10 Rekomendasi Hiasan 17 Agustus, Bangkitkan Semangat Kemerdekaan

0
5/5 - Vote count: 66 votes

10 Rekomendasi Hiasan 17 Agustus, Bangkitkan Semangat Kemerdekaan – Tradisi menghias untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus bukan hanya sekedar tentang penampilan saja, tapi juga memiliki makna yang lebih dalam. Kegiatan ini dapat menjadi momen berharga untuk membangun rasa kebersamaan, memupuk nilai kerja sama, dan menumbuhkan semangat kemerdekaan dalam diri setiap individu. Berikut 10 rekomendasi hiasan 17 agustus yang bisa kamu coba.

10 Rekomendasi Hiasan 17 Agustus, Bangkitkan Semangat Kemerdekaan
10 Rekomendasi Hiasan 17 Agustus, Bangkitkan Semangat Kemerdekaan

10 Rekomendasi Hiasan 17 Agustus, Bangkitkan Semangat Kemerdekaan

Tren Hiasan 17 Agustus di Tahun Ini

Merayakan HUT RI tak lengkap tanpa dekorasi yang semarak. Tahun ini, tren hiasan 17 Agustus semakin menarik. Ada yang sudah merencanakannya untuk bulan Agustus nanti? Misalnya, untuk mengikuti lomba poster hingga menghias ruangan di kantor, kelas, dan komplek perumahan?

Pertama, Knittopreneurs bisa melihat bahwa tren daur ulang kreatif masih menjadi pilihan favorit. Bisa jadi karena faktor hendak hemat budget, pemilihan botol plastik yang diubah menjadi lampion cantik, kain bekas yang disulap menjadi taplak meja unik, dan lain-lain sangat diminati. Selain indah, tentunya juga jadi ramah lingkungan.

Kemudian, karena era sekarang sudah “sosial media” banget, spot foto bertema kemerdekaan juga menjadi tren. Biasanya dihiasi dengan dekorasi merah putih modern dengan sentuhan kekinian, agar foto semakin instagramable.

Banyak juga kantor dan komunitas yang menyelenggarakan acara secara daring, maka tren membuat background Zoom dengan pernak-pernik 17 Agustus juga sedang marak. Ada juga berbagai filter foto kemerdekaan yang bisa Knittopreneurs coba, atau ikuti, untuk meramaikan sosial media.

Ide Hiasan 17 Agustus Yang Wajib Kamu Coba

1. Bendera Merah Putih: Bendera merah putih wajib ada pada perayaan 17 Agustusan karena bendera merah putih merupakan identitas negara. Bendera merah putih ini dapat berupa bendera dari bahan kain, dan bisa juga dari bahan kertas. Ukurannya bisa beragam, tergantung keperluan Knittopreneurs, serta lokasi pemasangan yang diinginkan. 

Hiasan Bendera Merah Putih
Hiasan Bendera Merah Putih | Sumber: Freepik

2. Lampu Hias Merah Putih: Ciptakan suasana yang lebih meriah dengan lampu hias berwarna merah dan putih. Kamu dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan bekas botol dan dihias sedemikian rupa, atau menggunakan kertas yang dipotong dengan pola tertentu. Hiasan 17 Agustus ini adalah alternatif yang bagus untuk dekorasi bertema ramah lingkungan. 

Lampu Hias Lampion Merah Putih
Lampu Hias Lampion Merah Putih | Sumber: Pinterest

3. Hiasan Dinding Berbentuk Bunga Merah Putih: Bunga melambangkan keindahan dan kegembiraan. Buatlah hiasan bentuk bunga berwarna merah dan putih untuk menghiasi ruangan. Setelah momen kemerdekaan selesai, dekorasi ini bisa kembali Knittopreneurs gunakan untuk acara lain, atau sekedar menjadi pajangan yang cantik di dinding.

Hiasan Dinding Bermotif Bunga Merah Putih
Hiasan Dinding Bermotif Bunga Merah Putih | Sumber: Pinterest

4. Hiasan Dinding Berbentuk Daun Merah Putih: Knittopreneurs bisa membuat hiasan dinding untuk acara 17 Agustus dalam berbagai bentuk. Salah satunya yang Minto rekomendasikan adalah daun, yang melambangkan harapan dan harmonis. Setara dengan makna HUT RI yang menaruh harapan baru bagi masa depan tanah air, dan merupakan momen yang ditunggu-tunggu dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dekorasi di dinding ini juga akan menambah nilai estetika pada hiasan 17 Agustus!

Hiasan Dinding Bermotif Daun Merah Putih
Hiasan Dinding Bermotif Daun Merah Putih | Sumber: Pinterest

5. Hiasan Topi Mahkota Merah Putih: Topi merah putih selain bisa menjadi hiasan, bisa juga digunakan pada perayaan 17 Agustus. Knittopreneurs bisa mengkreasikan bentuknya dengan melihat inspirasi dari topi atau hiasan kepala khas daerah-daerah di Indonesia, atau sekedar menghias topi yang dipunya di rumah dengan aksen merah dan putih yang meriah.

Hiasan Topi Mahkota Merah Putih
Hiasan Topi Mahkota Merah Putih | Sumber: Pinterest

6. Hiasan Panggung Dengan Nuansa Merah Putih: Jika sekolah, kantor, dan daerah perumahan di sekitarmu ingin membuat perayaan khusus di HUT RI, kamu bisa memeriahkan acara 17 Agustus dengan membuat panggung mini! Hiasan panggung mini bisa dibuat sekreatif mungkin, salah satunya yaitu penggunaan balon, diberi aksen dengan kain satin, menata bunga kain dengan warna merah dan putih, juga ide hiasan 17 Agustus lainnya.

Hiasan Panggung Dengan Nuansa Merah Putih
Hiasan Topi Mahkota Merah Putih | Sumber: Pinterest

7. Hiasan Spanduk 17 Agustus: Sambut Hari Kemerdekaan dengan spanduk ucapan selamat hari kemerdekaan! Kamu juga dapat menuliskan pesan inspiratif dan semangat kemerdekaan pada spanduk, dan hiasan 17 Agustus yang satu ini bisa digunakan sebagai backdrop untuk mengunggah foto ke sosial media.

Hiasan Spanduk 17 Agustus
Hiasan Spanduk 17 Agustus | Sumber: Pinterest

8. Hiasan Gantungan Berbentuk Hati: Hati melambangkan cinta dan kasih sayang. Kamu dapat membuat gantungan berbentuk hati dari bahan-bahan seperti kertas dan sedotan. Karena sifatnya yang fleksibel, dan hanya menggunakan warna-warna khas seperti merah dan putih, gantungan ini bisa kamu gunakan sebagai dekorasi untuk acara-acara lain (misalnya hari kasih sayang yang jatuh di bulan Februari). Sangat multifungsi!

Hiasan Gantungan Berbentuk Hati Merah Putih
Hiasan Gantungan Berbentuk Hati Merah Putih | Sumber: Pinterest

9. Hiasan Miniatur Nuansa Kemerdekaan: Kamu dapat membuat miniatur dengan tema nuansa kemerdekaan. Selain menambah nilai estetika, miniatur ini juga dapat menjadi maskot di wilayah kamu. Hiasan 17 Agustus yang satu ini juga bisa dipajang, bahkan ketika event HUT RI selesai. Sangat berguna untuk jangka panjang, karena kamu hanya perlu mengatur ulang layout miniaturnya agar hiasan ini terlihat seperti baru.

Hiasan Miniatur Nuansa Kemerdekaan
Hiasan Miniatur Nuansa Kemerdekaan | Sumber: Pinterest

10. Hiasan Balon Nuansa Kemerdekaan: Balon dapat dihias sedemikian rupa, tentunya dengan tema merah putih juga. Atau tambahkan aksen pita emas dan silver yang dapat membuatnya terlihat lebih meriah. Knittopreneurs bisa mencoba untuk membuat balon tanpa menggunakan tali. Balon yang dapat kamu gunakan yaitu balon yang dapat diisi oleh gas sehingga dapat terbang.

Hiasan Balon Nuansa Kemerdekaan
Hiasan Balon Nuansa Kemerdekaan | Sumber: Pinterest

Baca Juga: 8 Inspirasi Kostum 17 Agustus Yang Unik, Pilih Yang Mana?

Mengapa Kegiatan Mendekorasi Pada 17 Agustus Dapat Membawa Nilai Kerja Sama Yang Baik?

1. Saling Berbagi Ide dan Keterampilan: Menghias bersama memungkinkan setiap orang untuk berkontribusi dengan ide dan keterampilan mereka masing-masing. Hal ini mendorong interaksi positif dan saling menghargai antar individu.

2. Kerja Tim dan Koordinasi: Proses dekorasi membutuhkan koordinasi dan kerja sama yang baik antar anggota tim. Setiap orang harus saling membantu dan berkomunikasi dengan efektif untuk mencapai hasil yang baik.

3. Semangat Kebersamaan dan Membangun Rasa Memiliki: Menghias bersama dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan tim. Rasa memiliki terhadap dekorasi yang dibuat bersama akan meningkatkan semangat dan partisipasi dalam perayaan kemerdekaan.

Tips Membuat Hiasan 17 Agustus yang Unik, Ramah Budget, dan Simple

Ada beberapa tips yang bisa Minto berikan dalam membuat hiasan 17 Agustus, terutama bagi Knittopreneurs yang ingin menggunakan bahan-bahan simple saja. Semuanya bisa dengan mudah didapatkan di sekitar kamu!

1. Memanfaatkan barang-barang bekas seperti botol plastik, sedotan, kardus, dan kain perca untuk membuat hiasan yang unik dan ramah lingkungan.

2. Libatkan seluruh orang dalam proses dekorasi untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan. Selain itu, setiap orang pastinya memiliki ide untuk membuat sesuatu, sehingga hiasan yang dihasilkan akan lebih kreatif.

3. Kreatiflah dan jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai ide.

4. Yang terpenting adalah dekorasi 17 Agustus dibuat dengan penuh semangat dan rasa cinta tanah air.

Baca Juga: Ide dan Tips Memilih Dekorasi 17 Agustus yang Meriah dari Bahan Kain, Cek Yuk

Kesimpulan

Menghias ruangan untuk 17 Agustus bukan hanya tentang penampilan saja, tapi juga memiliki nilai edukasi dan sosial yang tinggi. Kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, meningkatkan kerja sama, dan memperkuat rasa persatuan bangsa. Dengan kreativitas dan semangat, kamu dapat menciptakan hiasan 17 Agustus yang unik, ramah budget, dan simple yang berkesan.

Mari kita bersama-sama semarakkan Hari Kemerdekaan 17 Agustus dengan dekorasi yang penuh makna dan kreativitas!

Artikel: 10 Rekomendasi Hiasan 17 Agustus, Bangkitkan Semangat Kemerdekaan

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700