Cara Membuat Pola Kaos Oblong Dengan Mudah

0
5/5 - Vote count: 48 votes

Ada kalanya saat kita melihat sebuah kaos atau kaos anak-anak, kita ingin mencoba membuatnya dengan model atau desain yang kita buat sendiri juga, tapi mungkin kamu bingung bagaimana dengan pola kaosnya?

Tenang, pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat pola kaos oblong sendiri. Simak sampai akhir ya.

Alat Membuat Pola Kaos Oblong

Untuk membuat pola kaos oblong kamu perlu menyiapkan dulu beberapa peralatan seperti:

  • Siapkan kertas roti/ karton.
  • Pita meteran untuk mengukur baju sesuai ukuran tubuh
  • Pensil atau pulpen untuk membuat pola
  • Penggaris (biasa dan penggaris pola). 

Cara Membuat Pola Kaos Sendiri

Jika alat-alat untuk membuat pola kaos oblong sudah kamu siapkan semuanya, sekarang mari kita mulai untuk membuat pola kaos oblongnya. 

  • Ukur Badan

Pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengukur badan yang ingin dijadikan sebagai acuan size hasil akhir kaos. Bagian tubuh yang harus kamu ukur adalah:

  • Lingkar dada 

(Untuk mengukur Lingkar Dada sebaiknya menggunakan meteran jahit agar lebih mudah dan akurat. cukup lingkarkan meteran mengelilingi badan Anda tepat di bagian dada Anda dan sebaiknya ukuran yang didapatkan tersebut ditambah lagi 3-4 cm agar tidak terlalu ketat dan sesak saat bernafas).

  • Panjang punggung
  • Lebar punggung
  • Tinggi yoke (tinggi ketiak-bahu)
  • Lingkar leher
  • Panjang lengan panjang/pendek
  • Lingkar pergelangan tangan (untuk kaos lengan panjang saja). 

Selain dengan mengukur tubuh secara langsung, disini kamu dapat pula menggunakan ukuran yang sudah ada seperti size chart SNI atau Internasional yang bisa kamu dapatkan dari internet.

  • Buat Pola

Dibawah ini contoh rumus pola dasar untuk badan dan lengan kaos dengan size normal. Kamu dapat menyesuaikan kembali ukuran dan polanya.

Untuk panjang rib = lingkar leher dikurangi 1-2 cm dan lebar rib 1.5 cm, dapat divariasikan sesuai selera.

pola kaos oblongDalam pembuatan pola kamu bisa sesuaikan dengan size yang akan kamu gunakan, karena jika kamu membuat pola kaos oblong dengan standar size lokal pasti akan berbeda ukurannya dengan pola kaos oblong dengan size international.

Atau jika kamu ingin membuat kaos dengan jenis slim fit pasti ukurannya akan berbeda dengan oversize, jadi sesuaikan pola dengan jenis kaos yang akan kamu buat.

  • Pattern Grading

Dalam proses produksi kaos, terdapat proses Pattern Grading yaitu teknik membesar kecilkan pola dasar. Teknik pattern grading ini biasanya digunakan untuk produksi dalam skala besar seperti pada konveksi atau garment-garment, dengan tujuan agar hasil pola sesuai dengan pola utamanya. 

Biasanya pola dasar M akan digunakan sebagai pola dasar pattern grading. Untuk melakukan pattern grading ini bisa secara manual maupun digital dengan menggunakan beberapa aplikasi digital. 

Beberapa aplikasi digital yang dapat membantu proses grading yaitu Optitex, Accumax Gerber, Lectra Kaledo, Pad System, Style CAD, dan Gemini CAD.

  • Pola Siap Digunakan

Setelah semua proses sudah kamu lakukan, pola yang sudah siap digunakan dan dicetak ke kain.

Jenis-Jenis Kaos Oblong

Cukup mudah kan membuat pola kaos oblong sendiri? Sebagai referensi berikut ini beberapa jenis kaos oblong yang bisa kamu coba produksi dan pola nya bisa kamu coba buat sendiri di rumah.

Kaos Oblong O-Neck

Jenis kaos ini yang merupakan paling standar atau kaos yang biasanya digunakan oleh semua orang, ciri nya terdapat pada bentuk kerahnya yang bulat. Jenis kaos dengan bentuk kerah ini bisa juga diaplikasikan pada kaos dengan ukuran slim fit dan kaos oversize.

Kaos Oblong V-neck

Nama kaos ini tentu berasal dari bentuk kerah atau potongan kerahnya yang menyerupai huruf “V”. Kaos ini biasanya sering digunakan oleh para wanita, tetapi sebenarnya jenis kaos ini juga cocok untuk para lelaki atau bisa dikatakan jenis kaos unisex.

Kaos Y Neck atau Henley

Kaos biasanya jarang menggunakan aksesoris, tetapi kaos ini mempunyai variasi berbeda dan menggunakan aksesoris berupa kancing di bagian depan kaosnya dan jika kamu perhatikan pada bagian kerah atau leher kaosnya berbentuk huruf “Y”.

Kaos Turtleneck

Model kaos ini sepertinya paling cocok untuk digunakan pada saat musim dingin, karena kaos ini mempunyai ciri berlengan panjang dan bentuk lehernya yang tinggi.

Kaos turtleneck ternyata mempunyai nama yang berbeda di beberapa negara, di Amerika dan Kanada mereka tetap menyebutnya dengan sebutan Turtleneck T-Shirt sama seperti di Indonesia, tapi berbeda dengan negara Inggris jenis kaos ini disebut dengan sebutan polo neck dan roll neck, dan jika kamu berkunjung ke Australia dan New Zealand, baju atau kaos dengan jenis ini disebut Skivvy.

Kaos Oversized

Kaos yang menjadi salah satu fashion yang wajib ada di lemari anak muda Indonesia saat ini adalah kaos Oversized.

Kaos dengan model baggy style ini mempunyai ciri pada ukurannya yang besar dari ukuran kaos normal, kaos ini mempunyai bentuk kerah yang hampir sama seperti kaos standar pada umumnya.

Kaos Oblong Raglan

Jenis kaos oblong ini cukup unik karena biasanya mempunyai kombinasi warna yang berbeda pada bagian badan dan juga bahu sampai ke lengan kaos. Bentuk dari kerah nya tetap sama yaitu berbentuk bulat.

Untuk membuat kaos ini dibutuhkan pola kaos oblong yang berbeda seperti kaos pada umumnya.

Kaos Oblong Pocket

Pocket tee sebenarnya dapat dikategorikan ke dalam jenis kaos standar yang memiliki kesamaan bentuk dengan kaos polos biasa. Hal utama yang membedakan pocket tee dan kaos oblong pada umumnya adalah pocket tee ini selalu diberi tambahan saku kecil pada bagian dada sebelah kiri sesuai dengan nama nya.

Baca Juga: Beberapa Kesalahan Saat Membangun Bisnis Clothing Line

Dari semua jenis kaos di atas, beberapa jenis kaos bisa dibuat dengan menggunakan pola kaos yang sama seperti gambar pola di atas. Namun kaos V-Neck, Kaos Turtleneck, Kaos Henley, Kaos Raglan tentu memerlukan jenis pola yang berbeda, karena dari segi bentuk kaosnya saja sudah berbeda kan?

Sebelum mencoba membuat pola kaos oblong sendiri kamu bisa coba untuk mencari tutorial-tutorial membuat pola kaos yang ada di internet agar tidak salah dan lebih mudah juga tentunya. 

Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk membuat pola kaos oblong sendiri di rumah.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162 A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur