Dresscode adalah Pedoman Berpakaian. Yuk Simak 6 Jenis Dresscode yang Populer!

0
5/5 - Vote count: 82 votes

Dresscode adalah Pedoman Berpakaian. Yuk Simak 6 Jenis Dresscode yang Populer! – Dalam berbagai acara, dresscode adalah panduan berpakaian yang  memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan suasana yang sesuai dan memastikan semua undangan dapat berpakaian serasi dengan tema yang ditentukan.

Dengan adanya dresscode, dapat membantu individu agar terhindar dari kesalahan pemakaian kostum yang mampu menyebabkan rasa canggung atau tidak nyaman. Berikut selengkapnya mengenai apa itu dresscode hingga jenis-jenis dresscode yang populer.

Dresscode adalah pedoman berpakaian. Yuk simak Jenis Jenis Dresscode Yang Populer
Dresscode adalah pedoman berpakaian. Yuk simak Jenis Jenis Dresscode Yang Populer

Dresscode adalah Pedoman Berpakaian. Yuk Simak 6 Jenis Dresscode yang Populer!

Apa itu Dresscode?

Dresscode adalah pedoman berpakaian yang digunakan pada suatu situasi atau acara tertentu. Tujuan menggunakan dresscode ini yaitu untuk menciptakan suasana yang sesuai atau seragam dengan acara tersebut serta untuk menjaga rasa hormat terhadap penyelenggara dan tamu lainnya.

Konsep Dresscode

Sesuai dengan artinya, dresscode berfungsi sebagai pedoman atau panduan untuk memastikan bahwa pakaian yang dikenakan sesuai dengan jenis, suasana dan tema yang diinginkan. Dengan adanya dresscode juga dapat membantu menghindari kesalahan kostum yang menyebabkan rasa tidak nyaman atau canggung.

Apa Saja Fungsi Dresscode?

Jika Knittopreneurs masih bimbang hendak menggunakan dresscode atau tidak di acara spesial, mungkin beberapa kelebihan ini bisa membantu Knittopreneurs dalam menentukannya.

1. Acara Menjadi Lebih Bertema
Dengan adanya pedoman dresscode, penyelenggara dapat menekankan pakaian sesuai dengan tema acara. Misalnya, pesta undangan pernikahan yang mengambil tema formal, maka suasana acara akan terasa lebih hidup apabila semua tamu mengenakan pakaian formal.

2. Menciptakan Kesan Profesional
Dalam konteks bisnis, dresscode membantu menciptakan suasana profesional dan kredibel. Contohnya adalah tim wedding organizer menggunakan pakaian yang sama dari mulai atasan hingga sepatu. Dengan begitu akan menciptakan rasa profesionalisme.

3. Ketika Berfoto Hasil Menjadi Lebih Bagus
Pada suatu acara tertentu pastinya tidak lupa untuk berfoto bersama. Dengan menggunakan dresscode yang sama, dapat membuat foto terlihat lebih menarik dan teratur. Misalnya, dalam acara pesta pernikahan, tamu yang berpakaian sesuai dresscode akan memberikan kesan yang harmonis pada foto yang dihasilkan.

4. Menghindari Rasa Tidak Nyaman
Dengan adanya panduan dresscode, semua orang memiliki pemahaman yang sama tentang apa yang harus dikenakan, sehingga akan mengurangi rasa tidak nyaman karena perbedaan pakaian yang dipakai atau salah kostum.

Baca Juga: Tips Berpakaian Sesuai Dresscode

Jenis-Jenis Dresscode Yang Populer

Ini dia beberapa dresscode yang bisa dicoba. Masing-masingnya bisa membuat hasil foto di acara jadi lebih ciamik!

1. White Tie (Pakaian Formal)
White tie merupakan pakaian yang paling formal. Untuk pria biasanya menggunakan setelan jas hitam, kemeja putih, dasi kupu-kupu warna putih, rompi putih, celana hitam bahan dan sepatu kulit hitam, sedangkan untuk wanita menggunakan gaun formal panjang. White tie biasanya digunakan dalam acara upacara resmi atau kenegaraan.

2. Black Suit (Pakaian Formal)
Black suit merupakan pakaian formal, namun sedikit kurang formal bila dibandingkan dengan white tie. Untuk pria biasanya menggunakan setelan tuxedo atau dinner jaket hitam, kemeja putih, dasi kupu-kupu hitam, celana hitam dan sepatu kulit hitam. Sedangkan untuk wanita bisa menggunakan blazer hitam, gaun hitam, atau tampilan all black dari satin yang menawan. Dresscode yang satu ini kerap digunakan pada acara di malam hari, atau di beberapa negara identik dengan acara kedukaan.

Jenis Jenis Dresscode Yang Populer Black Tie
Jenis Jenis Dresscode Yang Populer – Black Tie | Dresscode adalah pedoman berpakaian. Yuk simak 6 Jenis Dresscode Yang Populer

3. Cocktail Attire (Pakaian Semi Formal)
Cocktail attire merupakan pakaian formal namun lebih santai. Cocok untuk acara semi-formal. Untuk pria dapat menggunakan jas berwarna gelap seperti biru tua atau coklat, kemeja berkerah, dasi, dan sepatu pantofel. Untuk wanita bisa menggunakan gaun cocktail atau jumpsuit formal.

Jenis Jenis Dresscode Yang Populer Cocktail Attire
Jenis Jenis Dresscode Yang Populer – Cocktail Attire | Dresscode adalah pedoman berpakaian. Yuk simak 6 Jenis Dresscode Yang Populer

4. Business Casual (Pakaian Semi Formal)
Business casual merupakan kombinasi antara formal dan kasual, contohnya seperti kemeja dengan menggunakan blazer atau jas dengan celana bahan tanpa menggunakan dasi untuk pria. Untuk wanita pun sama yaitu dengan menggunakan kemeja dengan blazer dan celana bahan atau rok.

Jenis Jenis Dresscode Yang Populer Business Casual
Jenis Jenis Dresscode Yang Populer – Business Casual | Dresscode adalah pedoman berpakaian. Yuk simak 6 Jenis Dresscode Yang Populer

5. Smart Casual (Pakaian Semi Formal)
Pakaian smart casual lebih rapi dibandingkan pakaian kasual biasa, namun tidak seformal business casual. Contohnya yaitu menggunakan kemeja dengan celana bahan dan sepatu pantofel untuk pria, dan blus dengan celana bahan atau rok untuk wanita.

Jenis Jenis Dresscode Yang Populer Smart Casual
Jenis Jenis Dresscode Yang Populer – Smart Casual | Dresscode adalah pedoman berpakaian. Yuk simak 6 Jenis Dresscode Yang Populer

6. Casual
Umumnya dresscode kasual digunakan untuk acara yang santai. Contohnya digunakan ketika ada acara atau event tertentu seperti contohnya olahraga maraton.

Jenis Jenis Dresscode Yang Populer Casual
Jenis Jenis Dresscode Yang Populer – Casual | Dresscode adalah pedoman berpakaian. Yuk simak 6 Jenis Dresscode Yang Populer

Baca Juga: 3 Jenis Dresscode Terbaik dan Manfaat Dresscode Yang Harus Diketahui

Tips Mengikuti Dresscode Agar Tidak Salah Kostum

Ikuti beberapa kiat-kiat ini untuk mencegah kejadian “saltum” atau salah kostum yuk!

1. Pastikan Knittopreneurs sudah membaca undangan dengan cermat. Perhatikan apakah ada petunjuk khusus mengenai dresscode dalam undangan acara dan juga pastikan apakah acara tersebut formal, semi-formal atau kasual.

2. Sebelum datang ke acara, apabila kurang yakin, kamu bisa melakukan riset tentang contoh pakaian yang digunakan sesuai tema yang ada pada panduan dresscode melalui sosial media.

3. Selalu perhatikan detail agar dapat tampil lebih elegan. Contohnya penggunaan aksesoris, sepatu, jam tangan dan tata rambut, harus disesuaikan dengan panduan dresscode.

4. Gunakan pakaian yang nyaman. Dengan menggunakan pakaian yang nyaman, kamu dapat bergerak bebas dan lebih nyaman sehingga dapat menikmati acara yang diselenggarakan.

5. Pastikan pakaian yang digunakan sesuai dengan dresscode. Lebih baik sedikit overdressed daripada underdressed.

Artikel: Dresscode adalah pedoman berpakaian. Yuk simak 6 Jenis Dresscode Yang Populer

Itulah penjelasan yang bisa Minto berikan, mulai dari definisi dresscode adalah panduan berpakaian yang bisa Knittopreneurs coba, hingga contoh dresscode dan tips mengikutinya agar tidak salah kostum. Semoga bisa membantu.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700