis sablon Sublimasi untuk bahan kaos Polyester, Anda bebas memilih jenis sablon manapun dan tidak ada salahnya untuk menggunakan jenis sablon yang lain kan?

Jenis sablon boleh apapun yang Anda pilih, tetapi untuk bahan kaosnya tetap gunakan bahan kaos dari toko kami ya, untuk bahan kaos Polyester Anda bisa mencoba menggunakan bahan kaos Polyester Activedry yang sudah tersedia dalam 4 pilihan warna seperti Putih Bluish, Hitam, Navy dan Maroon. Ingin memesan kainnya melalui marketplace agar lebih mudah? Langsung saja klik disini

Terima kasih banyak sudah menyimak artikel ini dan semoga bermanfaat.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat,

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here