3 Cara Memasang Benang pada Mesin Jahit Dengan Mudah

0
4/5 - Vote count: 80 votes

cara memasang benang pada mesin jahit

Cara Memasang Benang pada Mesin JahitHai Knittopreneurs! Apa kabar? Minto harap Knittopreneurs sekalian dalam keadaan baik dan bahagia ya. Dalam artikel kali ini Minto tidak akan bahas kain.

Dalam artikel kali ini Minto akan bahas tentang cara memasang benang pada mesin jahit. Nah untuk Knittopreneurs yang sedang bertanya-tanya atau baru mau mulai belajar menjahit yuk ikuti terus artikelnya untuk cari tahu lebih lanjut.

Sebelum Minto kasih tahu cara memasang benang pada mesin jahit, Minto akan bahas dulu beberapa alat yang dibutuhkan dalam menjahit.

Alat yang Diperlukan untuk Menjahit

peralatan menjahit

Berikut ini adalah alat-alat yang diperlukan untuk menjahit. Alat-alat ini dapat membantu Knittopreneurs untuk mempermudah proses menjahit.

  • Bobbin / Spul

Bobbin atau spul adalah alat tempat gulungan benang untuk jahitan bagian bawah. Cara mengisi bobbin atau spul adalah dengan menancapkan pada bagian mesin jahit kemudian menginjak pedal.

Sebelum menginjak pedal mesin, pastikan ujung benang tergulung dengan benar agar benang dapat tergulung dengan baik.

  • Bobbin House / Rumah Sekoci

Bobbin House atau rumah sekoci adalah pasangan dari bobbin atau spul. Sesuai namanya, bobbin house atau rumah sekoci merupakan rumah bagi bobbin atau spul.

Cara menggunakannya adalah masukan bobbin ke dalam bobbin house dan masukan benang ke sela-sela bobbin house.

Pastikan ketika benang ditarik, bobbin berputar searah jarum jam. Lalu letakkan bobbin house yang sudah berisi bobbin di mesin jahit (biasanya di bagian bawah mesin).

  • Gunting Benang

Gunting benang merupakan salah satu benda yang dapat mempermudah pengerjaan proses jahit.

Bentuknya berbeda dari bentuk gunting pada umumnya, dan cara kerjanya hanya perlu ditekan.

Memang gunting benang tidak diwajibkan, tapi Minto rasa minimal Knittopreneurs harus punya karena harganya juga murah dan mudah didapat.

  • Gunting Kain

Gunting kain berfungsi juga dalam proses penjahitan. Untuk memotong kain, tidak bisa menggunakan sembarang gunting.

Gunakan gunting kain khusus, dan pastikan jangan pernah menjatuhkan gunting kain karena dapat membuat kain kurang efektif menggunting (engselnya bergoyang sehingga jadi kurang tajam).

Jangan juga gunakan gunting kain untuk menggunting hal lain selain kain karena dapat membuat gunting mudah tumpul.

  • Pendedel

Pendedel merupakan alat untuk membongkar hasil jahitan. Bentuknya seperti tongkat kecil dengan bagian tajam di bagian depannya. Di ujungnya terdapat 2 ujung yaitu ujung yang tajam dan ujung yang berbentuk bola.

Ujung yang tajam berfungsi untuk mencongkel benang dan bagian  bola berfungsi agar menahan kain agar tidak sobek saat mendedel. Pendedel dapat mempermudah proses membuka jahitan yang salah.

  • Kapur Jahit

Kapur jahit merupakan kapur khusus penanda kain. Biasanya kapur akan hilang ketika digosok maupun ketika kain dicuci. Kapur jahit memiliki warna yang berbeda-beda, umumnya tersedia dalam warna merah, biru, putih, dan kuning.

Knittopreneurs dapat menyesuaikan warnanya dengan kebutuhan ya! Kapur jahit tersedia dalam beberapa bentuk yaitu segitiga, kotak, dan pensil. Menurut Minto, kapur jahit yang berbentuk pensil agak kurang bagus, jadi lebih baik gunakan yang bentuk segitiga atau kotak. Perlu diingat kapur mudah patah atau pecah ketika terjatuh jadi jangan lupa untuk simpan dengan baik!

  • Meteran

Meteran jahit merupakan alat ukur dalam proses menjahit. Meteran merupakan alat ukur yang berbentuk seperti seutas pita keras yang memiliki ukuran dalam cm dan inch. Pastikan Knittopreneurs menggunakan meteran dengan kualitas yang baik agar pengukurannya lebih akurat.

  • Jarum Pentul / Klip Jahit

Jarum pentul merupakan alat yang dapat membantu proses jahit. jarum pentul berfungsi untuk menahan kain agar tidak bergerak. Knittopreneurs juga bisa pakai klip jahit. Klip jahit memiliki ukuran yang lebih besar sehingga tidak mudah hilang.

  • Needle Threader / Mata Nenek

Mata nenek merupakan alat kecil yang berfungsi untuk membantu memasukkan jarum ke lubang jarum. Cara penggunaanya adalah dengan cara memasukkan ujung mata nenek ke dalam lubang jarum, kemudian masukkan benang ke dalam mata nenek, lalu tarik mata nenek. Untuk sebagian besar mesin jahit portable sudah dilengkapi dengan automatic threader jadi bila Knittopreneurs pakai mesin jahit portable tidak perlu membeli mata nenek lagi.

Cara Memasang Benang pada Mesin Jahit

sewing machine item clothing

  • Pasang Benang Atas

Pertama, pasang benang bagian atas. Benang ditaruh di tempat benang di atas, lalu masukkan benang sesuai jalur mesin jahitnya. Setiap mesin memiliki jalur berbeda, namun umumnya Knittopreneurs memasukkan benang mulai ke lubang paling kanan hingga lubang jarum di kiri. Untuk mesin jahit portable, biasanya sudah terdapat angka-angka sehingga mempermudah pemasangan. 

  • Pasang Benang Bawah

Benang bawah dipasang dengan cara menggulung benang di bobbin / spul terlebih dahulu. Lalu ketika sudah tergulung, masukkan bobbin / spul ke bobbin house / rumah sekoci dan sisipkan sedikit benang ke sela bobbin house/ rumah sekoci. Tarik sedikit benang lalu pastikan bagian  bobbin berputar searah jarum jam.

Setelah itu masukkan bobbin house / rumah sekoci yang sudah dilengkapi  bobbin / spul ke tempatnya.

Turunkan sedikit jarum mesin dengan memutar mesin secara manual (putar ke belakang) hingga jarum turun dan kembali ke atas. Tarik benang bawah yang sudah muncul di atas mesin.

  • Pastikan Tension Benang Pas

Sebelum menjahit, Knittopreneurs harus memastikan apakah tension benang atau ketegangan benang sudah sesuai. Hindari mengatur tension terlalu keras, benang dapat terputus bila tension terlalu keras.

Nah seperti itulah cara memasang benang pada mesin jahit. Bila hasil jahit tidak rapi atau kusut, berarti ada lubang benang yang terlewat atau tension yang tidak sesuai. Selamat mencoba! 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur