Jangan Panik! Begini Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih

0
5/5 - Vote count: 11 votes

Jangan Panik! Begini Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih – Ketika baju putih kesayangan terkena luntur, kepanikan bisa saja muncul. Tapi jangan khawatir, Minto punya solusi efektif untuk mengatasi masalah ini!

Jangan Panik! Begini Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih
Jangan Panik! Begini Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih

Simak langkah-langkah dan tips di bawah ini untuk membuat baju putih kamu kembali cerah.

Menghilangkan Noda Kelunturan di Baju Putih, Pakai Apa?

Bahan untuk Menghilangkan Luntur di Baju Putih
Bahan untuk Menghilangkan Luntur di Baju Putih

Menghilangkan luntur di baju putih bisa dilakukan dengan berbagai bahan yang mudah ditemukan di rumah. Knittopreneurs juga bisa memilih, ingin menggunakan bahan alami atau buatan. Sebelum kita membahas cara menghilangkan luntur di baju putih, kenali dulu apa yang bisa digunakan untuk menghilangkannya:

  • Baking Soda: Baking soda merupakan bahan serbaguna yang aman untuk kebanyakan jenis kain. Dikenal dengan kemampuannya menyerap noda dan bau, bahan ini juga dapat mengembalikan kecerahan pakaian putih.
  • Cuka Putih: Cuka putih berfungsi sebagai pemutih alami dan aman untuk bahan pakaian yang tidak tahan terhadap bahan kimia keras. Bahan ini juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH kain, menjadikan pakaian lebih bersih dan cerah.
  • Aseton: Biasa digunakan sebagai penghapus kutek, aseton juga mampu menghilangkan noda luntur. Namun Knittopreneurs harus ekstra hati-hati, aseton bisa merusak bahan tertentu, jadi lakukan uji coba pada bagian yang tidak terlihat terlebih dahulu.
  • Garam Dapur: Garam memiliki sifat abrasif yang bisa membantu menghilangkan noda luntur. 
  • Vetsin (MSG): Alternatif yang mungkin jarang dipertimbangkan orang-orang, tetapi vetsin bisa digunakan untuk menghilangkan noda luntur.
  • Cairan Pemutih Tanpa Klorin: Perhatikan label yang melekat pada baju putih kamu. Jika tidak masalah menggunakan cairan pemutih, pilihan ini bisa menjadi sangat efektif.
  • Belimbing Wuluh: Sari dari buah ini bisa membantu mengangkat noda luntur.
  • Jeruk Nipis dan Pasta Gigi: Keduanya berguna untuk menghilangkan noda kuning yang sering muncul pada baju putih​​​​​​.

Untuk noda yang lebih bandel, produk seperti Vanish bisa menjadi pilihan, terutama untuk cara menghilangkan luntur di baju putih yang sudah lama. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih Yang Efektif

Begini Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih!

Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih
Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih

Langkah pertama, adalah memeriksa label perawatan pada baju untuk memastikan bahwa metode yang akan dipilih aman. Kamu juga bisa melakukan uji coba pada bagian yang tidak terlihat dari kain, untuk memastikan bahwa kain tidak akan rusak.

Kemudian, gunakan bahan yang telah kamu pilih. Jika menggunakan baking soda atau garam, campur dengan sedikit air untuk membuat pasta, lalu oleskan di atas noda luntur. Untuk aseton atau vetsin, aplikasikan langsung (bisa juga dengan cara direndam).

Diamkan dan biarkan bahan tersebut bekerja selama 30 menit. Lalu rendam baju dalam larutan air hangat, sebelum kucek lembut dan bilas hingga bersih. 

Untuk noda yang lebih bandel, aplikasikan Vanish sebelum mencuci seperti biasa. Atau, ada juga opsi untuk mencoba mengoleskan sedikit lemak nabati (seperti minyak zaitun) pada noda sebelum mencuci. Lemak nabati dapat membantu melonggarkan noda dari serat kain.

Catatan: Jika noda luntur belum hilang setelah satu kali pencucian, ulangi prosesnya. Kadang, noda membutuhkan beberapa kali pencucian sebelum benar-benar hilang.

Tips Agar Baju Putih Tidak Terkena Luntur

Untuk menjaga baju putih kamu tetap cerah dan bebas dari luntur, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. 

  • Pisahkan pakaian berwarna saat mencuci untuk menghindari risiko luntur. 
  • Gunakan air dingin saat mencuci karena air panas bisa memperburuk luntur. H
  • Hindari penggunaan pemutih berbasis klorin yang bisa merusak serat kain, maka pilih deterjen yang lembut dan sesuai untuk pakaian putih​​​​​​. Sabun yang terlalu keras juga bisa membuat warna baju putih menjadi kusam.
  • Cuci baju putih kamu secara terpisah, atau dengan pakaian berwarna serupa.
  • Jika memungkinkan, hindari menggunakan mesin pengering untuk mencuci baju putih, karena pengeringan dengan mesin bisa menyebabkan noda lebih menetap. Cukup jemur di bawah sinar matahari, metode ini bisa membantu menjaga kecerahan baju putih kamu.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah, periksa label pada baju sebelum mencuci untuk memastikan metode yang tepat. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Baju Putih Yang Menguning Tanpa Merusak Kain

Bagaimana Cara Merawat Warna Baju Putih?

Perawatan sehari-hari pada baju putih juga penting, apalagi jika kamu menginginkan warnanya bertahan cerah cukup lama. Lakukan tahap-tahap pencegahan, seperti gunakan deterjen yang lembut dan tidak mengandung pemutih kuat. 

Kamu juga perlu menyesuaikan metode pencucian dengan jenis kain baju putih. Beberapa bahan seperti sutra atau wol memerlukan perawatan khusus dan tidak boleh dicuci dengan cara yang sama seperti katun atau linen.

Jika baju putih kamu memiliki noda yang sulit hilang, seperti noda keringat atau deodoran, rendam dengan larutan cuka putih sebelum mencuci. Jangan terlalu sering mencuci baju putih, dan gunakan sedikit cuka putih saat mencuci untuk membantu menjaga kecerahan baju.

Gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok noda pada area yang sulit dijangkau, dan jika baju sangat luntur, pertimbangkan untuk membawa ke layanan laundry profesional.

Baca Juga: Tips Untuk Buat Kaos Putih Anda Tidak Mudah Kucel

Jadi begitu, Knittopreneurs tidak perlu panik ya jika baju putih kesayangannya terkena luntur. Semoga tips untuk cara menghilangkan luntur di baju putih yang sudah Minto berikan dapat membantu!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur