Hadiah Wisuda dari Bahan Kain yang Awet dan Tahan Lama, Cek Rekomendasinya!

0
5/5 - Vote count: 77 votes

Hadiah Wisuda dari Bahan Kain yang Awet dan Tahan Lama, Cek Rekomendasinya! – Hi Knittopreneurs! Berhubung sedang musim sidang dan wisuda, sudah saatnya mempersiapkan hadiah yang sama spesialnya. Dalam artikel ini Minto akan bahas beberapa ide hadiah wisuda yang cocok, terutama dari bahan kain yang awet dan tahan lama.

10 Rekomendasi Hadiah Wisuda Handmade, Lebih Awet dari Kain!
10 Rekomendasi Hadiah Wisuda Handmade, Lebih Awet dari Kain!

Memberikan hadiah wisuda sebenarnya bukanlah sebuah keharusan, namun akan lebih bermakna ketika diberikan kepada seseorang di hari spesialnya. Momen kelulusan adalah sesuatu yang biasanya diselebrasi, sebagai tanda bahwa seseorang sudah mengakhiri perjuangan dalam pendidikan yang sudah dilalu.

Untuk tujuan yang mulia ini, tanpa menunggu lebih lama lagi, yuk simak artikelnya sampai habis!

4 Tips Memilih Hadiah Wisuda yang Bermakna

Supaya Knittopreneurs tidak salah pilih hadiah wisuda, Minto akan kasih 8 tips memilih hadiah wisuda yang bermakna. Yuk simak 8 tips dibawah ini yang bisa mempermudah Knittopreneurs:

  • Kenali Minat dan Hobi Penerima

Kenali dan cari tahu minat atau hobi penerima hadiah. Misalnya, kalau mereka menyukai seni, Knittopreneurs bisa beli alat lukis atau barang-barang lainnya yang berhubungan dengan seni. Lebih menyentuh karena dipikirkan dari sudut pandang penerima, sekaligus bisa berguna untuk hobi yang disukainya.

  • Sesuaikan dengan Jurusan atau Bidang Studi

Knittorpreneurs juga bisa pilih hadiah yang berkaitan dengan jurusan atau bidang studi penerima. Misalnya, peralatan medis custom seperti medical scrub untuk mahasiswa jurusan kedokteran, atau barang yang lebih fleksibel seperti tempat pulpen dan pena custom untuk lulusan ilmu sosial dan sastra. 

  • Praktis dan Berguna

Knittopreneurs juga bisa mempertimbangkan hadiah yang akan berguna bagi penerima di masa depan bila punya budget lebih, seperti perlengkapan kerja, laptop, atau perangkat elektronik yang dapat berguna bagi sang wisudawan. Hal ini sifatnya opsional, ya, jangan dipaksakan. 

  • Personal dan Unik

Tips terakhir dari Minto adalah memberikan hadiah yang dibuat personal dan unik, tentunya akan membuat kado wisuda tersebut lebih bermakna. Knittopreneurs bisa pertimbangkan hadiah custom seperti barang dengan inisial atau nama wisudawan, atau hadiah handmade.

Baca Juga: Ide Kreatif Kado Natal dari Bahan Kain yang Bisa Dicoba 

10 Ide Hadiah Wisuda Handmade yang Awet dan Tahan Lama

Hadiah wisuda handmade adalah hadiah yang istimewa yang dapat menunjukkan perhatian dan penghargaan kepada lulusan. Nah, berikut beberapa ide hadiah wisuda handmade yang bisa Knittopreneurs buat!

  • Album Foto atau Scrapbook
Scrapbook Sebagai Salah Satu Pilihan Hadiah Wisuda Handmade
Scrapbook Sebagai Salah Satu Pilihan Hadiah Wisuda Handmade

Knittopreneurs bisa buat juga album yang berisi foto-foto kenangan selama masa studi, yang dilengkapi dengan dekorasi dan catatan-catatan kecil. Knittopreneurs juga bisa buat scrapbook yang dilapisi dengan pigura 3d agar awet.

Membuat buket bunga dari kain Felt atau Flanel dapat sangat bermakna lhp. Selain bisa disesuaikan dengan budget, buket bunga kain akan lebih awet dibandingkan buket bunga hidup. Knittopreneurs bisa tambahkan pesan pribadi pada label yang diikatkan pada batang bunga.

  • Kalung atau Gelang Handmade
Contoh Gelang dan Kalung Handmade dari Manik Manik
Contoh Gelang dan Kalung Handmade dari Manik Manik

Selain gantungan dari clay, Knittopreneurs juga bisa buat perhiasan seperti kalung atau gelang dengan desain yang personal. Knittopreneurs juga bisa pakai manik-manik agar hasil akhirnya lebih menarik. Tambahkan liontin atau charm yang memiliki makna khusus.

  • Bantal Hias dengan Bordir Nama atau Pesan Khusus

Knittopreneurs juga bisa buat bantal hias yang diberi bordir nama wisudawan atau quotes motivasi. Kain untuk bantal, benang bordir, jarum, isian bantal. Pilih warna benang yang kontras dengan kain untuk hasil yang lebih menarik.

  • Tas Tote atau Dompet Custom
Ilustrasi Membuat Tas Custom dari Kain
Ilustrasi Membuat Tas Custom dari Kain

Knittopreneurs bisa membuat tas tote atau dompet dari kain dengan desain khusus, bisa dilengkapi dengan hiasan teknik sablon, bordir, atau aplikasi kain.

  • Lukisan atau Ilustrasi Handmade

Knittopreneurs juga bisa buat lukisan atau ilustrasi yang dibuat khusus untuk lulusan, bisa berupa potret, pemandangan, atau desain abstrak. Kanvas, cat (akrilik atau cat air), kuas. Bingkai hasil lukisan untuk tampilan yang lebih profesional.

  • Candle Handmade dengan Aroma Khusus
Alat dan Bahan Membuat Candle Handmade untuk Hadiah Wisuda
Alat dan Bahan Membuat Candle Handmade untuk Hadiah Wisuda

Knittopreneurs bisa membuat lilin dengan aroma yang disukai wisudawan dan tambahkan dekorasi pada wadah lilin, misalnya bunga kering. Bahan yang diperlukan antara lain adalah lilin, pewarna lilin, wewangian, wadah lilin, sumbu. Gunakan wadah lilin yang dapat didaur ulang atau berdesain menarik.

  • Jurnal atau Buku Catatan Custom

Knittopreneurs juga bisa beri catatan dengan cover yang didesain khusus, bisa dihiasi dengan kain, stiker, atau gambar tangan. Buku catatan kosong, kain atau kertas hias, lem, alat tulis. Tambahkan beberapa halaman motivasi atau kutipan inspiratif di dalam buku.

  • Mug atau Gelas Custom
Melukis Gelas Sebagai Hadiah Wisuda Custom
Melukis Gelas Sebagai Hadiah Wisuda Custom

Knittopreneurs juga bisa membuat desain mug atau gelas dengan gambar atau tulisan yang personal menggunakan cat porselen. Barang yang dibutuhkan antara lain mug atau gelas polos, cat porselen, kuas. Ikuti petunjuk pengeringan dan pemanggangan cat porselen agar hasil tahan lama.

  • Kerajinan Tangan dari Clay atau Resin

knittopreneurs juga bisa membuat miniatur, gantungan kunci, atau perhiasan dari clay atau resin dengan bentuk yang unik dan personal. Clay atau resin, cetakan, pewarna, gantungan kunci atau rantai. Buat bentuk yang berhubungan dengan minat atau hobi wisudawan.

Membuat hadiah wisuda handmade memerlukan waktu dan usaha, namun hasilnya akan sangat berharga dan bermakna bagi penerima.

Baca Juga: Dari Kain ke Hadiah Ulang Tahun, Rekomendasi Ini Bisa Jadi Ide DIY yang Unik

5 Langkah Membuat Buket Bunga Kain Hadiah Wisuda

5 Langkah DIY Buket Bunga Kain Sebagai Hadiah Wisuda
5 Langkah DIY Buket Bunga Kain Sebagai Hadiah Wisuda

Membuat bunga dari kain Felt sebagai hadiah wisuda adalah ide yang sangat kreatif dan bermakna. Berikut adalah panduan untuk membuat bunga kain Felt sebagai hadiah wisuda:

  • Persiapkan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan Knittopreneurs sudah menyiapkan kain felt berbagai warna, gunting, lem tembak atau lem kain, jarum dan benang (opsional), kawat bunga atau batang bunga plastik, kertas untuk membuat pola kelopak bunga. Pastikan semua bahan ini mudah dijangkau agar proses pembuatan berjalan lancar.

  • Buat dan Cetak Pola

Langkah selanjutnya adalah membuat atau mencetak pola bunga di atas kertas. . Pola yang dibuat bisa disesuaikan dengan untuk jenis bunga yang diinginkan seperti mawar, tulip atau daisy.

Bila pola sudah siap, cetak dan potong beberapa kelopak bunga untuk jenis bunga lainnya. Sesuaikan jumlah kelopak dengan keinginan dan jenis bunga yang dibuat.

  • Mulai Merangkai Kelopak Bunga

Setelah pola siap, langkah berikutnya adalah merangkai kelopak bunga.  Untuk membuat bunga mawar, ambil lingkaran Felt terbesar dan gulung membentuk spiral. Gunakan lem tembak atau lem kain untuk menempelkan bagian ujung spiral. Tambahkan lingkaran felt yang lebih kecil di atasnya, tempel dengan lem, dan susun hingga mencapai ukuran bunga yang diinginkan.

Untuk bunga dengan kelopak, susun kelopak satu per satu, tumpuk dan tempelkan dengan lem hingga membentuk bunga. Pastikan setiap kelopak terpasang dengan rapi untuk mendapatkan hasil yang cantik.

  • Menambahkan Detail Bunga

Ambil kawat bunga atau batang bunga plastik, dan tempelkan di bagian bawah bunga dengan lem tembak atau lem kain. Pastikan kawat atau batang terpasang dengan baik agar bunga tidak mudah lepas. Jika ingin memberikan detail tambahan, bisa juga menambahkan daun dari kain felt hijau di sekitar tangkai bunga.

  • Bungkus dan Rapikan

Langkah terakhir adalah membungkus dan merapikan pangkal bunga. Bungkus pangkal bunga dengan felt hijau untuk memberikan tampilan yang lebih rapi dan realistis. Setelah semua bunga selesai dirangkai, susun bunga-bunga tersebut menjadi buket dan ikat dengan pita yang cantik.

Baca Juga: Ide Hadiah untuk Hari Ibu yang Bukan Berupa Barang, Rayakan dengan Cara Berbeda!

Nah itu dia berbagai rekomendasi hadiah wisuda yang awet dan tahan lama. Jangan lupa, yang paling penting dari hadiah wisuda adalah rasa memberi yang tulus dan hadiah yang penuh makna. Semoga artikel ini membantu Knittopreneurs ya!

 TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia 

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700