10 Rekomendasi Baju Imlek Pria Terbaik, Inovasi Style di Tahun Baru

0
5/5 - Vote count: 22 votes

10 Rekomendasi Baju Imlek Pria Terbaik, Inovasi Style di Tahun Baru – Baju Imlek merupakan salah satu bagian yang cukup penting dari perayaan tahun baru China. Setiap jenis pakaian Imlek pastinya merefleksikan tradisi, budaya, dan simbol dari harapan dan keberuntungan untuk tahun yang akan datang. Pada artikel ini Minto akan memberikan 10 rekomendasi baju Imlek untuk pria terbaik.

10 Rekomendasi Baju Imlek Pria Terbaik
10 Rekomendasi Baju Imlek Pria Terbaik

10 Rekomendasi Baju Imlek Pria Terbaik

 

Sejarah dan Tradisi

Sebelum masuk ke pembahasan utama, mari kita pelajari sejarah dari tradisi pemakaian baju ketika Imlek. Baju Imlek telah lama menjadi elemen yang cukup penting dalam tradisi budaya China. Tradisi mengenakan pakaian baru dengan motif tertentu di tahun baru China dipercayai bahwa dapat mengusir roh-roh jahat dan membawa keberuntungan. Baju tradisional seperti Changshan, yang berasal dari Dinasti Qing, sering dipakai oleh banyak pria selama perayaan Imlek.

Gaya dan Desain

  • Changshan

Menurut Wikipedia, baju Changshan biasanya digunakan pria, biasanya bersiluet seperti kemeja dengan bukaan kancing yang terbuat dari tali yang disangkutkan dan sedikit longgar dengan kerah yang tinggi yang biasa disebut kerah shanghai dengan menampilkan motif tradisional seperti naga atau phoenix.

  • Hanfu

Hanfu atau Hanzhuang (漢裝), bisa juga disebut Huafu, merupakan pakaian tradisional China yang sudah ada sejak zaman kerajaan sebelum Changsan. Hanfu dibuat lebih longgar serta motif yang ada pada pakaian Hanfu tidak seramai Changsan. Umumnya Hanfu lebih terlihat polos dengan warna putih. Hanfu sering dipakai untuk menunjukan penghormatan terhadap tradisi China.

  • Pakaian Modern

Saat ini banyak yang lebih memilih untuk menggunakan pakaian yang lebih modern, namun tetap memberi sedikit sentuhan tradisional. Contohnya menggunakan kemeja dengan motif tradisional atau warna yang mencerminkan perayaan Imlek.

Warna dan Simbolisme

Warna paling populer untuk baju Imlek adalah merah, yang dianggap membawa keberuntungan dan kebahagiaan. Warna lain seperti emas atau kuning juga cukup populer karena simbolisme kekayaan dan kemakmuran. Motif Naga sering ditemukan pada baju pria, mewakili kekuatan dan keberanian.

Baca Juga: Style Jaket Bomber Pria Masa Kini

10 Rekomendasi Baju Imlek Pria Terbaru

1. Baju Imlek Pria Changsan

Baju Imlek Pria Changsan
Baju Imlek Pria Changsan. Image Source : Freepik

Tampil secara tradisional bukan berarti tidak stylish. Dengan menggunakan Changsan pada saat Imlek, kamu dapat menciptakan kesan klasik yang serbaguna, bisa disesuaikan untuk berbagai acara.

2. Baju Imlek Pria Hanfu

Baju Imlek Pria Hanfu
Baju Imlek Pria Hanfu

Tampil dengan Hanfu disaat Imlek bisa menjadi hal yang menyenangkan. Potongannya yang longgar menjadikan busana ini nyaman dikenakan seharian, kamu bisa memilih warna yang senada dengan pasangan atau keluarga untuk dipakai saat foto bersama.

3. Baju Imlek untuk Pria Pao

Baju Imlek Pria Pao
Baju Imlek Pria Pao

Pao adalah alternatif baju imlek untuk pria yang unik. Tidak hanya kental dengan nilai-nilai budaya, memakai pao di hari Tahun Baru Imlek bisa memberikan kesan rapi, tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. Busana tradisional ini cocok dipakai ke acara formal maupun semi-formal.

4. Baju Imlek untuk Pria Samfu 

Baju Imlek Pria Samfu 
Baju Imlek Pria Samfu. Image Source : Pinterest forum.lowyat.net

Busana yang satu ini lebih cocok disebut sebagai setelan, karena memiliki ciri khas pada masing-masing atasan dan bawahan. Dahulunya, Samfu digunakan sebagai pakaian sehari-hari oleh orang Tionghoa Selatan, Hong Kong, dan Singapura. Kini, Samfu lebih sering digunakan pada acara-acara spesial seperti Imlek.

5. Baju Chinese Pria Modern Hanfu

Baju Imlek Pria Modern Hanfu
Baju Imlek Pria Modern Hanfu. Image Source : Pinterest forum.lowyat.net

Tidak hanya Hanfu tradisional yang memiliki potongan longgar, kamu bisa memberikan sentuhan modern untuk busana yang cocok dikenakan sebagai baju sincia ini. Misalnya, pilih yang memiliki motif khusus, yang sesuai dengan tahun penanggalan Cina atau shio di tahun itu.

Baca Juga: Tips Padu Padan Outfit Kondangan Pria, Cek Yuk!

6. Baju Sincia Kemeja Lengan Panjang

Baju Imlek Pria Kemeja Lengan Panjang
Baju Imlek Pria Kemeja Lengan Panjang

Kemeja lengan panjang juga bisa dijadikan baju imlek untuk pria, lho. Pilih yang memiliki warna-warna yang cocok untuk Chinese New Year, dan potongan yang pas di badan, guna terlihat lebih rapi di berbagai acara spesial.

7. Baju Imlek Pria Changshan Simple

Baju Imlek Pria Changshan Simple
Baju Imlek Pria Changshan Simple. Image Source : Pinterest

Jika keluarga, pasangan, atau sahabat kamu ingin memakai pakaian Imlek yang seragam, kamu bisa memilih baju yang satu ini. Cocok juga untuk dipakai sendiri ke agenda Imlek yang lebih casual.

8. Baju Imlek Pria Simple Polo

Baju Imlek Pria Simple Polo
Baju Imlek Pria Simple Polo. Image Source : Freepik

Pilihan pakaian Imlek lainnya yang bisa kamu gunakan adalah baju polo, dengan warna-warna yang cocok untuk Imlek. Knitto Tekstil Indonesia menyediakan Bahan Polo Premium dengan banyak pilihan warna. Salah satunya warna merah untuk membuat Baju Imlek Untuk Pria.

Lihat Juga : Bahan Polo Premium Knitto

9. Baju Imlek Pria Changshan Simple Hijau

Baju Imlek Pria Changshan Simple Hijau | Sumber: Pinterest
Baju Imlek Pria Changshan Simple Hijau | Sumber: Pinterest

Menurut tradisi dan kepercayaan turun-temurun, hijau merupakan pilihan warna yang ideal lainnya untuk dikenakan di tahun baru Imlek. Kamu bisa memilih model yang lebih simple atau bisa dikenakan pada kesempatan selain Lunar New Year, seperti jaket. Kombinasikan dengan kaos polos dan celana netral.

10. Baju Sincia Kaos Panjang Merah

Baju Imlek Pria Kaos Panjang Merah
Baju Imlek Pria Kaos Panjang Merah. Image Source : Freepik

Knitto Tekstil Indonesia menyediakan Bahan Kaos Premium mulai dari Cotton Combed, Cotton Carded, Cotton Combed Enzyme dan Cotton Combed ACTIVE COOL™ + ACTIVE FRESH™ dengan banyak pilihan warna untuk baju Imlek kamu yang nyaman.

Lihat Juga : Bahan Kaos Premium Knitto

Tips Memilih Baju Imlek Pria

Kenakan Sesuai Tema Acara: Pilihlah pakaian sesuai dengan tema acara Imlek yang akan dirayakan atau dihadiri. Untuk acara formal biasanya memerlukan pakaian tradisional China seperti Hanfu atau Changsan. Sedangkan acara non formal bisa menggunakan pakaian modern namun dengan pakaian yang memberikan sentuhan Imlek..

Pertimbangkan Kenyamanan: Meskipun style gaya penting, pastikan juga untuk menggunakan pakaian yang nyaman.

Padu Padan Dengan Aksesoris: Pemberian aksesoris yang cocok dengan pakaian yang digunakan dapat menambah kesan elegan pada baju Imlek.

Selaraskan Dengan Keluarga: Memilih pakaian yang seragam dengan keluarga akan menciptakan suasana yang lebih harmonis.

Kesimpulan

Baju Imlek merupakan salah satu bagian yang cukup penting dari perayaan tahun baru China karena baju yang dipakai merupakan ekspresi budaya, tradisi serta harapan kedepannya. Dengan memilih baju yang tepat, selain untuk trend fashion juga untuk menunjukan penghormatan terhadap tradisi sambil tetap tampil lebih modern dan elegan. Ada beberapa jenis baju yang sering dipakai ketika merayakan Imlek, yaitu Changsan, Hanfu, Pao dan Samfu. Namun untuk yang lebih simple bisa menggunakan kaos, kemeja ataupun sweater, namun tetap dengan mengikuti tone warna Imlek.

Baca Juga : 5 Style Baju Imlek Wanita Yang Tren Di 2024, Tampil Mempesona

Knittopreneurs, jangan lupa memilih baju imlek untuk pria yang nyaman dan sesuai dengan preferensi pribadi kamu. Selamat merayakan Imlek!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur