Tips Berpakaian Sesuai Dress Code

0
Rate this post

Tips Berpakaian Sesuai Dress Code – Hi Knittopreneurs, dalam artikel kali ini, Minto akan membahas seputar tips cara berpakaian sesuai dress code. Apa itu dresscode? Yuk simak artikelnya supaya Knittopreneurs lebih memahami dan mengerti apa itu dress code dan cara berpakaian sesuai dress code.

Apa itu Dresscode?

Dress Code

Dress code adalah sebuah aturan cara berpakaian dengan menentukan jenis pakaian yang harus dikenakan oleh seseorang  yang berada dalam sebuah acara. Tujuan dari dress code adalah untuk menjaga kerapian serta menunjukkan tingkat formalitas atau keseriusan acara atau lingkungan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa dress code yang umum digunakan dalam sebuah acara:

  • Formal / Black Tie

Dress code formal atau black tie biasanya digunakan untuk acara formal seperti pesta pernikahan, acara amal, atau acara makan malam. Pakaian yang diperlukan untuk dress code ini adalah gaun malam untuk wanita dan jas dengan dasi untuk pria. Sepatu yang digunakan untuk wanita adalah sepatu heels dan untuk pria adalah sepatu pantofel.

  • Semi-Formal / Cocktail

Dress code semi-formal atau cocktail terlihat lebih santai daripada formal, namun masih memerlukan penampilan yang elegan dan rapi. Wanita biasanya memakai gaun pendek (gaun cocktail) atau rok dan blus, sedangkan pria memakai jas dan dasi.

  • Business Casual

Dress code business casual digunakan di lingkungan kerja yang lebih santai. Wanita dapat memakai pakaian seperti blus dan bawahan rok atau celana panjang yang rapi, sedangkan pria dapat memakai kemeja lengan panjang atau pendek dengan celana panjang yang rapi.

  • Smart Casual

Dress code smart casual adalah gabungan antara formal dan casual, dan digunakan untuk acara yang lebih santai namun tetap memerlukan penampilan yang rapi dan sopan. Wanita dapat memakai pakaian seperti blus dan celana panjang yang rapi, sedangkan pria dapat memakai kemeja atau polo shirt dengan celana panjang yang rapi.

  • Casual

Dress code casual memungkinkan penampilan yang lebih santai seperti kaos dan celana jeans untuk pria dan wanita. Namun, meskipun dress code ini lebih santai, Knittopreneurs tetap harus memperhatikan kesopanan dan kebersihan dalam berpakaian.

  • Sporty

Dress code sporty biasanya digunakan di tempat olahraga atau acara yang berkaitan dengan olahraga. Pakaian yang digunakan harus nyaman dan memungkinkan untuk bergerak, seperti kaos olahraga dan celana pendek atau celana olahraga.

Perlu diingat ya kalau dress code bisa berbeda-beda tergantung pada jenis acara atau tempat acaranya. Oleh karena itu, Knittopreneurs perlu memeriksa dress code yang telah ditetapkan acara tersebut sebelum menghadiri acaranya.

 Apa Tujuan dari Dress code?

Tujuan utama dari dress code adalah untuk menjaga kesopanan, keseragaman, dan kesesuaian dalam berpakaian dalam suatu acara tertentu. Beberapa tujuan dari dress code adalah:

Dress code membantu menunjukkan apakah acara tersebut memerlukan pakaian yang lebih formal atau santai. Dengan adanya dress code, dress code dapat membantu tamu atau karyawan untuk memilih pakaian yang sesuai untuk acara tersebut.

  • Menciptakan Keseragaman

Dress code dapat menciptakan keseragaman dalam berpakaian dalam suatu acara. Hal ini dapat membantu menciptakan suasana yang lebih rapi dan teratur dengan cara menyamakan cara berpakaian semua orang yang berada di situasi yang sama.

Dress code juga dapat menunjukkan rasa hormat terhadap acara atau lingkungan tertentu, seperti mengenakan pakaian formal dalam sebuah pernikahan atau pakaian sopan saat mengunjungi tempat beribadah.

Tips Berpakaian Sesuai Dress Code 

Lalu bagaimana ya cara berpakaian yang sesuai dengan dress code yang disediakan? Minto punya tips untuk mempermudah Knittopreneurs memilih dan berpakaian sesuai dress code. Berikut adalah beberapa tips untuk berpakaian sesuai dengan dress code:

  • Pahami dress code yang ditetapkan

Knittopreneurs harus memahami dress code yang telah ditetapkan untuk acara atau lingkungan tertentu, termasuk aturan tentang warna, gaya, dan aksesoris yang diperbolehkan atau tidak diperbolehkan.

  • Pilih Pakaian yang Sesuai

Setelah memahami dress codenya, Knittopreneurs tinggal sesuaikan pakaian yang sesuai dengan aturan dress code tersebut. Pastikan pakaian yang dipilih cocok dengan acara dan lingkungan atau situasi yang akan dihadiri.

  • Pilih Warna yang Tepat

Untuk dress code formal atau semi-formal, warna yang lebih netral seperti hitam, putih, atau abu-abu akan lebih sesuai. Sedangkan untuk dress code casual, Knittopreneurs lebih dibebaskan untuk memilih warna.

  • Gunakan Aksesoris yang Tepat

Aksesoris seperti sepatu, dasi, kalung, dan jam tangan dapat membantu melengkapi penampilan Knittopreneurs. Pastikan untuk memilih aksesoris yang sesuai dengan dress code dan mencocokan dengan pakaian yang dipakai.

  • Perhatikan Kebersihan dan Kenyamanan

Selain menjaga kesopanan dalam berpakaian dan kesesuaian berpakaian, pastikan juga kalau pakaian yang dipilih sudah bersih dan nyaman digunakan selama acara. Pakaian yang terlihat kusut atau tidak nyaman dapat mengganggu kenyamanan selama acara atau di tempat kerja.

  • Jangan Berlebihan

Meskipun penting untuk berpakaian sesuai dengan dress code, hindari berlebihan atau mengenakan pakaian yang terlalu mencolok atau tidak sesuai trend. Berpakaian dengan pakaian yang simpel, rapi dan sopan dapat membantu memastikan kesesuaian dan kenyamanan di lingkungan yang dihadiri. 

Nah gimana? Sudah paham kan cara berpakaian sesuai dress code? Semoga artikel ini dapat membantu Knittopreneurs  untuk  memilih pakaian sesuai dress code ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur