5 Pakaian Formal Wanita yang Elegan dan Memikat Perhatian

0
5/5 - Vote count: 101 votes

5 Pakaian Formal Wanita yang Elegan dan Memikat Perhatian – Hai para wanita cantik yang saat ini sedang kebingungan memilih pakaian, apalagi jika acara yang akan kamu hadiri adalah acara formal, sebaiknya pakaian seperti apa sih yang harus kamu gunakan? Tentunya jenis pakaian formal wanita yang harus kamu pilih ya.

Supaya kamu tidak bingung lagi, pada artikel ini Minto akan menjelaskan dan memberikan kamu beberapa rekomendasi gaya pakaian formal wanita yang bisa kamu coba untuk menghadiri berbagai acara formal kamu.

Formal Wanita
Formal Wanita

5 Pakaian Formal Wanita

Pakaian formal wanita merupakan pakaian yang sering digunakan dalam acara-acara resmi seperti acara pernikahan, acara bisnis, dan acara formal lainnya. Untuk menggunakan pakaian formal untuk wanita ini kamu bisa sesuaikan dengan acara yang akan kamu datangi. Adapun beberapa jenis pakaian formal yang bisa kamu coba sebagai berikut.

Gaun Formal

Gaun formal biasanya panjang hingga menyentuh lantai dan memiliki desain yang elegan dan sederhana. Gaun formal biasanya digunakan pada acara-acara resmi dan formal seperti pesta pernikahan, acara gala, acara penghargaan, konser klasik, atau acara khusus lainnya seperti malam amal atau acara lainnya yang sangat penting.

Gaun formal biasanya memiliki desain yang elegan dan rinci, serta terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Pada umumnya, dress code pada undangan acara formal yang meminta tamu untuk mengenakan gaun formal biasanya tercantum sebagai “black-tie” atau “formal attire”. Namun, dress code yang diperlukan untuk suatu acara dapat bervariasi tergantung pada acara dan negara di mana acara tersebut diadakan. Sebagai aturan umum, jika kamu mendapat undangan dengan dress code “black-tie” atau “formal attire”, maka itu adalah saat yang tepat untuk mengenakan gaun formal.

Setelan Jas

Pakaian formal setelan jas adalah pakaian formal yang terdiri dari sebuah jas yang dipadukan dengan celana panjang atau rok yang sesuai. Setelan jas biasanya terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi seperti wol, linen atau gabardine, dan memiliki desain yang elegan dan formal.

Setelan jas sangat cocok digunakan pada acara-acara resmi dan formal seperti acara pernikahan, acara bisnis, atau acara formal lainnya. Pakaian formal ini biasanya terlihat paling baik saat digunakan pada acara-acara dengan dress code yang spesifik seperti “business attire” atau “black-tie optional”.

Tidak hanya laki-laki saja yang bisa menggunakan setelan jas tapi wanita juga bisa menggunakan setelan jas sebagai pakaian formal wanita. Pastikan untuk memilih setelan jas dengan warna yang cocok dengan kulit Knittopreneurs dan aksesoris yang sesuai untuk melengkapi penampilan

Batik

Batik adalah kain yang memiliki motif khas Indonesia dan sering digunakan sebagai pakaian formal wanita seperti setelan rok, pasangan untuk kebaya, atau baju blouse, dan jenis pakaian lainnya. Jenis pakaian ini memang sangat identik dengan pakaian formal dan digunakan pada saat acara-acara formal seperti acara kantor, acara peresmian, acara undangan dan lain sebagainya.

Meskipun baju batik termasuk ke dalam kategori pakaian formal, tetapi penting untuk memperhatikan dress code pada undangan acara yang dihadiri, jika acara tersebut meminta tamu untuk mengenakan pakaian formal seperti setelan jas atau gaun panjang, maka batik mungkin tidak cocok digunakan sebagai pakaian formal.

Kebaya

Kebaya dapat digunakan sebagai pakaian formal tergantung pada jenis kebaya dan bagaimana cara memadukannya dengan aksesoris dan pakaian lainnya. Kebaya adalah pakaian tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan kain yang indah dan dihiasi dengan bordir atau sulaman yang rumit.

Beberapa jenis kebaya seperti kebaya encim atau kebaya kutubaru yang terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi dan dihiasi dengan sulaman atau bordir yang elegan dapat digunakan sebagai pakaian formal. Namun, kebaya juga dapat digunakan sebagai pakaian semi-formal atau kasual tergantung pada model dan desainnya.

Sama hal nya juga seperti batik, kamu harus tetap memperhatikan dress-code acara yang sudah ditentukan yang nantinya akan kamu hadiri.

Blouse

Blouse dapat digunakan sebagai pakaian formal tergantung pada jenis blouse dan bagaimana cara memadukannya dengan pakaian dan aksesoris lainnya. Beberapa jenis blouse yang terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi dan memiliki desain yang elegan seperti blouse sutra, blouse satin, atau blouse katun yang dihiasi dengan detail renda atau bordir dapat digunakan sebagai pakaian formal. 

Tetapi, ada juga jenis blouse yang lebih cocok digunakan sebagai pakaian semi-formal atau kasual seperti blouse yang terbuat dari bahan katun biasa atau bahan rajut. 

Penting juga untuk memperhatikan bagaimana cara memadukan blouse dengan pakaian lainnya. Biasanya, blouse yang digunakan sebagai pakaian formal dipadukan dengan rok atau celana panjang yang sesuai, sepatu hak tinggi, dan aksesoris yang elegan seperti kalung atau anting-anting yang simpel namun terlihat mewah. Jika dipadukan dengan aksesoris dan pakaian lainnya dengan tepat, blouse dapat menjadi pilihan yang cocok untuk acara formal seperti acara bisnis atau perayaan akademik.

Tips Untuk Menggunakan Pakaian Formal Untuk Wanita

Adapun beberapa tips yang wajib kamu perhatikan agar kamu tidak salah ketika memilih pakaian formal wanita nantinya, tipsnya sebagai berikut:

  • Sesuaikan dengan acara: Pastikan untuk memilih pakaian formal yang sesuai dengan dress code acara yang dihadiri. Jangan sampai memakai pakaian yang terlalu mencolok atau terlalu santai.
  • Kenakan ukuran yang sesuai: Pastikan pakaian formal yang dipilih memiliki ukuran yang pas dan sesuai dengan bentuk tubuh. Pakaian yang terlalu longgar atau terlalu ketat dapat mengganggu kenyamanan dan kesan formalitas.
  • Perhatikan warna dan motif: Pilihlah warna dan motif yang sederhana dan elegan. Hindari pakaian dengan warna atau motif yang terlalu mencolok atau terlalu banyak hiasan.
  • Kenakan aksesoris yang sesuai: Pilih aksesoris yang sesuai dengan tema dan pakaian yang dikenakan. Jangan memakai aksesoris yang terlalu mencolok atau terlalu banyak.
  • Perhatikan kerapihan dan kebersihan: Pastikan pakaian formal yang dipakai bersih dan rapi. Hindari pakaian yang kusut atau kotor.
  • Kenakan alas kaki yang sesuai: Pilihlah sepatu yang sesuai dengan pakaian formal yang dipakai. Hindari memakai sepatu yang terlalu casual atau terlalu mencolok.

Baca Juga: 5 Cara Menentukan Skin Tone Kamu yang Wajib Kamu Coba

Aksesoris yang cocok dipadukan dengan pakaian formal wanita antara lain

Selain tips Minto juga ingin memberikan beberapa rekomendasi aksesoris yang bisa kamu coba gunakan dan padu padankan dengan pakaian formal kamu.

  • Sepatu hak tinggi

Sepatu hak tinggi memberikan kesan elegan dan formal pada penampilan wanita. Sepatu hak tinggi dengan warna netral seperti hitam, nude, atau silver adalah pilihan yang aman untuk dipadukan dengan pakaian formal.

  • Tas

Tas yang cocok untuk pakaian formal wanita adalah tas berbentuk kotak atau dompet dengan bahan kulit atau anyaman yang halus. Tas yang dihiasi dengan aksen metalik atau kristal juga dapat menambah kesan formal pada penampilan.

  • Perhiasan

Perhiasan yang cocok untuk pakaian formal wanita adalah perhiasan yang sederhana dan elegan seperti anting-anting berlian atau mutiara, gelang, atau kalung dengan desain yang simpel.

  • Scarf atau selendang

Scarf atau selendang dapat menambahkan sentuhan elegan pada pakaian formal. Pilihlah scarf atau selendang dengan bahan yang halus dan warna yang netral.

  • Jam tangan

Jam tangan yang simple dan elegan juga bisa menjadi aksesoris yang pas untuk pakaian formal. Jam tangan dengan strap kulit atau strap metalik dengan warna silver atau gold biasanya cocok untuk pakaian formal.

Jadi sudah lengkap ya rekomendasi pakaian formal wanita yang bisa kamu coba gunakan baik untuk keseharian saat bekerja maupun saat akan menghadiri berbagai macam acara formal. Semoga bermanfaat ya Knittopreneurs

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur