5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Belajar Menjahit

0
5/5 - Vote count: 10 votes

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Belajar Menjahit – Hi Knittopreneurs! Siapa nih yang disini mau belajar menjahit? Menjahit merupakan sebuah kegiatan dimana kita mengolah selembar kain hingga menjadi sebuah pakaian. Tentunya menjahit dapat memproduksi pakaian secara masal maupun satuan untuk kebutuhan sendiri. Buat yang mau belajar jahit, yuk simak 5 hal yang perlu disiapkan sebelum Knittopreneurs belajar jahit!

Apakah Menjahit Sulit Dipelajari?

Menjahit bisa menjadi hal yang cukup sulit pada awalnya terutama untuk kamu yang baru pertama kali belajar menjahit, tetapi dengan latihan yang konsisten dan kesabaran Knittopreneurs pasti dapat menguasai keterampilan ini. Seperti keterampilan lainnya, mempelajari menjahit memerlukan waktu dan kesabaran. Beberapa orang mungkin lebih mudah belajar dari yang lain apalagi kalau sudah memahami basicnya misalnya dengan cara menonton video tutorial, tetapi dengan latihan yang konsisten, semua orang dapat menguasai menjahit.

Pada awalnya, tentu Knittopreneurs akan mengalami kesulitan dalam memahami hal mendasar dalam menjahit, seperti menggunakan mesin jahit, mengontrol kecepatan mesin, atau membuat pola pakaian yang benar. Namun, bila disertai dengan latihan Knittopreneurs akan mendapat jam terbang sehingga akan terbiasa dan lebih mahir setiap kali mencoba.

Selain itu, mengetahui dan mempelajari teknik-teknik dan istilah-istilah yang digunakan dalam menjahit dapat membantu mengurangi tingkat kesulitan dalam menjahit. Knittopreneurs dapat mencari berbagai video atau blog tutorial menjahit atau buku panduan dasar untuk membantu Knittopreneurs memahami teknik-teknik yang diperlukan dalam menjahit.

Jadi, meskipun menjahit bisa menjadi sulit pada awalnya, dengan latihan dan kesabaran, siapa saja bisa belajar dan menguasai keterampilan ini.

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Belajar Menjahit

single needle

Sebelum Knittopreneurs memulai belajar menjahit, ada beberapa hal yang perlu dipelajari terlebih dahulu agar mempermudah proses belajar, yaitu:

  • Memahami Istilah dalam Menjahit

Ada banyak istilah khusus dalam dunia menjahit yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum memulai belajar Menjahit. Knittopreneurs bisa mencari buku atau video tutorial yang dapat membantu Knittopreneurs memahami istilah dan bahasa dalam dunia menjahit.

  • Memahami Mesin Jahit

Sebelum membeli mesin jahit, pastikan Knittopreneurs memahami jenis-jenis mesin jahit dan memilih mesin jahit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Kalau kamu mau belajar jahit untuk produksi pakaian sendiri, kamu bisa pakai mesin jahit portable yang sudah disertai berbagai jenis jahitan, bila ingin memproduksi secara masal dan mencari mesin yang awet kamu bisa pakai mesin jahit biasa yang menggunakan dinamo atau high speed.

  • Mengetahui Jenis-Jenis Kain

Ada banyak jenis kain yang berbeda, masing-masing dengan keunikan dan karakteristiknya sendiri. Tentunya kain-kain yang memiliki tekstur dan sifat yang berbeda akan memiliki tingkat kesulitan jahit yang berbeda lho. Penting untuk memahami jenis-jenis kain yang berbeda dan bagaimana cara menanganinya saat menjahit.

  • Belajar Cara Membuat Pola Pakaian

Membuat pola pakaian adalah salah satu keterampilan dasar dalam menjahit. Sebelum memulai belajar menjahit, pastikan Knittopreneurs memahami dasar-dasar pembuatan pola pakaian.

  • Memahami Teknik Menjahit Dasar

Alangkah baiknya kalau Knittopreneurs sudah tahu beberapa teknik jahit dasar seperti menjahit lurus, menjahit melingkar, Knittopreneurs akan lebih mudah belajar menjahit karena sudah paham bagaimana mengontrol kecepatan mesin. Tapi bila belum bisa teknik dasarnya pun tidak apa-apa.

Dengan memahami hal-hal tersebut sebelum memulai belajar menjahit, Knittopreneurs akan lebih siap dan lebih mudah untuk belajar menjahit.

Alat dan Bahan  yang Perlu Disiapkan

Selain 5 hal di atas, Knittopreneurs juga perlu mempersiapkan alat dan bahan yang nantinya akan berguna dalam proses menjahit. Berikut adalah alat dan bahan:

  • Mesin jahit

Tentunya Knittopreneurs akan membutuhkan mesin jahit untuk belajar menjahit. Pastikan mesin jahit yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

  • Benang jahit

Pastikan Knittopreneurs memiliki berbagai jenis benang jahit dengan variasi warna. Ada banyak jenis benang yang tersedia di pasaran, jadi pastikan Knittopreneurs memilih benang yang sesuai, Minto rekomendasikan benang katun atau polyester.

  • Kain

Untuk latihan, Knittopreneurs dapat memilih kain yang murah dan mudah dijahit seperti kain katun atau blacu yang lebih murah lagi pada saat awal belajar menjahit. Setelah Knittopreneurs  sudah merasa lebih percaya diri, Knittopreneurs dapat mencoba menjahit pada bahan yang lebih sulit seperti kain Satin, Organza, dan lain-lain.

  • Alat-Alat yang Dapat Membantu Proses Jahit

Alat-alat ukur seperti penggaris, meteran, mata nenek, loop turner, dan jarum pentul sangat penting dalam menjahit. Pastikan Knittopreneurs memiliki alat-alat ini sebelum menjahit agar proses jahit lebih lancar.

  • Gunting

Knittopreneurs membutuhkan gunting khusus untuk bahan jahitan dan gunting untuk memotong kain. Selain itu, Knittopreneurs perlu sedia gunting benang untuk memotong benang.

Gimana, semakin tertarik kan belajar menjahit? Knitto Textiles juga menyediakan video tutorial menjahit berbagai jenis pakaian lho! Yuk kunjungi Youtube Knitto Textiles! Jangan lupa beli kain dan polanya juga ya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur